Portofolio

akarui-cha

Hallo ....

Perkenalkan, nama lahir saya N. Aisyah Utami. Sementara nama pena yang dulunya saya gunakan setiap kali menulis fiksi, lalu terlanjur terpakai di blog dan berbagai media sosial saya adalah Akarui Cha, dan saya sangat merasa nyaman jika dipanggil dengan sebutan Acha. 

Saya merupakan lulusan dari Universitas Gunadarma jurusan Ekonomi Manajemen, dan saya lulus melalui skripsi saya yang bertema re-branding, memperhatikan pembentukan citra dan strategi perusahaan dari salah satu stasiun televisi swasta, dengan mengaplikasikan teori Blue Ocean Strategy. 

Saya sangat tertarik dengan teori ini, semenjak pertama kali mengenalnya. Ketika itu, saya dan teman-teman yang tergabung dalam sebuah tim lomba, sedang mempersiapkan materi presentasi untuk ajang Communication Student Summit tahun 2011 yang digelar oleh Universitas Airlangga. 

Berkat teori Blue Ocean Strategy pula, saya mengenal lebih jauh dunia periklanan dan komunikasi, walau sebenarnya saya masih merasa betapa pengetahuan saya belumlah seujung kuku. Tetapi, sejauh ini, sungguh saya sangat menikmati hal-hal baru yang saya temui. Pengetahuan yang kemudian, saya coba terapkan dalam perjuangan saya untuk berenang dan menyelam, menjelajah, menjadi seorang petualang di dunia literasi. 

Tak terlalu melenceng jauh, maka saat menemukan kesempatan untuk mencicipi rasanya bermain-main dengan teori Blue Ocean Strategy tadi, saya mencoba melamar menjadi seorang Copywriter in House untuk salah satu perusahaan jamu dan farmasi. Alhamdulillah, di sanalah, pintu pertama saya untuk mulai belajar, terbuka.

Budiman Hakim dalam bukunya yang berjudul Copywriter is Dead, menyampaikan bahwa menjadi penulis, serupa dokter umum. Sementara, menyandang status sebagai seorang Copywriter, dianggap setara dengan seorang dokter spesialis. Kalau sudah begini, saya jadi khawatir, apakah saya akan terus punya amunisi untuk menjalani profesi yang kalau disebut saja, sudah berat sekali rasanya. Copywriter ... bayangkan, bagaimana pengucapan katanya saja sudah bikin pendengar awam akan menyipitkan mata penuh tanya? Maka, daripada terlalu njelimet, setiap memperkenalkan diri, saya hanya ingin dikenal sebagai Acha yang senang menulis. Itu saja. 

Jadilah, demi mempertahankan status sebagai orang yang senang menulis, sejauh ini, saya terus berusaha melahirkan karya, di bidang fiksi. Malu saya, kalau ditanya, "Kamu suka menulis ya? Apa judul bukumu yang sudah terbit?". Apa jadinya kalau saya memberi jawaban dengan senyum simpul dan gelengan kepala? Kan nanti saya bisa dikira kesambet hantu halu. 

Maka, inilah deretan karya yang sejauh ini, bisa saya hadirkan untuk para penikmat fiksi, selain yang dulu sekali pernah muncul di majalah Chic, Kawanku, Story, juga Annida Online. 
  • Perempuan Itu ... Sesuatu (Universal Nikko, 2012)
  • When ... I Miss You (Universal Nikko, 2012)
  • Senyum (Universal Nikko, 2012)
  • Loveable & replaceable (Diva Press, 2013)
  • How To Script A Kiss (NulisBuku, 2016)
  • Intai (Loka Media, 2019)
  • Cinta Dalam Diam (Bitread, 2020)
  • Romantika Cinta Pertama (Wonderland Publisher, 2022)
Di sisi lain, saya pun pernah mendapat kesempatan untuk menayangkan tulisan saya yang bersinggungan dengan citra brand melalui beberapa situs milik brand, berikut :
  • www.sidomuncul.co.id (2014 – 2017)
  • www.tolakangin.co.id (2015 – 2017)
  • www.kukubimaenergi.com (2015 – 2017)
  • www.servispedia.com (2015)
  • www.sidomunculstore.com (2016 – 2017)
  • www.tolakangincare.tolakangin.co.id (2016 - 2017)
  • www.universalnikko.com (2016 – 2018)
Lalu, saya nggak mau berhenti sampai di sana. Saya menghadirkan personal blog Taman Rahasia Cha ini, sebagai "taman" tempat kumpulan latihan menulis saya. Bagaimana lagi ya, soalnya menulis itu bukan urusan seberapa banyak karya saya diterbitkan, jasa saya dimanfaatkan oleh brand-brand yang tertarik untuk bekerjasama, melainkan seberapa lama saya terus menulis dan mengolah diksi supaya tulisan saya selalu punya "nyawa". 

Nah, saya ogah nih kerjaan saya dibilangnya menulis melulu, dan sungguh, kalau dikisahkan akan menjadi dongeng yang bikin ngantuk, saya pun berusaha mengasah sisi diri saya sebagai makhluk sosial. Rupanya, banyak pengetahuan baru yang bisa dipakai untuk mengasah karakter saya juga, biar nggak berubah jadi manusia goa nan kuper kurang kenal dunia luar karena lebih betah kerja dari rumah. Ya kan?

Saya pun senang turut aktif dalam berbagai kegiatan pada bidang yang saya sukai, lebih banyak memang ada hubungannya dengan dunia kepenulisan walaupun nggak selalu begitu. Namun, senang sekali saya pernah dipercaya, hingga punya pengalaman organisasi, sebagai berikut :
  • Sekretaris Utama Teater TEMA Gunadarma (2008 - 2009)
  • Wakil Sekretaris MoM Academy Bogor (2019 - 2020)
Bukan hanya aktif dalam berbagai kegiatan, saya pun senang mengikuti berbagai lomba blog dan alhamdulillah mencicipi rasanya menjadi peserta terpilih, di antaranya : 
Doakan saya agar bisa selalu memberi banyak manfaat dari waktu, kesempatan, juga usia dan tentunya nikmat sehat yang telah Allah SWT berikan kepada saya ini. 

Silakan juga jika ingin mengobrol dengan saya lebih dekat melalui :
Instagram : Akarui Cha
Facebook : Akarui Cha
Twitter : Akarui Cha
LinkedIn : N. Aisyah Utami

Salah kenal, salam hangat dari saya.

- Acha -


Komentar

  1. wah sungkem mbak selamat semoga berkah selalu aamiin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Angki. Salam kenal dan semangat buat belajar dan berbagi bareng yuk.

      Hapus
  2. Portofolionya bagus, Teh. Harus ditiru semangatnya, nih. :) Salut.

    BalasHapus
  3. Wah, aku belum pernah ikut lomba blog. Belum ada yang bisa dimasukkan di portofolio nih

    BalasHapus
  4. Wah nggak main-main portofolionya ya Mba. Salam kenal

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anime Golden Time (2013) : Kenangan yang Hidup

Ide Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Biar Nggak Perlu Berhutang Duluan

Pandora Experience : Escape Game Yang Bikin Lupa Kalau Sebenarnya Saya Hanya Sedang Bermain Game