Komik Purely Roommates Season 1 : Bacaan Ringan Serasa Nonton Drama Romance Korea

Staycation Di Holiday Inn Gajah Mada Jakarta Buat Numpang Beresin Naskah Novela

Bebas drama packing berlama-lama karena lokasi menginap yang jadi pilihan sebagai tempat lepas penat walau sedang dikejar deadline, berada di pusat kota Jakarta. Bahkan, berkunjung ke Holiday Inn Gajah Mada Jakarta ini saja, bisa ditempuh dengan naik commuter line lintas Bogor - Jakarta Kota.

menginap di holiday inn jakarta gajah mada

Kala itu, rasanya Ka Acha sedang enggan kemana-mana. Sesuatu yang anomali, karena bagi semua orang terdekat yang mengenal saya, hafal betul kalau tiap kali penat pasti saya merengek minta ditemani berkeliling entah kemana.

Sekadar makan mie ayam bangka, misalnya. Atau mendadak mengajak untuk jalan pagi atau sore ke taman yang nggak jauh dari tempat tinggal.

Kelakuan aneh Ka Acha ini lekas diendus oleh si satu-satunya partner merusuh di rumah. Mendapati adiknya ini lebih banyak diam, memasang ekspresi berpikir keras padahal biasanya sering bertingkah mirip bocil yang sedang otewe tantrum minta dibelikan mainan, ternyata doi jadi nggak tenang.

Ya mohon maklum. Seumur perjalanan menulis Ka Acha, kalau nggak fiksimini, ya cerpen yang cilukba dalam sebuah buku antologi. Paling jauh ya bikin copy, tapi part ini memang buat kerjaan sehari-hari soalnya sudah jadi profesi.

Walhasil, waktu si partner -- the one and only yang paham banget keajaiban adiknya ini -- mendapati tanda-tanda Ka Acha darurat butuh diseret ke lokasi penuh keseruan, mendadak Ka Acha diminta packing berujung nggak sempat mikirin outfit kece apa yang bisa dibawa. Sore jelang malam, pas lagi jam sibuk-sibuknya. Hadeuh ... mau nolak rejeki dibawa staycation kan rugi yaaaa.

Ke Holiday Inn Gajah Mada Jakarta Naik Commuter Line

Dengan segala petuah khas sosok tetua di keluarga, si partner mulai memerintah sedari dini hari. Pesannya banyak sekali. Mulai dari ocehan, "Dek, bawa ini ini ini dan itu," sampai ke level "Besok jangan lupa pastiin semua pintu terkunci," padahal adiknya ini angkat kaki dari rumah juga belum.

Tapi ... of course, Ka Acha menurut. Sedang nggak sanggup iseng ngajakin ribut. Ck.

Lalu, setelah segala rupa notifikasi yang datang bertubi-tubi di pagi hari, saya mengangkut tas punggung menuju stasiun. Berjumpa dengan kursi kosong di commuter line selepas jam sibuk pagi, eiyh serupa ketemu sofa nyaman, gaes. Jadilah diperjalanan, saya habiskan untuk memeriksa beberapa pekerjaan.

Saya mensyukuri pengumuman dari pengeras suara yang mengabarkan kalau kereta akan segera tiba di Stasiun Mangga Besar. Kan gawat kalau sampai saya terlewat.

Langkah saya pun terburu-buru turun. Baru sempat ambil napas dalam ketika sepatu saya sudah menginjak lantai peron. Ojek daring belum sempat dipesan. Duh ... kelakuan Ka Acha deh kadang-kadang.

Beruntung, mengikuti pesan-pesan iklan khas si partner rusuh ini paling mempan bikin segala urusan aman terkendali. Turun di Stasiun Mangga Besar bikin Ka Acha nggak perlu berlama-lama duduk di boncengan si abang ojol. Jaraknya dekat. Jadi motor pun bisa sat set eh sampai dengan selamat.

Belum puas menikmati view khas kawasan pecinan di Jakarta yang banyak dijejeri oleh bangunan tua, si babang ojol menghentikan laju motornya. Lekas saya turun tanpa lupa mengembalikan helm yang tadi menempel di kepala.

Cepat ya. Begitulah suara dari hati Ka Acha seketika menggema.

Takjub. Bisa juga saya menginap di hotel bintang 4 tengah kota Jakarta. Padahal kalau ke sekitaran Jakarta Pusat, karena dekat, suka kepikiran, ya ngapain nginap kalau bisa pulang, coba?

Selama commuter line beroperasi, pulang pergi adalah jarak yang terhitung dekat. Beda cerita sewaktu menginap di hotel dekat PIK Avenue. Ke Jakarta Utara karena harus transit kalau naik kereta, ya saya masukkan ke perjalanan jarak menengah yang wajar saja kalau pakai acara menginap di hotel segala.

Berada di salah satu sisi Jalan Hayam Wuruk -- di mana ada bagian jalan yang nampaknya sedang dalam masa pembangunan saat Ka Acha tiba -- plang Holiday Inn menyambut. Saya mengedip cepat. Nggak sampai 10 menit, saya sudah berada di depan bangunan yang nggak saya duga kalau ini tuh hotel bintang empat.

Benar-benar saya dibuat terkejut saat tiba di lobi. Beberapa pengunjung berwajah oriental tengah wara-wiri. Ada yang menggeret koper mereka, beberapa pula membawa tas punggung seperti Ka Acha.

Lobinya yang mungil pun seketika menyajikan rasa nyaman di hati. Walau nggak menghadirkan kesan mewah, tapi selama menunggu si partner yang lama datang menjemput di sana, saya diperlakukan dengan baik sekali. Nggak ada tuh ceritanya saya duduk lama di salah satu kursi, mendadak dihadiahin tembakan angin AC super dingin biar lekas pindah posisi.

kamar di Holiday Inn Jakarta Gajah Mada

Kamar Nyaman Layanan Menyenangkan Di Holiday Inn & Suites Gajah Mada Jakarta

Dont judge a hotel by its lobby. Saya menggumamkan kalimat ini berkali-kali selepas si partner mengarahkan saya untuk mengikuti langkahnya ke arah lift di sisi kiri lobi.

Awalnya, semua nampak biasa saja. Layaknya penginapan tengah kota yang pas sekali untuk jadi lokasi menginap saat business trip. Holiday Inn Gajah Mada Jakarta memampangnya sedari lobi hingga ke lantai kamar pesanan si partner berada.

"Dek, langsung ditinggal ya. Masih rapat soalnya. Camilan ada di kulkas. Adek kalau capek, istirahat dulu, kerja itu jangan sampe maksain badan juga," si biang ngasih petuah menyerahkan satu kartu kunci ke tangan saya. Doi nggak sadar kalau adiknya ini sedang ternganga dengan mata berbinar di depan pintu.

Mana saya menyangka kalau hotel di tengah kota Jakarta dengan rate harga kamar mulai dari 700 ribu -- dan seringnya nggak sampai 1 juta -- bisa ngasih kamar twin bed seluas ini. Kamar mandi juga sama. Lampunya terang, amenities-nya lengkap pula. Juara!

Ditinggal sendirian di kamar, bukannya saya lanjut menuntaskan segala rupa deadline kerjaan yang saya bawa, ujungnya saya malah leha-leha. Suasana nyaman di kamarnya terlalu menggoda untuk dilewatkan begitu saja.

bathroom at hotel holiday inn jakarta gajah mada

Dimulai dari area kamar mandinya. Cukup luas. Ada shower room yang pintunya tertutup rapat. Segala sabun, shampoo, hingga body lotion tersedia. Semua tinggal pump dan pas Ka Acha datang, isinya full.

Cerminnya pun lebar. Puas deh kalau dipakai buat dandan. Pas banget buat jadi hotel pilihan saat business trip ke Jakarta nih Holiday Inn Gajah Mada.

Perhatian utama Ka Acha tentu saja tertuju pada meja televisi memanjang yang sisi ujungnya difungsikan juga sebagai meja kerja. Ada lampu baca yang nyaman dengan cahaya memanjakan mata. Demi apa, dua bab terakhir Hilal Halal Ifthar saya tuntaskan di sana.

working at twin bed room holiday in jakarta gajah mada

Jendela besar kamar yang langsung memperlihatkan salah satu bagian dari LTC Glodok itu jadi tempat saya merenungkan, bagaimana jadinya tokoh Tania dan Abbas mengakhiri kisah cinta keduanya. Pemandangan serupa yang saya nikmati saat makan malam juga sarapan di restonya.

Duta Cafe & Restaurant di Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada

Sayangnya, saya punya banyak kekhawatiran sepanjang menyantap menu sarapan dan makan malam di restonya ini. Tentu saja, sebab ada menu pork yang memang disediakan di tempat makannya. Maknanya, menu-menu di sini nggak terjamin kehalalannya.

Ka Acha sebagai muslim pun sadar diri, jika ada alternatif lain, tempat makan begini sebaiknya dihindari. Bukan soal saya punya kemungkinan menyentuh pork atau lard dan alkohol, melainkan banyak titik kritis yang bisa jadi berakhir mengontaminasi segala santapan yang bahannya halal tapi karena alat makan dan alat masak yang bercampur, mengubahnya jadi non halal.

Payahnya, saya baru mengulik lebih jauh soal tempat santapnya setelah menyelesaikan sarapan pagi. Kebodohan saya, memang. Makanya, kemudian pada salah satu bab di novela bertema halal food saya ini, saya selipkan kisah tentang resto hotel yang nggak selalu halal dijadikan lokasi santap makanan bagi muslim.

Duta Cafe & Resto Holiday Inn Jakarta Gajah Mada

But than, kalau ditanya suasana Duta Cafe & Restaurant dari Holiday Inn Gajah Mada Jakarta ini bagaimana, jawaban saya tentu nyaman sekali. Stafnya gercep dan ramah sepanjang melayani setiap pengunjung yang datang ke sini.

Lagi dan lagi, paket lengkap buat business trip di tengah kota Jakarta, bukan? Apalagi pilihan menu yang disajikan pun sangatlah beragam.

Area Kolam Renang Holiday Inn Jakarta si Paling Andalan

Apalah artinya staycation tanpa berenang. Kalau ini sih, prinsip dari si partner merusuhnya Ka Acha.

Jelang senja di hari pertama tiba, berenang langsung masuk dalam daftar sesi 'ngajakin adek main' di ocehan panjang si partner. Tentu sebab doi kenal betul kelakuan adiknya ini.

Namun, berhubung pikiran Ka Acha hanya terfokuskan pada staycation untuk menyelesaikan naskah novela termasuk pekerjaan lainnya, baju renang pun nggak jadi saya bawa. Akibatnya, saya kena hukuman buat motretin doi berenang dalam berbagai gaya. Ahahaha ... biasa, jadi adik tuh harus banyak ngalah sama kakak ya nggak sih.

Paling juara buat Ka Acha tuh area kolam renangnya memang. Infinity pool dengan view gedung tinggi di kejauhan. Air kolam yang nampak biru jernih pun kolam yang nggak terlalu dalam untuk ukuran orang dewasa berbadan Indonesia. Ditambah ada kolam anak juga walau nggak terlalu besar.

Handuk kering pun selalu tersedia. Ditambah kamar bilas yang bersih jadi bikin sesi berenang di hotel makin menyenangkan.

area kolam di Holiday Inn Jakarta Gajah Mada

Senja itu, sembari menunggu si partner yang berenang bolak-balik dan sesekali melambaikan tangan minta dipotret, saya habiskan dengan banyak merenung sembari memandang ke horizon di kejauhan. Hhh … seharusnya, saya lebih bisa lagi mengatur segala rupa di keseharian sejak dalam pikiran. Relaks. Nggak perlu terlalu membebani diri kalau hasilnya malah lupa bersenang-senang.

Pekerjaan dan tuntutan hidup akan selalu datang. Maka ijinkan tubuh dan jiwa menjeda sebentar sehingga senyum selalu punya kesempatan untuk melengkung di wajah yang tenang.

Si partner tengah mengajarkan pada adiknya ini untuk belajar work life balance, ternyata. Apalagi kan, saya ikut menginap di Holiday Inn Gajah Mada Jakarta karena memang doi sedang ada rapat kerja.

Last. Jika memang sedang ingin liburan di tengah kota Jakarta, terutama di sekitar kawasan pecinan Glodok, staycation di Holiday Inn Gajah Mada Jakarta bisa jadi pilihan.

Komentar

1. Loby hotel mini bukan berarti gak bakalan nyaman nginap disana ya. Nah ini buktinya disaat memerlukan waktu rehat dari segala kepenatan aktivitas eh Alhamdulillah bisa ngadem dan santai dengan fasilitasnya yang oke disini ya

BalasHapus
  2. Kolam renangnya itu lo mba, bikin mupeng buat ikutan berenang juga 😍😍 Selain pemandangannya juga tidak terlalu dalam, idaman aku.

3. Menginap di hotel memang suatu yang mengasyikan terlepas dari kesibukan di tengah kerjaan ya kak. Hotelnya cukup nyaman dan harganya nggak terlalu mahal buat hotel di Jakarta.

4. Saya sering lewat di depan Hotel Holiday Inn Gajah Mada ini, Mbak. Tapi sekadar doang, kalau pas mau ke Glodok atau Kota Tua. Semoga besok kesampaian nginap di sini. Aamin.
    Dan hotenya keren, ya. Apalagi di pusat kota. Jadi mau ke mana-mana juga dekat. Kalau sudah ada kolam renang, pasti bocil happy.

BalasHapus
  5. staycation tipis2 begini asik nih. Ngga perlu jauh-jauh juga kan. Tampaknya hotelnya cukup bagus itu mba. Bisa berenang pula. Anakku paling suka kalau diajak staycation di hotel yang ada kolamnya.

6. melepas penat yang asyik. Nggak perlu ke mana-mana. Sekedar stay cation di hotel Holiday Inn Gajah Mada aja udah nikmat banget ya, Kak Acha. hehehe

7. kalau ke kolamnya tanpa harus nginap bisa kan? seneng aja loh renang di hotel karena viewnya tuh bagus dan biasanya ada kayak pelampung yang unyu gitu

BalasHapus
  8. Betah kalau kamarnya nyaman gini, tapi kalo aku pengennya nonton sambil rebahan terus kalo gini haha

9. Holiday Inn itu favoritkuuuu 😍😍😍😍. Tapi baru cobain yg di sunter mbak , kalo yg gajah Mada ini belum pernah.

Sebagai international chain hotel , cabangnya yg di LN juga baguuus. Pernah cobain pas ke US yg di Boston .

Kayaknya selalu puas sih kalo stay di holiday Inn. Yg tipe express juga bagus menurut temenku. Biasanya sarapan berupa roti dan buah yg sudah dipack.

Dan memang kamar nya mostly luas2. Kayaknya ngikutin induknya yg di US sana, soalnya ngerasain sendiri semua kamar di Hol-Inn rata2 luas 😍

BalasHapus
  10. Gajah mada memang strategis banget, ya. Akses nya mudah dijangkau dengan banyak transportasi. Termasuk ke Holiday Inn Gajah mada, pake comuter line dari Bogor saja bisa, ya

11. Saya juga suka menemukan loby hotel yang biasa aja atau cenderung sederhana tapi ternyata fasilitas di kamar dan seluruh hotelnya ternyata bagus dan nyaman. Mirip nih dengan Holiday Inn Gajah Mada Jakarta.

12. Nah itu ya bisa jadi masukan untuk pihak hotel karena halal tak sebatas babi dan alkohol saja ya.. atau suruh mereka baca Halal Hilal Iftar Kakk hehehe

BalasHapus
  13. Terkadang kita perlu tempat baru untuk sekedar bekerja atau melepas lelah... Staycation menjadi salah satu pilihan tepat sih menurutku

14. Melepas penat dengan partner tersayang adalah seperti mengisi ulang energi positif. Apalagi staycation di Hotel Inn Gajah Mada Jakarta, sudah pasti bikin betah. Bener banget, bikin wara wiri pepotoan.

Untuk makanan memang kita harus hati-hati sih, di mana saja, karena gak semua makanan yg tersedia itu halal.

BalasHapus
  15. Wah, bakal betah noh nulis di hotel yang cakep begini. Kan jadi pengen saya. Hehehe. Apalagi, saya juga penyuka yang namanya staycation, liburan ala introvert banget kalau menurut saya mash.

16. So sweet~
    Partner ini maksudnya "Kakak" kan yaa.. Eh, aku nulisnya pake tanda kutip, hehehe.. soalnya aku yakin karena tertulis keluarga sii..

Aku seneng banget. Ga nyangka kalau keluar rumah sesederhana staycation tipis-tipis gini aja bisa re-charge energi banget kan yaa..

Bahagia selalu, ka Acha.

BalasHapus
  17. Wah, serunya staycation di Holiday Inn Gajah Mada Jakarta! Baca ceritanya jadi pengen nyobain juga, apalagi dengan fasilitas kolam renangnya yang menenangkan. Selain itu, nggak perlu repot packing berlama-lama dan bisa langsung relax, bener-bener jadi pilihan oke buat refreshing di tengah kesibukan. 😊🏊‍♂️

18. Pastinya asik banget nih, dan menikmati banget Jakarta dari ketinggan ya, Kak. Senang banget bisa staycation di Hotel Bintang 4, di Kota Metropolitan pula. Kalau suasana hotelnya kayak gitu, kalau aku ga jadi nulis, Kak. Langsung makan, dan tidur aja, hehe

19. keliatan nyaman sekali mba tempatnya, saya pun sering banget nginap di hotel untuk ngejar deadline karena kadang di rumah ga konsen lagi, jadi nyobain staycation, dan memang sih lebih fokus biasanya, kapan-kapan bisa cobain hotel ini kalau pas lagi ada deadline lagi yang butuh fokus

20. Hotelnya nyaman ya kak Acha
    Saat menginap kesini, bisa jalan jalan ke pecinan ya

21. Lanjutkan terus kak Acha bikin karya cerita asiknya. Apalagi ini lokasi staycationnya bikin mengalirkan ide cerita yang terukir indah 🤩

BalasHapus
  22. Wah Holiday Inn tuh emang bangus banget kak hotelnya, banyak cabangnya ya. Aku tahu yang di Cikarang juga bagus banget. Estetik banget dan elegan kamarnya. Kayanya ide-ide jadi banyak bermunculan ya kak staycation di sana. Tetap harus ingat work life balance, hehe.

23. Kalau aku biasanya pas mau staycation bener2 diperhatikan fasilitas hotel karena memang niat nggak mau kemana-mana di kota itu atau memang mau keluar tapi destinasinya nggak banyak hehe

24. seneng banget deh dikasih staycation buat beresin kerjaan, hihihi. tahu betul emang apa yang dibutuhkan partner yaa. kalau aku dikasih staycation begini pengennya gak kerja malah ka, pengennya rebahan aja mumpung liburan! hahaha. tapi setiap penulis punya cara beda-beda ya gimana menyelesaikan pekerjaannya dan saya ternyata tipe need silent.

jadi, saya malah gak bisa kerja ditempat crowded event itu di cafe yang cukup santay. tetep aja ada orang lalu lalang, musik cafe yang gak sesuai playlist dan lain sebagainya. Ternyata, tengah malam sampai subuh, dirumah memang jadi tempat dan waktu kerja saya paling nyaman, hihihi.

tapi bicara soal menginap di hotel, saya pernah beberapa kali menginap di hotel Holiday Inn di Bandung dan Tasikmalaya ( kayaknya masih satu grup ya), saya gak pernah ketemu si pork sih baik makan pagi, siang atau malam. Mungkin setiap holiday inn punya menu berbeda kali ya.

next kalo mau ke hotel lagi, perlu banget mempertimbangkan hal ini, brabe dan was-was kanjadinya, huhuhu.

BalasHapus
  25. Bagus banget ini hotelnya, gak sekedar liburan tapi juga bisa mengerjakan sesuatu yang butuh tempat nyaman dan tenang. Salfok deh sama beberapa fasilitas umum di hotel ini. Bagus.

26. Wa gila sih ini Holiday Inn Jakarta Hotel ... 700 sampe sejuta rate kamarnya padahal di tengah kota. Kelihatan nyaman banget pula kamarnya udah gitu ada kulkasnya ya Kak Acha. Lengkap banget

27. Haduhhh, mantap betul niy Kak Acha...Demi kejar deadline disempetin staycation di hotel. Kalau aku sepertinya malah nggak bisa fokus nih, malah pengin eksplor. Hehe...

BalasHapus
  28. enak nih, selain nyelesaikan naskah bisa healing-healing juga kaya anak-anak jaman now. rate nya mantap juga itu ya

29. Wah asyik nih diajak staycation sekaligus buat merampungkan naskahnya ya. Kamar hotelnya juga kelihatan nyaman banget ya jadi bikin Kak Acha semangat kan buat lanjutin job menulisnya^^

30. Enak banget ya punya partner yang langsung paham kebutuhan tanpa banyak cingcong begini. Pantes aja karya terus mengalir.

BalasHapus
  31. serunya bisa staycation disini ya kak, beneran menikmati kenyamanan yang disediakan sekaligus mencri suasana baru untuk menyelesaikan pekerjaan. Beneran bisa menghempas sumpek dan otak buntu mencari ide menulis naskah

32. Hotel Holiday Gajah Mada ini memang letaknya sangat strategis dan di pusat kota. Jadi kalau mau ke mana-mana dekat. Misalnya mau ke Monas atau Kota Tua. Ternyata kamar hotelnya bagus. Terus saya juga suka kolam renang itu. kelar menulis, bisa berenang hehehe.

33. Cakep bgt nih kak hotelnya. Letaknya jg strategis bgt nih di kawasan Jakarta Pusat dan ga jauh jg dr kawasan Glodok. Apalagi ntar kalo Imlek, hotel ini rame bgt plus bs lihat pawai besar di depan hotel.

Have a nice holiday kak. Smg staycationnya bs mencerahkan jiwa dan bs kembali beraktivitas utk meraih cuan. Semangaaat.

BalasHapus
  34. Hahaha kak Achaa beresin naskah aja sampe harus numpang ke hotel lhooo, daebak! wkkwwk. tapi aku juga pernah sih bela belain nyusulin suami kerja sampe bawa kerjaan ke hotel wkwkw

35. Enaknya lokasi hotel yang strategis ya gitu, bisa menghemat waktu perjalanan. Apalagi dekat dengan transportasi massal seperti kereta api ataupun bus TJ. Asyik juga suasana yang disuguhkan oleh hotel Holiday Inn Gajah Mada Jakarta ini. Bakalan bikin betah para tamu yang stay di sana.

Sama kayak saya kalo lagi staycation sama anak-anak, pasti yang dicari itu fasilitas kolam renangnya dulu. Ini keren banget sih viewnya dan kolamnya juga bagus dan bersih.

BalasHapus
  36. wah jadi makin banyak idenya deh kalau di tempat baru yang nyaman hihi.. apalagi bisa sambil santai ya menikmati fasilitas hotelnya

37. Cakep banget pemandangan dari kolam renangnya. Auto betah berenang lama-lama nih..

38. keliatan nyaman banget tempatnya mba, buat staycation termasuk juga bareng keluarga ya dan suka banget dengan vibes restorannya kayaknya cozy banget kalau makan di sana, saya lupa-lupa apa pernah nginap di sana atau belum ya