Drama Pilah Sampah Di Rumah

Sebutuh Apa Sih Kulitmu Sama Sunscreen?

Kenapa sih kamu – juga Ka Acha -- perlu untuk rajin pakai sunscreen?

Punya tone kulit putih nggak jarang membuat kebanyakan rekan sebaya berceloteh kalau saya sudah ‘cantik’. Deuh … kenapa sih kulit putih jadi standar untuk kecantikan pada kaum Hawa?

Padahal kan yang dibutuhkan itu bukan warnanya, melainkan sehat dan terawat apa nggaknya. Menurutmu, begini juga nggak?

Lagipula, kulit dengan tone yang lebih putih mengandung lebih sedikit pigmen. Nggak jarang, kulit berwarna cerah begini tuh paling gercep mengalami sunburn kalau terlalu lama beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari.

That’s why, ketika akhirnya berkenalan dengan produk Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen yang bisa ngasih tripel proteksi baik dari sinar UVA, UVB, dan Bluelight saya jadi lekas ingin coba juga. Inilah bagian dari perjalanan panjang merawat kulit saya yang banyak diidamkan beberapa teman, tapi sebenarnya ngasih saya banyak tantangan.

pakai sunscreen rutin

Semasa kecil hingga remaja, jangan ditanya sudah berapa kali Ka Acha ini menjalani malam dengan kulit merah yang terasa perih, sedikit gatal, kadang mengelupas atau sampai muncul gelembung berair. Hilangnya warna kemerahan akibat sunburn tadi pun, butuh waktu yang nggak bisa dibilang sebentar. Kalau orang lain ketika sunburn belangnya jadi menggelap, Ka Acha benar-benar memerah.

Keadaan demikian rupanya ngasih pengaruh juga ke karakter Ka Acha versi dewasa. Saya lebih nyaman beraktivitas luar ruang ketika cahaya matahari terasa bersahabat. Pagi dan sore menjadi pilihan tepat sebagai waktu menjelajah ke banyak tempat.

Nah, kalau hari sedang terik, saya cari tempat buat ngumpet. Bawa payung, topi, atau beneran memilih beraktivitas di ruangan sejuk jadi pilihan utama. Selain itu, pakai pelindung matahari juga perlu, tentunya.

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Kalau bahas soal produk perawatan kulit yang bermanfaat untuk melindungi dari paparan UVA dan UVB yang dibawa oleh sinar matahari, kamu mungkin sudah familiar dengan sunblock dan sunscreen. Tapi eits … ternyata kedua produk ini ada bedanya lho.

Sunblock dikenal sebagai produk pelindung cahaya matahari yang punya tekstur lebih kental. Pengaplikasiannya sering dilakukan jika ingin berkegiatan outdoor dalam rentang waktu yang panjang. Semisal, sebelum berenang atau ketika berlibur di tepian pantai.

Sebab sunblock bermanfaat untuk melindungi bagian permukaan kulit secara langsung dari UVA dan UVB, jadilah seusai dioleskan ke kulit, sudah bisa langsung memberikan perlindungan. Tapi pemakaian sunblock rasanya akan kurang nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Berbeda dengan sunscreen yang formulanya lebih ringan. Ditambah lagi, sunscreen nggak berwarna alias transparan.

Sunscreen memang nggak serta-merta langsung melindungi kulit setelah pengaplikasian. Paling nggak, butuh waktu sekitar 20 menit hingga produk sunscreen meresap ke kulit, barulah proses perlindungan dari paparan UVA dan UVB dimulai.

Sementara sunblock langsung memblokir cahaya matahari mengenai kulit dengan menutupi bagian permukaan kulit kamu, sunscreen membatasi kulit kamu dari paparan sinar UV tadi dengan menyaring, menyerap, lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit kamu.

Itulah mengapa penggunaan sunscreen bisa dilakukan sebagai rutinitas perawatan kulit harian. Selain itu, sunscreen merupakan produk yang pas untuk kamu yang durasi aktivitas luar ruangnya nggak terlalu panjang. Nah … tambahan lagi nih, buat kamu yang bekerja menghadap layar dimana perlengkapan kerjamu tadi memunculkan bluelight, pakai sunscreen pun lebih direkomendasikan.

Sudah Pakai Moisturizer Kenapa Harus Pakai Sunscreen Juga? Kan Nggak Keluar Ruangan

Siapa yang dulu pernah mengira kalau nggak keluar rumah, perawatan kulitnya cukup pakai moisturizer saja? Kalau kamu sempat terpikir demikian, berarti kita sama dong.

Beberapa waktu ke belakang, saya hanya terpikir untuk pakai sunscreen setiap mau keluar rumah saja. Aktivitas yang lebih banyak dilakukan di dalam ruangan, membuat saya lebih mementingkan penggunaan pelembab di atas segalanya, tentunya dengan rangkaian skincare harian ya.

Bagi Ka Acha, kulit saya yang nggak sering terpapar langsung cahaya matahari karena nggak kemana-mana pun pekerjaan lebih banyak diselesaikan di dalam ruangan, membuat saya lebih merasa butuh moisturizer. Eh, tahunya … butuh juga si kulit ini sama produk sunscreen.

Usut punya usut, sinar UV masih bisa masuk ke dalam ruangan melalui jendela atau kaca yang cahayanya langsung memapar pada kulit. Payahnya, kulit yang nggak dilindungi dengan tabir surya akan lebih mudah mengalami penuaan dini termasuk memunculkan risiko kanker kulit.

Lalu, bagaimana dengan penggunaan moisturizer? Pelembab wajah bermanfaat untuk menjaga kelembaban dan tekstur kulit wajah. Karena ingin memberi fungsi perlindungan sekaligus melembabkan, nggak jarang kamu mungkin menemukan produk pelembab yang sudah dilengkapi dengan SPF.

Namun, penelitian yang dilakukan beberapa dermatologis di Inggris yang dipresentasikan British Association of Dermatologists’ Annual Conference pada 2018 menyimpulkan bahwa moisturizer dengan SPF belum bisa memberikan perlindungan pada level yang setara dengan pemakaian sunscreen. Itulah mengapa, walau sudah rutin mengaplikasikan pelembab, akan lebih maksimal jika kamu pakai sunscreen juga.

Lalu, apa bisa menggunakan sunscreen saja tanpa menjaga kelembaban kulit dengan moisturizer? Ternyata kalau begini, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak yang ujungnya bisa memicu pori-pori tersumbat dan munculnya jerawat. Selain itu, penggunaan moisturizer sebelum sunscreen bisa memperbaiki kulit sehingga lebih sehat dan terlindungi.

Cara Pakai Sunscreen yang Tepat Itu Bagaimana Sih?

Pengetahuan soal cara pakai sunscreen yang tepat begini sebenarnya belum lama Ka Acha ketahui. Perlahan-lahan pun saya rutinkan dalam rangkaian skincare di pagi hari.

  • Pertama, pakai skincare harianmu hingga tahap toner dan atau serum.
  • Selanjutnya, gunakan moisturizer ke seluruh wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.
  • Lalu, diamkan selama kurang lebih 15 menit supaya pelembab yang kamu pakai sudah terserap maksimal.
  • Setelah itu, baru pakai sunscreen dan diamkan lagi sekitar 20 menit sebelum kamu siap bertemu langsung dengan sinar matahari.

Nggak sulit kan? Tapi perlu dijadikan kebiasaan dulu sih ya biar nggak merasa berat harus melakukannya.

Nah, selain tahu cara pakai sunscreen yang benar, perlu juga nih kamu memilih produk sunscreen yang disesuaikan lagi sama jenis kulit dan kebutuhan kamu. Bagi kamu yang punya jenis kulit normal seperti Ka Acha, bisa nih ikutan mencoba produk sunscreen yang juga bisa bantu tangkal bluelight satu ini.

Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen

Tabir surya yang bisa diaplikasikan untuk penggunaan harian dari Scarlett dan diformulasikan bagi kulit berjenis normal to dry ini, punya manfaat untuk melindungi kulitmu dari radiasi dan juga blue light lho. Tentunya sunscreen Scarlett ini juga menjaga kulitmu dari bahaya paparan sinar UVA dan UVB.

sunscreen-scarlett-normal-to-dry-skin

Nggak sampai di tahap perlindungan saja, manfaat lainnya yaitu untuk melembabkan kulit, mencegah penuaan dini akibat sinar matahari, juga membantu mencerahkan kulit. Paket lengkap sebagai sunscreen yang bisa bikin kulitmu sehat terawat.

Mengandung beberapa power ingredients, yaitu : bisabolol, allantoin, aloe barbadensis leaf extract, dan glycine soja (soybean) oil. Kesemua bahan tadi berkolaborasi bukan hanya untuk melindungi kulit, melembabkannya, menyejukkan kulit, juga membantu menyamarkan noda gelap dan meratakan warna kulit.

pakai sunscreen daily

Cukup 2 ruas jari Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen untuk mendapatkan instant cover. Kamu bisa mengoleskannya di wajah dan leher. Hindari penggunaan di area sekitar mata ya.

Kulit pun jadi terasa makin moist, nggak lengket, dan tentunya nggak memunculkan whitecast. Ini pengalaman Ka Acha lho ya. Hasilnya mungkin bisa berbeda-beda pada tiap orang.

Saya suka sama produk Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen ini karena ngasih triple protection, dari sinar UVA, UVB, juga Bluelight. Pas banget kan buat penggunaan harian, baik buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruang maupun yang kebanyakan kegiatannya dilakukan di dalam ruang.

Produknya juga mengandung Blumilight makanya pas banget buat kamu – Ka Acha sih terutama – dengan aktivitas yang cukup intens berdekatan dengan gadget seperti laptop. Kandungan bisabolol dan allantonin pun bersahabat sama tipe kulit sensitif.

before after pakai pelembab atau sunscreen

 Catatan pentingnya, saat membeli produk Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen, pastikan kamu membeli di tempat yang terpercaya. Kunjungi https://linktr.ee/scarlett_whitening biar kamu bisa mendapatkan produk-produk keluaran Scarlett yang asli.

Jika ternyata kamu membeli secara langsung, pastikan kamu memeriksa keaslian produknya melalui https://verify.scarlettwhitening.com. Dengan menggunakan produk skincare yang terpercaya, merupakan tanda bahwa kamu menyayangi dirimu secara utuh dengan membeli produk yang bisa dipertanggungjawabkan kandungannya.

So … gimana, masih maju mundur buat rutin pakai sunscreen sebagai rangkaian daily skincare kamu? Atau kamu punya cerita lain soal merawat kulit dari paparan sinar matahari? Ceritain di kolom komentar ya. 


Komentar

  1. Kulit cantik putih bening seperti Kak Acha saja masih menggunakan sunscreen sebagai pelindung kulit. Apa kabar saya yg kulitnya hitam plus banyak gatal karena selalu panas-panasan. Seharusnya saya lebih perhatian lagi dengan kondisi kulit saya ini ya
    Ya mengunakan sunscreen yg cocok setidaknya

    BalasHapus
  2. Aku baru tahu loh bedanya sunblock dan sunscreen loh. Kulit wajahku memang butuh banget sunscreen. Pengen coba nih yang dari Scarlett apalagi SF nya 50 ya
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang seperti saya ini, yg tidak pernah melakukan perawatan rutin, atau kudet dengan istilah dunia kecantikan, malah baru tahu ya dari artikel teman-teman seperti ini juga. Hehehe

      Hapus
  3. Beberapa waktu lalu karena cuaca semakin terasa panas padahal hari masih pagi, sempat kepikiran nyari produk skincare yang bisa melindungi kulit tapi gak seberat sunblock, akhirnya nemu di artikelnya kak Acha, keren banget ternyata Scarlett punya produk sunscreen juga. Meluncur,,, makasih infonya kak.

    BalasHapus
  4. Nggak dong
    Nggak maju mundur
    Harus selalu pakai sunscreen setiap harinya
    Karena untuk merawat kulit kita

    BalasHapus
  5. terima kasih ya mba jadi paham nih bedanya sunblock dan sunscreen. Pengen coba nih yang dari Scarlett semoga cocok di kulitku :)

    BalasHapus
  6. sepertinya boleh juga dicoba sunscreennya. Soalnya sekarang itu perlu banget pake sunscreen karena cuaca panasnya luar bisa. Apalagi kami yang tinggal di daerah pesisir pantai jadi perlu banget pake sunscreen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau tinggal di daerah pesisir yang intensitas ketemu mataharinya tinggi, rasanya butuh sih ya.

      Hapus
  7. Harus beli nih sunscreen Scarlett
    Saya udah pakai semua skincare Scarlett, mulai dari toner, serum, daycream dll
    Yang belum punya sunscreen nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos kita AMbu.
      AKu juga belum nyoba nih Sunscreen dari Scarlett, mupeng banget, biar kulit wajah terjaga dari paparan sinar matahari ya.

      Hapus
  8. Daku suka pakai sunscreen soalnya kalau pas lagi panas atau terik gitu jadi merasa lebih nyaman aja karena kulit terlindungi meski udah pake payung, hehe.
    Daku belum coba sunscreen-nya Scarlett ini, pankapan mau merasakan juga khasiatnya

    BalasHapus
  9. Aku juga bakalan bilang gini sih.. kalau ketemu kak Acha secara langsung. Secara kulit putih tuh terlihat cocok dengan pakaian warna apa aja. Jadi lebih bright. Perawatan yang baik juga kudu diperhatikan agar kulit tetap sehat. Nuhun, kak Acha atas rekomendasi sunscreennya. Aku jadi pengen cobain juga nih Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen. Karena gak hanya efektif melindungi dari sinar UV tapi sekaligus merawat kulit dan mencegah dari penuaan dini. Ini impian bagi semua yaa..

    BalasHapus
  10. Sehari-hari memang penting banget sih pakai sunscreen ini. Salah satu rangkaian produk yang tidak skip memang sunscreen ini donk. Saya tertarik mau coba Scarlett uda lama banget sih dan tau info detail begini makin deh mau cepat meluncur hunting produknya.

    BalasHapus
  11. Kenapa ya, sebagai cowok saya selalu gak telaten pake sunscreen, bahkan gak pernah..padahal penting ya pake ginian kalo pas mau keluar rumah. Sering gak telaten aja hehe... kalo skincare masih seringan pake, cuma kadang lupa juga. Jadi masih bolong2 makenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu deh Mas. Bisa jadi memang karena kebanyakan kaum Adam kan terbiasa sama yang sat set sat set sementara perempuan tuh punya tujuan kuat dalam dirinya agar bisa selalu tampil cantik.

      Hapus
  12. Reminder ini, bekerja di depan layar dimana perangkatnya memunculkan bluelight, pakai sunscreen pun lebih direkomendasikan. Jadi ga cuma di bawah paparan sinar matahari saja diperlukan produk Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen yang punya triple protection, dari sinar UVA, UVB, juga Bluelight ini.

    BalasHapus
  13. Yes dulu kepikiran ahhh cukup mosturizer aja deh.. kan ada perlindungan juga. Ternyata paoe sunscreen biar semakin maksimal perlindungannya.
    Btw kalo udah merk Scarlett, udah dwh langsung jatuh hati.

    BalasHapus
  14. Ternyata kesalahan dalam menggunakan sunscreen juga bisa ngaruh banyak dengan hasil yang kita dapatkan ya. Saya masih keliru nih ternyata dalam tahapan menggunakan sunscreen ini

    BalasHapus
  15. Oh itu kenapa kita disarankan untuk menggunakan sunscreen paling nggak 20 menit sebelum beraktifitas. Karena proses penyerapannya ke kulit dan mengoptimalkan penggunaannya membutuhkan waktu juga. Aku pikir nggak masalah lah baru pake sunscreen pas ke luar rumah gitu.

    BalasHapus
  16. luuc banget desainnya mba sunscreen dari Scarlett ini, warnanya eye catching banget, saya team yang wajib pakai sunscreen dimanapun kalau siang hari termasuk di dalam ruangan

    BalasHapus
  17. Saya selalu pakai sunscreen kapanpun meski di rumah karena daerah saya memang panas banget mba, meski ke dalam rumah, udah gitu kulit syaa sensitif cepat banget kena flek kalau kena sinar matahari, jadi sunscreen is a must

    BalasHapus
  18. Saya belum pernah pakai sunscreen Scarlett, nih. Jadi penasaran. Meskipun jujur saja, saya sulit untuk sabar saat mengamplikasikan tahapan skincare. Keburu melakukan hal lainnya. Jarak 20 menit saya sudah melakukan banyak hal.
    Hua... memang cari alasan itu paling mudah padahal kalau efek UVA UVB juga sedih rasanya

    BalasHapus
  19. Saya taunya Sunblock, Mbak. karena setiap orang mau ke pantai atau panas-panasan, selalu bilangnya, jangan lupa pakai Sunblock, ya. Biar kulit tidak gosong.
    Dan ternyata suncreen ini juga bisa digunakan. Karena transparan, jadi cocok untuk keseharian ya, Mbak. Prosesnya juga butuh 20 menit dulu.

    BalasHapus
  20. Apa pun warna kulitnya, pasti butuh perawatan dan perlindungan ya, Cha. Acha yang yang putih bening dan aku yang cokelat menggemaskan sama-sama butuh skinker supaya kulit sehat berseri, seperti berserinya rekening kalau baru dapat transferan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget Teh. Bukan warnanya yang dikejar tapi sehatnya ya Teh. Apalagi kalau berserinya beneran mirip sama transferan yang ngalir lancaaarrr dan banjir banjr tiap bulan. Udah deh, makin kelihatan berserinya.

      Hapus
  21. Jadi paparan sinar laptop atau gadget ke muka kita yg mengandung blue light sebaiknya jg perlu perlindungan sun screen ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Ternyata paparan blue light dari gawai kita juga bisa bikin kulit kusam dan memicu keriput alias penuaan dini sih, dari beberapa artikel teman kecantikan yang aku baca. Makanya walau nggak ketemu matahari lama, tetap perlu dilindungi pakai sunscreen.

      Hapus
  22. Baru tau dong perbedaan sonblock sama sunscreen, tapi memang lebih sering pake sunscreen sih akutuh, etapi mau ganti deh, karena yg kemaren malah bikin kulit bruntusan. Boleh nih cobain Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen yang punya triple protection. Jadi nggak sabar, xixixi..

    BalasHapus
  23. Aku dulu juga mikir gitu lho, kalau gak ke luar rumah, ngapain pake sunscreen, etc. Tapi ternyata itu salah ya. Bahkan paparan blue light dari ponsel dan laptop juga punya dampak serius ke kulit wajah. Sejak tahu, sekarang mah rajin pake sunscreen walo cuma di rumah

    BalasHapus
  24. Hari gini wajib banget pake sunscreen ya. Soalnya udara makin panas, matahari makin garang. Di dalam rumah pun wajib pake sunscreen deh. Scarlett rekomended juga nih sunscreennya.

    BalasHapus
  25. sunscreen memang wajib banget dipakai terutama di negara tropis kayak Indonesia ini yang panasnya warbiasa. heu. aku juga sudah coba sunscreen scarlett ini mbak so far cocok aja sih sama kulitku

    BalasHapus
  26. Aku baru ngeh kalo paparan laptop gini pun ngga boleh diremehkan yaa, ternyata penggunaan sunscreen sepenting itu, ngga hanya ketika di luar rumah

    BalasHapus
  27. Berhubung aku skrg lbh bnyk aktivitas di luar ruang, ya wajib pake sunscreen. Kulit bs belang2 kalo keseringan di luar. Apalagi saat ini sinar matahari tuh terik bgt. Ga pake pelembab, lgsg bersisik dan menghitam.

    BalasHapus
  28. wah sekarang makilengkap aja Scarlett ya, jadi pengen nyobain juga nih sunscreennya. Cinta banget sama sunscreen yang ringan gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mba, makin hari makin banyak aja varian produk perawatan kulit yang dikeluarin sama Scarlett. Bukan cuma packaging-nya aja yang lucuk. Dari pilihan aroma buat produk bodycare-nya aja ada banyaaaakkk. Sesuka itu jadinya.

      Hapus
  29. Wah, Scarlett ada yang baru lagi nih, Kak? Jadi pengen beli buat istri nih. Eh, btw cowok man juga boleh ya pake Sunscreen. Keren Scarlett terus berinovasi nih (Sugianto)

    BalasHapus
  30. Sangat penting penggunaan sunscreen karena matahari terik apalagi lapisan ozon banyak berlubang. Saya yang utama pakai sunscreen kalau bedak lipstik malah tidak punya🤭 (gusti yeni)

    BalasHapus
  31. Pakai sunscreen ini memang wajib, apalagi panas matahari sekarang tuh terik banget. Gak bagus juga untuk kesehatan kulit terpapar terik matahari

    BalasHapus
  32. Aku tim yang wajib pakai sunscreen meskipun di rumah aja. Banyak manfaatnya juga selain menjaga kulit dari sinar matahari. Bisa mengurangi tanda penuaan dini juga. Thanks mbak infonya.

    BalasHapus
  33. penting banget dong pakai sunscreen meski udah pakai skincare lengkap mulai dari serum, moist dan lain sebagainya. pernah tuh karena dengan PD nya udah pakai skincare, terus duduk ngadep matahari jam 9 pagi selama 30 menit sambil ngobrol pagi bareng tetangga, walhasil itu area wajah yang terkena matahari, item sendiri, hahahaha. itu balikinnya normal lama banget. nyesel deh gak pake sunscreen. auto mau deh pakai Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen

    BalasHapus
  34. Saya sering lupa pake sunscreen. Sampe tahanp moisturizer aja yang inget.
    Itu sebabnya saya lebih sering nyari sunscreen yang bergabung ke dalam moisturizer.
    Tapi moistrzr saya yang sekarang tak pulak mengandung sunscreen. Tepakse harus ingat pake sunscreen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun gak keluar rumah, teteup harus pake sunscreen. Karena asap-asap masakan juga mempengaruhi kulit kita

      Hapus
  35. wah pemahaman saya salah selama ini, saya pikir sunblock dan sunscreen sama, harus tobat nih pakai sunscreen juga supaya kulit terlindungi.

    BalasHapus
  36. Sunscreen tuh menurut aku penting banget, meskipun enggak beraktivitas di luar, aku tetep sih pakai sunscreen dan hasilnya beda saat rutin pakai sunscreen dan enggak, hehe

    BalasHapus
  37. Waktu aku SMU, aku ada temen yg kulitnya kayak mba Acha, putiiih banget. Dan jujur aku pun dulu sempet envy 😄. Ntah berapa banyak usaha aku lakuin demi punya kulit putih 🤣. Tapi sejak kuliah, Krn di international collage yg mana student dan lecturer nya dari berbagai negara, pikiranku JD terbuka, Krn temrn2 dan dosenku itu kebanyakan berkulit eksotis, tapi cantiiik banget. Kulitnya juga mulus dan halus. Dari situ aku mulai syukuri aja warna yg skr 😄

    Aku agak telat mulai rutin sunscreen mba. Baru beberapa tahun ini. Soalnya duluuu sunscreen itu ga senyaman skr. Tapi beneran terasa berat dan dempul bgt di kulit 😂. Makanya kan males yaa.

    Baru kemudian setelah banyak produk Korea dan lokal muncul, kluar juga produk sunscreen yg super nyaman. Makanya jadi suka pakainya.

    Aku blm pernah coba yg Scarlett punya. Ntr pas suncreen yg aku pake skr udh abis, aku beli deh. Yg penting memang jgn whitecast. Ntr muka kayak pake topeng 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inget banget jaman dulu tuh produk sunscreen beneran belum senyaman sekarang. Seringnya lengket terus terasa oily di kulit. Beda kalau sunblock yang seketika bikin kulit berasa tebel sih, tapi nggak jauh ya rasanya kalau dipakai. Jadinya dulu pun aku lebih milih buat pakai moisturizer aja yang sering, Makin ke sini produk sunscreen jadi makin ringan di kulit dan nggak berasa pakai topeng, jadi enakan banget. Senang juga aku akhirnya nemu sunscreen yang nge-blend baik di kulitku. Cepat juga meresapnya, jadi kalau habis pakai dan aku bergerak wara wiri sebelum keluar rumah tuh, nggak becek aja mukanya.

      Hapus
  38. Pake sunscreen pada saat ini memang penting banget, secara teriknya matahari gak bisa diprediksi dan sering kulit belang. Saya tiap hari gak sah deh gak pake sunscreen biar kulit wajah tetap aman dan sehat tentunya (iidyanie)

    BalasHapus
  39. dulu aku ga punya sunscreen waktu masihzaman kuliah dan awal kerja, karena aku pikir ga butuhbanget.
    Ehh lama-lama, kayak muncul flek hitam gitu, jadi sekarang meskipun udah pake pelembab, masih aku tumpuk sama sunscreen
    meskipun dirumah aja, seperti wfh waktu tahun lalu, aku olesi juga sama sunscreen, padaghal ya ga kemana-mana

    BalasHapus
  40. Saya dulu termasuk orang yang gak pernah pakai sunscreen Kak. Pas udah masuk usia 30 an baru deh kerasa kalau sunscreen itu penting banget. Dan sekarang udah rutin pakai sunscreen. Ke depan, mungkin akan coba suncreen dari Scralett ini.

    BalasHapus
  41. Dulu gara-gara gak rajin oakai sunscreen, sekarang terasa efeknya, ada flek hitam. Makanya sekarang rajin biar gak makin banyak dan melebar huhuhu

    BalasHapus
  42. Kalau mau keluar rumah, wajib banget make sunscreen. Biar kulit aman dari jahatnya sinar matahari. Jadi ya emang sepenting itu banget sunscreen buat aku😊

    BalasHapus
  43. Setuju bange sama statement Mbak, yang penting tuh kulit sehat terawat, bukan warnanya yang putih. Sayang seribu sayang, standar kita dari warna kulit. terlepas dari masalah ini, setuju banget kalo sunscreen sangat diperlukan buat kulit orang Indonesia yang banyak terpapar sinar matahari terik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sayang banget. Banyak orang yang dulu kejar putih padahal kulit sehat terawat dan nampak cerah itu sudah cukup dan baik.

      Hapus
  44. Subahannallah kak..benar kata teman-teman kakak, kakak sudah cantik sekali... tapi aku setuju dengan pendapatmu. Kalau kulit itu dilihat dari sehat dan terawatnya bukan berdasarkan warna.
    Setrlah membaca blog ini aku juga jadi tahu perbedaan suncreen dan sunblok. Nah, cuma dilalah di aku tih kalau pakai suncreen malah jadi kering kulitku. Hiks.. aku belum nemu produk yang aman. Tapi bisa juga nih coba sunbrightnya Scarlet. Karena, scarlett terkenal bagusnya.

    BalasHapus
  45. saya dulu jarang pakai suncreen, akibatnya jadi ada bintik2 hitam gitu. syukurlah sekarang udah ilang dan saya jadi lebih rajin pakai sunscreen setiap hari jelang keluar rumah

    BalasHapus
  46. Kebetulan kulitku putih dan ngga tahan terlalu lama dibawah sinar matahari dan udara kering jadi penting banget pake sunscreen dan pelembab. Bahkan diruangan ber AC pun aku tetep pake sunscreen. Pernah kena udara panas sampe bibir pecah pecah sih

    BalasHapus
  47. imo, sunscreen emang perlu banget buat kulit. dulu sebelum pake sunscreen, kulitku kering dan kadang ada flek hitam. sampai aku disaranin buat pakai sunscreen, entah itu di luar ruangan atau di dalam ruangan.

    BalasHapus
  48. Dulu saya beranggapan pakai sunscreen itu untuk kalau keluar rumah aja. Makanya selama pandemi saya gak pernah pakai sunscreen karena di rumah aja. Alhasil muncul flek hitam deh.
    Kalau sekarang baik di rumah aja atau keluar rumah diusahakan pakai sunscreen supaya kulit terlindungi

    BalasHapus
  49. selalu suka dengan warna produk-produk Scarlett yang soft.
    ngomongin sunscreen saya juga sekarang rajin pakai sunscreen walau di rumah aja, secara walau di rumah aja kan kita juga tetap keluar ke halaman jemur pakaian atau belanja ke penjual sayur yang lewat kan jadi tetap harus lindungi kulit wajha dong ya :D

    BalasHapus

Posting Komentar