Alasan Kamu Perlu Belajar Bahasa Inggris

What do you think about learning English? Is It important for you, or not really?

Alasan belajar bahasa inggris itu banyak banget. Walaupun kamu belum beneran sampai jadi pengguna aktif, tapi ada banyak hal yang bisa jadi kamu cecap dengan kemampuan menguasai bahasa asing satu ini. Pasif saja sudah membuka kesempatan, bagaimana dengan fasih, ya kan?

 

Nggak perlu terlalu terpaku, ingin menguasai bahasa inggris demi nilai akademik yang ciamik. Ketika kamu paham bahasa inggris, ada kesempatan lain yang kamu buka dalam hidupmu, menemukan dunia yang bisa jadi membawamu bertualang ke tempat-tempat yang mungkin saja, dulu sekali, nggak pernah kamu bayangkan.

Pengen nggak sih, kamu bisa cas cis cus kayak bule? Atau, pernah tergoda untuk bisa menulis essay dengan lancar dan menarik untuk belajar ke luar negeri?

Ada banyak sekali manfaat dari keahlian berbahasa inggris yang semoga saja bisa membuatmu makin semangat mempelajarinya.

English is One of the Universal Language

Sewaktu kuliah, di beberapa konferensi, saya sering mendengar ocehan nan rasanya penuh harap tentang Bahasa Indonesia yang kelak akan menjadi Bahasa ASEAN … lalu mana tahu terus menyebar luas kemudian turut ambil bagian dalam lingkup bahasa universal.

Lain cerita, saya mengetahui dari beberapa kisah lagi bahwa Bahasa Indonesia turut diajarkan di beberapa negara, sebut saja Kanada, Jepang, Korea Selatan, Australia, Vietnam, hingga Ukraina.

Bangga? Tentu saja.

Tapi … mau sampai kapan kamu menunggu dengan jumawa, seolah-olah besok, semua warga dunia akan berbondong-bondong mempelajari bahasa ibu pertiwi tercinta? Waktu nggak pernah akan menunggu. You have to choose your own path, by the way.

Kesempatan bukan hanya sekonyong-konyong datang, namun dimunculkan olehmu, dengan usahamu, dan juga doa-doa serta langkah-langkah kakimu menujunya.

Mundur ke tahun 2013 ketika saya mengikuti audisi Pertukaran Pemuda Antar Negara lingkup seleksi Jawa Barat. Saya menemukan sendiri, betapa kemampuan berbahasa asing, akan membawa sesiapapun saja, tanpa mengenal ia berasal dari keluarga yang punya privilege atau nggak, bisa punya masa depan yang nggak terduga.

Atau, mari sebut sahabat dekat saya, travel mate kesayangan saya, Nurul Djanah. Ia bisa lepas dari kungkungan keterbatasan, dengan kemampuannya berbahasa inggris, she is a debator coach sedari lepas masa kuliah, and I am so proud of her.

Saya dan Nurul Djanah bukan teman satu kampus. Kami dipertemukan oleh Indonesian Model United Nation 2011. Voila, di sana juga pertama kali saya berkenalan dengan sosok perempuan muda penuh energi yang sekarang namanya sudah berkibar, Kalis Mardiasih. Sosok yang pemikiran dan keberaniannya sungguh saya kagumi hingga hari ini.

Dunia nggak akan menunggu kamu yang nggak berani maju untuk mencoba hal baru.

Balik lagi tentang Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa dunia. Menguasainya, walau hanya sampai ke tahap pasif saja, sudah bisa membawamu menjelajah kemana-mana. Paling nggak kamu bisa lancar baca berbagai jurnal di Google Scholar buat cari perbandingan berita, biar nggak terjebak misinformasi, lalu terjerumus hoax.

Di Google Scholar, kamu bisa menemukan berbagai jurnal internasional yang sudah sampai ke tahap peer review, biar kamu bisa lebih leluasa menarik kesimpulan dari suatu informasi yang kamu dapatkan sebelumnya. Ah ya, Google Scholar juga bisa jadi acuan kamu dalam menulis skripsi maupun tesis.

Nah, bagaimana jika kamu sudah sampai ke tahap aktif bin fasih? Wah … saya pun mau banget. Terbayang akan kemana saja saya bisa menjelajah nantinya. Menemukan sudut pandang yang berbeda, biar nggak hanya jadi bagian dari geng katak dalam tempurung saja.

Sederhananya, ketika kamu melakukan traveling ke luar negeri, bahasa apa yang jadi pilihan utama untuk kamu luncurkan dari mulutmu? Bisa jadi, salah satunya adalah bahasa inggris bukan?

Alasan belajar bahasa inggris lainnya adalah agar kamu bisa membuka jejaring pertemanan yang lingkupnya lebih luas lagi. Berteman dengan orang dari asal negara yang berbeda, akan membuat kamu kenal tentang dunia dan segala perbedaannya.

Pesan lainnya adalah … bahasa inggris menjadi salah satu bahasa dunia yang bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan budaya kita, atau pun, ketika kita perlu mengenal dan memahami budaya lainnya, saat sedang nggak berada di Indonesia.

Ah ya, kamu tahu kan, kalau presiden pertama Indonesia, Soekarno, bahkan seorang poliglot alias orang yang nggak hanya menguasai satu bahasa saja. Bukan hanya fasik berbahasa inggris lho, beliau juga bisa beberapa bahasa daerah juga bahasa asing lainnya.

Seirama dengan yang disampaikan oleh Mr. Daniel Bowler, salah seorang Master Teacher di English Academy by Ruangguru yang menyatakan bahwa, “English is an universal language” .Seseorang yang bisa berbahasa inggris, akan menemukan kesempatan, baik itu kuliah di luar negeri atau lainnya, termasuk jadi sosok yang lebih “dihormati”. Yakin, kamu nggak mau?

Cara Asik Belajar Bahasa Inggris

Aduh susah ya belajar bahasa inggris itu. Tugasnya banyak, njelimet, apalagi kalau harus mikirin tenses-nya. Belum lagi kalau ujian listening. Aih, apalagi itu kalau harus speaking, bikin mau pingsan rasanya.

Iya sih, nggak semua orang akan mudah tertarik dengan suatu mata pelajaran. Ka Acha mengerti kok, apalagi kalau sudah mata pelajaran eksakta yang angkanya bererot-erot, hadu … mau mewek saya.

Tapi balik lagi gengs, ada trik biar sesi belajar jadi menyenangkan yang perlu kamu coba dulu. Iya lho, dicoba dulu, dirasakan dulu, berproses dulu, baru deh kamu bisa ngasih testimoni tentang apa-apa yang kamu rasakan selama mempelajari dan mendalami suatu bidang ilmu.

Pssttt … Ka Acha mau kenalkan kamu dengan tempat seru biar kamu bisa jago cas cis cus in English. Coba deh ikutan kursus bahasa inggris online di English Academy.

Di English Academy by Ruangguru, kamu bisa menikmati sesi belajar yang interaktif berbasis teknologi. Sesi live teaching dengan pengajar internasional, bikin kamu jadi bisa lebih mudah mempelajari bahasa inggris dengan ikut berinteraksi, baik dengan guru maupun teman-teman sekelasmu. Apalagi, di English Academy, kurikulum yang dipakai ini berbasis Cambridge lho.

Lengkap, secara kamu bisa banyak belajar bahasa inggris dengan sesi listening, speaking, reading, dan writing. Ahay, kurang seru apa coba?

Ih Ka Acha, aku mau ikutan English Academy tapi malu, kan umurku sudah matang siap panen.

Weits … tenang. Di sana, pelajarnya pun diberi jenjang program kok. Ada program runner untuk anak usia 7 – 10 tahun. Selanjutnya, tersedia program sprinter di usia 11 – 14 tahun. Naik kelas lagi, ada program ranger untuk usia 15 – 18 tahun. Nah, kalau sudah di atas 18 tahun, maka kamu bisa masuk ke program explorer.

Ada banyak promo juga yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung di English Academy. Termasuk hadiah menarik bagi kamu yang bisa jadi superstar di kelasmu.

Nah, kalau bingung dan khawatir kamu akan bergabung dengan teman-teman yang sudah lebih dulu masih, di English Academy, kamu bisa bergabung dalam placement test-nya dulu kok, buat cari yahu sejauh mana kemampuanmu.

Belum lagi, kamu bisa berteman dengan para pembelajar lainnya yang berasal dari seluruh Indonesia. Wah … mana tau, dengan berjejaring begini, kamu jadi makin semangat menggapai masa depanmu. Balik lagi, biar kelak nggak cuma jadi jagoan kandang saja. Semangat ya.

Cara Melatih Kemampuan Bahasa Inggris

Sadar nggak sih, sejak kecil, sebenarnya kita semua sudah belajar bahasa inggris di sekolah? Di bangku sekolah – kalau Ka Acha dulu sih dari kelas 4 Sekolah Dasar, kurang up date deh kalau anak-anak jaman sekarang – sudah mulai mengenal Bahasa Inggris sederhana. Semisal, menyebutkan benda atau warna, dan lain sebagainya.

Tapi kenapa ya, bertahun-tahun belajar di sekolah, kok nggak bisa juga?

Mungkin masalahnya ada pada pembiasaan penggunaan harian. Beruntunglah anak-anak yang punya orang tua yang peduli dan bersemangat agar anaknya jago berbicara dalam bahasa asing, dan mereka mau menerapkan sesekali untuk berkomunikasi santai dengan menggunakan bahasa inggris.

Nah, bagaimana nih dengan yang nggak mendapatkan privilege tersebut?

Nggak ada kata terlambat, walau usia entah sudah kepala berapa. Temukan lingkungan yang cocok. Orang-orang yang mau dan senang diajak berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang sedang kamu pelajari.

Ya, mau nggak mau, namanya juga belajar bahasa. Kalau hanya ditulis di buku saja tanpa diaplikasikan dan dijadiin kebiasaan, ya … kelak akan menguap begitu saja.

Walau pasti di luar sana, masih ada suara sumbang yang akan menyindir  “ah kamu ini nggak nasionalis” tapi … anggap saja, belajar bahasa asing adalah salah satu cara kamu mencintai indonesia. Sebab impianmu adalah mengenalkan Indonesia pada dunia. Hihihi … nampaknya Ka Acha berlebih nih. Maaf ya.

Apalagi, balik ke cerita bapak proklamator kita, beliau poliglot yang kalau nggak salah, menguasai 9 bahasa. Correct me if I am wrong ya gengs.

So, apa sih alasan belajar bahasa inggris yang mendorong kamu untuk terus mempelajarinya hingga hari ini? Ceritakan di kolom komentar yuk.


Komentar

  1. Saat ini bahasa Inggris memang penting banget untuk dipelajari, apalagi kalau mau memasuki dunia kerja di perhotelan, bahasa Inggris adalah persyaratan yang wajib dimiliki oleh calon pelamar. Nggak hanya dunia kerja saja, bahasa Inggris juga sering digunakan di berbagai sektor kehidupan.

    kalau saya biasanya sering liat film teks berbahasa Inggris, lalu pelan-pelan belajar dari sana, mulai dari logat, cara pengucapan dan artinya.

    Sekarang gampang ya, mau belajar bahasa Inggris bisa secara online lewat English Academy. Mantap dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, asik nih kalau belajarnya secara langsung dari tontonan begini Mas. Jadi nggak terlalu banyak terpaku sama penggunaan tenses dan grammar, tapi conversation. Jadinya nggak membosankan juga saat belajar.

      Hapus
  2. iyaa mba belajar bahasa inggris jadi penting banget, aku inget banget ya, pas jaman baru masuk SMP, aku dulu SD di pedesaan terpencil g ada pelajaran bahasa inggris, pas masuk SMP di kota, yg lain udh bisa bhs inggris aku g ngerti blas, malu juga, hahhah, akhirnya belajar pelan-pelan dan bisa adaptasi, untungnya.
    sampai sekarang ngerasa penting banget sih bisa bahasa inggris, se minimal nya baca bahan-bahan kuliah sama daily convo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah daily conversation ini yang penting banget. Paling nggak bakalan membantu kita saat butuh berkomunikasi sama foreigner, misalnya.

      Wah iya buat baca bahan kuliah. Soalnya kalau jurnal internasional kan nggak mungkin kita terjemahin pakai Google Translate doang. Rancu jadinya.

      Hapus
  3. aku kemarin sudah mendaftarkan anakku ikutan English Academy ini mbak
    biar dia nggak kesulitan lagi saat mengerjakan tugas bahasa inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semoga setelahnya jadi mahir berbahasa inggris ya.

      Hapus
  4. aku termasuk yang rada menyesal waktu sekolah kemarin gak serius belajar bahasa inggris. Padahal sekarang ini salah satu bahasa yang wajib dikuasai ya mbak. Nah, sekrang anak-anak kumasukkan ke sekolah yang pake kurikulum cambridge. Sepertinya nanti bakal aku daftarin juga ke English Academy buat mereka belajar b.inggris di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, asiknya anak anak belajar di sekolah dengan kurikulum Cambridge. Jadinya bisa terbiasa dahulu dengan kurikulum tersebur. Mana tahu kelak bisa merasakan kuliah di luar negeri ya Mba.

      Hapus
  5. sebenanrnya bangga sih ya kalo bahasa Indonesia jadi bahasa Internasional. Eh tapi kadang ada tata bahasa yang menurutku lebih efektif bahasa Inggris. Cuma bahasa Indonesia jauh lebih mudah ketimbang tata bahasa Inggris. Makanya kalo belajar bahasa Inggris juga ngga bisa sembarangan biar bisa cepat masuk. English Academy bisa dicoba ya untuk menambah skill bahasa inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, kadang ada ungkapan yang kalau kita tulis pake bahasa indonesia tuh kurang tekanannya (halah kayak belajar fisika aja yak pake tekanan,hahaa). Daridulu udah pengin sih bisa dan fasih bahasa inggris >.< ah mudah2an ada kesempaatan

      Hapus
  6. Betul sekali! Jadi inget dulu aku senang sekali belajar bahasa inggris. Semoga kegemaranku ini nanti menurun kepada anak kelak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Kalau dibiasakan digunakan dalam keseharian, mana tahu malah jadi kebiasaan juga Mba.

      Hapus
  7. sama lho kak, aku juga dulu ada mapel bahasa inggris itu pas MI kelas 4. Sekarang mh anak kecil aja udah cas cis cus ngomong bahasa inggris yaa.

    Widih, berarti kak acha ini dulu pernah jadi satu peserta bareng kalis juga yaa. Keren kak acha nih. Meski bertambah usia, tak menghalangi kita untuk tetap belajar bahasa ya. Apalagi ada english academy yg bisa membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya lho Kak Ghina.

      Anak jaman sekarang sudah cas cis cus duluan. Tapi bagiku, sebaiknya ya bahasa ibunya lebih dulu, alias bahasa Indonesia dulu, baru bahasa asing dijadikan bahasa untuk komunikasi bersama di rumah.

      Iya kak Ghina, dulu sempat barengan sama Kalis. Keren banget dia sekarang, masyaAllah.

      Hapus
  8. Setuju banget dunia emang gak akan menunggu kalau kita cuma diam saja tanpa gerak. Perihal bahasa inggris ini mamang banyak kegunaannya. Aku saja di tempat kerja walau lebih banyak komunikasi sama orang Jepang, tetapi bahasa inggris juga penting. Dan, aku sampai saat ini masih belajar karena memang susah banget ya mencerna bahasa inggris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat. Sama sama kita belajar bareng ya Mba. Belajar kan nggak ada habisnya, sampai kita kembali ke haribaan yang Maha Kuasa.

      Hapus
  9. Dulu, aku menyukai belajar berbahasa inggris. Pernah bermimpi keliling dunia juga. Tapi karena kurangnya berusaha, mimpi tinggallah mimpi. Bahasa inggris juga hanya bahasa yang pernah kupelajari.

    Kayaknya bisa mengasah kembali dengan ikut kursus di English Academy deh ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren nih impiannya Kak Yuni. Ayo Kak, mana tahu bisa diwujudkan kembali. Semangat ya.

      Hapus
  10. Saya tertarik belajar kembali nih kak Acha.. karena semenjak menikah dan tidak lagi bekerja, rasanya gak punya lawan bicara bahasa Inggris lagi. Kesannya jadi lebih kaku.
    Senangnya di English Academy ada tutor yang menyenangkan ya.. yang bisa correct kalo kita ada kesalahan dalam pronounciation.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mba, kalau nggak punya lawan bicara tuh beneran jadi kaku dan sulit lagi sebab perlu memulainya dari awal.

      Hapus
  11. diriku kalo untuk belajar bahasa inggris harus dan wajib agar bisa berpeluang masuk kerja dimanapun, semoga di English Academy membantu mencerdaskan bangsa Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya Mas. Mana tahu jadi lahan mencari rejeki.

      Hapus
  12. sebagai traveler seperti aku wajib banget paham bisa bahasa inggris, at least dikit-dikit lah ya, karena kalau mau keluar negeri, kalau ga paham ya lumayan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.. apalagi ke luar negeri. Bisa mati gaya kalo gak bisa bahasa Inggris. Hihihi
      Bisa kayak orang zaman purba ngomong pake isyarat

      Hapus
  13. Jadi pengen mendaftarkan anakku bimbel bahasa Inggris di Ruangguru. Di Malang apa ada ya bimbel ini? Nanti saya cari info deh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, bimbingan belajar ini dilakukan secara daring Mba, jadi bisa didaftarkan dimana saja. Belajarnya pun secara online jadi nggak perlu sering keluar rumah.

      Hapus



  14. Bahasa Inggris udah jadi bahasa ibu yang suka ga suka wajib dipelajari. Adanya pembelajaran online seperti ini memudahkan para pelajar untuk bisa akses dari rumah.. jadi menjangkau lebih luas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, iyakah bahasa inggris sudah jadi bahasa ibu? Bagiku soalnya ya masih akan tetap jadi bahasa asing, sebab bahasa ibu selain bahasa Indonesia ya bahasa daerah yang buanyak banget di tanah air tercinta kita ini.

      Hapus
  15. Huaa aku tertampar baca ini. Anakku kemampuan bahasa Inggris nya masih apa adanya. Kayaknya kudu digenjot lagi nih supaya lebih fasih lagi. Bisa nih pakai English Academy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih mbaa jadi tertarik nanti kalau anak udah gede mau gamau keknya memang harus belajar bahasa inggris juga di sini

      Hapus
  16. Bahasa itu skily. Ga ada kaitannysama nasionalis atau tidak. Yg menganggap begitu itu mah terlalu memaksakan diri saja, hehehe ...
    Putra saya mempersiapkan diri masuk ke pondok pesantren modern, justru bahasa yg digunakan asing semua. Inggris dan Arab. Jadinya ya belajar sejak dini sedari sekarang juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh, anggapan begitu dulu muncul pada generasinya orangtuaku. Ya ... angkatan generasi baby boomer dan gen x begitu.

      MasyaAllah kerennya. Semangat mengejar impian untuk bisa masuk ke Pondok buat putranya ya Teh.

      Hapus
  17. Bahasa Inggris memang penting banget yqa Cha ... Btw penasaran dengan Indonesian Model United Nation 2011 ... wih, Acha pernah menulis tentang pengalaman itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm ada sih Bunda Niar. Tapi payahnya di tahun itu, sebagai anak kuliah yang ngeblog buat curhat doang, nggak tertulis jelas bagaimana proses seleksi dan lain sebagainya. Tulisannya memang masih ada di blog ini, tapi ... cuma ungkapan perasaan saja pernah jadi peserta di IMUN 2011.

      Hapus
  18. Saya sepakat dengan pendapat ini, "belajar bahasa asing adalah salah satu cara kamu mencintai indonesia" karena dengan memiliki berbahasa asing dan saat kita berada di negara asing, kita bisa membawa diri kita sebagai orang Indonesia yang bisa menyampaikan tentang Indonesia kepada lebih banyak orang di luar sana.

    BalasHapus
  19. Bahasa Dunia bahasa internasional wajib kudu dipelajari sampai fasih sih. Kemampuan bahasa Inggris jg jd nilai tambah yg diperhitungkan tuk melamar kerja, beasiswa dll.

    BalasHapus
  20. kayaknya aku perlu nih masuk grup Explorer untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris yang udah mulai tumpul. Coba ya aku lihat lihat dulu biaya di English academy ini biar bisa nabung

    BalasHapus
  21. Setuju nih bahasa Inggris penting banget, terutama buat cari referensi saat kalian mempersiapkan skripsi n tesis, yang sering gak bagus biasanya pengucapannya masih medok dan salah pronounce, untung di English Academy ada listening ma speakingnya juga ya jadi g perlu kuatir lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi kalau pengucapan dengan logat rasanya nggak masalah sih Kak. Karena english saja untuk logat ini ada banyak, misalnya singapore english alias singlish, malaysian english alias malayish, terus logat english di England dan di Aussie saja sudah berbeda hihihi.

      Jadi rasanya logat nggak perlu membuat seseorang merasa malu. Kan itu kebasaan lidah ala ala bahasa ibu.

      Hapus
  22. Aku udah segede gini juga masih ikut kelas online untuk belajar bahasa inggis, haha. Tapi gak apa-apa belajar mah gak mandang usia kan, yang penting konsisten dan latihan terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes sepakat Kak Musti.

      Sudah sebesar ini pun aku masih terus berjuang untuk belajar dan belajar lagi. Sudah nggak kuliah atau nggak bersekolah bukan berarti berhenti kan ya Kak.

      Hapus
  23. Belajar Bahasa Inggris di zaman sekarang ini emang penting banget sih Kak, Bahasa tersebut udah jadi Bahasa Internasional yang sering banget kita temui di lingkungan sekitar, jadinya perlu untuk mempelajari bahasa itu pelan-pelan. Untungnya sekarang udah banyak aplikasi yang bisa dipake belajar Bahasa, jadi makin terbantu dan bisa lebih cepat deh belajarnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes Mba Noviyana.

      Semakin mudah kalau mau belajar sebenarnya saat ini. Poin pentingnya adalah niat dan kemauan dulu.

      Hapus
  24. Kalau aku pengim bisa bahasa inggris itu minimal membuat kalimat sesuai aturan. Dengan kosakata yang digunakan pun tepat, karena pernah dapat job english dan aku harus menggunakan google transleter. Ternya di English Academy Ruangguru bisa untuk usia 18 tahun ke atas ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya, aku pun sekali dua kali masih menggunakan Google Translate tapi nggak pernah untuk kalimat panjang. Biasanya per kata saja.

      Hapus
  25. sekarang memang makin terasa yaa kalau kemampuan bahasa inggris itu jadi sesuatu yang penting. bukan untuk kerjaan aja, tapi untuk banyak hal. baiknya anak2 juga mulai dilatih seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, sudah waktunya kita banyak berlatih, tetapi dengan nggak melupakan perlunya mengenal bahasa ibu.

      Hapus
  26. Master teacher di English Academy Ruangguru keren-keren, ada guru luar dan guru lokal. Belajarnya juga asik dan ragam pilihan sesuai minat kita. Soalnya pakai kurikulum Cambridge International.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya nih, bikin makin yakin buat belajar bahasa inggris melalui English Academy by Ruangguru ya.

      Hapus
  27. Belajar Bahasa Inggris dari kelas 1 SMP sampai sekarang nggak bisa-bisa aku tu. Untung ada kursus bahasa Inggris online buat anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihih, maybe you need a friend to make a daily conversation deh Mba.

      Hapus
  28. Bahasa Inggris itu skill yang penting banget pada saat ini, sebagai modal buat dapatkan beasiswa bergengsi, kuliah di luar negeri, bahkan buat dapetin pekerjaan di perusahaan bonafid pun memerlukan skill bahasa yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bisa jadi deh. Kalau mau dapat beasiswa dalam negeri rasanya kemampuan berbahasa inggris juga nggak bisa disepelekan.

      Hapus
  29. Pernah sih, belajar di sekolah yang punya kurikulum bahasa asing. Namun, tetap saja kalau sistem kurang mendukung, kemampuan bahasa Inggris juga kurang aja. Jadi, setidaknya harus juga kursus kaya di English Academy ini biar bisa lancar dan makin bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, kadang lingkungan sekitar juga turut membentuk apa apa yang sudah dipelajari di sekolah, semisal bahasa asing ini.

      Hapus
  30. Memang betul, Kak. Penguasaan bahasa Inggris itu sangat bermanfaat. Aku jadi inget kemarin blogku ga bisa diakses padahal sedang ada job, terus tanya ke penjual domain tapi nihil. Baru td malam teringat kontak tim wordpress, untung bisa bahasa Inggris dikit-dikit. Komunikasi lancar dan blog bisa dibuka lagi, alhamdulillah. Kalau anak-anak belajar online sekarang makin praktis dan mudah ya, seperti English Academy yang diajar orang asing, anak-anak bisa semangat dan makin pede.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Mas.

      Rejeki bisa berbahasa inggris jadi paling nggak bisa terbantu sedikit banyak jika ada keburuhan dengan pihak yang komunikasinya memerlukan kemampuan bahasa asing.

      Hapus
  31. Sejak kecil, anak2ku kukenalkan dengan bahasa Inggris lewat video YOuTube yg simple2 kak. Buat pondasi dimana mereka bisa belajar lebih lanjut misalnya lewat English Academy.

    BalasHapus
  32. Belajar bahasa inggris memang sangat penting ya kak. Kesampingkan dulu rasa takut Dan malu ya apalagi Karena usia. Yuks belajar bahasa inggris lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang rasa takut dan malu bisa jadi muncul karena lingkungan yang nggak mendukung kali ya. Jadi kalau menurutku, jika sudah begitu, saatnya menemukan lingkungan yang baru.

      Hapus
  33. Aku angkatan 90-an, Kak. Belajar bahasa Inggris udah di kelas 1 SMP. Tapi, saya langsung jatuh hati, hingga belajar sendiri dengan nonton film di teve. Baru setelah kuliah di Palembang, bisa ikut kursus betulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerennya Mba Enni, memulai semua dari keinginan kuat dalam diri sendiri.

      Hapus
  34. bahasa inggris memang penting banget buat kita apalagi di zaman sekarang, wajib banget bisa semua pakai bahas ainggris, apalagi saya sebagai traveler wajib banget ngerti bahasa inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget deh Teh Mei.
      Kalau ingin bisa menjelaja ke banyak tempat di luar Indonesia, rasanya penting sekali untuk bisa berbahasa inggris. Paling nggak membantu sedikit banyak dalam berkomunikasi.

      Hapus
  35. Setuju sekaliii, belajar tak boleh dibatasi oleh umur kak, selama hayat masih dikandung badan itulah masa belajar.

    Apalagi belajar bahasa Inggris, segala sesuatu sekarang serba inggris. Bahkan, contohnya gawai saja banyak yang berbahasa Inggris tak bisa diIndonesiakan. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat sama Mba Sri.
      Nah iya, di gawai saja kalau setting-nya sudah pakai bahasa Indonesia, aku kadang auto bingung. Hihihi..

      Hapus
  36. bahasa Inggris menjadi bahasa dunia saat ini dna pastinya penting banget untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris, karena ini akan membawa kita dalam kesuksesan juga, saya apalagi sebagai traveler wajib banget niy paham bahasa Inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget deh Teh. Traveling kemana gitu di luar Indonesia tanpa bisa bahasa asing, sungguh wadudu sekali.

      Hapus
  37. karena bahasa internasional yang dipahami banyak orang sepertinya kudu belajar ya kak. Aku udah agak kaku karena udah lama nga menggunakannya. kayaknya perlu juga ikutan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, walaupun nggak semua negara, masyarakatnya juga bisa berbahasa inggris tapi paling nggak ya akan cukup membantu lah ya Bang.

      Hapus
  38. Sama dong kita
    Karena saya juga suka English Academy di Ruangguru ini
    Penasaran sama hasil belajar saya nanti

    BalasHapus
  39. Saat ini memang bahasa Inggris ini bukan cuma skill yang cukup diketahui aja namun kita sendiri harus mandiri karena kebutuhan saat ini tuh udah banyak yang perlu bahasa Inggris. Belajar bisa juga dari mana saja, paling afdol sih kalau pengajarnya juga ada yang dari native speaker, pun di English Academy juga menyediakan hal tersebut ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes. Belajar bahasa inggris di jaman sekarang bukan karena ingin lagi, tapi butuh.

      Hapus
  40. Aku juga pernah nih kak bahas soal ini soalnya menarik banget sistemnya. Bikin cepat bisa berbahasa Inggris. Aku sebagai sarjana lulusan pendidikan bahasa Inggris juga bangga karena sekarang masyarakat kita semakin semangat belajar Englishnya.

    BalasHapus
  41. Ya emang sih, bahasa Inggris ini penting banget untuk dikuasai. Karena saat ini, semua jurnal penting kebanyakan pake bahasa Inggris kan... Referensi yang kredibel pun pake bahasa Inggris. So, penting banget untuk bisa bahasa Inggris. Dan buat yang belum fasih, kudu sih belajar or les bahasa Inggris lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya banget Mba Qoty. Referensi international urusan kesehatan saja berbahasa inggris.

      Hapus
  42. Bahasa inggris ini memang kalau nggak dipraktikin nggak bakalan bisa lancar dan jago. Jadi ingat dulu pas rajin ikutan forum bahasa inggris aku lumayan bisa bikin beberapa paragraf dengan bahasa inggris. Nah kalau sekarang bikin 1 kalimat aja langsung bingung karena lama nggak dipakai bahasa inggrisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktik adalah kunci ya Mba. Hihihi. Udah nggak ada jalan lain.

      Hapus
  43. Lengkap ya belajar Bahasa Inggris di English Academy. Diajarin semua dr listening, speaking, writing n reading. Hmm jadi mupeng ya bljar lgi bahasa Inggris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi lebih bisa mengasah kemampuan harian karena adanya pembiasaan.

      Hapus
  44. Saya baru mendaftarkan anak saya ni, belajar di english academy..
    minggu depan mulai pembelajaran. semoga dia cocok dan senang belajar di english academy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren. Selamat dan semangat belajar buat anaknya ya Mba.

      Hapus
  45. belajar bahasa inggris memang sekarang jadi penting banget ya

    BalasHapus
  46. Wah hebatnya... Ka Acha pernah ikutan audisi pertukaran pelajar antarnegara ya, kereeen, Dan emang bener lho bahasa Inggris bukan lg sebuah tambahan tetapi sudah menjadi kebutuhan yaa

    BalasHapus
  47. Bertahun lalu, saking pengennya fasih belajar bahasa Inggris, saya sampai berangkat ke Kampung Inggris di Kediri sana. Sekarang mah lebih mudah y, bisa belajar English Academy via Ruang Guru. Apalagi pandemi begini, yang dianjurkan di rumah saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, aku pun masih penasaran sih sama bagaimana rupanya Kampung Inggris yang di Pare sana. Katanya saat beli gorengan saja kalau di sana maunya pakai Bahasa Inggris. Iya bukan sih Mba? Penasaran deh.

      Hapus
  48. Dulu saya belajar bahasa inggris motivasinya hanya satu supaya kalau menonton film ga usah liat teks hehehehe sesimpel itu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha nah iya nih. Kalau lihat subtitle mulu kadang lelah, dan jadi kurang biisa menikmati tontonannya.

      Hapus
  49. Kalau aku sih sederhana kenapa mesti belajar bahasa Inggris, karena anak-anakku ternyata punya ketertarikan sama bahasa ini, lucu aja kalau emaknya yang lulusan bahasa Inggris malah nggak bisa ngajarin sendiri, wkwk. Jadilah kudu mengulang belajar lagi materi2 zaman kuliah dan masa2 ngajar bahasa Inggris buat modal membersamai anak belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya ya, jadi malu bagaimanalah gitu kalau ujungnya ilmunya nggak terpakai buat orang terdekat semisal ke anak sendiri ya Mba.

      Hapus
  50. Mantap nih ulasannya. Aku diusia yang sekarang masih pengen banget belajar bahasa Inggris. Ini pelajaran yang paling aku sukain dari SD. Nilainya gak permah mengecewakan karena aku suka banget belajarnya.

    BalasHapus
  51. Bahasa inggris sekarang nggak cuma buat gaya lagi, tapi kebutuhan juga secara handphone aja ada mode bahasa inggrisnya. Biar kalau capture kelihatan kalau udah nggak mode b indo lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, bukan cuma buat gaya lagi sekarang, soalnya butuh.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkah Pohon Enau Dari Tepi Hutan Gunungsari Lombok

Mercusuar Cikoneng dan Titik Nol Kilometer Jalan Raya Daendels