Drama Pilah Sampah Di Rumah

Komik Purely Roommates Season 1 : Bacaan Ringan Serasa Nonton Drama Romance Korea

Namanya hobi kan ya, ada masanya bosan juga dijalani. Sebagaimana pun sukanya, digilainya, akan selalu datang momen minta dijeda.

Itulah yang beberapa waktu lalu … mungkin sebab tengah sibuk mempersiapkan momen libur panjang dengan seabrek urusan, membawa saya berhenti memegang buku fisik. Buku digital pun sesekali. Ujungnya, saya berakhir dengan membaca komik Purely Roommates.

review purely roommates webtoon

Saya pun bertanya-tanya pada diri sendiri. Kapan ya terakhir kali saya menamatkan sebuah komik digital dengan sebegitu antusiasnya? Kemudian saya menyadari, kesukaan ini pun telah melewati hitungan tahun lamanya. Saya terperanjat. Sungguh masa libur baca komik daring yang kelewat panjang.

Genre bacaan ringan saya pun nggak jauh-jauh dari ceruk romance. Entah karena saya yang gampang dibuat bucin sama karakter fiksi, atau memang sisi lain dalam diri saya yang senang dimanja oleh rasa deg-degan beserta pipi yang seketika merona merah muda khas saat jatuh cinta.

Beberapa tahun lalu, saya jatuh hati pada komik lokal My Pre Wedding. Sebuah seri panjang dari komik Pasutri Gaje. Saya terakhir kali menamatkan season ketiganya di 2020. Hingga kemudian komik ini hiatus cukup lama, lalu muncul sebagai adaptasi film dengan judul sama. Kini, musim keempatnya sedang berlangsung, namun saya belum jua siap membacanya kembali.

Pilihan saya tengah beralih pada komik dari Negeri Ginseng yang dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia. Mungkin akibat saya yang belakangan cukup banyak terlibat memperbincangkan drama Korea di komunitas Drakor Class kali ya.

Lalu, komik Purely Roommates ini, kisahnya seringan apa sih?

Profil Komik Purely Roommates

Judul                     : Purely Roommates

Kreator                 : Sungeun, FLADA

Terbit via             : Webtoon Indonesia

Episode                : 65 episode

Blurb Komik Purely Roommates yang Buat Tertarik Ikut Membaca

Akibat gagal di undian asrama, Oh Sojung terpaksa tinggal bersama sahabat kakaknya, Cha Kangwoo. Walau kamar yang ia dapatkan jauh lebih bagus dibanding di asrama, Oh Sojung kerap merasa tak nyaman dengan sikap Cha Kangwoo yang dingin dan galak. Seakan tak cukup bertemu di rumah, Oh Sojung juga harus bertemu Cha Kangwoo yang menjadi ketua tim di tempat magangnya.

cha kangwoo purely roommates
Diam, tenang, apakah ini definisi pria tampan tapi dingin?

Mampukah Oh Sojung melumerkan sikap dan hati Cha Kangwoo yang sedingin es? Siapkan hati untuk deg-degan bareng karakter baru dari author ‘Bite Me’!

Bahayanya Tinggal Serumah Sama Lawan Jenis

Judulnya sih, Oh Sojung ini adalah seorang anak terkecil dari keluarga Oh. Kakaknya semua laki-laki. Oh Sojung saat pindah ke Seoul, mengikuti salah satu kakaknya yang berusia paling dekat dengan dirinya, Oh Pilyoung.

Tersebab biaya hidup di kota besar macam Seoul yang mahal, pun sebenarnya Oh Pilyoung yang masih bekerja sebagai asisten sutradara belum benar-benar mapan, ia hidup menumpang di rumah sahabatnya sedari remaja, Cha Kangwoo. Tentu dengan membayar biaya sewa dan kewajiban untuk mengurusi rumah ala apartemen itu bersama-sama. Pas sekali, rumah itu punya tiga kamar pula.

Nah, hal inilah yang membawa Oh Sojung akhirnya harus berurusan dengan teman karib kakaknya itu. Ditambah lagi dengan pekerjaan Oh Pilyoung yang membuatnya jadi jarang berada di rumah.

Kok adiknya nggak dekat sama sahabat kakaknya sih? Jadi, usianya yang terpaut cukup jauh yang membuat mereka begitu. Lagipula, cukup lama Oh Sojung nggak lagi berjumpa dengan Cha Kangwoo.

Sepanjang awal cerita sih, terasa kalau sebenarnya Cha Kangwoo ini cukup menghormati kehadiran Oh Sojung yang seorang gadis, di rumahnya. Ia jarang keluar kamar demi memberi keleluasaan pada Oh Sojung untuk beraktivitas bila keduanya – terpaksa – berada berdua saja di rumah.

Namun tingkah ‘nggak jelas binti ajaib’ dari Oh Sojung yang akhirnya membuat keduanya jadi dekat juga. Tentu dengan bumbu pelengkap berupa bergabungnya Oh Sojung dalam tim pemasaran di suatu perusahaan, dan … seolah sudah ditakdirkan, tim tadi diketuai oleh Cha Kangwoo.

komik romance korea purely roommates
Kalem dan sikap dingin Cha Kangwoo bubar kalo urusannya sama Oh Sojung

Pertemuan yang sering. Obrolan yang dimulai sedikit demi sedikit. Rasa sayang dan ingin melindungi yang menyeruak dari batin Cha Kangwoo yang juga ikut-ikutan menganggap Oh Sojung sebagai adik yang butuh ia jaga baik-baik persis yang Oh Pilyoung lakukan selama ini, jadi pencetus perasaan lain.

Sederhana kan? Ceritanya sudah cukup ringan belum, nih?

Ka Acha sempat teringat pada anime Taisho Otome Otogibanashi. Serupa soalnya. Kedua karakter utamanya yang berbeda jenis kelamin, harus tinggal serumah dan menjalani keseharian dengan sebegitu dekatnya. Ujungnya? Sudah bisa dipastikan akan menyemikan perasaan cinta. Kombinasi lelaki dingin dengan gadis ceria begini, banyak ditemukan di berbagai cerita nggak sih?

Sayangnya, cerita dalam komik Purely Roommates ini, semakin menanjak episodenya, semakin warning kalau dibaca oleh remaja. Cerita dewasa yang skinship-nya lumayan melewati ambang batas dari dua orang yang belum menikah sih. Jadi, ada baiknya untuk menelaah lagi, sudah waktunya atau belum, bila kamu ingin ikut mengikuti kisah di Purely Roommates season 1 ini ya.

Episode barunya yang selalu muncul di setiap hari senin pun, menyajikan pengalaman menunggu yang geregetan macam menanti episode terbaru dari drama korea. Ka Acha sendiri sampai berkali-kali top up koin Webtoon saking nggak sabar menunggu episodenya bisa dibaca secara gratis.

purely roommates season 1
Pembaca ikut kesambet sindrom bucin

Soalnya nih … kisah cinta antara Cha Kangwoo dan Oh Sojung ini, salah satu ujiannya ya restu dari Oh Pilyoung. Saking sayang sama adiknya, bahkan Oh Pilyoung nggak sepenuhnya bisa terima kalau misalnya Oh Sojung yang ia beri nama kesayangan Sojing ini akhirnya menjalin hubungan asmara. Nggak peduli bila si lelaki yang adiknya cintai itu adalah sahabatnya sendiri sekali pun.

Tipe kakak laki-laki super protektif deh si Oh Pilyoung ini. Sudah begitu, Oh Sojung seolah gadis cantik luar dalam yang nggak punya cela alias super sempurna menggemaskan warbiyasah. Bukan cuma urusan asmara Oh Sojung yang akan dicampuri Oh Pilyoung. Misal adiknya ini menikah saja, seleksi bakalan panjang sampai ke kakak dan orangtuanya. Saking dijaganya si Oh Sojung ini.

Tapi, ada masalah lain yang Oh Sojung hadapi di kantor bersama dengan Cha Kangwoo. Masalah yang ledakannya lebih besar. Sebagai pembaca nggak sabaran, Ka Acha menunggu-nunggu Oh Pilyoung tahu gajlukan macam apa yang dihadapi adik kesayangannya ini. Ka Acha ikut jadi pembaca yang sering menitipkan komentar penuh sensi di tiap akhir episodenya, belakangan ini.

nasihat kakak cowok ke adik perempuan purely roommates
Tuh ... pokoknya semua laki-laki itu licik dan jahat. Kurang over protektif apa coba kelakuan Oh Pilyoung kalau urusannya sama Oh Sojung, adik perempuan tersayangnya?

But than … let’s see. Apakah saya akan kembali berhasil menamatkan season lanjutan dari Purely Roommates? Atau akan memberi diri waktu lagi seperti nasib komik lokal yang akhirnya diangkat ke layar lebar beberapa bulan lalu?

Di sisi lain, gaya ilustrasi dan penceritaan dari komik kolaborasi Sungeun dan FLADA ini tuh beneran ringan pun bikin nyaman. Komik ini membawa perasaan yang sama seperti yang dulu Ka Acha cicipi waktu asik-asiknya baca komik daring bertahun lalu.

Hhh … semoga selepas ini, selain melanjutnya membaca season keduanya yang sudah mulai bermunculan nih episode-episode barunya, melirik buku fisik bisa kembali saya rutinkan lagi. Benar ya … ada kalanya memang, segala yang disuka itu, butuh dijeda, diganti dengan hal lainnya walau cukup serupa.

Komentar

  1. Aku juga suka sih kisah romance antara cowok cool sama cewek ceria begini. Cuma emang belum pernah baca komiknya sih. Paling nunggu diadaptasi ke drama kayak Business Proposal. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Yuni masih mendingan ya ada nonton kisahnya
      Lah saya nonton enggak, baca komiknya juga enggak
      Paling nunggu review ulasan teman kaya Kak Acha gini baru saya tahu. Hehe...

      Hapus
  2. Seru juga baca komik digital ya Mbak. Dan saya kebetulan jarang sekali. Dan memang, bahaya kalau tinggal serumah dengan lawan jenis. Apalagi tidak ada hubungan darah. Kalau di Indonesia itu sudah digrebek hahaha. Karena di Korea, justru bisa dimasukkan hal-hal menarik dan lucu yang bisa membuat membaca tertarik. Tapi kalau komik dewasa gini, apalagi setting luar, pasti ada bumbu-bumbu panasnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi memang sebenarnya nggak boleh sih ya, Mas. Ya maklumlah kita beda budaya. Semoga pembacanya nggak tergoda buat ikut-ikutan juga.

      Hapus
  3. kayaknya oh sojung ini absurd yak, tapi bikin mereka berdua dekat, kalau mau baca tuh pakai koin alias berbayar atau gratisan yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajaib lah tingkahnya Oh Sojung. Apalagi kalau sedang mabuk. Haduh banget sampai Cha Kangwoo dibikin malu. Episode awalnya gratis. Nah setelah 3 episode, bakalan berbayar. Tapi kalau mau baca secara free, bisa sih. Cukup bersabar aja selama beberapa hari sampai episodenya terbuka dan bisa bebas dibaca. Atau, bisa juga dapat akses free baca dengan nontonin iklan di Webtoon gitu. Cuma kalau nggak sabaran sih, jadi belinya koin kayak aku.

      Hapus
  4. Sampe sekarang aku belum pernah nyoba baca komik digital. Emang pecandu komik fisik siii. Tapi seru juga sih baca Purely Roommates ini, tapi ada cerita dewasanya juga ya kak wkwkwk. Harus hati-hati deh buat remaja yang mau ngikutin kisah cinta Cha Kangwoo dan Oh Sojung.

    BalasHapus
  5. Nah...bener banget nih Kak. Segala sesuatu yang tadinya disuka banget, butuh jeda. Aku juga suka komik, tapi kalau webtoon malah jarang mengikuti. Engga tahan kalau pakai HP. Lebih suka fisik. Tapi ceritanya seru nih...apalagi kalau komik bucin gini...Auto engga brenti-brenti bacanya deh...

    BalasHapus
  6. Baca komik memang mesti hati-hati ya, Cha. Apalagi kebanyakan orang Indonesia masih menganggap komik itu bacaan bocil semata. Begitu ada yang ceritanya "dewasa" langsung heboh. Padahal bisa jadi rate-nya memang untuk usia dewasa.

    Tapi yaaaahhhh memang ada siiiiih, komik yang rate remaja tapi adegannya dewasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cuma komik Teh yang dianggap begitu. Anime juga. Animasi juga. Duhaduh ... padahal ada rate usia yang harus dilirik sebelum dibaca atau ditonton.

      Hapus
  7. daku jarang baca komik di webtoon,
    pernah sekali tengok lewat punya temen, eh ada unsur dewasanya, jadilah kurang sreg bacanya
    mungkin tergantung genre juga kali ya?

    BalasHapus
  8. Ternyata ada komiknya juga ya. Ni buat yang hobby baca komik memang serasa nonton drama korea.. aku lebih suka anime si, tp memang butuh maraton klo g mau penasaran hehe

    BalasHapus
  9. Mbak,membaca komik terjemahan seperti ini ada yang unik ga bahasanya mbak? Saya pernah baca novel terjemahan, ada yang unik, mungkin karena tidak menemukan padanan kata yang pas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sih Mba, sesekali. Ya ... namanya juga terjemahannya. Di beberapa part, kalau untuk kata yang susah dialihbahasakan ke bahasa indonesia, aku nemu catatan kaki gitu sih disempilin di dekat scene-nya.

      Hapus
  10. Kalo ceritanya menarik kayak gini, emg mengasyikkan banget ya kak baca komik, meski pun digital. Kyk ga terasa bgt waktu berjalan. Bahkan sampe 65 episode. Ga kebayang tuh panjangnya kalo jd drama.

    Aku jadi penasaran mau download jg ah Webtoon Indonesia ini. Pgn tahu ngerasain keseruannya.

    BalasHapus
  11. Webtoon salah satu tempat buat aku baca karya-karya digital kak, tapi kalau yang Purely Roommate ini terus terang aku belum baca. Kayaknya ntar kudu langsung baca nih. Apalagi sudah sampai 60 lebih episode jadi nggak perlu nunggu-nunggu deh.Makasih ya Kak infonya.

    BalasHapus
  12. Belum pernah nih saya baca komik korea. Apakah seseru drakornya?

    Kalau mau baca di mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu sih apa sudah diadaptasi ke bentuk live action drama korea apa belum, kalau Purely Roommates ini. Mba. Bisa dibaca di aplikasi Line Webtoon Indonesia, Mba.

      Hapus
  13. Seru juga ya baca Webtoon atau komik digital. Mau coba juga deh kalau lagi senggang. Lagi bosan nonton drakor soalnya

    BalasHapus
  14. Wah, ceritanya seru banget ya! Saya juga suka dengan komik yang punya nuansa ringan dan romantis kayak gini. Tapi, memang penting juga untuk selalu memperhatikan batasan usia saat membaca ya, jadi bisa menikmati cerita tanpa khawatir πŸ“šπŸ’•

    BalasHapus
  15. Diriku bukan pembaca komik digital. Kayaknya cm sekali doang baca komik digital yaitu webtoon marry my husband, gara-gara penasaran krn dibikin drakornya.

    BalasHapus
  16. Jika kalian mencari komik romantis yang ringan dan menghibur, Purely Roommates Season 1 adalah pilihan yang tepat. Komik ini menghadirkan cerita yang relatable, gaya gambar yang menawan, dan momen-momen romantis yang bikin baper.

    BalasHapus
  17. Jadi wajar ya Oh Pilyoung jadi kakak laki-laki yg super protektif begitu, secara Oh Sojung termasuk gadis cantik luar dalam yang nggak punya cela alias super sempurna. Sang kakak pasti overprotektif banget

    BalasHapus
  18. Sudah lama tidak baca komik, mungkin perlu mencoba baca komik lagi nih saya. Sekalian nostalgia masa-masa SMP. Kalau dulu sewa komik cetak di rental. Seekarang baca komiknya online saja macam Purely Roommates ini.

    BalasHapus
  19. ini komik korea ya kak? saya belum pernah baca komik korea. pastinya manga sih. ini kalau mau baca di aplikasi ya? biasanya saya cek webtoon tapi kebanyakan gambarnya hitam putih dan kurang menarik, hiks

    BalasHapus
  20. Wah, kayaknya seru, ya. Serasa nonton drakor, hehe. Gak sabar pengen ikutan baca, hihihii

    BalasHapus
  21. Waaa aku terakhir baca webtoon tuh yang Marry My Husband. Tapi ini Purely Roomate menarik deh romance ringan ala-ala cinta hadir karena terbiasa. Kayaknya untuk komik dari luar, ada adegan buat dewasa walau belum nikah tuh termasuk normal deh kak Acha, tapi emang jadinya dari kitanya mesti selektif ya. Apakah udah sesuai umur atau belum.

    BalasHapus
  22. Jalan ceritanya seruuu banget, bikin gemes yang baca. Aku tuh suka banget bacain webtoon yang kayak gini, seruuu soalnya..

    BalasHapus
  23. Saya gak pernah baca komik digital, ternyata bagus juga ya ceritanya seru kayak ini. Boleh deh nanti sisihkan waktu baca komik, mau mulai dari cerita yang ini ah penasaran hihi

    BalasHapus
  24. saya tim nonton dan baca novel yang sukanya drmaa-drama romantis, kayak bahagia aja gitu efek setelah bacanya meskipun ada sad-sadnya, tapi lebih nyata dan relate dalam banyak kehidupan, sayangnya belum pernah baca webtoon digital gitu

    BalasHapus
  25. Sepertinya ceritanya menarik, tapi aku kurang begitu bisa membaca komik. Mungkin kalau udah dijadikan serial drama bakalan suka deh..

    BalasHapus
  26. Idenyaa..
    hihihi, kalau soal konflik, baca webtoon begini jadi kebawa suasana yaa.. Apalagi gambarnya cakep beginii.. Kadang juga serasa ikutan jatuh cinta sama sang lead male-nya.

    BalasHapus
  27. Ceritanya sepertinya menarik nih, apalagi aku emang senang baca komik. Cuma sedihnya kalau baca komik jenis webtoon or baca komik di ponsel tuh kurang puas rasanya. But ini bisa jadi alternatif juga sih untuk bisa baca dari mana saja

    BalasHapus
  28. Thanks mba rekomendasi bacaan digitalnya. Katanya bs jd penyegaran nih buatku yg pengen baca tp rada males hehe

    BalasHapus
  29. Waaa mau coba download juga ah, udah lama juga ga banca komik

    BalasHapus
  30. Bucin pastinya ya mbak. Mana tahan sih beda jenis kelamin tinggal satu rumah tanpa ada perasaan. Lama lama pasti timbul cinta. Iya gak sih?

    BalasHapus
  31. Memang kalo cerita romantis bikin kita yang baca ikut melambung ya kak Acha. Btw kalo komik digital begini gak ada rate nya ya? Takut juga kalo anak liat dan gak tau rate nya.

    BalasHapus
  32. Cerita cinta dengan cowok tsundere kayak gini bikin gemes bacanya ya. Saya sudah ketinggalan jauh nih bacanya, karena memang suka baca yang gratisan jadi melanglang buana dulu baca cerita yang lain di webtoon wkwk, jadi kepo mau baca lagi

    BalasHapus
  33. Aku udh beberapa kali baca webtoon skr ini mbaa, dan ntah kenapa adaaa aja yg bikin ketagihan memang πŸ˜†πŸ˜‚. Kemarin2 baca chicken nuggets, absurd ga jelas tapi nagih, trus undercover at chaebol high. Yg lokal aku suka pupus putus sekolah, lazy cooking, dan skr lagi baca Dulu Gwe(n) pernah...

    Seru2 dan lucuuuu kebanyakan hahahaha. Enak sih buat bacaan sebelum tidurπŸ˜„

    Yg romance gini aku blm baca nih. Msh pengen yg lucu2 aja

    BalasHapus
  34. Waahhh bisa jadi rekomendasi bacaanku selanjutnya ini. Biasanya kalau aku lagi bosen sama aktivitas harian larinya kalau gak baca web novel ya komik gini, apalagi yang ceritanya lucu- lucu gitu. Bisa tertawa-tawa menghilangkan stress

    BalasHapus

Posting Komentar