Menjaga Mood Tetap Baik Sepanjang Bekerja Dari Rumah

Menjaga mood tetap baik saat bekerja dari rumah itu, tricky. Sepakat?

tantangan-bekerja-dari-rumah

Ada banyak sekali distraksi yang sesekali bikin mendadak keki, atau malah sampai ke tahap buntu, susah buat menyelesaikan berbagai task tugas yang menunggu untuk dituntaskan sesuai to do list harian. Ya … begitulah, lika-liku kehidupan para mama pekerja lepas yang memilih tetap bekerja dari rumah lewat berbagai project atau remote work khusus dengan suatu perusahaan.

Bayangan Ka Acha semula, sebelum akhirnya benar-benar mundur dari kehidupan office hour senin sampai jumat, sesederhana … betapa indahnya bisa duduk tenang depan laptop untuk menulis atau membuat laporan, sambil menemani si kecil bermain. Aduhai, bisa santai.

Belum lagi angan-angan akan menyenangkannya jika setiap hari, nggak perlu repot berdandan dan berdiri lama di depan lemari pakaian untuk menentukan outfit ke kantor hari itu. Nggak ada juga drama anak kicik nangis karena ditinggal berangkat ngantor. Bahkan cerita “tua di jalan” karena waktu yang dihabiskan untuk bolak-balik dari rumah ke kantor dan sebaliknya, terpangkas sudah. Yuhu banget kan?

Sedihnya, di masa-masa awal menjalaninya, ditambah kesadaran diri kalau saya sedang menjaga seorang bayi, sendirian, tanpa Asisten Rumah Tangga, belum lagi urusan domestik yang selalu memanggil-manggil, seringnya bikin mood naik dan turun mirip roller coaster Dufan. Berantakan. Walhasil, tertekan sendiri. Ya tapi … keputusan sudah diambil, risiko nggak bisa dihindari.

End of the story, saya menyadari kalau saya perlu beradaptasi. Anak bukanlah halangan bagi setiap perempuan untuk berhenti mengembangkan skill diri. Berbagai urusan domestik rumah juga bukan pengurung akan karya-karya yang bisa dihadirkan, bukan?

Tambahan penting, urusan domestik bukan hanya milik istri, ibu, tapi semua anggota keluarga yang berdiam di rumah itu. Titik.

Akhirnya, saya dan si partner mengobrol lagi soal berbagai impian saya, tantangan yang saya hadapi, dan lain sebagainya. Dari keterbukaan tadi, saya bisa lebih lentur untuk menyesuaikan diri.

Selanjutnya, bagaimana cara menjaga mood tetap positif sepanjang berkarir dari rumah? Beberapa trik yang saya terapkan ini, semoga bisa menjadi amunisi buat kamu yang juga memilih untuk berpenghasilan dari rumah, tanpa perlu sering meninggalkan si kecil ke kantor.

Pssttt … akan ada sedikit spill tentang shower scrub wangi yang bisa bantu jaga suasana hati di salah satu poinnya nanti. Yuuwww kita mulai saja curhatnya.

Berhenti Menunda Pekerjaan

Mungkin, ketika menyelesaikan pekerjaan yang sudah masuk zona gawat menuju tenggat, adrenalin jadi terpacu, membawa ide melompat-lompat dalam benak. Semua ide dan langkah eksekusi bermunculan. Berkejaran dengan kecepatan koordinasi otak dan tangan untuk menyelesaikan segala task yang telah ditentukan.

Tapi kadang, sekali dua, ada typo yang terlewat dari perhatian kalau kamu menulis artikel seperti Ka Acha. Suka nggak sempat dikurasi dan dibaca ulang, soalnya.

Ada pula suasana hati yang naik turun oleh keadaan di rumah, entah gara-gara rengekan si kecil, atau mungkin brainstorming dadakan yang digelar di chatroom bareng tim dan klien. Belum lagi menu makan malam yang menunggu disiapkan. Euw … rasanya seperti mau meledak.

Maka, menabung pekerjaan itu nggak ada salahnya. Perlahan, tapi pasti. Ibarat ungkapan lama, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Sudah begitu, belajar untuk nggak berkata “uwh, tenang, masih besok kok, masih nanti kok” sebagai antisipasi kalau misalnya ada hal nggak terduga yang bisa saja terjadi.

Pokoknya, anggap saja waktu kerjamu cuma bisa sebentar saja. Jadi … hayo, masih mau mulai nanti-nanti?

Cukupkan Meminum Air Putih

Sadar nggak, sepanjang beraktivitas, tubuh membutuhkan energi yang cukup, selain itu kandungan cairan di dalam tubuhmu akan berkurang perlahan, walaupun pekerjaan yang kamu lakukan hanya membuatmu duduk manis di depan laptop. Nggak sampai keringatan gitu.

Dehidrasi bisa membuat kamu jadi sulit berkonsentrasi. Selain itu, saat tubuhmu mulai memberikan sinyal lelah. Nggak lama, suasana hatimu yang baik bisa berubah.

Kalau Ka Acha sendiri, nggak meletakkan air minum di meja kerja sih sekarang, dulu semasa di kantor doang. Soalnya, waktu mengambil air minum di dapur, sering saya jadikan juga sebagai jeda dari menatap layar. Memaksa saya berjalan sebentar, biar nggak terlalu lama duduk juga. Kalau caramu, bagaimana?

Menjaga Mood Tetap Baik dengan Cukup Tidur

Saya terus berusaha untuk menjaga waktu tidur nggak tergadaikan sama berbagai urusan keseharian. Badan yang lemas akibat jatah tidur yang terpangkas, nggak jarang bikin semangat saya ikut-ikutan terkuras. Menjaga mood tetap baik juga bergantung sama kondisi tubuh yang fit.

Satu poin lagi. Katanya sih – correct me if I am wrong ya gengs – seseorang yang sering begadang alias kurang istirahat, paling gampang tersulut buat senggol bacok ketika menjalani keseharian. Sebab bekerja dari rumah nggak selalu mudah, tantangan distraksinya banyak, makanya mengatur rutinitas dan waktu istirahat, bisa jadi pendukung agar tetap semangat.

Jaga Kesegaran Tubuh dengan Mandi yang Nggak Sekadar Wangi Tapi Juga Menyenangkan

Bangun pagi dan lekas mandi sebelum mulai berkutat dengan kesibukan harian, turut menjaga agar suasana hati saya tetap gembira. Di kala senja jelang waktu beristirahat pun, menyempatkan untuk membersihkan diri dengan mandi, membantu saya untuk selalu enak hati. Ahahaha … Ka Acha orang Indonesia sekali, memang. Wups.

Atau … ada juga masanya, ketika kepala sedang pusing tujuh keliling karena banyaknya pekerjaan yang mau nggak mau harus dieksekusi sesegera mungkin, menyepi demi menjeda di ketenangan kamar mandi, refresh sekali. Kamu juga suka begini?

Sungguh menenangkan. Apalagi coba, ritual di kamar mandi selain membersihkan diri, kalau bukan perawatan pakai body care kopi. Ihiy.

Seperti yang Ka Acha sampaikan, bahwa mandi bukan hanya ritual menyegarkan badan, membasuh dari atas kepala hingga ke ujung kaki. Tetapi, ikut menikmati aroma wangi dari shower scrub – dan seringnya saya berganti-ganti. Hihihi. 

body-care-scarlett

Perkenalan saya dengan shower scrub kopi dari Scarlett, berlanjut pada pertemanan dekat saya berikutnya dengan varian baru brightening shower scrub Scarlett, yaitu Charming, Freshy, dan Jolly.

scarlett-charming-shower-scrub

Eh, kamu sudah eungeuh kan kalau Scarlett punya banyak varian shower scrub? Sebelum varian Coffee, menyusul Charming, Freshy, dan Jolly ini dihadirkan, sudah lebih dulu ada varian Mango, Cucumber, dan Pomegrante. Hayo, mana di antara kesemua seri brightening shower scrub Scarlett yang sudah kamu coba?

freshy-shower-scrub-scarlett

Eh eh, sadar juga nggak sih kalau seri shower scrub terbaru dari Sscarlett kali ini, seperti mau melengkapi body lotion-nya yang sudah lebih dulu ada? Iya … seri body lotion Jolly, Freshy, dan Charming, sudah lebih dulu akrab sama pengguna setia produk Scarlett, kan.

jolly-shower-scrub-scarlett

Kenapa Ka Acha menjatuhkan pilihan untuk menjaga mood tetap baik dengan mandi menggunakan produk shower scrub keluaran Scarlett?

Tentu saja, selain bermanfaat untuk membersihkan tubuh lebih maksimal, mengangkat sel-sel kulit mati agar kulit selalu nampak cerah, ada butiran halusnya yang membantu mengeksfoliasi kulit sehingga kulit Ka Acha selalu terasa lembut.

Kandungan Glutathione, Vitamin E, Beads, dan Collagen dalam setiap tetesan shower scrub keluaran Scarlett, bikin tingkat kepercayaan diri tetap di mode prima, karena merasakan sendiri betapa kulit jadi sehat terawat, jadilah saya merasa cantik. Hati riang gembira dan mood positif pun ikut terjaga di frekuensinya.

Senangnya lagi, selain sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), produk-produk perawatan keluaran Scarlett juga aman digunakan oleh para bumil dan busui.

shower-scrub-baru-dari-scarlett
 Ah ya. Belakangan ini, kalau sedang ceria, biasanya saya memilih mandi dengan shower scrub Scarlett Charming. Kalau sedang banyak meeting daring, saya suka saja membasuh diri dengan shower scrub Scarlett Jolly. Nah kalau sedang agak-agak mampet idenya, saya lekas meraih si shower scrub Scarlett Freshy ke kamar mandi. Ihihi.

Happy banget waktu tahu Scarlett punya varian shower scrub baru. Walau tetap sih, si brightening shower scrub Scarlett Coffee jadi pilihan saya di pagi hari. Selang-seling lah ya. Boleh kan?

Baiklah, mari kita lanjut sesi curhat tentang tips menjaga mood agar aktivitas nggak terganggu, terutama bagi kamu yang memilih untuk bekerja dari rumah. Yuk.

Ambil Waktu Jeda Biar Mood Tetap Terjaga

Agak serupa dengan mandi yang bisa dijadikan sebagai ajang untuk menyegarkan badan, mengambil jeda dengan mengganti aktivitas rutin, bisa membantu suasana hati selalu terjaga.

Misalnya saja, jam kerja yang tadinya padat merayap, saat mulai melonggar, bisa kamu ambil untuk mengisi amunisi demi menemukan peluang dari ngeblog. Contoh lho ini. Sesuaikan saja dengan kegiatan yang sedang ingin kamu lakukan.

Bisa juga dengan mengurangi waktu menatap layar. Anggap saja untuk mengistirahatkan mata dan pikiranmu dari pekerjaan. Cari nuansa hijau-hijau dengan duduk santai di taman, rasanya menyenangkan. Atau, sekalian staycation saja sama keluarga. Lumayan lah, ganti suasana sebentar.

Sadari Kapasitas Energi Diri Biar Nggak Lelah Hati

Salah satu kenyamanan bekerja dari rumah adalah bisa mengerjakan pekerjaan sesuka dan semau kamu. Baik itu lamanya, waktunya mulai dari kapan sampai kapan. Enak memang. Tapi … coba lihat lagi, adakah yang jadinya nggak seimbang dalam keseharian kamu?

Saya sendiri nggak akan mengambil project yang bagi saya secara pribadi, nggak sesuai dengan kapasitas energi yang sama miliki.

Sebelum mulai mengajukan diri, seringnya saya melihat dulu, pekerjaan terdekat saya apa, seberapa banyak, dan mana saja yang sudah mulai perlahan saya tuntaskan. Mana saja yang sudah sampai ke masa-masa mempersiapkan laporan penyelesaiannya. Ya … semua saya jadwal.

Balik lagi ke poin awal, saya nggak nyaman untuk menunda menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, saya sadar diri sekali, saya bukan orang yang bisa terus-menerus digeber sama deadline yang mepet. Ya … daripada seharian saya malah merepet.

Saya pun menghindari bekerja lembur terus-menerus, sebab saya butuh untuk memanfaat waktu saya mengurus urusan domestik – walau memang kesemuanya saya lakukan berdua dengan si partner – juga membersamai si kecil kesayangan saya.

Bagi saya, kebersamaan dengan keluarga adalah investasi lain untuk menjaga mood tetap baik. Keberadaan mereka sebagai support system, membutuhkan kehadiran saya secara utuh, sebagai ungkapan sayang dan terima kasih atas dukungan mereka yang penuh seluruh bagi saya sehingga sampai hari ini, seorang Acha masih bisa menikmati rasanya berpenghasilan dari rumah.

Demikianlah. Kalau ada poin-poin lainnya yang ingin kamu tambahkan dalam tips menjaga mood tetap positif, silakan bubuhkan di kolom komentar ya.

 

 

 

Komentar

  1. Pas bekerja nih mood suka naik turun, tetapi harus ditahan dulu karena harus profesional. Mantep nih kecil-kecil bermanfaat banget, jadi pengin punya juga.

    BalasHapus
  2. iya, bekerja dari rumah itu emang butuh banyak mood bosster ya mbak
    Klo bisa fokus dan kelola mood, kerja di rumah juga sangat menghasilkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena bekerja nggak harus bermakna keluar rumah pergi jauh ninggalin keluarga ya, Mba.

      Hapus
  3. Duh aroma kopi
    Auto Serasa mencium kopi dan menikmati sensasinya
    Hampir semua body wash Scarlett udah saya coba kecuali yang aroma kopi
    Beli ah... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain, Ambu.

      Wangi kopinya cenderung manis tapi.

      Hapus
  4. Ah setuju banget dengan salah satu tips kak Acha, kalo menjaga asupan air minum dan tidur yang cukup bisa menjaga fokus dan mood kita agar tetap baik. Selama ini saya suka simpan air minum di meja kerja, tapi saya mau coba tipsnya kak Acha ah dengan ambil air ke dapur supaya badan kita ga kelamaan duduk

    BalasHapus
  5. aku udh cobain yang aroma kopi nya scarlett nih dan emang seenaaakkkk itu buat bangun mood sumpah! karena kan emang aku suka kopi juga ya, eh btw sekarang body scrub scarlett udh ada botol yang travel size yaa mungil banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya yang botol kecil ini memang limited edition deh Mba. Di official store-nya aku belum ketemu. Mungkin memang dimunculkan buat bonusan gitu.

      Hapus
  6. Setuju banget mbak, kerja dari rumah yg dipersiapkan bukan cuma alatnya ajtapi fisik mental dan niat nya juga biar pekerjaan tetap lancar dan selesai. Terimakasih tipsnya ya mbak 😊

    BalasHapus
  7. Scarlett oh Scarlett memang idaman banget yaa. Aku juga sering me time pakai Scarlett Mba, wangii dan bikin Good Mood seharian

    BalasHapus
  8. suka banget sam prodduk body care dri Scarlett emang bener bener buat mood karena aromanya bener bener seger dan enakkk. 😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wanginya memang enak sih dan bikin mood kebentuk jadi baik.

      Hapus
  9. Menjaga mood kerja di rumah meski tricky tapi bagiku lebih mudah, sih. Karena bisa dialihkan dengan hal sederhana seperti merawat diri begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul sekali Mba. Ketika badan sudah enak dan nyaman, good mood pun datang.

      Hapus
  10. Kalo badan seger, otak pun jadi fresh. Untuk kerja dari rumah pun, semuanya jadi enak.

    Penasaran banget ama wangi kopi ini. Pasti seger ya kak. Soalnya aku jg minum kopi setiap hari. Jadi pas banget nih kalo tercium wangi kopi setiap hari😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sialkan dicoba, Mas. Mana tahu cocok sama aromanya.

      Hapus
  11. scarlet ini enak banget, aku di badan rasanya fresh terus dan nyaman. Apalagi yang kopi bikin mood nya naik terusss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ternyata banyak yang jatuh cinta sama Scarlett Kopi ya.

      Hapus
  12. ya ampun scarlett warna ungu mupeng banget, ternyata produk scrub ya buat badan. Menjaga mood itu penting ya biar ga bosen dan nunda pekerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo Mba dibeli dikoleksi. Wanginya pun cenderng bikin semangat gitu. Pas sih sama nama variannya, Charming.

      Hapus
  13. Samaan nih kak, ritual mandi selalu jadi hal yang menyenangkan berkat Scarlett apalagi yang varian kopi, bener2 bikin mood kembali baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget yang suka sama varian Kopi ya ternyata.

      Hapus
  14. wah bener juga nih, kalau mandinya pakai yang wangi-wangi menyegarkan dari Scarlett ini sih udah pasti langsgung happy, bikin mood baik seharian hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sepertinya aroma wangi yang sesuai personality itu sepertinya memancing mood baik dan semangat ya Mba.

      Hapus
  15. Bekerja dari rumah ini tantangannya lumayan ya kak, apalagi untuk urusan mandi. Sebab ngerasa nggak ada yg lihat ini. Tapi jika badan segar dgn mandi bersama aroma kopi produk Scarlett, pikiran pun fresh menyelsesaikan pekerjaan.

    BalasHapus
  16. Hwaa suka bangett sama bodycarenya Scarlett. aku ketagihan samaa bodyshowernya mba hihi.. Udah habis nih mau beli lagi ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuaaa Kak Jihan ternyata pecinta Scarlett bodywash juga. Samaan dong kita, Kak.

      Hapus
  17. Saya pernah nyobain shower scrub yang warna merah. Sabunnya wangi dan ada butiran-butiran kecil gitu. Wah ini rasa baru ya aroma kopi? Seger banget kali ya aroma kopi seperti ini. Jadi penasaran ih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm? Warna merah? Wah, aku belum cobain yang ini malah.

      Hapus
  18. Bekerja di rumah bagi mamak-mamak tuh tantangannya luar biasa, baru buka laptop, anak merengek minta makan, minta dianter pipis, mainan berantakan, hahaha bener kudu ada penyeimbang, mandi dengan produk scarlett yang wangi dan segar bisa bikin badan dan pikiran fresh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha ya ampun iya banget lho ini. Nggak mudah tapi ya nggak seru juga kalau tantangannya nggak ada dan nggak dihadapi.

      Hapus
  19. Aku suka tuh yang varian Charming, aromanya mirip parfum Baccarat gitu, serasa mandi parfum jadinya kalo pake shower scrub Scarlett ini

    BalasHapus
  20. Kak, itu kok ada kemasan yang mungil banget gitu. Gemes banget aku. Btw, kalau aku suka varian pomegrante. Seger banget. tapi kalau mau relaxing aku pilih yang cucumber. Berasa tenang, ademm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin pas pesan, dapat bonusan versi travel pack aku Mba. Tahu aja ya Scarlett ini kalau aku memang suka jalan jalan dan kalau staycation senang aja gitu tetap bawa sabun cair sendiri.

      Hapus
  21. Memang ya, Kak Acha menjaga mood ini penting banget. Cuma ternyata dari me time dengan mandi pake shower scrub pun bisa bikin mood membaik juga ya, Kak Acha. Oya menyadari kapasitas energi sendiri juga gak kalah penting sih. Jangan sampe kita malah memaksa diri dan akhirnya jd kelelahan sendiri.
    Btw, jadi pengin cobain shower scrubnya nih, Kak Acha. Aku cuma baru pake lotionnya aja nih kalo dr Scarlet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes.
      Malah kalau terlalu memaksakan diri dan kelelahan sendiri, hasilnya bisa jadi nggak maksimal ya Mba.

      Hapus
  22. Sungguh produk Scarlett ini bisa jadi mood booster banget.
    Mengingat banyaknya varian, aku suka memilih berdasarkan warna kesukaan.
    Dan wangi kopi dari brightening shower scrub Scarlett kudu dicobain sama body lotion juga yaa..

    Btw,
    Sekarang brightening shower scrub Scarlett ada travelling packages nya, kak Acha?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acha sih kemarin dibonusin Teh.
      Kalau lirik ke official store-nya nggak nemu.

      Padahal kalau ada travel size gini kan asik ya buat dibawa jalan jalan karena botolnya mungil.

      Hapus
  23. Menuda pekerjaan memang yang sering bikin stres..
    Jadinya pekerjaan terlihat banyak dan menumpuk..
    Makasih sharingnya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak juga ya.

      Iya deh, Termasuk aku nih masih suka menunda balas balasin komen di blog. Gomen nee.

      Hapus
  24. Berhenti menunda pekerjaan itu asli kayak nyadarin aku banget sih hahahaha. Duh, aku trakir coba shower scrubnya Scarlett ya yang varian Pomegrante dan Coffeee itu sih, jadi kepo pengen coba lainnyaaa

    BalasHapus
  25. beneran sih mencium wewangian itu bikin mood jadi bagus dan semangat kembali. makanya buat mandi dengan scarlett ini adalah hal istimewa banget. sekarang ini bahkan ada kemasan mungilnya nih.. bikin gampang dibawa kemana mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik banget memang Kak Ghina. Tiap habis mandi selalu merasa happy sampai pengen nari-nari saking good mood-nya.

      Hapus
  26. wow scarlett, wangi. Pengin nyoba semaunya. Scarlett memang produknya oke banget ya.

    BalasHapus
  27. itu caraku juga sih mba, sebelum kerja harus banget mandi dan wangi soalnya biar mood bagus terus buat kerja di rumah. soalnya kan pekerjaan mamak di rumah bukan nulis aja yaa hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya.
      Sadar diri kalau pekerjaan mami di rumah bukan cuma nulis aja, jadinya harus selalu penuh semangat ya Mba.

      Hapus
  28. Cukup tidur dan perut harus kenyang, itu ngaruh bangettt untuk bikin mood terjaga :D. Kdg kalo lupa utk makan, terlalu fokus Ama kerjaan, pasti bawaan juga emosi dan suka nge blank.

    Aku juga sering ngalamin mood naik turun setelah resign ini mba. Tapi memang bersyukur Krn dibantu asisten, jadi kalo ada kerjaan, aku minta ke anak2 dengan babysitter nya dulu. Jadi mereka ga akan ganggu biasanya.

    Ihhh baru tahu kalo Scarlett ada size kecil πŸ‘. Naaah enak jadinya dibawa kalo sedang staycation yg cuma sebentar. Sukaaa bgt sih produk2 body care nya Scarlett ini mba. Wanginya bener2 menolong nyegerin mood ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahaya banget emang kalau badan udah lelah ditambah sama sedang lapar ya Mba. Mood itu bisa naik turun banget dan malah berpotensi bikin sesi kerja kita jadi nggak maksimal padahal sadar diri kalau waktu buat bekerja itu terbatas.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Tanah Cita-Cita (2016) : Melirik Sedikit Kehidupan Masyarakat Mbojo

Berkunjung Sebentar Ke Kebun Raya Cibinong