The Davincka Code : Buku Perjalanan Hidup Jihan Davincka

Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit Wajah

Menua itu pasti. Seperti kata pepatah, setiap orang ada masanya, dan setiap masa ada orangnya.

Kamu dan jiwamu bertumbuh setiap perputaran waktu itu terjadi. Paham bahwa waktu bukanlah sesuatu yang bisa diambil kembali bila telah dilalui. Kalau pun memang bisa, segalanya hanya terjadi dalam dunia cerita fiksi sci-fi bertema time travel. Iya, kan?

Banyak yang berpendapat bahwa usia muda – terutama bagi perempuan -- adalah usia paling menyenangkan karena tampilan fisik masih cantik. Keriput belum banyak bermunculan di kulit. Itulah mengapa, ketika hampir memasuki usia kepala tiga, banyak perempuan beralih menggunakan produk perawatan untuk cegah penuaan dini di kulit wajah.

cegah penuaan dini dengan

Saya tentu sepakat dengan pandangan begini. Sebab Ka Acha sendiri merasakan hal yang senada. Saya nggak ingin lekas nampak menua. Padahal saya tahu pasti, waktu akan mengubah segala sisi muda dalam diri saya, pada suatu masa nantinya. Makanya belakangan ini, saya sedang menggunakan Scarlett Age Delay Series.

Entahlah … tapi terkadang, saya nggak ingin penampilan saya banyak berubah sejak sedari saya pertama kali mulai menulis di blog Taman Rahasia Cha ini di 2011. Pada masa itu, usia saya masih remaja. Eh hari ini, saya sudah masuk dalam kelompok usia dewasa. Time flies, but I wish I can still cute like so very long time ago. Dalam versi Ka Acha, tentunya.

Lalu, perjalanan waktu membawa saya pada pemahaman bahwa kulit yang nampak muda alias age delay itu sumbernya hanya satu. Butuh dijaga sebaik-baiknya dengan produk perawatan yang mampu membuat kulit tetap lembab terawat.

Apa Saja Sih Tanda Penuaan Dini Itu?

Sebelum lebih jauh mendongengkan tentang cara cegah penuaan dini, sepertinya perlu juga nih Ka Acha sampaikan, apa saja sih yang masuk dalam kategori dari tanda penuaan dini. Biar lebih sefrekuensi dulu nih kamu sama Ka Acha. Boleh yaaa ….

Seperti yang sudah banyak diketahui, kalau penuaan dini itu muncul dalam bentuk keberadaan garis-garis halus di wajah. Belum lagi dengan pori-pori kulit yang membesar. Eh eh … bukan cuma sampai di situ saja sih.

Kalau boleh saya hadirkan dalam bentuk poin-poin, maka tanda penuaan dini adalah sebagai betikut :

  • Keriput
  • Garis-garis halus
  • Bintik hitam
  • Pori-pori wajah membesar
  • Kerutan di sudut luar mata
  • Kulit terlihat kusam dan terasa kering
  • Pipi tampak turun atau mengendur

Sedihnya, tanda-tanda penuaan dini yang sudah Ka Acha sebutkan di atas, bukan hanya bisa menghampiri orang-orang yang sudah memasuki usia pra lansia saja. Bahkan di usia muda bisa banget datang akibat dari berbagai kebiasaan harian yang selama ini dilakukan.

Nah lho … memang sih ya, urusan kesehatan sampai kecantikan fisik itu bermula dari gaya hidup. Kebiasaan yang ternyata bisa membuat kulit jadi sulit lembab terawat.

Penyebab Penuaan Dini Itu Apa Saja Sih?

Ada banyak faktor sebenarnya. Bisa dari faktor genetik, namun lebih banyak dari sisi non genetik. Ka Acha menyadurnya dari salah satu artikel di situs kesehatan ternama tanah air ya.

  • Melakukan aktivitas luar ruang tanpa pelindung kulit
    Kalau kamu masih ingat tentang alasan kulitmu butuh sunscreen yang belum lama ini Ka Acha ceritakan, maka kamu akan lekas paham mengapa kulit sangat butuh produk perlindungan setiap kali berada di luar ruang. Terutama, kala matahari bersinar terik di musim kemarau seperti saat sekarang.
  • Merokok dan konsumsi minuman beralkohol
  • Pola makan kurang sehat
    Menurut beberapa literatur, makanan dengan kandungan gula yang berlebihan bisa memberi dampak kurang baik pada keberadaan kolagen di kulit. Makanan dengan kandungan lemak tak jenuh seperti gorengan, makanan cepat saji, hingga daging berlemak pun sebaiknya dikurangi.
  • Sering begadang dan kurang istirahat

Proses penuaan pada kulit memang alami terjadi terutama melalui faktor usia. Biasanya diawali dengan berkurangnya kelembaban kulit. Ketika bertambahnya usia, fungsi kelenjar minyak pada kulit akan cenderung menurun sehingga akan lebih sedikit menghasilkan minyak alami.

Pada usia dewasa, kulit perlahan-lahan akan cenderung kering bila dibanding dengan masa remaja dulu. Makanya, banyak produk skincare dengan kandungan ceramide yang ditargetkan untuk pengguna usia dewasa. Tujuannya tentu saja untuk menjaga skin barrier agar tetap lembab terawat.

Scarlett Age Delay Series untuk Kulit Wajah Lembab Terawat

scarlett hydro fresh cleanser and scarlett hyalu B9 bio plavita ceramide essence toner

Setelah sebelumnya saya menggunakan body serum dan body lotion keluaran Scarlett dengan kandungan 7x Ceramide untuk membantu merawat skin barrier, perhatian saya terambil oleh Scarlett Age Delay Series.

Mulai dari facial wash Scarlett Hydro Fresh Cleanser dengan kandungan seaweed extract, mugwort hydrosol, jeju rosemary, aloe vera extract, centela asiatica extract, dan pomegranate extract. Kesemua bahan tadi berfokus untuk memperbaiki skin barries, menjaga elastisitas kulit wajah, serta mencegah munculnya kerutan dan garis halus.

scarlett age delay facial wash

Ketika pertama kali mencoba menggunakan Scarlett Hydro Fresh Cleanser ini sebagai facial wash, saya tercengang oleh busanya yang nggak terlalu banyak. Ditambah dengan aromanya yang nggak terasa sama sekali.

Saya hanya menuangkan Scarlett Hydro Fresh Cleanser ini ke telapak tangan, lalu memijatkannya di seluruh kulit wajah dengan gerakan memutar yang lembut. Kemudian, barulah saya bilas dengan menggunakan air bersih. Tanpa menunggu lama, wajah saya yang baru dibersihkan dengan facial wash ini terasa lebih lembab dan segar.

Kurang rasanya kalau sudah pakai produk facial wash yang bisa mengunci kelembaban kulit kalau nggak menyertakan produk toner essence yang seirama. Akhirnya, pilihan toner essence Ka Acha saat ini tengah berlabuh pada Scarlett Hyalu B9 & Bio Plavita Ceramide.

scarlett age delay essence toner

Kandungan allantonin, hexapeptide, hyaluronic acid, jeju aloe vera extract, soybean ferment extract, dan triple ceramide complex, memberikan manfaat untuk menghidrasi dan menenangkan kulit. Apalagi bisa turut menjaga kelembaban dan elastisitas kulit juga, termasuk membantu menyamarkan kerutan dan garis halus.

Uniknya, Scarlett Hyalu B9 & Bio Plavita Ceramide essence ini tuh nggak hanya bisa dipakai oleh kamu yang memiliki kondisi kulit kering. Tipe kulit sensitif juga bisa lho.

Sama dengan Scarlett Hydro Fresh Cleanser, saya juga nggak menemukan aroma dari produk Scarlett Hyalu B9 & Bio Plavita Ceramide ini. Teksturnya juga benar-benar mirip air dan cepat meresap di kulit. Nggak ada sensasi lengket atau cekit-cekit di kulit saya yang normal. Setelahnya pun, terasa sekali kalau kulit saya cenderung lebih lembab.

Senang rasanya bisa berjumpa dengan produk cleanser dan essence toner yang bisa membantu kulit Ka Acha lembab terawat. Kalau sudah begini ceritanya, tentu saja bayang-bayang penuaan dini yang mengintai di usia dewasa bisa pelan-pelan saya halau dengan ikhtiar memilih produk cleanser dan skincare yang bisa menjaga kelembabannya.

pakai scarlett age delay series

Jika kamu ingin turut merasakan sensasi lembab yang diberikan dari produk Scarlett Age Delay Series ini, silakan kunjungi https://linktr.ee/scarlett_whitening untuk melakukan pemesanan. Catatan pentingnya sih, setiap produk skincare yang diaplikasikan pada kulit, bisa memberikan pengalaman yang berbeda-beda pada setiap orang. Ya … nggak ada salahnya kan kalau kamu coba cari tahu juga efeknya di kulitmu akan bagaimana?

Kalau kamu memesan berbagai produk keluaran Scarlett, ingat untuk mengecek keaslian produknya terlebih dahulu sebelum kamu menggunakannnya. Kunjungi https://verify.scarlettwhitening.com lalu lakukan verifikasi dari kode produk yang kamu dapatkan.

Mulai sekarang, terutama kamu yang mungkin seangkatan dengan Ka Acha dan sudah jelang atau baru memasuki usia kepala tiga, sudah saatnya aware dengan perubahan kondisi pada kulit kamu. Saatnya beralih pada produk perawatan yang bukan hanya bantu kamu cegah penuaan dini di kulit, tetapi juga membuat kulitmu jadi lembab terawat.

 

 


Komentar

  1. Umur emang gak bisa bohong. Ini aku kalau ngaca udah ngerasa kantung mata makin tebal >.<
    Walau udah pake serum rasanya emang butuh perawatan lebih. Jadi penasaran aku sama Scarlett Age Delay Series. Kayaknya ngebantu banget melawan penuaan dini pada kulit wajah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lho, Bang. Umur beneran nggak bisa bohong. Nggak muka nggak bentuk badan, semua butuh perjuangan buat dijaga biar tetap berasa ideal (sesuai versi masing-masing) sih ya, Bang.

      Hapus
  2. Kalau aku udh ada garis kerutan dibagian dahi. Huhu. Umur emang bikin kita harus lebih rajin ngerawat kulit. Karena aset untuk bisa tampil cantik dan awet muda. Btw aku belum oernah coba yg series Scarlett Age Delay Series untuk Kulit Wajah Lembab Terawat. Sempet beli yang combo vitamin C-nya untuk mencerahkan kulit wajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usia juga lah Mba yang bikin aku makin concern sama skincare. Ketika usia kepala duaku hampir udahan, aku merasa kalau aku nggak mau lekas kelihatan too old dari usiaku saat itu. Makanya aku merutinkan sekali soal pakai skincare daripada make up. Eh setelah lama mencari berbagai produk pembersih wajah yang nggak bikin kulit kering dan cenderung melembabkan, pokoknya harus ada kandungan aloe vera-nya tuh bikin aku candu. One day, ketemu lah sama Scarlett Age Delay Series ini, aku gembiraaaa banget. Kulit makin hari makin sehat rasanya.

      Hapus
  3. Perawatan kulit wajah harus dilakukan agar penuaan dini terhindarkan ya kak, kan gak lucu di saat produk skincare bertebaran kulit wajah tetap kurang terawat. Tinggal pilih yang kualitasnya sudah pasti seperti Scarlett Age Delay Series ini.

    BalasHapus
  4. Zaman now, merawat tubuh dan wajah emang penting banget sih kak. Kalau menurutku, wajah itu aset berharga untuk diri sendiri. Merawat menggunakan skincare beneran dibutuhin. Btw, aku juga pakai Scarlett dan suka dengan produk bodu carenya

    BalasHapus
  5. Begitulah proses alamiahnya ya. Seiring dengan bertambahnya usia, banyak hal di tubuh itu berubah. Dan itu gak bisa dielakkan. Termasuk untuk urusan kulit wajah. Yang bisa kita lakukan adalah merawat agar setidaknya kulit wajah kita bersih dan sehat. Caranya ya dengan menggunakan produk facecare yang cocok dengan kulit wajah kita. Gunakan secara efektif, konsisten dan disiplin. Hasilnya inshaAllah akan maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar Bu,
      usia terus bertambah, maka kudu lebih peduli lagi dalam merawat kulit wajah ya.
      apalagi ada face care yang bisa diandalkan

      Hapus
  6. saya juga menggunakan beberapa produk perawatan dari Scarlett, suka sama wanginya seger gitu dan ga menyengat pastinya, kemasannya juga cantik-cantik, mungil-mungil

    BalasHapus
  7. Wah, Scarleet ada produk baru ya..ini pastinya bakal sangat pas banget sama mereka yang suka aktivitas di luar. Apalagi yang memang kerjaannya di lapangan.

    BalasHapus
  8. Kalau dapet produk yang cocok ini tuh bikin ngga mau pindah ke lain hati deh. Kaya produknya scarlet sepertinya belum pernah gagal mendapatkan hati konsumennya.
    Kalau udah terpercaya dan terbukti dipake terus...

    BalasHapus
  9. auto baca karena tentang cegah penuaaan
    Hehehe ,,,,,,udah tau bakal tua, tapi gak mau tua
    Untung Scarlett paham ya? Karena itu menyiapkan Scarlett Hyalu B9 & Bio Plavita Ceramide essence untuk mereka yang gak mau tampak tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, Ambu nih.

      Tapi memang begitu sih, Ambu. Aku yang sudah masuk usia matang begini langsung deh concern-nya berbelok ke skincare yang cegah penuaan dini.

      Hapus
  10. makin lengkap aja nih Scarlett menyediakan juga untuk anti aging.
    Dengan begitu, bisa antisipasi penuaan dini sejak dini ya pakai produk andalan ini

    BalasHapus
  11. Rada takut juga emang sama usia tua. Apalagi sebagai perempuan, harus care sama diri sendiri. Kalau nggak bakal ribet sama penuaan.

    BalasHapus
  12. aku termasuk yang suka sama produk2nya scarlett karena memang bagus.. mulai dari bodycare sampai ke skincarenya. ini produknya yang baru yaa kak, fokusnya ke anti aging

    BalasHapus
  13. Agak susah sih ya melawan usia, tapi dengan merawat kulit wajah secara kontinyu paling gak penuan bisa agak melambat ya mbak🤩

    BalasHapus
  14. Usia boleh bertambah, tapi kita pengennya kulit (terutama kulit muka) masih tetap nampak muda ya mbak. Saya pun juga pengen seperti itu.
    Wih makin komplit nih produknya scarlet, kini ada Scarlett Age Delay Series pula yang bisa membantu memperlambat tanda penuaan pada kulit

    BalasHapus
  15. Wah, ada produk baru lagi Scarlett Age Delay Series cocok nih byat melawan tanda penuaan. Sekarang udah 30 plus mulai berasa kulit kering, terus timbul bintik hitam, ama muncul gais halus di wajah. Jadi pengen coba deh produk terbarunya Scarlett ini

    BalasHapus
  16. Kaget banget karena kini Scarlett mengeluarkan varian baru lagi..
    Scarlett Age Delay Series.

    Rasanya brand Scarlett ini menjawab semua kebutuhan kulit dari segala usia. Aku pikir awalnya hanya menyasar anak muda, karena brand ambassadornya bintang Kpop dari mulai Twice, EXO sampai Babang Song Joong Ki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah setelah ini akan mulai menggandeng para ahjumma rasa eonni? Atau ahjussi rasa oppa? Lets see. Hihihi ... mana ngerti banget lagi Scarlett nih sama selera jaman sekarang yang cenderung kiblatnya ke Korea Selatan.

      Hapus
  17. Bener. Menua itu pasti, tapi tetap awet muda itu pilihan. Scarlett cocok nih buat halau tanda penuaan biar tetap kinclong di usia yang matang

    BalasHapus
  18. Penuaan dini emang jadi masalah bagi sebagian wanita sekarang ya. Apalagi cahaya matahari di Indonesia ini lumayan keras buat kulit. Jadi perlu perawatan ekstra buat kulit dan kudu pilih skincare yang tepat

    BalasHapus
  19. Wah produk terbaru dari Scarlett ya ini
    Makin membantu kita untuk selalu merawat kulit ya kak

    BalasHapus
  20. Aaaa produknya Scarlett nggapernah fail sih. sampai skrg aku masih pake handbody lotionnya juga ituu, suka bangett sama wanginya juga. Kalau serum blm pernah coba sihh

    BalasHapus
  21. Akhirnya Scarlett punya produk anti aging, yes. Ditunggu review serum, day and night cream ya ya kalau udah ada. Btw aku pengen nyobain Scarlett Hyalu B9 & Bio Plavita Ceramide nya deh, teksturnya mirip air dan cepat meresap di kulit ya

    BalasHapus
  22. Aku udh memasuki usia 40thn nih. Keriput2 dkt mata/dahi udh mulai bermunculan. Kalo ga dirawat sejak skrg, ya nanti bakal cpt tua tuh. Apalagi dgn kondisi cuaca yg panas bgt begini. Wajah kita cpt teroksidasi, kusam. Jd butuh vitamin kulit yg bgs tuh kyk produk Scarlett ini.

    BalasHapus
  23. You look still so cute loh ka Cha, seriusan. Jadi karena Scarlett Age Delay Series ini toh rahasianya. Asli sih aku pengen nyobain, karena memang kandungannya bikin kulit kencang yah, kak. Kebetulan juga yg Scarlett brightening seriesnya udah mau abis, nih, xixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih banyak, Kak.

      Yuuuuwww Kak cobain juga. Pas buat yang kulitnya tipe normal cenderung kering lho seri Age Delay dari Scarlett ini.

      Hapus
  24. kandungan hyaluronicnya memang andalan banget sih buat anti aging, oke juga nih cobain produknya scarlett ini

    BalasHapus
  25. usia kepala 3 emang lagi rawan-rawannya muncul tanda penuaan sih ya Kak :D. Relate banget lah pokoknya. Ini produk baru Scarlett nih? Wah, nggak bisa dilewatkan dong kalau produk Scarlett gini

    BalasHapus
  26. Scarlett Age Delay Series sudah lengkap banget yaa..
    Kesempatan baik untuk perawatan menggunakan produk Scarlett yang terbaru nih.. Agar kulit jauh dari penuaan dini dan kulit tetap cerah, kencang sehat alami.

    BalasHapus
  27. Memang juaranya nih Scarlett, suka banget produknya ringan buat sehari-hari ya, apalagi sekarang makin lengkap variannya, jadi pengen cobain yang ini :)

    BalasHapus
  28. Kalau udah umur cantik gini jadi nyesel deh karena dulu2 ga rutin merawat wajah biar ga penuaan dini

    BalasHapus
  29. Makin lengkap aja nih Scarlett ya kak. Sekarang udah ada varian age delayed series. Duh bikin mupeng saya yang menjelang 40 agar semakin awet muda. Cusss lah langsung belanja ke official store scarlett

    BalasHapus
  30. Wah Scarlett sudah ada ya produk buat atasi penuaan dini, pas banget nih aku memang lagi cari produk anti aging yang bahannya dari Hyaluronic yang sudah pasti mengatasi kulit kusam dan kering, juga garis halus di wajah. Khasiat Hyalu yang melembabkannya itu yang aku paling suka

    BalasHapus
  31. yang usia 30 plus plus yuk kumpul hehe. Rasanya kok kulit nggak semulus paha lagi. Tapi untungnya baca review ini, jadi tahu produk Scarlett Age Delay Series. Otw sopi deh, demi kulit sehat, mulus dan glowing 2023 SIAP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuuussss, Mba.

      Ahahaha astaga, demi apa aku sampai ikutan ceki-ceki apakah kulit mukaku kalah halus sama kulit di paha doongg.

      Hapus
  32. Tanda penuaan dini itu bermacam-macam, kayak keriput, garis halus, bintik hitam, dan pori-pori membesar. Dan yang bikin sedih, ini bisa dateng duluan, bukan cuma buat yang udah tua. Gaya hidup juga berpengaruh, mulai dari ga pake sunscreen, ngerokok, sampe pola makan ga sehat.

    Jadi, penting banget pake produk yang bisa ngejaga kulit biar tetep lembab dan terawat.

    BalasHapus
  33. Aku bersyukur mama ngedisiplinin kami semua untuk rutin skincare sejak smp. Pastinya yg sesuai umur dulu yaa.

    Saking udh di ingetin trus, akhirnya udh terbiasa, dan malah berasa banget ga enak di kulit kalo sampe skip 1 ritual 😄.

    Di usia skr 40+ aku msh pake skincare anti aging dan juga suplemen yg diminum mba. Jadi dari dalam juga dari luar.

    Yang penting pokoknya, rutin aja mau apapun skincarenya. Dan tau kulit sendiri kayak apa. Krn kulitku sensitif aku jarang Gonta ganti produk, masih setia Ama brand Korean product yg utk anti aging.

    Jadi Tahu scarlett punya varian utk anti aging juga 👍

    BalasHapus
  34. Aku banget nih Kak...Udah kentara kalau aging sih...hehe...Terutama sih mengering dan pipi turun. Pengen nyoba deh Scarlett Age Delay Series-nya. Pengen cerah dan glowing kayak kulitnya Kak Acha...

    BalasHapus
  35. ini produk scarlett yang mush have deh buat aku yang emang udah aging, hehehe. aku penasaran dengan texture dan hasilnya di wajah untuk kedua produk ini, tertama toner essence. karena menurutku toner essence nih semacam pondasi skincare sebelum pakai serum , moisturizer atau foundation

    BalasHapus

Posting Komentar