Trik Biar Rambut Berhijab Tetap Sehat dan Cantik

Di hari saya muncul di kantor dengan penampilan baru, sekitar 7 tahun lalu, sambutan pertama yang membekas di hati adalah pelukan hangat dari Kak Rininta Utami, Kak Tata, HRD di kantor lama saya. Ia bahkan mengecup sayang pipi saya, menjawilnya gemas, lalu merapikan hijab saya dengan mata berkaca-kaca.

Sumringah ia menemukan saya hadir di kantor dengan rambut yang tertutup hijab. Sebuah keputusan panjang yang selalu membuat saya merasa tersiksa, selama mengumpulkan keberanian untuk menjadi muslimah yang lebih baik dalam versi saya. Ditambah, kekhawatiran tentang cara merawat rambut berhijab yang suka iseng membuat niat saya jadi maju mundur.

But than, I choose it, I did it.

 

Sebelumnya, banyak yang mengoceh soal menghijabkan hati alias perasaan saja dulu, baru kepala. Sempat saya terpengaruh lho.

Saya menenggelamkan diri pada anggapan, “Ah, nggak apa-apa kalau rambut pirang sewarna rambut jagung saya dilihat banyak orang. Toh saya lebih senang memakai pakaian tertutup. Aurat saya tersembunyi. Hati dulu lah yang penting.”

Di kemudian hari, saya menertawakan kebodohan saya sendiri. Hey, Acha, aurat perempuan itu seluruh tubuh, woy!

Hati itu dimana sih? Perasaan yang mana sih yang dihijabkan? Jantung? Liver? Padahal perasaan tuh berasal dari otak, dari bagian sistem limbik. Its mean, yang ditutup itu ya kepala dong, bukan badan doang. Begitulah, sependek pemahaman Ka Acha yang masih harus banyak belajar ini.

Tantangan lain datang. Dari lingkungan saya yang bertanya-tanya, “Kamu nggak sayang sama cetakan fisik kamu yang punya kulit putih rambut pirang mata hijau begini, Cha? You’re so beautiful tau nggak sih?”

Iya sih. Bentukan fisik yang kalo orang melirik sekelebat mata, sering bikin kebanyakan orang salah sangka. Mendadak nggak mau memulai obrolan duluan sama saya karena ngerasa nggak fasih berbahasa inggris. Mengira kalau keajaiban baru saja terjadi, sejak menemukan saya berwudhu dan shalat.

They made me felt so bad.

Sementara, dalam kepala saya, hampir setiap saya bercermin di kamar mandi, berpikir keras tentang bagaimana sih caranya menghadapi tantangan rambut berhijab yang makin lama makin bikin saya patah hati.

Beberapa Masalah Rambut Berhijab yang Saya Hadapi

Saya sudah siap dengan tantangan ala rambut berhijab. Saya nggak mau mundur. Maka saya menghadapinya dengan terus berusaha menemukan cara merawat rambut berhijab saya sebaik yang saya bisa. Masalahnya ….

Rambut Sering Rontok

Mungkin penyebabnya karena saya terbiasa mengikat rambut panjang saya, menggelungnya, sebelum memakai ciput, disusul dengan menutupnya dengan hijab. Kadang saya menyadari, kalau saya mengikatnya terlalu ketat.

Tega banget sih Ka Acha sama rambutnya? Padahal kalau rambut akhirnya rontok, badmood sendiri.

Rambut Berminyak dan Gampang Lepek

Masalah ini paling hobi bikin saya patah hati, kalau aktivitas di luar rumah sedang cukup tinggi. Menutup rambut terlalu sering, apalagi kalau cuaca sedang panas dan bikin kepala jadi lembab karena keringat. Duh ….

Jadilah, ada kesenangan tersendiri nih buat saya yang sudah lama memilih bekerja dari rumah. Memang jadi jarang dandan sih, tapi masalah rambut lepek saya sedikit tertolong sama kebiasaan ini. Mood saya pun terjaga baik, karena nggak harus sering-sering menghadapi kemacetan dan merasa lelah di perjalanan.

Rambut Mudah Patah

Seiring sejalan sama rambut rontok, masalah rambut yang terasa rapuh dan patah ini, nggak kalah sering kejadian kalau intensitas keluar rumah saya bertambah. Apakah saya yang belum pandai mengikat dan menutupnya dengan pilihan hijab yang tepat ya?

Cara Merawat Rambut Berhijab Ala Ka Acha

Nggak ada masalah yang nggak memiliki solusi alias jalan keluar. Hidup sering menyajikan tantangan, untuk menemukan sebuah jawaban. Aih … udah puitis belum nih, bahasa Ka Acha? Hihihi ….

Ternyata … cara merawat rambut berhijab itu nggak susah-susah amat kok. Rejeki nomplok bagi perempuan yang memang aktivitasnya lebih banyak di dalam rumah, macam Ka Acha. Soal uang beli buku dan bayar streaming nonton bulanan pun cukup tertolong karena peluang meraup cuan dari ngeblog yang saya jalani sejauh ini.

Terus, gimana sih cara saya merawat rambut berhijab biar tetap sehat dan cantik?

Lepas Hijab Setelah Sampai Di Rumah

Bukan cuma hijab yang saya buka, melainkan juga ikatan rambut, lalu  menyisirnya perlahan. Saya membiarkan rambut panjang saya tergerai begitu saja. Kasihan lho, sudah lama diikat, ditutup pula. Kan rambut Ka Acha juga butuh bernapas.

Menyisir Rambut Sebelum Keramas

Bukan sewaktu keramas lho ya. Saya pernah mencoba begini, dan walhasil rontoknya jadi makin banyak, menumpuk di saluran pembuangan kamar mandi. Lihatnya saja sudah sendu, apalagi pas dipungut. Atuhlah rambut yang sudah patah dan rontok mana bisa dilem lagi di kepala, ya khan?

Pilih Shampoo dan Conditioner yang Sesuai Kebutuhan Rambut

Pada akhirnya, urusan memilih produk perawatan rambut yang cocok dan sesuai kebutuhan rambut sih yang jadi kunci biar rambut tetap sehat dan cantik. Belakangan ini, saya lagi senang banget sama produk Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo and Conditioner. Kamu sudah coba juga?

Pastikan Rambut Kering Sebelum Pakai Hijab

Kalau ditanya, kenapa sih perempuan itu siap-siapnya lama? Nah, ini nih salah satu alasannya. Apalagi kalau kamu pakai hijab ya kan?

Memastikan rambut dalam keadaan kering dan bersih sebelum pakai hijab itu, membantu rambut tetap sehat terawat. Kalau pun nantinya jadi lembab karena berkeringat, nggak akan separah kalau rambut yang ditutup hijab, sedari awal sudah lepek, atau lembab.

Rutin Potong Rambut

Iya … semenjak memilih memakai hijab, cerita punya rambut panjang seperti dulu sudah selesai. Rambut jadi sering saya potong sebahu, biar tetap bisa diikat rapi tapi nggak panjang-panjang amat. Perawatannya pun jadi jauh lebih mudah, kalau menurut Ka Acha lho ya. Kalau kamu, gimana?

Weits … ternyata sudah semua ya, tips merawat rambut berhijab yang saya jalani selama ini. Nah, karena tadi saya sempat menyinggung tentang Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan juga Scarlett Sea Salt Yordanian Conditioner yang sedang saya pakai, rasanya … kurang afdol kalau nggak saya ceritakan ya.

Tentang Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner

Kalau kamu sudah lama mengenal berbagai produk perawatan kecantikan keluaran dari Scarlett Whitening, mungkin kamu pun sudah mengenal Scarlett Yordanian Sea Satl Shampoo beserta conditioner-nya.

Yap, kemasannya sekarang berubah menjadi lebih cantik, botol bening yang menampakkan si shampoo yang sebiru laut, dan si conditioner dengan warna merah muda lembut.

 

Kalau kamu mencari shampoo dan conditioner yang ngasih aroma wangi nan tahan lama, maka Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner ini masuk dalam jajaran produk perawatan rambut pilihan.

Cobain deh. Wangi Magnolia dari shampoo-nya awet banget. Sementara aroma Evening Primerose dari conditioner-nya cenderung manis dan menenangkan.

Selain itu, si shampoo dan conditioner Scarlett ini nampak cantik di pajang di rak kamar mandi rumah Ka Acha. Bersanding manis dengan deretan body wash Scarlett yang saya pakai juga. Tutup botolnya yang flip top pun memudahkan saat akan keramas.

Kalau curhat soal manfaat apa sih yang bisa kamu dapatkan ketika memakai Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditoner ini, seperti yang saya kutip dari situs resmi Scarlett, yaitu :

 

 

Awalnya, saya menggunakan produk shampoo-nya saja nih. Memang terasa banget aroma wanginya yang tahan lama. Sudah begitu, busanya yang berlimpah bikin saya nggak perlu terlalu banyak mengeluarkan isi botolnya setiap kali akan keramas.

Rupanya, setelah saya pakai bersamaan dengan Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner, eh manfaatnya makin terasa di rambut saya. Rambut yang tadinya mudah patah dan sering lepek kalau aktivitas saya sedang sangat aktif, jadi lebih membaik. Aih … semoga rambut berhijab saya terawat dan sehat seterusnya, sepajang berteman sama rangkaian produk perawatan rambut Scarlett Yordanian Sea Salt ini.

Jadi, beginilah cara merawat rambut berhijab yang selama ini berusaha saya lakukan dengan konsisten.

Walau rambut sudah tertutup, tapi mendapati si rambut pirang saya ini tetap sehat terawat, sering membuat saya bahagia sendiri. Tahu kan, kalau tampil cantik itu sesungguhnya bukan demi orang lain, tapi wujud sayang pada diri sendiri, bentuk rasa syukur pada apa yang diamanahkan pada kita oleh Yang Maha Pencipta.

Ya nggak sih?

Buat kamu yang juga berhijab, ada tips merawat rambut berhijab yang biasa kamu terapkan juga nggak? Bagikan ceritamu di kolom komentar ya. Ka Acha tunggu.

Komentar

  1. Ya ampun, Kak. Aku jadi teringat waktu SMA dulu ada yang bilang hal yang sama, kalau mau berhijab, maka dihijabi dulu hatinya. Lah, menghijabi hatu tu kayak mana maksudnya, hehe...
    Padahal hijab suatu kewajiban bagi muslimah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum Mba April.

      Dulu, kukira kalau hati itu ada di dada. Eh setelah belajar banyak, baru merasa kalau dulu aku bodoh banget. Ternyata perasaan itu dari otak, dari sistem limbik. Lha terus kalau memang diperintahkan untuk memakai kerudung dan menutup aurat, ya sudah, jalani. Apalagi hidup cuma sesaat ya. Akhirat selamanya.

      Hapus
  2. Betul itu kalau mau pakai hijab sebelumnya pastikan kalau rambut kondisinya harus kering. Jika tidak bisa sakit kepala dan bau rambutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, suka bikin sakit kepala memang Teh kalau rambut yang masih lembab langsung ditutup.

      Hapus
  3. kayaknya aku harus ikutin cara-caranya nih kak Acha, soalnya akupun punya permasalahan yang smaa. rambut rontok :((

    BalasHapus
  4. Wah produk Scarlett yang perlu dicoba ini, agar dapat merawat rambut dan kulit kepala lebih sehat.
    Apalagi itu serangkaian ya kak Acha sampo dan conditioner nya.

    BalasHapus
  5. Serba-serbi perempuan dan hijabnya yaa, kak..
    Masalahku juga nih.. Padahal pengen banget memiliki rambut panjang. Namun masalah kerontokan menghantui.
    Kayanya aku juga kudu banget mengikuti tips dari kak Acha. Salah satunya menyisir rambut sebelum keramas dan menggunakan Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner.

    BalasHapus
  6. Iya, rambut berhijab perlu perawatan ekstra ya mbak
    Makany harus cari produk perawatan yang cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak,
      Harus perhatian juga.
      Karena nanti kalau kurang tepat yang ada malah membuat rontok ya

      Hapus
  7. Sempet penasaran Ama shampoo dan condi Scarlett. Tapi mau coba, msh ragu Krn udah Nemu produk yg cocok buat rambut. Takut kalo Gonta ganti malah masalah.

    Soalnya rambutku juga sempet rontok parah mba. Macam2 cobain aneka shampoo, akhirnya Nemu yg skr.

    Aku kan msh pake produk body wash dan scrub Scarlett ya, sempet liat shampoo nya ini. Cuma kalo shampoo aku ga bisa sembarangan kayak sabun memang. Krn area kepala LBH sensitif. Tapi syukurlah kalo cocok di mba Acha 👍. Kalo wangi aku yakin produk Scarlett wanginya enak semua 😍

    BalasHapus
  8. Wah.. saya malah gak pernah nyisir sebelum keramas. Kalau rambut sudah setengah kering baru saya sisir. Itu bisa juga bikin rontok ya?
    Eh saya baru tau kalau Scarlett mengeluarkan produk Scarlett Yordanian Sea Satl Shampoo. Saya taunya produk skincare dan bodycare-nya

    BalasHapus
  9. Jadi peremmpuan berhijab eamng kadang suka susah cara merawat rambut untuk sehat karena selalu tertutup ya kak

    BalasHapus
  10. Aku jg rontokk parah nih mbaa, bahkan setiap sisiran tuh pasti banyak rontoknya juga. ampun2 deh, kayaknya perlu coba yg satu ini nih

    BalasHapus
  11. Akhirnya menemukan produk yang cocok dan aman banget untuk digunakan ya kak. Scarlett jadi jawaban untuk hair care kali ini. Pasti aromanya harum cakep ya kak

    BalasHapus
  12. Wah beneran baruntahu nih. Ternyata sekarang Scarlett juga udah punya produk perawatan rambut ya. Jadi pengen nyobain juga deh Shampoo dan Conditionernya

    BalasHapus
  13. Di kekuarta kami shampo itu gak konsiten pada satu merk . Akibatnya kami sering ganti shampo dan menyebabakan rambut jadi tak sehat bukan

    Nah, mendengar scarlett mengeleluarkan produk shampo aku langsung mupeng pengen nyoba secara aku pengguna setia scarlett juga

    BalasHapus
  14. Aku nih malas lepasin ikatan rambut, rasanya lebih enak kalau rambut terikat, padahal enggak sehat ya buat rambut.

    Btw, aku belum pernah nih nyobain shampo nya, jadi penasaran sama wanginya juga

    BalasHapus
  15. oalaah scarlett sekarang dah punya shampoo yaa? saya belum nyobain kak.. kalau saya biasanya pakai produk lokal juga yang bersahabat ama rambut saya yang gampang rontoh karena ketombe

    BalasHapus
  16. jangan maksa nutup rambut basah dengan hijab juga sih yaa, bakal ketombean dan bau huhu

    BalasHapus
  17. Loh Scarlett ngeluarin produk shampoo juga ya. Aku baru tau, kak. Keren nih produknya semakin lengkap

    BalasHapus
  18. klo scarlet gausah diragukan lagi soal kasiat nya untuk per skin care an. Nice review mba!

    BalasHapus
  19. Perawatan rambut pasti harus dijaga dan diterapkan. Lebih pas lagi apabila menggunakan hijab. Nach soal shampo, pasti ada yang cocok dan ada yang tidak cocok. Tergantung jenis rambut dan ramuan dari shamponya.

    BalasHapus
  20. Scarlett sudah merambah ke produk sampo ya, makin harum , pengen nyoba nih untuk rambutku.

    BalasHapus
  21. Aku baru tahu kalau Scarlett itu ngeluarin shampoo. Pasti aromanya wangi banget ya, kaya body soapnya yg aku suka banget aromanya

    BalasHapus
  22. wuaaah iyaa. penting banget emang peduli sama kesehatan rambut, soalnya rambutku juga termasuk sensitif.

    BalasHapus
  23. Wah baru tahu nih ternyata Scarlett sekarang merambah juga ke dunia rambut hehe...keren nih makin komplit aja produknya ya...

    BalasHapus
  24. Produk baru lagi dari Scarlett. Makin menjadi-jadi inovasinya ya Scarlett ini, dan sudah merambah ke produk perawatan rambut juga. Semoga juga nanti ngeluarin produk khusus men's grooming nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga selanjutnya akan ada produk khusus buat kaum Adam ya , Bang.

      Hapus
  25. Waaa, ada shampoo dari Scarlett nih. Makin lengkap koleksi perawatan saya dari ujung rambut sampai ujung kaki. Memang menurut saya lebih baik brand seperti scarlett ini menyediakan paket lengkap biar perempuan bisa menyimpan stok juga

    BalasHapus
  26. wah scarlett ngeluarin shampoo nih, asyik ya. bukan hanya skincare tapi juga perawatan rambut. top banget deh scarlett. oh iya, soal hijab nih, saya juga pernah ada di fase seperti kak kakak. emang yang benar itu hijaban dulu, gak ada kaitannya sama hatinya yang harus di hijan duluan baru aurat, hihihi. karena ini soal perintah bukan soal kesiapan.

    BalasHapus
  27. Aahhh, kuinget juga waktu pertama tampil dengan berhijab, teman2 di kantor menyambut dengan bahagia dan terharu.
    Alhamdulillah ya, persiapan berhijab mulai dari merawat rambut mesti dijaga meski tertutup.
    Waah, asik nih baru ngeh kalo ada shampoo dari Scarlett.Mau nyobain juga ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti disambut hangat ya Teh karena perubahan yang kita lakukan. Bahkan selanjutnya, ada beberapa orang yang datang dan menghadiahkan hijab baru.

      Hapus
  28. Wah Scarlett ...
    saya belum punya Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner

    harus beli nih, karena saya pakai Scarlett dari masker, body lotion dan body wash

    BalasHapus
  29. Sqya bqru tahi lho kalau mengurangi rontok itu dengan sisiran dulu sebelum keramas. Ntar aku coba deh. Dan emang, semua yang disebutin di sini ni masalah rambutku banget. Trus mana rambut nggak bisa panjang dikit. Soalnya kalau abis keramas dan buru-buru harus berjilbab, susah ngeringinnya.

    BalasHapus
  30. Waaah scarlett ngeluarin priduk baru lagi, otw pengen cobain hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuuussss. Silakan dilengkapi produk perawatannya ya Mba.

      Hapus
  31. Betul bin bener bangets nih, perawatan rambut wajib juga buat para hijaber biar makin cantik luar dan dalam. Scarlet jadi bagian untuk para jilbaber nih. Keren

    BalasHapus



  32. Berhijab bukan berarti menutupi rambut yang tidak terawat ya Kak, malah kalau berhijab harus benar-benar diperhatikan banget rambutnya. Bisa diterapkan nih tips nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lho. Jadi makin perhatian sama kesehatan rambut biar tetap terasa nyaman sepanjang beraktivitas di luar rumah yang tentunya perlu pakai hijab.

      Hapus
  33. wahh produk dari scarlett, jadi penasaran pengen coba juga. Apalagi setelah berhijab masalah rambutku kok kayaknya makin kompleks aja nih

    BalasHapus
  34. Baru tahu tentang Scarlett Yordanian Sea Satl Shampoo beserta conditioner-nya. Biasanya Scarlett kan produk perawatan wajah ya. Ternyata ada juga untuk perawatan rambut.

    BalasHapus
  35. Masalah rambutku setelah berhijab adalah rontok dan ketombe, sampe pusing banget kepala gatel. Jadi pengen coba shampoonya ini, baru ya dari Scarlett? baru lihat aku.

    BalasHapus
  36. jadi penasaran nih, produknya Scarlett ngeluarin sampo, kereeen.. bener ya meski tertutup hijab, ternyata perawatannya justru makin ekstra karena lebih lembab ya

    BalasHapus
  37. Saya sering juga pake hijab padahal rambut belum kering sempurna.
    atau mengikatnya pas belum kering sempurna
    Ternyata bikin rontok ya..
    Memang rontok sih rambut saya jadinya

    BalasHapus
  38. Aku belum coba rangkaian perawatan rambut Scarlett , Scarlett Yordanian Sea Salt ini Kak Acha...wah gemush sama warna pink dan birunya. Aku yakin bakalan cocok akutuuu secara semua produk Scarlett yang juara kualitasnya cocok kupakai.
    Memang merawat rambut berhijab mesti hati-hati ya, mesti ada perawatan biara rambut tetap sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Dian banyak pakai produk perawatan dari Scarlett emang, Aku suka baca ceritanya.

      Hapus
  39. Gokil nih Scarlett. Makin lengkap aja perawatan buat kita cewek-cewek cantik. Saya kalo udah dengar Scarlett rasanya percaya banget. Karena produk body care nya memang bagus banget

    BalasHapus
  40. permasalahan rambut mbak Acha sama kayak aku, lepek, gampang rontok, lepek, bikin sebel kalau pas mau keluar keluar. Jadi nggak enak diliatnya
    nyari sampo yang cocok juga lama, karena kalau ga keramas beberapa hari gampang terlihat lepek
    dan Scarlett produk varian shampoo ini belum aku cobain, next coba ah, bikin penasaran sama wanginya

    BalasHapus
  41. Aku baca artikel ini langsung lepas ikatan rambut dan biarkannya terurai. Iya ya kasian rambutnya diikat melulu, wkwk...


    Baru tahu Scarlett juga ada produk shampoonya. Wah bisa banget nih dicoba. PR perempuan berhijab yang punya rambut panjang memang banyak ya, tapi tetep nggak boleh mematahkan semangat buat menutup aurat :)

    BalasHapus
  42. Kece banget emang Scarlett, udah berkembang aja ke produk perawatan rambut sekarang huhu.. jadi mupeng nih pengen nyobain

    BalasHapus
  43. wah bisa dicoba walau aku sih bukan rontok tapi mudah sekali berminyak

    BalasHapus
  44. pakai jilbab emang sesuatu ya mbak kalau ga bener-bener nyoba biar rambut makin kece adanya malah lepek. aku belum pernah coba ini samponya scarlett pasti wanginya semerbak walau berjilbab

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Debur Ombak Pantai Batu Bolong di Hotel Pesona Krakatau Anyer