Novel ReproRetro Karya Hinata Umi Bahas Pembajakan Buku

Cara Merawat Skin Barrier Agar Tetap Sehat

Love yourself first before you love someone else.

Apa jadinya bila seseorang sibuk mengharap rasa cinta dari orang lain, namun sayangnya menyayangi dirinya sendiri saja sulit. Hari-hari dipenuhi keluhan, ratapan, padahal memilih diam dan memeluk diri sendiri itu nggak sepenuhnya rumit.

Mencintai diri sendiri bukanlah sebuah rasa egois. Pun nggak perlu muluk-muluk dengan keinginan untuk menjalani kehidupan yang standarnya ditentukan bukan berdasar kemampuan dan kesiapan personal di masa sekarang.

Sederhana saja, merawat skin barrier, misalnya. Bukankah merawat diri juga merupakan bentuk selflove? Termasuk sebuah ungkapan syukur atas fisik yang sudah Allah SWT, Sang Maha Pemilik Semesta, titipkan untuk jiwa kita?

So gengs, lets fight to be the best version of you with loving your self first. Paling nggak, pahami cara merawat skin barrier biar tampilanmu menarik setiap waktu.

body serum body lotion loving scarlett

Nah, sebelum Ka Acha curhat lebih jauh tentang produk body care terbaru dari Scarlett yang belakangan ini sedang jadi favorit, yaitu Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series, seru kali ya kalau saya mengajakmu mengenal lebih jauh tentang skin barrier. Paling nggak kamu jadi ikutan paham, kenapa sih penting banget merawat skin barrier itu?

Apa Sih Skin Barrier Itu?

Skin barrier adalah lapisan terluar dari kulit yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat polusi, sinar ultraviolet, zat kimia, kuman dan bakteri, serta menjaga kelembaban kulit. Lapisan terluar ini biasa disebut juga dengan nama stratum korneum.

Kulit sendiri terdiri atas beberapa lapisan, bukan? Mulai dari epidermis, dermis, dan hipodermis. Nah, skin barrier berada di sisi terluar dari lapisan epidermis. Lapisan kulit ini terbentuk dari kolesterol, asam lemak, dan ceramide.

Fungsi skin barrier sebagai pelindung terdepan dari kulit dan tubuh, butuh banget dirawat. Mulai dari menjaga agar tubuh terhidrasi dengan baik melalui mencukupkan asupan cairan harian, juga pengaplikasian skincare yang tepat guna dan cocok dengan keadaan kulit kamu.

Penyebab Rusaknya Skin Barrier Itu Apa Saja Sih?

Ada banyak sekali faktor yang bisa membuat skin barrier menjadi rusak. Sementara kerusakan pada lapisan skin barrier ditandai dengan kulit yang terasa kasar, tebal, gatal, bersisik, pecah-pecah atau berkerut, juga mengalami perubahan warna.

Nggak sampai di situ saja. Bisa jadi ketika kamu merasakan kulitmu seperti ditarik, munculnya masalah kulit tertentu seperti jerawat, juga bisa menjadi tanda kalau skin barrier kamu sedang nggak baik-baik saja.

Penyebabnya bukan hanya akibat kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Ada pula kebiasaan yang mungkin saja menjadi alasan lainnya dan kemudian memicu skin barrier jadi bermasalah.

Sebut saja kebiasaan rutin mandi dengan air hangat. Tanpa disadari, kebiasaan yang sebenarnya bisa membuat tubuh terasa rileks setelah beraktivitas panjang atau bebas dari kedinginan di pagi hari ini, juga dapat membahayakan kesehatan kulit bila terlalu sering dilakukan. Itulah mengapa, berendam air panas pun ada batas waktu dan nggak bisa dibiasakan setiap hari.

Khusus untuk daerah wajah pun, terlalu sering mencuci muka dengan sabun bisa memunculkan akibat skin barrier bermasalah. Disarankan untuk membersihkan muka dengan sabun pembersih maksimal 2 kali saja dalam sehari.

Penyebab skin barrier rusak lainnya pun bisa karena suhu udara yang terlalu lembab atau kering, paparan sinar UV yang terlalu sering, terpapar zat yang memicu alergi semisal debu atau serbuk sari, bahan kimia keras yang mengenai kulit misalnya saja kaporit, bahkan terlalu sering melakukan eksfoliasi juga berpengaruh lho. Ah ya, skincare dengan kandungan merkuri juga nggak kalah berbahaya.

Bukan hanya dari luar, ada juga penyebab rusaknya skin barrier dari dalam. Mulai dari stres – that’s why kalau stres tuh kulit biasanya ikutan kusam ya gengs – ditambah kurang tidur. Duh, serasa kena double kick sih si skin barrier kalau sudah begini.

Belum lagi kalau pola hidup sudah berantakan. Sebut saja kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Mengonsumsi makanan kurang sehat pun, memberi pengaruh yang nggak jauh berbeda. Lama-kelamaan makin jauh Ka Acha belajar soal hidup sehat demi selflove, makin paham kenapa Allah SWT mengingatkan untuk mengonsumsi makanan yang halal lagi thoyyib. Semuanya memengaruhi tampilan fisik juga.

Skincare untuk Merawat Skin Barrier

Inilah salah satu alasan pentingnya pakai skincare yang perlu dipahami agar kamu tetap semangat merawat tubuh sebagai bentuk dari rasa sayangmu pada diri sendiri. Merawat skin barrier agar tetap sehat juga bisa membuat kamu punya tampilan yang cantik terawat, bukan?

Seperti yang sebelumnya sudah Ka Acha sebutkan di atas bahwa lapisan stratum korneum alias skin barrier yang merupakan garda terdepan perlindungan kulit kita ini terbentuk dari kolesterol, asam lemak, juga ceramide. Sejak menemukan kalau Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series mengandung 7x ceramide, bagaimanalah Ka Acha nggak tergoda untuk mencoba menggunakannya juga.

pakai body serum untuk merawat skin barrier

Seusai mandi, sembari bersiap-siap, belakangan ini saya sering mengoleskan Scarlett Body Serum Loving Series ke bagian tangan dan kaki. Teksturnya yang cenderung cair keluar dari botol pump-nya yang tinggi ramping. Nggak perlu menunggu waktu lama, aroma wangi rose mewahnya menguar.

Dari ingredients produknya, saya mendapati kalau Scarlett Body Serum Loving Series ini bukan hanya mengandung 7x ceramide yang bermanfaat untuk melembabkan dan juga menguatkan skin barrier. Ada kandungan lain seperti glutathione, niacinemide, shea butter, dan vitamin E.

Nah, bila di-highlight, fungsi dari setiap kandungan yang sama-sama ada di dalam Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series, yaitu :

  • 7x Ceramide bermanfaat untuk melembabkan dan memperkuat perlindungan kulit (skin barrier) agar kulitmu terlindung dari paparan luar seperti cuaca dan polusi
  • Glutathione dikenal sebagai salah satu antioksidan yang baik untuk menjaga kelembabkan kulit sekaligus membuatnya jadi cerah dan sehat
  • Niacinamide pun sudah cukup diketahui khalayak sebagai kandungan yang bukan hanya dapat mencerahkan kulit, melainkan juga membantu menyamarkan noda gelap di kulit
  • Shea Butter nih yang bagus untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV
  • Vitamin E ya untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit

Khusus dalam body serum Scarlett juga ada kandungan sodium hyaluronate yang dikenal bisa menyamarkan garis halus dan kerutan pada kulit. Selain itu, terdapat pula kandungan glycolic acid yang berfungsi untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Nggak butuh waktu lama dalam menjeda pemakaian body serum Scarlett ini. Sebab cepat meresap di kulit, saya pun bisa melanjutkan proses pemakaian body lotion-nya.

body lotion Scarlett loving merawat skin barrier

Jika sebelumnya body serum Scarlett seri Loving yang saya pakai punya tekstur yang cenderung cair dan ringan, Scarlett Body Lotion Loving Series punya tekstur yang creamy dengan aroma yang lebih lembut dibandingkan dengan body serum-nya. Ketika dioleskan ke bagian tangan dan kaki pun, nggak perlu menunggu lama, saya sudah bisa merasakan kalau kulit saja jadi lebih lembab.

Nah, kalau dalam Scarlett Body Serum Loving Series punya tambahan kandungan sodium hyaluronate dan glycolic acid, maka pada Scarlett Body Lotion Loving Series ini ada kandungan aloe vera. Salah satu kandungan yang jadi kesukaan saya sebab bisa membantu merawat elastisitas pun menghidrasi kulit.

before after pakai body serum dan lotion scarlett

Seperti yang sempat Ka Acha ceritakan di atas kalau kedua produk Body Care Loving Series dari Scarlett ini punya wangi rose yang mewah. Rupanya agak lama saya mendapati aromanya jadi lebih manis seperti berries.

Walau sudah saya ajak beraktivitas lama pun, kedua body care Scarlett Loving Series ini nggak terasa lengket. Aroma wanginya pun cukup tahan lama.

pakai body serum jaga skin barrier

Jika kamu tergoda untuk mencoba merasakan manfaat dari 7x ceramide yang terkandung dalam Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series ini, kamu bisa memesan kedua produknya di https://linktr.ee/scarlett_whitening ya.

Agar kamu mendapatkan produk-produk Scarlett yang asli, kamu bisa melakukan pengecekan keaslian produknya melalui https://verify.scarlettwhitening.com. Akan lebih tenang kan kalau menggunakan produk skincare yang terpercaya.

Nah, mulai sekarang, yuk sayangi diri sendiri dengan merawat diri. Pilih produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Merawat skin barrier itu sebenarnya mudah, cukup dibiasakan dan memilih produk perawatan kulit sesuai dengan yang kamu butuhkan.


Komentar

  1. Scarlett kerennya itu selalu membuat inovasi untuk seluruh kebutuhan kulit, termasuk skin barrier. Pasti makin banyak yang suka dengan produk lokal rasa internasional yang satu ini

    BalasHapus
  2. Aku bersyukur mama mendisiplikan kami untuk selalu pake body care dan skincare sejak kecil. Kalo masih bayi tentunya mama yg selalu pakein lotion bayi buat kami semua. Tapi pas SMP, mama udh mastiin kami selalu pake sendiri tiap abis mandi. Secapek apapun pulang sekolah, semalam apapun pulang kerja, aku ga bisa tanpa mandi dulu, lalu ritual skincare dan body care dimulai 😄.

    Krn udh dibiasaain sejak kecil, jadinya sekali aja ga pake , iy langsung berasa ga enak mba. Pasti tau rasanya gimana bagi yg rutin pakai body cream/lotion.

    Apalagi kulitku super kering aku ga bisa pakai lotion sembarangan juga.

    Belum pernah coba produk Scarlett yg baru ini, karena aku memang ga pake produknya. Tapi pasti bagus buat yg cocok ☺️👍. Asalakan memang rutin dipakai setiap kali abis mandi, dan disaat kulit terasa kering. Kalo ga dibiasain sejak Skr, percaya deh, bakal makin susah di saat udah tua..

    Ada yg bilang tua kan udh pasti keriput. Beneeer, tapi kita bisa memperlama prosesnya dengan rutin pakai body care dan skincare :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget Mba. Mamaku pun sering bilang hal yang sama. Akan sulit kalau nggak dibiasakan dari sekarang dalam urusan perawatan kulit tuh.

      Hapus
  3. Ah sama nih kita memakai produk yang sama ternyata
    Kaki saya pecah-pecah parah nih, belum di area kulit lain kaya bersisik gitu. Pakai lotion body care dari Scarlett ini alhamdulillah lama lama mulus dan kelembabannya makin terjaga

    BalasHapus
  4. usia 35+ makin berasa ya perubahan kulit wajah tuh xD syedih, huhu.. memang beda sih kulit yang dirawat dan kurang perawatan. tapi belum telat sih, masih bisa memulai perawatan wajah dan menjaga kelembapannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi saya yg mau mendekati usia setengah abad. Tapi emang tidak ada kata terlambat sih ya... meski memang perjuangan banget mau bikin kulit sehat itu ya.

      Hapus
  5. Nah ini unikanya Body Care Loving Series dari Scarlett punya wangi rose yang mewah, lalu agak lama muncul aroma jadi lebih manis seperti berries.Sukaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum. Kadang jadi nggak perlu pakai parfum juga tiap keluar rumah karena aku merasa sudah cukup wangi.

      Hapus
  6. Scarlett ada series baru kah ini? Menarik juga Loving Series ini, butuh bangett pakai body care tuh, biar kulit selalu terawat dan tetep mulus. Otw nyobain rangkaian body care di Loving Series nya Scarlett <3

    BalasHapus
  7. Loving series ini bikin seger kulit kita ya kak Acha,
    soalnya kandungannya juga baik dan bisa mendapat manfaat dari kandungannya nih biar makin lembab dan cerah

    BalasHapus
  8. Makin bnyk nih produk abal2 yg meniru Scarlett. Mknya sampe ada fitur utk pengecekan keaslian produknya. Manteb bgt nih Scarlett. Selalu mengedukasi konsumennya pake produk asli. Semua produknya emg bgs sih. Apalagi yg bodi serum ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas. Biar konsumen pun memakai produk Scarlett yang asli karena kalau abal abal kan nggak ada proses jaminan mutunya.

      Hapus
  9. Aku juga sering pakai serum dan lotion dari Scarlett. Emang enak dan cepat nyerap di kulit. Skin barrier yang rusak bisa mulai kembali normal

    BalasHapus
  10. Aku sebenernya bermasalah dengan self love, saking kencengnya terhadap apa yang harus dilakukan dan goals yang harus dicapai. Tapi sekali lagi, harus perbanyak bersyukur dan memahami yang namanya takdir, sehingga perlahan mulai slow down.
    Perawatan kulit tapinya gak boleh kendur, harus tetap sayang sama skin barrier dan dirawat dengan tekun oleh produk Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series, duet menyegarkan untuk kulit sehat, cerah, alami.

    BalasHapus
  11. Aku juga lagi pake ini nih. Lumayan lembap dan mencerahkan. Yang terpenting sih nggak lengket dipakenya.

    BalasHapus
  12. nah ini nih, aku suka lupa kulit tubuh tuh perlu juga dirawat dan dijaga skin barriernya, gak cm wajah, apalagi skrg ada produknya scarlett yg bs bantu jaga skin barrier kita

    BalasHapus
  13. saya juga pakai serum dan body lotion dari Scarlett lho Kak Cha, tapi varian Jolly sih, nanti pengen cobain yang Loving pinky-pinky ini juga aahh.. secara produk-produk Scarlett itu wanginya menggoda tentunya pakai Scarlett agar kulit jadi terus terawat dong ya skin barriernya

    BalasHapus
  14. Wah varian baru Scarlett ya?
    Saya belum punya nih, beli ah
    Scarlett emang tau banget kebutuhan kita dalam merawat kulit ya?
    Kita harus merawat skin barrier dengan biaya yang gak terlalu mahal

    BalasHapus
  15. Selain merasakan manfaatnya, wanginya saat menggunakan Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series ini juga bikin nyaman banget yaa.. Apalagi abis mandi terus menggunakan Scarlett Body Lotion Loving Series. Cairan akan terikat sehingga kulit tetap lembap meski udara sedang panas panasnya seperti saat ini.

    BalasHapus
  16. Udah pakai juga kak bodycare dari scarlett sejak lama cuma belum coba untuk varian Body Lotion Loving Series..

    Bikin lembut dan wangi itu yang aku suja

    BalasHapus
  17. Love yourself first before you love someone else. setujuuuh. Dengan merawat diri sudah self love lho, apalagi memakai produk secakep Scarlett ini!

    BalasHapus
  18. Penting banget ya untuk membuat skin barrier kita tuh tidak menurun kemampuannya melindungi kulit. Salah satu cara merawatnya dengan menggunakan skincare yang punya formula untuk menjaga skin barrier, kayak Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series ini

    BalasHapus
  19. Saya setuju dengan pendapat bahwa merawat dan menjaga kebersihan kulit adalah salah satu cara kita bersyukur atas pemberian Allah Swt. Dan sekaligus adalah tindakan nyata kita untuk tetap sehat. Apalagi kan sekarang banyak produk skincare halal yang bisa membantu kita mewujudkan ikhtiar itu. Salah satunya adalah SCARLETT ini ya Cha. Produknya ramah di kantong, tersertifikasi halal dan cocok untuk kita yang tinggal di daerah tropis. Jenisnya juga berlimpah. Jadi kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kita.

    BalasHapus
  20. skin barrier memang wajib dirawat ya, Mbak. Apalagi merupakan kulit terluar. Jadi istilahnya garda utama. Jadi kalau kulit luar sehat, maka kulit bagian dalam juga akan terjaga.

    BalasHapus
  21. Nah betul. Kalau kulit terawat pastinya lebih sehat dan bersih, awet muda juga. Scarlett ini salah satu produk lokal yang bagus banget loh.

    BalasHapus
  22. Waduh memang sinar UV meresahkan jangan sampai deh ya, yang selalu diingat untuk menggunakan pelindung skincare ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lhooo makin ke sini aku makin nyadar kalau sinar UV sungguh meresahkan, Mba. Hihihi.

      Hapus
  23. aku juga udah cobain varian iniii. wanginya cewek bangeet hihi. aku suka sih sama wanginya Scarlett ini dia aweeeettt banget. bahkan pernah temenku sampe bilang, "km pake parfum berapa banyak kok wanginya dari jauh udah kecium dan nggak ilang-ilang dari tadi" bisa ngehemat parfum kalo pake ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lhoooo wanginya manis bangeeettt. Aku pun sukaaa.

      Hapus
  24. Orang rumah juga suka nih dengan produk dari Scarlett. Manfaatnya dapat. Aromanya menyenangkan dan harganya affordable kok

    BalasHapus
  25. Scarlett ini inovasinya sudah banyak ya, saya jadi penasaran untuk produk perawatan skin barrier dari Scarlett ini.

    -Dayu Anggoro

    BalasHapus
  26. Setuju banget dengan anggapan merawat tubuh kita merupakan salah satu bukti bersyukur kita kepada sang pencipta. Semoga saja Scarlett terus memberikan inovasi-inovasi untuk menciptakan produk perawatan unggulan

    BalasHapus
  27. Kebayang perjuangan si Skin Barrier dalam menghadapi tantangan yang luar biasa ketika beraktivitas sehari-hari. Kudu banget dijaga dengan bodycare yang tepat, seperti produk terbaik yang sangat direkomendasikan karena sudah terbukti manfaatnya, yakni produk Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series.

    BalasHapus
  28. good idea banget. memang kalau perawatan kulit itu yg utama skin barriernya dulu ya diperbaiki.. scarlet yg loving series ini wanginya enak banget. aku jg suka

    BalasHapus
  29. Aku selalu suka dengan "Scarlett" selalu ada inovasi baru skin care untuk wanita. Seperti yang terbaru ini ya Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series. Kalau sudah mengandung serum pastilah kulitnya halus
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  30. di usia aku yg 30++ harus kudu extra banget dalam merawat kulit tubuh, dari luar maupun dari dalam. Dari luar penuhi kebutuhan kulit dengan body care scarlett

    BalasHapus
  31. Aku tuh suka bgt dengan wangi bodi lotion Scarlett, bikin makin mencintai diri sendiri. Alhamdulillah cocok dikulitku dan memjaga kesehatan kulit agar ttp sehat alami

    BalasHapus
  32. Bener banget perawatan tubuh apalagi dengan aroma yang menenangkan seperti produk scarlet membuat jiwa tenang hati senang. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  33. Keseringan pakai skincare atau perawatan memang bisa bikin skin barrier rusak. Bagus nih inovasinya scarlett. Bisa buat menjaga skin barrier ya.

    BalasHapus
  34. Makin variatif dan inovatif ya produk produk Scarlett. Saya baru tahu nih keseringan mandi air hangat bisa merusak lapisan kulit, noted mba

    BalasHapus
  35. ahhh.ini sih produk perawatan tubuh favorit aku, udah mana wanginya enak banget, harganya affrodable, manfaatnya juga nggak kaleng-kaleng.. mantap pokoknya


    _ Siwi_

    BalasHapus
  36. Merawaf kulit tubuh emang paling pas sma Scarlett karena paling mmgerti apa yang dibutuhkan tubuh aku dah lama pakai Scarlet dan ngerasa cocok bngt nih

    BalasHapus
  37. Skin barier yang penting banget untuk diperhatiin karena ini yang berjuang di garda terdepan kulit kita yaa... Aku seneng banget karena produk Scarlett pastinya memiliki kandungan yang baik untuk lindungi skin barrier.

    BalasHapus
  38. Scarlett bodu care ini rutin kupake tiap hari karena enak banget bikin kulit kering teratasi tanpa lengket-lengket. Daya serapnya tinggi tapi tetap lembap.

    BalasHapus
  39. Samaan nih kak aku juga pakai Loving Series nya Scarlett, lengkap banget kandungannya, bikin kulit lebih sehat dan terawat

    BalasHapus
  40. Ini body care yg juga kupakai kak, kujuga pake skincarenya, dan alhamdulillah cocok buat kulitku

    BalasHapus
  41. Memang utama ya kesehatan kulit, karena kulit yang sehat akan terlihat cantik secara otomatis deh. Au cocok juga pakai body serumnya scarlett

    BalasHapus

Posting Komentar