Anime Golden Time (2013) : Kenangan yang Hidup

Anime Golden Time saya jadikan sebagai teman bersantai di akhir pekan. Genre komedi romantis yang dihadirkan dalam rangkaian serial animasi sepanjang 24 episode ini, mengajak saya, bukan hanya untuk menikmati kisah cinta dari Tada Banri, namun juga bunga-bunga kenangan di masa lalu yang masih bermekaran.
vivid-memories

Sinopsis Anime Golden Time

Kisah lika-liku percintaan seorang lelaki muda bernama Tada Banri, dimulai di hari pertamanya sebagai mahasiswa baru jurusan Hukum di Universitas Tokyo.

Ia yang datang terlambat ke kampus barunya karena masih buta arah, berkenalan dengan Mitsuo Yanagisawa, sesama mahasiswa baru di jurusan yang sama pula. Keduanya pun lekas menjadi akrab.

Dalam perjalanan menuju ke lokasi orientasi mahasiswa baru jurusan Hukum, mereka bertemu dengan Kaga Kouko. Seorang gadis muda bergaun putih yang menghampiri Mitsuo Yanagisawa dengan sebukat bunga mawar merah. Payahnya, kemudian Kaga Kouko memukul Mitsuo dengan buket tersebut sebelum pergi.

Demi membuat Tada Banri, si teman barunya, nggak kebingungan, Mitsuo segera menjelaskan bahwa gadis tadi merupakan teman masa kecil, sekaligus tunangan yang telah dijodohkan dengannya. Seseorang yang ia hindari, karena nggak ada perasaan cinta yang ia rasakan pada Kaga Kouko, termasuk lelah dikejar-kejar oleh si gadis ceria tersebut.

Tanpa diduga, ternyata Kaga Kouko juga mengikuti orientasi mahasiswa baru. Mitsuo tentu saja merasa nggak nyaman. Namun rupanya, Tada Banri mau saja berteman dan mengenal Kaga Kouko, sebagai teman satu jurusannya. Eh, Kaga Kouko malah merasa kalau Tada Banri, lelaki yang manis. Nah lho.

Seusai kelas orientasi tadi, Tada Banri kembali berkenalan dengan tokoh lainnya yang turut mengisi alur cerita Golden Time, yaitu Nana Hayashida alias Linda, seorang mahasiswa tahun kedua di universitas, dan merupakan anggota dari Klub Penelitian Budaya Festival Jepang. Pertemuan yang sempat menghentikan detak jantung Linda, namun Tada Banri belum menyadarinya.

Beruntung, kala itu, ada Oka Chinami yang ada di antara keduanya. Salah satu karakter yang kelak akan membantu untuk membawa Tada Banri kembali pada banyak kenangan atas perasaan di masa kini, dengan kamera kesayangannya, Okamera.

Mungkin kamu yang baru atau belum menyaksikan serial animasi yang hadir pada musim semi di tahun 2013 ini, akan bertanya-tanya, ada apa dengan Tada Banri sebenarnya?

Baiklah, mari kita lanjutkan lagi sedikit alur cerita yang disajikan oleh Golden Time ya,

Selepas pertemuan, Tada Banri yang ingin menemui Mitsuo, kembali bertemu dengan Kaga Kouko. Ia berinisiatif meminjam ponsel Kouko untuk menghubungi Mitsuo. Tentu, Kouko dengan senang hati membantunya.

Di saat itu, tanpa sengaja, Banri menemukan nomor telepon Rumah Sakit dari ponsel Kouko. Seketika, ingatan akan dirinya yang berada sebuah jembatan kayu, dan seperti berlari mengejar sesuatu, melintas. Ia pun menemukan seseorang yang mirip dirinya, lewat dengan mengendarai sepeda motor. Di sinilah kejutan akan Tada Banri, muncul satu per satu.

Di episode kedua, Tada Banri bermimpi tentang dirinya sendiri yang nampak terluka, melarikan diri dari Rumah Sakit. Namun saat terbangun, Tada Banri kembali lupa, mengapa ia bertingkah seperti itu dalam mimpinya.

Tada Banri seharusnya sudah berkuliah setahun sebelumnya, namun terpaksa menjalani gap year sebab harus dirawat di Rumah Sakit. Ia pun mengalami amnesia, dan membuatnya melupakan banyak hal tentang dirinya di masa lalu, termasuk lupa akan orangtuanya, dan seorang gadis yang dulu sangat ia cintai, di masa Sekolah Menengah Atas.

Kejutannya, ternyata si gadis masa lalunya adalah Linda. Seseorang yang kemudian, berjuang untuk menahan perasaannya, sebab tahu kalau Tada Banri sudah melupakan dirinya, sama sekali. Ditambah, Tada Banri mulai menjalin hubungan kasih dengan Kaga Kouko.

Sayangnya, roh Tada Banri masa lalu, belum sepenuhnya mau lepas. Ia selalu datang dan menarik Tada Banri untuk mengingat betapa ia sangat jatuh cinta pada Linda. Termasuk membuatnya kembali ke kampung halamannya di Shizuoka, dan Banri pun mulai melupakan Kaga Kouko.

Bukan lupa karena mau menghindar dari kekasihnya sih, tapi beneran lupa. Amnesia, kalau boleh saya menyebutnya demikian.

Lalu, apakah Tada Banri akan berhasil tertarik sepenuhnya kepada roh dan ingatan masa lalunya, juga kembali pada Linda? Bagaimana dengan nasib Kaga Kouko dan hubungan keduanya? Apakah Tada Banri bisa kembali mengingat masa kininya yang telah menjadi mahasiswa?

kisah-cinta-segitiga-golden-time

Kesan Menonton Golden Time

Sebenarnya, kisah percintaan yang dihadirkan dalam serial anime dari Chiaki Kon, dan naskahnya ditulis oleh Fumihiko Shimo ini, menghadirkan kisah yang ringan. Bertema cinta dengan berbagai kejutan dari Tada Banri yang setengah rohnya ada di masa lalu, dan setengahnya lagi ada di masa kini, akibat amnesia.

Belum lagi, Golden Time yang tadinya diangkat dari manga berjudul sama -- Golden Time, yang ditulis oleh Yuyuko Takemiya dan diilustrasikan oleh Umechazuke ini, menghadirkan karakter lain seperti Takaya Sato alias Nijigen-kun yang turut menjadi pelengkap kisah Tada Banri menemukan banyak kenangan atas dirinya sendiri yang terjebak hilang ingatan. Juga ada Nana-senpai yang mnjadi tetangga seapartemen dari Tada Banri.

Walaupun Golden Time anime ini terasa manis pada awalnya, ternyata makin lama dinikmati, makin intens membuat hati seketika pilu, sedih, sendu.

Saya membayangkan, bagaimana jadinya jika saya berada di posisi Linda. Gadis yang tahu banyak tentang Tada Banri di masa lalu, namun sering berjuang menghindar, sebab nggak mau menikmati rasa sakit akibat Banri yang telah lupa sepenuhnya pada sekolah mereka dulu. Walau ya … terkadang Banri merasa Linda sosok yang familiar.

Linda berkali-kali menahan sakit di dada, demi nggak mengusik kehidupan Tada Banri di masa kini yang telah berubah menjadi juniornya di kampus, pun sudah punya jalinan perasaan dengan sesama junior, Kaga Kouko.

Tetapi ketika saya memposisikan diri sebagai Kaga Kouko, mencicipi perasaan ragu yang berkali-kali hadir sebab sikap yang Tada Banri tunjukkan, merasa bodoh karena dikeadaan apapun, tetap berjuang menjadi kekasih terbaik bagi Tada Banri, seolah hati ini diiris.

Tada Banri hidup seperti seseorang yang memiliki dua roh dalam tubuhnya. Ia yang masih berada di masa lalu dengan semua kenangan manisnya, juga ia yang ada di masa kini dan sama sekali nggak pernah tahu tentang dirinya sendiri.

Banyak sekali kejutan yang dihadirkan, sepanjang saya menyaksikan plot cerita yang dimunculkan dari setiap episodenya. Pun Tada Banri, diposisikan sebagai karakter utama yang sesungguhnya, bukan hanya berjuang sendirian untuk mengembalikan semua ingatannya.

Linda dan Kaga Kouko hadir dengan rasa sakit dan rasa kasih sayangnya masing-masing kepada Tada Banri. Perasaan yang membawa keduanya pada penerimaan akan Tada Banri, walaupun entah apa yang akan mereka jalani dan dapatkan di akhir kisah cinta mereka nantinya. Nggak ada momen saling membenci juga dari kedua karakter perempuan yang menjadi pusat cerita.

Apakah benar, masa lalu dapat diulang? Kemanakah Tada Banri akan memberikan perasaannya? Apakah dengan seseorang di masa lalu, atau tetap bertahan dengan seseorang yang telah menambat hatinya di masa kini?

Kejutan dari Anime Golden Time

Sepanjang saya menyaksikan anime yang musiknya digarap oleh Yukari Hashimoto, dengan menghadirkan soundtrack manis sebagai pembuka, berjudul Golden Time yang dinyanyikan oleh Yoi Horie – yang juga mengisi suara untuk karakter Kaga Kouko ini, ada keteguhan hati yang diperjuangkan oleh Kouko, rupanya.

Belum lagi soundtrack penutup berjudul Sweet & Sweet CHERRY yang juga dinyanyikan oleh Yui Horie, seolah menjadi pesan tersirat dari awal, bahwa sesungguhnya anime Golden Time merupakan kisah manis bagi Kaga Kouko yang sering menahan sakit, patah hati, dan serba salah dengan Mitsuo Yanagisawa sebelum ia dipertemukan oleh takdir dengan Tada Banri.

Memang sih, sebagai penonton, perasaan saya ikut tercabik-cabik oleh masa lalu antara Tada Banri dan Linda, tapi … persiapan saya sebab mencoba menebak-nebak akhir kisah melalui original soundtrack yang dihadirkan, membuat saya merasa lebih baik saat sampai di detik-detik episode terakhir.

Namun, bagaimana pun diusahakan untuk menerima, hati saya koyak menyaksikan perjuangan Linda untuk menerima masa depan. Semua jalan yang sudah ia pilih untuk berusaha melepaskan Tada Banri, bukanlah mudah. Belum lagi karena dibumbui oleh roh Tada Banri di masa lalu yang masih begitu besar menyayangi sosok Linda.

Sesak sekali rasanya. Hhh ….

Tetapi, sepertinya anime Golden Time masih akan membuat hati kebat-kebit sebab dikabarkan akan ada season 2 yang mungkin saja, akan menjadi kejutan lagi bagi penontonnya.

Kita tunggu saja ya. 

Komentar

  1. Achaaa, aku belum pernah nonton ini hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhh, ayooo teh dikepoin anime-nya. Seru banget lho.

      Hapus
  2. saya juga nih anime, sampe temen saya yang baru nonton anime nyariin anime yang gak jauh beda ceritanya sama golden time

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo ada anime seru, aku juga mau dong dikasi tau Mas Bimo. Sharing anime seru.

      Hapus
  3. Sebenernya aku gak suka anime dan sula bingung karna nama para tokohnya susah susah hehe. Tapi pas baca ini, dan tau si tada lupa ingatan pasti kalo nonton bikin greget hehe

    BalasHapus
  4. Waahh.. Ada recommend anime bagus lg nihh.. Aku jg suka anime kak, stuju banget klo anime itu emg bukan buat anak2 kok! Huehee. Aku paling suka anime2 romance gtu.. Romance comedy jg suka sih.. Nah, ini kyaknya cocok bgt deh buat aku tnton.. Pasti bkin mewek nih:( 24 episod doang kan kak? Oiya aku ga baca yg endingnya.. Biar surprise nnti pas nntn. Huehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaawww selamat nonton dan selamat penasaran ya Lulu.

      Hapus
  5. Saya jarang nonton anime, cuma samurai x sama detectif conan... tapi jujur penasaran banget sama ceritanya. Gimana caranya bisa nonton film ini? donloadnya dimanaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa streaming di Youtube kok. Kalo aku kebetulan minta dari temanku jadi ... aku kurang tau, situs download-nya dimana. Wah Detectif Conan, itu juga anime favoritku.

      Hapus
  6. aduh, saya pernah tahu nih anime namun berat untuk di tonton
    karena udah tahu sedikit alur dari beberapa orang yang spoiler

    saya aja udah download white album yang katanya sejenislah sama golden time
    tapi masih lum di tonton sampe sekarang,

    gk kuat sama yng sedih sedih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah mudahan aku nggak termasuk yang spoiler ya Ara :) selamat nonton.

      Hapus
  7. Aku mau nonton Achaaaa... aku juga udah lama pengin nonton anime yang bikin serasa muda *sembunyiin anti aging*

    BalasHapus
  8. golden time? hmm... sebagai bukan pecinta anime, gue nggak terlalu tau. tapi kalau diliat dari ceritanya linda, emang kayaknya rada pilu. anime yang pernah gue tonton itu anohana. itu juga cuma 2 episode, terus ngantuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah nonton Anohana terus ngantuk. Wkwkwk. Salam kenal ya Je.

      Hapus
  9. lagu opening yang pertama itu yg paling bagus mbak :D

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. Bukan. Si Tada Banri ini punya dua kehidupan.

      Hapus
  11. wahaha gak gitu paham soal anime. taunya paling anime anime yang disiarin di tv kayak Dragon Ball dll

    BalasHapus
  12. Baru banget selesai nonton gilaa jalur peritanya bikin greget bjirr mantap buat sinopsis nya 👍

    BalasHapus
  13. Menurut aku sih animenya bagus, tapi kenapa gak ama linda sih:(

    BalasHapus
  14. Merasakan kembali seolah saya ikut masuk ke dalam dunia mereka. Saya kagum sama tokoh Linda. Mudah sih diingatnya. Meski belum berarti ngalamin juga nasibnya. Wa...

    BalasHapus
  15. Mau nanyak Ni Eps Berapa Tada Banri Dengar BahwA kokok san tidak menyukai nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya lupa karena sudah lama sekali menontonnya.

      Hapus
  16. Nonton golden time tahun 2013 saat lagi ongoing nya. Kesanki ini anime unik. Sangat langka kisah cinta di anak kuliahan. Karna kebanyakan kisah di SMP/SMA. Semua karakter unik. Tada Banri termasuk beruntung bisa dapatkan Kaga Koko. Mitsuo udah terlalu nyaman dengan Koko-chan akibatnya cuma anggap 'teman'.

    BalasHapus
  17. Wah, pada siapa ya akhirnya Tada Banri akan memberikan perasaannya?
    Masa lalu jadi bisa diulang?
    Apakah Tada Banri akan memilih seseorang di masa lalu, atau tetap bertahan dengan seseorang yang telah menambat hatinya di masa kini? Kan aku yang belum nonton, baca dari review lengkap ini jadi penasaran juga..
    Pas kalau judulnya Golden Time ya

    BalasHapus
  18. Aku kalau ada manga nya lebih seneng baca manga sih. Jarang banget sekarang nontone anime.

    BalasHapus
  19. Aku tuh tipe yajg paling males nonton ataupun baca yang genre anime gini. Tapi sekalinya gak sengaja ngeliat pasti aja bikin ketagihan seru soalnya ya.

    BalasHapus
  20. Lupa kapan terakhir kali nonton anime. Sekarang paling ke Webtoon. Kalau anime sama aja ya nonton Drakor? Takut keasyikan deadline terbengkalai 🤣

    BalasHapus
  21. Huhu.. tegar sekali sih Linda. Padahal dia yg harusnya bisa memaksa supaya Tada inget sama dia, tapi dia nggak gitu, aduh, kan nih ceritanya pasti bikin mewek..

    BalasHapus
  22. Wuiihh. Walaupun anime, saya kok ikutan baper dengan para tokohnya.Hahahahah ... Berapa balik ke masa remaja silam.

    BalasHapus
  23. kok gemes sih cewek doyan komik hehe.. aku bukan penikmat animasi gini jadi gak mudeng ya hehe

    BalasHapus
  24. Wah seruuuu jadi pengen nonton. Tapi anak2ku kurang suka jenis film kek gini

    BalasHapus
  25. Tema begini menarik dan selalu bisa bikin perasaan teraduk-aduk, termelo-belo.
    Mungkin karena aku sendiri pun merasa ada bagian diriku yang tersesat di masa lalu. Nggak jauh-jauh sih. Sekitar abad 19 :)

    BalasHapus

  26. Anime itu suka bentuk gambar tokohnya yang bagus, karena dulu suka gambar juga. Kalo tokoh anime yang seru tetap detektif Conan favoritku

    BalasHapus
  27. Wah anime tahun 2013 ya kak? Hihi bagus juga.. aku sudah lama tidak nonton anime..

    BalasHapus
  28. kisah2 anime jepang ini juga ternyata ada cerita halusinasi, roh dan hal semacamnya yaa. Menarik sih, jadi bisa benar2 hilang, tapi jiwa yng dulu mencoba hadir lagi. Kan jadi penasaran endingnya.. bakal balik nggak tuh roh yg dulunya yaa.

    BalasHapus
  29. Wah namanya golden time yaa, oke noted. Anime kek gini justru jadi kesukaan suamiku sih ini wkwkwk. tp bolehlah ikutan nonton

    BalasHapus
  30. Pengen nonton deh jadinya, apalagi temanya menarik. Tentang orang yang amnesia.

    BTW nontonnya di mana ya? Aplikasi?

    BalasHapus
  31. Lama banget gak nonton anime. Jadi pengen nonton deh. Ini kalau mau streaming dimana ya mbak?

    BalasHapus
  32. Terus terang saya belum pernah nonton anime sih kak. Tapi boleh juga nonton film rekomenndasi dr kak acha ini. Kayaknya film ini bikin baper, hehehe

    BalasHapus
  33. udah lama ga nonton anime, jadi pengen nonton..ini nonton di mana?

    BalasHapus
  34. Wah, aku belom pernah nonton anime ini. Teenyata ini anime romantis ya? Boleh deh nanti sesekali coba. Anime romantis fav saya sampai saat ini masih clannad :"

    BalasHapus
  35. Cerita anime ini mirip novel teenlit deh. Seru bacanya. Jadi pengen nonton animenya deh.

    BalasHapus
  36. asli ini rekomen banget buat ditonton.. saya nonton pas masih SMA kwkw.. gak hanya golden time, beberapa anime serupa seperti just because, horimiya, relife, maupun tonari kaibutsu pun memiliki cerita yang gak kalah menarik.

    BalasHapus
  37. gokil nih cerita percintaanya Tada Banri, bikin penasaran buat baca tuntas animenya. kalo boleh tahu biasanya nontonya dimana ya kak?

    BalasHapus
  38. Jadi baper deh dengan kisah Tada Banri ini. Di satu sisi dia selalu terbayang-bayang dengan masa lalunya, tapi tak bisa jelas banget apa itu. Padahal di masa kini dia juga udah punya Kaga. Dilema banget yaaa...

    BalasHapus
  39. 24 episode ya? Duh pingin nonton. Tp klo panjang gitu harus bener bener bagi waktu nih buat aku. Ada nggak rekomendasi anime yg gak trlalu panjang gitu mb Cha?

    BalasHapus
  40. Mantap nih ada session 2-nya. Pasti bikin makin baper, ya. Apakah seperti Akhir Kisah Si Doel?

    BalasHapus
  41. Aku kayanya pernah nonton Anime ini ngintip layar suami, ingat judulnya Golden Time tapi karena aku nggak suka lihat kartun jadi dilewat begitu aja. Suamiku senang nonton genre begini, nih.

    BalasHapus
  42. Udah lama banget nggak nonton anime! Ini diangkat dari manga juga nggak sih kak ceritanya?

    BalasHapus
  43. Daku belum nonton serial anime ini kak Acha. Dari ulasannya Kak Acha, sesuatu banget yang dirasakan Tada Banri, antara ruh dan bagaimana masa lalunya serta hubungannya dia dengan masa sekarang..

    BalasHapus
  44. Saya jarang nonton anime. Paling Detektif Conan, Mbak. Lainnya Dragon Ball hahaha. Tapi baca ulasan Golden Time, sengat menarik. Setidaknya bisa dipeljari juga untuk menulis cerita. Jadi kalau Mbak Acha berkenan, kirimkan saya episode lengkapnya, Mbak hahaha.

    BalasHapus
  45. Udah lama nggak nonton anime euy. Padahal dulu sering banget nonton. bahkan jadi kewajiban hehe. Serial ini aku belum nonton juga nih. Hmm...apakah aku akan mulai menontonnya? let see wkwkwkw. kangeeen.

    BalasHapus
  46. Aku bukan oramg yang update dan sering nonton anime sih. Namun setelahbmelihat sinopsisnya kok jadi bikin penasaran ya.

    BalasHapus
  47. Setiap bicara soal anime pasti jadi ingat anakku, Kak Acha. Dia sukanya Kimetsu no Yaiba. Entah film ini ngerti juga gak dia. Kalau ibunya udah pasti gak paham, hihiihiii..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkah Pohon Enau Dari Tepi Hutan Gunungsari Lombok

Mercusuar Cikoneng dan Titik Nol Kilometer Jalan Raya Daendels