18 Again (2020) : Bagaimana Jadinya Kalau Kamu Kembali Muda?

Drama Korea 18 Again jadi drama penutup di tahun 2020 sekaligus sebagai drama pembuka yang saya saksikan di malam pergantian tahun 2021. Maka, marilah saya jadikan review 18 Again kali ini sebagai tulisan pembuka di tahun yang baru.

Awalnya saya merasa, drama korea 18 Again ini agak serupa dengan film Korea Miss Granny. Kamu sudah nonton? Yap. Sama-sama menjadi muda tanpa mengalami perjalanan waktu. Bedanya, kalau Miss Granny bisa jadi muda setelah berfoto di studio foto nggak kasat mata, kalau di 18 Again, pemeran Hong Dae Young menjadi muda setelah minum teh ramuan dari seorang rahib.

Namun, usut punya usut dari berbagai artikel pendukung yang Ka Acha lahap sebelum menuliskan artikel saya kali ini, bahwa drama korea yang menghadirkan Lee Do Hyun sebagai salah satu pemeran utama, untuk pertama kalinya. How’s great ya khan?

 drama korea 18 Again

So, Ka Acha akan ceritakan dulu sedikit sinopsis dari drama korea yang sesungguhnya merupakan adaptasi dari film Hollywood berjudul 17 Again dan sudah tayang di 2009 lalu ini yuk. Take a sit, please.

Sinopsis Drama Korea 18 Again

Berawal dari kacaunya kehidupan Hong Dae Young muda. Ketika ia sedang dalam pertandingan basket, mendapatkan kabar bahwa kekasihnya, Jung Da Jung muda (diperankan oleh Han So Eun), hamil. Hong Dae Young, si MVP dari SMA Serim itu, akhirnya, memutuskan untuk kabur di tengah pertandingan, menyusul sang pacar, dan berjanji untuk hidup bersama. Menikah muda.

Tapi hidup memang nggak seindah dongeng ala ala Disney, tentang dunia yang akan selalu baik-baik saja jika terus menyetia dengan pasangan yang sudah dipilih. Menjalani masa yang panjang bersama, bahkan hingga sepasang anak kembar dari Hong Dae Young dan Jung Da Jung, Hong Si Ah (diperankan oleh aktris pendatang baru Roh Jeong Eui) dan Hong Si Woo (menampilkan si aktor rookie Ryeoun) sudah remaja, ternyata segalanya jadi serasa hampa.

Yoon Sang Hyun as Hyun Dae Young 18 Again
sulitnya hidup bikin Hong Dae Young nggak memperhatikan penampilannya

Hong Dae Young dewasa (diperankan oleh Yoon Sang Hyun) yang sudah berusia 37 tahun, harus menerima tekanan berat dalam hidupnya. Pekerjaan sebagai kang servis mesin cuci selama 10 tahun, tempat ia menggantungkan hidup padahal ia nggak bahagia saat bekerja, batal naik jabatan karena adanya tindakan nepotisme dari sang atasan. Ia mengamuk, menyundul atasannya, lalu dipecat.

Setelah kekacauan malam itu, Hong Dae Young nggak pulang ke rumah. Ia malah sibuk melempar bola basket di lapangan basket SMA Serim. Hong Dae Young begitu terpuruk, patah, remuk akan beratnya hidup yang pernah ia pilih. Ia menyerah dan berharap bisa menjadi muda kembali.

Efek dari teh yang sempat diminumnya di salah satu rumah pelanggannya, muncul malam itu. Setelah lemparan bola jauh yang sukses masuk ke keranjang, langit mendadak gelap, dan Hong Dae Young 37 tahun berubah menjadi Hong Dae Young muda yang berwajah 18 tahun (diperankan oleh Le Do Hyun).

Sementara di rumah, Jung Da Jung dewasa (diperankan oleh Kim Ha Neul) sudah bulat keputusannya untuk bercerai dengan suaminya. Dia sudah terlalu muak dengan Hong Dae Young yang serasa nggak lagi peduli dengan keluarga, terlalu sering minum minuman beralkohol, bahkan seolah-olah bagi Jung Da Jung dan kedua anaknya, nggak ada sosok ayah lagi di rumah mereka.

Hong Dae Young yang seolah menghilang, makin menguatkan alasan Jung Da Jung untuk mengakhiri semuanya. Sidang cerai berlangsung, bersamaan dengan dewi fortuna yang hadir dalam kehidupannya. Kesempatan mewujudkan impiannya sebagai pembaca berita di JBC, terbuka. Jung Da Jung lolos seleksi buta alias proses rekrutmen tanpa melihat latar belakang pekerjaan maupun usia.

Lalu, bagaimana nasib Hong Dae Young yang mendadak jadi muda? Ia berutang banyak pada sahabat dekatnya, Ko Deok Jin (diperankan oleh Kim Kang Hyun) si nyentrik yang tajir abis karena punya perusahaan game Go Go Play. Akhirnya, atas bantuan si sahabatnya tadi, Hong Dae Young kembali jadi siswa di SMA Serim dengan menyandang nama Ko Woo Young.

Lee Do Hyun as Ko Woo Young 18 Again
Hong Dae Young kembali muda dan berganti nama menjadi Ko Woo Young

Eh tahunya, satu per satu kenyataan menyentak. Hong Dae Young a.k.a Ko Woo Young menemukan putranya Hong Si Woo yang dirisak di sekolahnya. Itu lho, di-bully, gaes. Hingga, semangat untuk kembali meraih impian masa mudanya sebagai MVP tim basket SMA Serim, berbelok. Ia lebih memilih menjadi teman dekat putranya. Menyemangati, termasuk menantang sang putra bermain basket.

Begitu juga dengan kehidupan Hong Si Ah, putrinya. Terkejut mendapati anak gadis kesayangannya itu bekerja paruh waktu di sebuah minimarket, tanpa ia ketahui sebelumnya. Bahkan, Jung Da Jung sebagai ibu pun, nggak tau apa yang dilakukan Hong Si Ah. Mereka sebelumnya hanya paham bahwa putrinya pulang malam karena sibuk belajar. Maka, dengan memakai topeng Ko Woo Young, sebagai ayah, Hong Dae Young mengubah haluannya lagi, memilih memperhatikan putrinya.

Drama Korea 18 Again ini sungguh penuh dengan air mata. Apakah Hong Dae Young yang sudah berubah menjadi Ko Woo Young bisa mewujudkan impian masa mudanya? Atau malah berjuang untuk memperbaiki segalanya? Bagaimana dengan hubungannya dengan Jung Da Jung, jadikah mereka bercerai?

Ditambah sama kehidupan Jung Da Jung yang jadi bersinar karena ditaksir sama seorang pemain bisbol profesional nih, Ye Ji Hoon (diperankan oleh sipemilik senyum manis Wi Ha Joon). Nah lho, posisi Hong Dae Young makin terancam deh.

Review Drama Korea 18 Again

Honestly, drama korea yang salah satu pemerannya adalah Lee Do Hyun ini, bertabur bawang. Let me tell you a snipping part of it ya. Saya sesak ketika menemukan Ko Woo Young terkejut akibat perisakan yang dialami putranya, di kunci di toilet sekolah. Nggak ada yang menolong. Bahkan makan siang pun sendirian. Anak yang sudah dibesarkan dengan banyak pelukan oleh ayahnya, diperlakukan sedemikian sama temannya? Ayah mana yang nggak akan menyimpan kesal?

Hong Si Woo dan Ko Woo Young 18 Again
bermain basket bersama Hong Si Woo ... inilah impian Hong Dae Young semasa muda

Di sisi lain, ada potongan flashback-flashback yang menunjukkan perjuangan Hong Dae Young muda, saat anaknya masih bayi. Bekerja serabutan sana sini demi cari uang untuk bayar sewa kamar yang ditinggali keluarga kecilnya. Nggak kuliah. Merelakan impiannya bermain basket, demi mencari penghidupan. Nyesek gengs.

Miris yang jleb banget. Seolah menyajikan sulitnya kehidupan pernikahan tanpa pendidikan dan penghasilan yang layak. Belum lagi, ada banyak hal yang selama ini disembunyikan Hong Dae Young sendirian, jadi diketahui oleh Jung Da Jung melalui orang-orang yang pernah berhubungan dekat dengan suaminya, pelan pelan. Sungguh Jung Da Jung menyesal telah berkata-kata tega dan menyepelekan suaminya sepanjang bersama. Jleb yang kesekian kalinya.

Hong Si Ah dan Ko Woo Young 18 Again
Hong Dae Young (Ko Woo Young) menemukan perbedaan Hong Si Ah (putrinya) yang nggak sama seperti yang ia kenal di rumah

Drama Korea 18 Again yang disutradarai Ha Byung Hoon, dan ditulis bareng Ahn Eun Bin, Choi Yi Ryool, dan Kim Do Yeon ini buat saya malah alurnya agak mirip sama drama fantasi Go Back Couple juga lho. Cuma yang jadi muda di sini kan, si suaminya, pun mereka nggak melompat ke masa lalu. Tapi, taburan bawangnya sama sama merata.

Baca juga : Go Back Couple (2017) : Tonton Dengan Pasangan untuk Couple Time

Drama Korea 18 Again ini juga ada beberapa kali kiss scene-nya yang bikin saya malah nggak merasakan manis manisnya cinta, malah pedih binti iyukh. Miriplah sama drama korea Pinocchio yang terakhir kali saya review. Tapi … ketampanan dan acting Lee Do Hyun beneran ter-upgrade di 18 Again ini. Sebelumnya, saya menonton acting-nya doi di drama korea Hotel Del Luna dan berasa … uuwww ini orang kok manis bener ya.

Baca juga : Hotel Del Luna (2019) : Kekayaan Fantasi Dalam Sebuah Serial Drama

Pesan manis yang saya tangkap dari drama korea 18 Again kali ini, cukup banyak. Mulai dari mempertahan komunikasi terbuka dengan pasangan hidup, sesakit dan sepedih apapun itu, berbagilah, karena dipendam sendiri akhirnya buat kehidupan rumah tangga jadi nggak happy alias mumet tertekan sendirian.

Jung Da Jung dan Hong Dae Young 18 Again
Jung Da Jung merasakan kehadiran Hong Dae Young dalam diri Ko Woo Young
 
Selanjutnya, pilihan hidup yang sudah dijalani ya jalani saja dengan baik. Jika ada keajaiban datang untuk mengulang masa lalu, sesungguhnya kebahagiaan itu akan membawa kamu untuk kembali menjalani hidupmu yang lalu, memperbaiki segalanya kalau bisa.

Terakhir, senang sekali saya bisa menemukan wajah khas Lee Mi Do sebagai Choo Ae Rin di drama ini. Sebelumnya saya melihat wajahnya di drama korea Oh My Baby. Suka dengan acting geregetannya. Pas banget selalu jadi pemeran pendukung utama perempuan.

Satu lagi deh ya, Ka Acha dibuat jatuh cinta sama suaranya So Hyang, salah satu pengisi original soundtrack drama 18 Again dengan lagunya berjudul Hello. Semua OST 18 Again bagus-bagus sih, tapi So Hyang paling menarik perhatian, sampai saya mulai dengerin lagu-lagunya So Hyang yang lain. 

Komentar

  1. Acha ... bertaburan bawang itu apa sih? 😅 Kalau buat saya yang menggemari segala jenis bawang, pasti lezat tuh bertabur bawang. Tapi buat orang yang menyisihkan bawang dari piringnya kayak ponakanku pasti siksaan. Nah, yang mana tuh? 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbaak yang kamu maksud itu bawang goreng kayaknya wkwk kalo yang dimaksud mba acha ini mungkin bawang merah atau bombay mentah yang diiris dan bikin pedes mata. gitu gak si mbaa? hihi

      Hapus
    2. Saya jadi ikut kepo dengan obrolan perbawangan ini, hehehe... Btw saya suka bikin bawang goreng lho...
      Saya juga suka bawang mentah yg ada di acar sate atau nasgor

      Hapus
    3. Buebu ini pegimana seeeh? Bertabur bawang itu maksudnya, di sepanjang film ini banyak iklan bawangnyaaaa.. Gitu aja kok nggak ngerti >.<

      Hapus
    4. Hihihi nah iya. Bertabur bawang itu maksudnya ya bikin sedih mewek mewek bombay gitu lho.

      Hapus
  2. Kalau film drakor sepaket dengan ost lagunya dong hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Aku suka sepaket kali ini. Tapi ada juga sih drakor yang OST nya nggak langsung bikin aku jaruh cinta.

      Hapus
  3. Bertabur bawang trus diiris-iris sepanjang nonton ya kak Acha.. 🙈

    Waduh sedihnya sampe kebawa mimpi gak? Kalo kejadian di dunia kita, kalo saya balik ke 18 tahun, saya ngapain ya? Hihi
    Kayaknya pengen nyoba kuliah yang jauh. Ke Jawa aja sekalian.. 🤣

    Soalnya dulu pengen ngekost gak dikasih. Kuliahnya harus dalam kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi gimana dong Mba Ina, harus ngejelasin ke orangtua kalau Mba kembali muda? Anak sama suami gimana?

      Nah gitu deh perasaannya tokoh Hong Dae Young di drama Korea 18 Again ini.

      Hapus
  4. Ada banyak hal yang mau saya delete kalau saya berumur 18 tahun lagi, terutama tentang belajar agma, selama ini saya agak meremehkan pelajaran agama dan penerapannya, jadilah umur segini masih banyak dosa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada kata terlambat untuk belajar apapun itu, bahkan soal agama. Malah terus belajar yang lebih baik. Semangat ya.

      Hapus
  5. Jadi film imceran selanjutnya nih. Di netflix mudah2an ada yaahh.
    Aku suka film genre gini. Terimakasih kak Acha reviewnyaaaaa.

    BalasHapus
  6. Aku belum nonton drama Korea 18 again. Kalau aku pengen nonton drama Korea 18 again karena Lee Do Hyun jadi salah satu tokoh utama di drama Korea 18 again.

    BalasHapus
  7. Cerita Drakor emang gak pernah mengecewakan sih. Skenarionya keren, ulala, coba aja pas sutradara sinetron indo bisa belajar dari mereka insyallah ada rehabilisi stasiun televisis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kayaknya Mba. Cuma selera pasar yang masih butuh diperjuangkan biar rating share nya nyenengin PH.

      Hapus
  8. kayanya kalo aku nonton langsung, bisa baper nih dan membayangkan gimana kalo aku balik remaja lagi hahaha.

    BalasHapus
  9. Waah, dari usia 37 berubah menjadi muda 18, kbayang tuh unyu2nyaa.
    Nah, aku sekarang masih 18 tahun loh jiwanya, tapi kalo aslinya jangan tanya udah mo masuk jelitaa.
    Ahh, jadi mo 18 tahun lagi masa2 SMA, jamannya cinta monyet, hhahhaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🤭🤭🤭

      Aku malah jaman SMA masih bingung sama cinta cintaan lho Mba.

      Hapus
  10. Andai bisa kembali ke masa muda~~~

    BalasHapus
  11. Wah ceritanya mengingatkan susasana SMA zaman dulu hihi romansa banget ya jadi pengen ABG lagi hihi

    BalasHapus
  12. Saya sudah nonton tuh yang 17 Again. Zac Efron kan yang jadi pemeran utama versi Hollywoodnya mba. Hihihi. Ini diadaptasi Korea, tapi jadi drama ya, saya kira film. Menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah penasaran sama yang 17 Again. Tapi kece memang, bukannya dijadiin film malah dikembangkan jadi serial.

      Hapus
  13. Aku suka sama review kakak. Mau coba tonton ah 18 Again

    BalasHapus
  14. Aku baper banget nonton ini. Baru beberapa episode kok emosinya naik turun gitu. Jadi pengen ngerasa muda lagi aku tuh.

    BalasHapus
  15. Seru pasti nih cerita sepenuhnya kalau menonton. Terbayang kalau saya sekarang udah usia 40 terus balik ke usia 18. Hehehe...
    Rasanya saya tidak akan menyesal untuk kembali memilih jalan hidup yg baru. Meski jalan hidup sekarang pun ya ga terlalu tidak diinginkan sih. Karena kalau kita sebagai muslim percaya dengan ketentuan Nya sih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sayangnya masa muda nggak bisa diulang ya Teh.

      Hapus
  16. Wow drakor sungguh saya ketinggalan zaman. Iya semoga drakor 18 Again ini memberikan nilai kehidupan yang baik.

    BalasHapus
  17. beres baca ini langsung buka netflix dan ternyata ada tapi mulai tayang 22 januari haha. penasaran beres baca sinopsisnya. gak ngerti kenapa drakor itu meskipun awal jalan ceritanya aneh tapi selalu seru aja buat di tonton. banyak pelajaran yang bisa di petik juga kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar menanti dong ya Mba. Happy watching Mba Rina.

      Hapus
  18. jadi ini tuh ceritanya flashback ke masa muda gitu ya kak Acha, kok aku mumet ngikutin alurnya, ah baiknya emang nonton sendiri kali ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan flashback. Tapi si tokoh Hong Dae Young ini berubah jadi muda lagi, tapi setting waktu nggak ada yang berubah.

      Hapus
  19. Udah punya Istrin trus muda lagi?
    Ih serem
    Talk sekaligus penasaran, saya belum nonton nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Ambu dicoba. Mana tau serunya sama seperti drama china.

      Hapus
  20. Ahhh baca si opsisnya jadi penasaran dong jadinya..

    Ini semua episodenya sudah selesai tayang semua kah mba ?

    Kalau sudah mau cari kasetnya ah.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah Mba kalo di aplikasi Viu.

      Ehhh aku udah lama nggak baca kata "kaset". Hihihi. Aku lebih suka nonton di aplikasi nonton soalnya.

      Hapus
  21. Aku? Kalo kembali muda? Kayaknya pengen puas-puasin traveling deh :D Kalo sekarang traveling sering bentrok dengan kebutuhan keluarga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun mulai merasakan rasanya mau traveling tapi bentrok sama kebutuhan keluarga juga nih Teh.

      Hapus
  22. Wahahaha kembali'muda ya. Seru tuh ngebayangin nya. Klo sy mah cukup berjiwa muda aja deh hehe

    BalasHapus
  23. Drakor memang makin hits terus ya di negara kita ,mbak. Makin banyak yang menarik untuk ditonton. Saya tergoda nih untuk nonton juga,mana tau bisa ikutan kembali muda gitu ya,hahahah

    BalasHapus
  24. Sekilas kaya film nya Indo yang diperanin Tatjana yah mba? Hehe tapi judul nya aku lupa. Intinya kembali ke usia muda ( 20 th ). Sepertinya drama korea ini menarik, ceritanya cukup komplex, jadi penasaran hehe ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Mas Adhe. Benar. Hampir mirip sama Sweet 20 yang juga filmnya hasil adaptasi dari filk Korea berjudul Miss Granny.

      Hapus
  25. Wah setelah baca review ini jadi pengen nonton dramanya. Kemarin sempat lihat trailernya sedikit - sedikit dan semakin tertarik setelah baca blog ini. Dan sepertinya drama ini cocok sekali apabila ditonton untuk usia remaja sampai dewasa ya, karena banyak nilai moral agar bisa membatasi saat mulai berpacaran dan banyak gambaran kehidupan setelah menikah yang berbeda dengan dibayangkan banyak orang.

    BalasHapus
  26. 18 again ini memang berseliweran di list aplikasi IQyl, dan WeTv. Tapi blom diklik-klik juga sama saya. Karena masih ragu buat nontonnya.
    Sekarang lagi ngikutin drama chine.
    Habis drama china ini saya bakalan ke 18 again

    BalasHapus
  27. Walaupun cuma tayangan drama, tetapi ada terselip hikmah juga ya bahwa pilihan yang telah diambil harus siap dilakukan terus. Dan selalu pergunakan kesempatan baik untuk memperbaiki diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini. Selalu suka sama kesimpulan Kak Fenni. Makasih banyak sudah mampir ke mari ya Kak.

      Hapus
  28. sekarang sudah gk bisa lagi, karena fokus. walau masih muda

    BalasHapus
  29. saya belum pernah menonton film Korea dengan judul ini, tapi memang saya jarang banget nonton film Korea. Tapi baca sinopsis memang bikin penasaran sih

    BalasHapus
  30. Pernah sih nonton film dengan cerita yang hampir mirip dengan ini tapi film jepang, kalau film korea yang ini belum nonton, hehe. Tapi sepertinya seru juga setelah baca artikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ada film Jepang yang mirip ya? Judulnya apa Kak?

      Hapus
  31. drakor memang juara dari cerita, pemilihan pemerannya sampai ostnya, selalu sepaket bikin jatuh cinta, menarik juga nih, masukkin watch list aku deh kalo gitu

    BalasHapus
  32. Kalau aku pernah nntonnya bukan miss grannynya tapi sweet 20 hihi. Ini dari ulasannya Kak Acha aku jd penasaran eh, sepertinya seru sekali ya apalagi perihal keluarga. Sekilas ingat film yang bertukar tubuh jadi lebih muda, film korea juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku malah belum nonton yang bertukar tubuh itu.

      Hapus
  33. Uwuq ternyata kakak suka drakor juga kah?keren banget sih ya kak drama ini, meSki belum sampai selesai nontonnya tapi sepertinya seru abis

    BalasHapus
  34. Kalau saya kembali di usia 18 tahun, maka saya akan mengubah cara saya jatuh cinta
    Sebisa mungkin itu saya pikirkan nanti saja
    Berusaha dengan baik
    Mengumpulkan uang beli rumah, haha

    BalasHapus
  35. wah drakor ini selalu menawan ceritanya :) belum tertarik juga sayangnya dg drakor, tp bagus-bagus sepertinya ceritanya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga selera tiap oranh berbeda dan nggak bisa dipaksakan Mba.

      Hapus
  36. Huhu, kadang film Korea bikin kita berhalusinasi ingin seperti kisah di film.
    Paling nggak jadi awet muda ke 18 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awet muda mah saya juga nggak akan nolak Mba.

      Hapus
  37. Drama yang menguras emosi nih. Bener-bener bertabur air mata. Apalagi pas sang ayah tahu, kalau anak-anaknya di masa remaja hidupnya susah. Ada yang selalu dibully, ada juga yang kerja paruh waktu. Hati ayah mana yang tidak remuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeeettt.

      Apa yang ortu lihat nggak selalu yang anak rasakan.

      Hapus


  38. Awak pun kemaren sempat nonton film 18 again ini nontonnya berasa sedih tapi ada lucunya juga..tp belum selesai nontonnya jadi teringat lagi akan film ini dan meneruskan tontonan yang belum siap.

    BalasHapus
  39. Belum nonton nih, tapi udah nonton teasernya hehe. Lumayan bagus yah ternyata, jadi ingin nonton deh

    BalasHapus
  40. Aku sama suamiku nonton, asli mengandung bawang. Jadi keingat saking sibuknya sama kerjaan, olahraga dan hobi ga kepegang.. banyak perlajaran dari drakor ini :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget pengorbanan yang kita kira manis taunya bikin sakut sendiri. Tapi ujungnya jadi nggak perlu disesali.

      Hapus
  41. wah emang banyak yg merekomendasikan drama ini mbak
    katanya sarat hikmah seputar family, aku juga sudah masukkan drama ini di list tontonan

    BalasHapus
  42. Saya kira yang tetap merasa 18 tahun karena kecelakaan, terus koma. Bangun-bangun udah beberapa belas tahun kemudian. Ternyata bukan. Hehehehe

    BalasHapus
  43. Wah...aku belum nonton nih 18 again, baca sinopsis ini kayaknya bagus ya, yang aku suka dari drakor adalah banyak pesan moral yang terselip di ceritanya kalau kita jeli, tapi jujur aku lebih suka nonton drakor genre saeguk...hahaha suka lihat fashion kerajaannya apalagi putri-putri bangsawannya, warnanya gonjreng-gonjreng tapi padu padan warnanya keren banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah nggak terlalu kalo yang ala ala saeguk.

      Hapus
  44. Iya premisnya mirip dengan Miss Granny ya, yang sempat juga diremake Indonesia dengan judul Sweet 20.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah makanya. Tapi ternyata malah adaptasi dari 17 Again.

      Hapus
  45. Aku suka pemeran istrinya, eh cari cari drama yang di mainkan ternyata wajahnya gak berubah gitu gitu aja pas mudanya

    BalasHapus
  46. Kalau liat review Drakor, ceritanya unik-unik ya, tapi seru buat ditonton kayaknya. Wah film bertabur bawang, bakalan menguras air mata terus nih. Harus sedia tisu dong. Ini mah cocok ditonton istri saya, gampang terenyuh, hehehe...

    BalasHapus
  47. 18 again ini katanya emang bagus yaaaa.. Aku udah nonton tapi belum tamat. Hihi. Nanti mau lanjut nonton lagi aaaah

    BalasHapus
  48. Kalau kembali muda, nggak kebayang akan gimana sih wkwk. REviewnya seru nih. Hmm...apakah aku akan coba menontonnya? Kita lihat nanti wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🤭🤭🤭
      Semoga Kak Niken tergoda buat nonton juga.

      Hapus
  49. Jadi pengin 18 tahun lagi. Hehe.... pen ngulang jaman sering keluyuran ke rumah teman, nginep, tukeran baju. Wkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serunyaaa.

      Entah kenapa kalo tukaran baju, saya nggak dibolehin sama mama.

      Hapus
  50. Belum nonton yang drakor 18 again ini. Di We TV ada nggak ya? nyari ah jadi penasaran soalnya kalau banyak berlinang air mata itu keuskaan saya banget haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuw Mba Lina suka yang berlinang air mata.

      Hapus
  51. Ini series seru juga ya, jadi ikut berandai2 gimana kalau mendapatkan kesempatan kembali muda, pasti rasanya ingin sekali memperbaiki kesalahan2 di masa lalu atau hal2 yang belum didapatkan di masa lalu gituuh

    BalasHapus
  52. Wah ini bener-bener drama banget ceritanya, sampai bertabur bawang segala ya, hehehe. Saya masih berjuang nih menyempatkan waktu bisa nonton drakor di rumah. Kalau lihat ceritanya, drakor ini juga menarik untuk ditonton.

    BalasHapus
  53. Dari reviewnyabsaya sepertinya tertarik pengen nonton drakor ini apalagi genrenya mellow ya... Oia tadinya pas lihat judulnya saya kira ini drakor tema anak muda

    BalasHapus
  54. Hehehehe... Kayaknya aku pernahd eh nonton drama ini.

    Emang ya, drakor itu punya nyawa tersendiri bagi industri hiburan. Apa aja temanya selalu sukses bikin penonton senang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk menyebarkan budayanya juga ke Indonesia.

      Hapus
  55. serasa dejavu bacanya, kayaknya ada rakor yang konsepnya gini juga ya mbak. tadinya tua terus jadi muda lagi, hihi.. kalau jadi muda lagi lebih enak daripada ceritanya yang muda terus jadi tua, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah coba kalo mendadak tua, bakalan jadi gimana ya ceritanya?

      Hapus
  56. Aku memang suka sama Kim Ha-neul.
    Tapi waktu itu stop di eps 4 apa yaa...hihii...padahal aseli ini drama very recommended.
    Karena pengasuhan dari kacamata anak.

    BalasHapus
  57. Kebayang serunya balik lagi ke masa usia 18 tahun pasti sangat mengasyikkan. Lihat ulasannya sepertinya sangat menarik ini alur ceritanya, jadi penasaran nih pengen nonton

    BalasHapus
  58. aku nonton ini dilongkap2 tapi seneng pas hubungan ayah dan anaknya jadi harmonis, serunya anak2nya ga tau ini bapaknya jadi muda ampe akhir ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entah kenapa aku nggak sanggup kalau nomtonnya longkap longkap.

      Hapus
  59. Aku jadi pengen nonton drakor ini deh ka acha. Aku tuh suka jalan cerita yg kyk flashback ke masa lalu gitu haha.. jadi muda lagi pasti seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak flashback sepenuhnya sih tapi di 18 Again ini.

      Hapus
  60. wah asik banget kalo bisa 18 tahun lagi hihi, bisa seseruan lagi sama teman-teman dan menikmati masa-masa muda dengan lebih baik

    BalasHapus
  61. Saya udah nonton yg versi film Hollywoodnya. Pas baca postingan ini jd ingat beberapa adegan di film itu.

    Dan saya jg jd penasaran sama cerita drakornya hehe

    BalasHapus
  62. Udah sempet nonton 1 eps tp blm dpt gregetnya, pengen bgt nonton krn suka Go Back Couple. Baca ini jd pengen ditonton lg 18 Again nyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang sih, tipe tontonan fantasi begini ya sebaiknya 2 episode paling nggak, untuk dapat jalan ceritanya Mba.

      Hapus
  63. aku nonton ini gara - gara ibuku juga nonton ini dong, hahahaha. dan baru ngeh ternyata si pemeran utamanya main juga di drakor sweet home, wehehehe

    BalasHapus
  64. aku potek pas lihat pangeran kunang ciuman huhuhu sedihhhh hahahah ras ga tega liat dedek lucu ciuman ama tante hahaha
    aku nonton ini on goingnya dan jadi favorit sampai tamat, diingetin sayang suamiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa nggak sanggup bayangin mas kunang kunang sama tante tante huhu

      Hapus
  65. Kusangka ini film komedi lho, Cha, tentang tuker-tukeran badan antara orang tua dan orang muda. Ternyata bukan ya? Kayaknya nih film memang bertema pernikahan ya, cocok ditontonin usia 40-an..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya banget Mba. Jadi mengembalikan kekuatan komunikasi yang terkikis waktu.

      Hapus
  66. Drama yang kasih banyak pelajaran juga nih, apalagi soal parenting dan kematangan financial.

    BalasHapus
  67. Aku kebayang bakal nangis nangis nonton drakor ini karena temanya sangat dekat di hati, yaitu tentang keluarga

    BalasHapus
  68. Kebayang aku bakal nangis-nangis nonton drakor ini karena temanya sangat dekat dengan hati, yaitu keluarga :)

    BalasHapus
  69. Kayaknya menarik ceritanya, jadi pengen nonton. Tapi aku kurang suka yg terlalu banyak bawangnya, sukanya yg lucu... Hehe... Makanya sampe sekarang belum nonton. Miss Grammy jg belum nonton, jadi penasaran juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Miss Granny lumayan ada banyak lucu lucunya.

      Hapus
  70. Ohh drakor yang ini, iya aku udah nonton. Memang lumayan asyik nontonnya, aku juga ga terllau banyak skip2 untuk drakor yang satu ini

    BalasHapus
  71. Papa mudaaaa!!!
    Aku suka drakor ini kaya ngajarin banyak hal tentang menghargai momen dan melihat sesuatu dari sudut pandang yang lebih luas.

    BalasHapus
  72. gemes bgt aku liat drama ini , bagus sih, ya romantis, ya dramatis ya ada komedinya juga,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkah Pohon Enau Dari Tepi Hutan Gunungsari Lombok

Mercusuar Cikoneng dan Titik Nol Kilometer Jalan Raya Daendels