Alasan Pentingnya Pakai Skincare

Menua itu sebuah kepastian. Namun, tetap tampil memesona dengan kulit yang terawat dan sehat itu, pilihan sekaligus privilese. Bukan hanya bagi kaum perempuan, tapi laki-laki juga lho.

Dari sudut pandang perempuan seperti Ka Acha, siapa sih yang nggak akan merasa bahagia ketika disebut ‘awet muda’ sama rekan atau kenalan lama? Seolah secara tampilan, tubuh kita melawan waktu alias tetap belia, tetapi pemikiran dan pengalaman hidup terus bertambah luas seiring menanjaknya usia.

Saya menemukan alasan pentingnya pakai skincare secara rutin, dari sebuah pengalaman berkesan dengan seorang pianis tanah air. Beliau kala itu terlibat dengan saya dalam sebuah project pembuatan video softselling untuk kantor lama saya sebagai talent.

Saya kira tadinya si Mas Pianis ini usianya nggak jauh dengan saya. Ya … paling nggak, nggak banyak berbeda dengan atasan saya lah ya. Tapi ternyata, saya tertipu. Beliau punya anak sulung yang kala itu seusia dengan adik saya. Bahkan beliau berkelakar, daripada memanggil beliau dengan sebutan ‘mas’, rasanya saya bisa memanggil beliau dengan sebutan ‘pak’.

Segan. Tentu saja. Seketika semua bahan candaan yang sedang hype di usia saya yang kala itu dua puluhan, menguap ke udara. Saya rupanya tengah berhadapan dengan sosok yang akan lebih bijak jika saya dengarkan sebab sadar bahwa usia Ka Acha terpaut sebegitu jauhnya dengan beliau.

Namun, walau malu-malu, saya tetap bertanya. Bagaimana sih beliau tetap bisa tampil awet muda? Jujur, saya pun ingin bisa seperti demikian, walau kelak usia saya terus menanjak melewati angka 30-an, 40-an, bahkan terus ke angka 50-an, jika Sang Maha Kuasa memberi saya kesempatan hidup dan berkarya yang panjang.

Beliau bercerita, sebagai orang yang juga terjun lama di dunia kreatif walau nggak selalu muncul di depan layar, penting untuk tetap menjaga penampilan. Paling nggak, jika harus bertemu dengan klien, tampilan diri akan nampak enak dipandang sehingga selanjutnya bisa terjalin obrolan panjang karena merasa nyaman.

Triknya sebenarnya sederhana, namun nggak selalu mudah dilakukan. Pertama, dimulai dengan mengatur asupan makanan dan minuman. Kemudian dilanjut dengan menjaga gaya hidup sehat, mengelola stres, dan merutinkan pemakaian skincare.

Hal senada pernah saya dengar dari teman lain saya semasa kuliah dulu. Kini, si teman saya ini selain mengembangkan bisnis kecil, beliau juga merupakan seorang dosen muda di kampus kami, pun tengah melanjutkan pendidikan strata tiganya. Dalam candaan pendek dulu sekali, ia berujar bahwa tampilan diri mempengaruhi banyak hal, baik dalam sisi profesionalitas, pun menempatkan diri depan khalayak.

Entah mengapa, dua sosok yang selanjutnya banyak menyemangati Ka Acha di masa sekarang untuk rutin mengaplikasikan skincare dasar malah para kaum Adam. Mungkin karena kalau dari sesama perempuan akan terdengar biasa ya.

Ada tiga alasan penting yang sampai hari ini menjadikan saya masih setia memoles wajah setiap pagi dan malam hari dengan skincare, yaitu :

Skincare Rutin Menjaga Kulit Tetap Sehat

Apakah dengan rajin mengaplikasikan face care, kamu bisa serta-merta mendapatkan kulit sehat? Hmm … jawabannya, semua bisa terjadi dengan kolaborasi dari skincare-mu, asupan nutrisi, dan gaya hidup juga kesehatan psikismu.

Nyatanya, nggak hanya buat kamu yang sering beraktivitas secara outdoor, orang-orang seperti Ka Acha yang malah lebih betah berkegiatan secara indoor, duduk manis depan gadget untuk bekerja, rupanya juga berpeluang punya masalah kulit. Jika kamu yang sibuk di luar ruangan berpotensi diganggu sinar UV dan polusi, Ka Acha pun punya kemungkinan besar dijahili sama blue light dari gawai.

Kebiasaan saya yang berada di dalam ruangan, memang sering menghindarkan Ka Acha dari sinar UV yang terkenal sebagai penyebab kulit kusam dan munculnya kerutan halus di wajah. Sayangnya, berdiam di dalam ruangan untuk bekerja, masih dihadapi oleh tantangan kulit yang kering akibat paparan AC, atau memang suhu dan kelembaban udara yang sedang nggak mau bersahabat.

Jadilah, rutin memakai skincare di kulit kamu, merupakan bentuk kamu tengah berjuang dan bersyukur, menjaga amanah dari tampilan fisik yang Sang Maha Pengasih berikan spesial untuk dirimu. Bukankah menjaga kesehatan kulit merupakan ungkapan self care atas dirimu juga?

Cegah Penuaan Dini dengan Skincare

Kembali teringat pada obrolan singkat saya dengan Mas Pianis yang tetap awet muda walaupun usia anak sulungnya benar-benar seusia adik Ka Acha. Sungguh jadi pemantik semangat tiap kali mulai malas dan nggak teratur memakai skincare setiap hari.

Inilah alasan terbesar saya terus berjuang menemukan produk face care yang sesuai dengan jenis kulit beserta kondisinya. Saya ingin tetap tampil menyenangkan dan nyaman dipandang walau waktu dan usia sebenarnya nggak bisa dilawan. Tentu, bekerja di bidang kreatif masih ingin saya jalani dalam waktu yang panjang.

Sadar akan produksi kolagen yang nggak akan sebanyak di saat masih remaja belia, menjadikan pemanfaatan skincare serupa sebuah kewajiban bagi kamu yang usianya sudah berada di tahap dewasa. Di sisi lain, kulit yang lembab dan kenyal karena sehat pulalah yang turut mendukung tampilan tetap awet muda, bukan?

Mulai dari penggunaan day cream hingga night cream, ada baiknya nggak terlewat. Terutama krim malam sih yang paling bisa bantu kulit tetap lembut karena saat kamu tidur malam, kulit pun melakukan proses regenerasi sekira pukul 1 – 3 pagi. Nah, maknanya, begadang pun nggak bisa jadi gaya hidup yang bisa men-support keinginan kamu agar tetap tampil muda.

Menambah Kepercayaan Diri dengan Penampilan Menarik Hati

Setelah memiliki kulit yang sehat terawat, berbonus mencegah penuaan dini dengan menghalau berbagai kerutan dan garis halus dalam artian menunda penuaan dini, tanpa disadari, kepercayaan dirimu pun bisa lebih meningkat lagi. Siapa sih yang nggak pede kalau tampilan cakep setiap waktu?

Eh, kalau buat Ka Acha sih, penampilan yang enak dilihat baik oleh diri sendiri maupun – semoga saja – orang lain begini, juga bikin mood tetap baik juga sih. Kalau kamu, begini juga kah?

Kembali ke urusan profesi yang Ka Acha jalani, dimana enak dan bikin nyaman saat dilihat orang lain sesederhana melalui potret diri yang ditampilkan di media sosial sebagai sebuah portofolio, kedua poin manfaat dari rajin merawat diri dengan body care dan face care yang cocok itu memang kunci. Selain tentunya skill yang terus-menerus diasah sih.

Kalau kamu, bagaimana? Apa setiap kali kamu menyadari kalau kamu tengah tampil dengan tampilan terbaik dari dirimu, kamu pun merasa kalau kepercayaan dirimu juga meningkat?

Nah, setelah obrolan panjang mengenai alasan pentingnya pakai skincare buat Ka Acha secara personal, mungkin kamu bertanya-tanya, petualangan saya berkenalan sudah sejauh mana. Hmm, Ka Acha bukan expert di bidang beauty kok. Pakai make up saja kemampuan Ka Acha minim. Tapi kalau skincare, sejauh ini saya sudah terbiasa dengan penggunaan produk face care dasar.

Produk yang baru-baru ini saya jajal merupakan face care keluaran Scarlett. Sebab jenis kulit Ka Acha termasuk normal yang nggak berjerawat, jadi saya memilih rangkaian produk Brighly Series Scarlett. Kemudian, walau kulit Ka Acha sudah putih dari sananya, harapannya sih biar tetap lembab dan sehat terawat aja, terutama Ka Acha mengincar kandungan vitamin E dari salah satu rangkaian produknya.

Perawatan rutin yang biasanya Ka Acha lakukan, dimulai dari tahap membersihkan wajah – walaupun nggak habis pakai make up atau keluar rumah ya tetap butuh dibersihkan – dengan penggunaan Brightening Facial Wash Scarlett. Perhatiin deh, ada rose petals dalam sebotol facial wash-nya.

Sepanjang pemakaian, saya menemukan kalau Brightening Facial Wash dari Scarlett ini busanya cukup banyak, jadi saya nggak perlu menuang terlalu banyak produknya ke tangan setiap kali cuci muka. Sudah begitu, senangnya, setelah pemakaian, kulit pun nggak berasa keset ketarik gitu. Wanginya pun lembut.

Selanjutnya, saya aplikasikan Scarlett Brightly Essence Toner setelah mengeringkan wajah dengan handuk yang dikhususkan buat muka. Jangan sampai deh handuk buat badan disatuin sama yang buat lap muka ya.

Teksturnya seperti air, dan cukup ringan setelah dipakai. Cepat juga meresap di kulitnya. Kalau Ka Acha sih, pemakaiannya cukup ditepuk-tepuk pelan saja.

Selanjutnya penggunaan Scarlett Brightly Ever After Serum nih. Sebenarnya Ka Acha bukan tipe yang rajin banget pakai serum setiap kali perawatan rutin, tapi selalu punya serum untuk diaplikasikan ketika merasa perlu. Biasanya, ka Acha pakai skincare lengkap cenderung ketika malam dibanding siang sih. Memanfaatkan momen regenerasi kulit saat tidur tadi, selain waktunya lebih banyak.

Terakhir, semua rangkaian perawatan harian tadi Ka Acha akan tutup dengan penggunaan day cream di pagi hari dan night cream jelang tidur malam. Nah, biar maksimal, banyak yang bilang, ketika mencoba satu produk perawatan, akan lebih pas lagi kalau memakai semua rangkaian produknya.

Dengan begitu, tentu Ka Acha melengkapinya dengan Brightly Ever After Cream Day dan Brightly Ever After Cream Night yang juga keluaran Scarlett. Tekstur dari kedua cream ini sedikit beda walau aroma wanginya yang tipis sama saja. Untuk night cream buat saya sih lebih kental dibandingnya krim siangnya. Pas lah sama kebutuhan kulit di malam hari.

Ada alasan tersendiri kenapa Ka Acha memilih produk Scarlett kali ini sebenarnya. Salah satunya karena rangkaian produk Scarlett Brightly Series ini sudah bisa digunakan oleh remaja dengan usia di atas 13 tahun. Selain itu, klaimnya, aman juga dipakai para bumil dan busui karena bebas merkuri dan hydroquinone. Saya jadi merasa aman. Ada lagi, produk Scarlett ini sudah teregistrasi di BPOM juga.

Ah ya, pastikan kamu membeli produk Scarlett yang asli ya. Kalau ingin tahu apa produk Scarlett yang kamu pesan itu asli atau nggak, kamu bisa memasukkan kode barcode dari produk yang kamu terima di situs https://verify.scarlettwhitening.com/.

Nah, kalau kamu pesan produk Scarlett melalui https://linktr.ee/scarlett_whitening sih, insyaAllah kamu akan mendapatkan produk asli. Jadi tenang, kan?

By the way, kamu sudah coba rangkaian produk Scarlett Brightly Series ini juga? Kalau sudah, ceritain dong bagaimana hasil yang kamu rasakan sejauh ini. Apa sudah bisa meng-cover seluruh alasan pentingnya pakai skincare buat dirimu sejauh ini?

 


Komentar

  1. Skr ini aku bersyukur dulu mama selalu ngedisiplinin kami untuk ngerawat muka dari sejak smp. Awalnya facial cleanser, dan pelembab. Semakin gede, baru meningkat pakai toner, serum, masker. Mama bisa marah banget kalo kami tidur tanpa bersihin wajah 🤣.

    Tapi Krn itu, aku skr jadi ga bisa kalo ga pakai skincare setiap hari. Secapek dan semalam apapun sampai rumah, tapi ritual skincare harus selesai dulu baru bisa tidur.

    Krn terbiasa dari dulu, jadi sekali aja skip itu langsung ngerasa ga enak.

    Alasan lain kenapa aku rutin pakai, ya buat kepuasan diri sendiri juga, dan utk suami. Apalagi usia dia LBH muda dari aku 🤣. Jadi ga mau dong kalo aku kliatan tua 😄. Dan temen2 kantornya aku tau banget pada kinclong dan perawatan. Jangan sampe dia pulang ke rumah trus ketemu istri muka berminyak dan kusam 😅

    BalasHapus
  2. Saya juga pakai Brightly ever after serum, terasa banget manfaatnya ini. Sebagai pria, saya akhirnya bisa juga merawat diri.

    BalasHapus
  3. Dulu cuma kenal facial wash, itupun gak paham sama ingredient yg ada, makin ke sini makin banyak informasi tentang skincare, makin ke sini udah lebih paham, dan berasa me time kalau lagi skincarean, di pagi atau malam hari

    BalasHapus
  4. Kak Acha cantk,. putih banget wajahnya.

    Kalau pake skincare Scarlett kudu 1 seri ya apa boleh campur2? Kalo seri yg pink ini apa cocok buat kulit kombinasi dan sensitif? Pengen coba deh soalnya Scarlett pasti terpercaya ya.

    BalasHapus
  5. Siapa sih yang nggak pengen punya kulit sehat sampai nanti-nanti. Semua orang pasti pingin sih.

    Aku juga sependapat, Kak. Menurutku yang selalu rutin memakai skincare tuh biar penampilan bisa selalu oke dan menarik perhatian.

    Ini penting sih untuk networking juga. Hehehe

    BalasHapus
  6. Terima kasih buat tipsnya. Sebenarnya saya bukan orang yang telaten pakai skincare. Tapi memang penampilan itu penting sih apalagi buat content creator.

    BalasHapus
  7. Semua orang tentu ingin punya kulit sehat yaa Ka, tapi untuk dapat kulit yg sehat harus jaga pola makan dan menggunakan skincare seperti yang Ka Acha lakukan. Pakai Scarlett Whitening memang ampuh banget untuk membuat kulit wajah jadi tambah bersih, sehat, dan cerah.

    Ka Acha yang kulitnya udah putih jadi tampak lebih bersih dan bersinar dengan Scarlett

    BalasHapus
  8. Resolusi 2023 banget..
    Ingin kulit sehat dan bersinar. Agar semua itu tercapai, harus banget dirawat dengan sebaik-baiknya menggunakan rangkaian Scarlett Brightly Series yang terbukti aman dan banyak perempuan Indonesia yang cocok menggunakannya.

    BalasHapus
  9. produk scarlett sekarang banyak banget ya macamnya tinggal pilih sesuai kebutuhan kulit. oya, selain skincare, faktor makanan dan istirahat yang cukup juga berpengaruh ya sama kesehatan kulit kita.

    BalasHapus
  10. Rutin pakai skincare bikin wajah jadi sehat terawat ya kak Acha.
    Apalagi ini ada perubahan yang signifikan ya jadi lebih lembab. Dengan begitu bisa dirutinkan hingga dapat hasil sesuai harapan

    BalasHapus
  11. Nyesel sih kenapa ga sejak muda pakai skincare. Padahal dulu aktif banget di luar ruang. Jadi sampe sekarang kulitku hitam deh.

    Tapi lebih baik terlambat daripada tidak pakai skincare sama sekali. Meski aku cuman pakai krim pelembab biar wajah dan badan nggak kering.

    BalasHapus
  12. Saya masih menggunakan Scarlett Brightly Series ini dong. Malah tambah dengan Glowtening serumnya juga. Menggunakan skincare itu sebenarnya bukan untuk gaya gayaan, tapi lebih ke perlindungan dan perawatan

    BalasHapus
  13. pasca operasi tahun lalu saya mulai rutin skincare-an mba. karena pasca operasi kulit tubuh dan wajah saya mengering parah. padahal sebelumnya normal jadi agak cuek soal skincare-an. sekarang jadi terbiasa tuh, kalo gak skincare-an rasanya ada yang kurang. ternyata emang skincare-an itu penting apalagi untuk saya yang mulai masuk club 40's, hehe. dan kebetulan saya juga pakai Scarlett loh untuk skincare-an. suka dengan hasilnya.

    BalasHapus
  14. Memakai skincare secara rutin itu memang perlu ya mbak
    Agar wajah kita bisa terawat dengan baik
    Dan bonusnya akan terlihat awet muda

    BalasHapus
  15. Terima kasih untuk tips mengenai perawatan kulit dan pentingnya memakai skincare secara rutin ya, Ka Acha. Nyesel banget kenapa nggak dari dulu melakukannya.

    BalasHapus
  16. Pakai skincare tuh wajib #menurutaku. Tapi ya Kak, akutuh suka males lakai skincare malam,padahal kan malah penting banget. Emang jadi PR sih ini,pengen awet muda ya kudu rajin pakai skincare. Dan emang ngaruh banget, saat rutin pakai skincare ama enggak.

    BalasHapus
  17. Aku dulu males banget pake skincare, huhu. Tapi ada alasan sih, yaitu takut coba-coba takun pakai yang salah. Padahal bisa dibaca dulu yaa kandungannya, reviewnya, atau konsultasi sama yang berpengalaman.

    Jadi, sekarang saya juga rajin pakai skincare satu diantaranya ini dari Scarlett yang produknya lengkap.

    BalasHapus
  18. Untuk skincare pas saya masih gadis hanya pake pelembab dan bedak aja.
    Pas udah nikah baru lada komplit skincarenya.
    Saya suka scarlet, dan pake scarlet yang pink

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Tanah Cita-Cita (2016) : Melirik Sedikit Kehidupan Masyarakat Mbojo

Pandora Experience : Escape Game Yang Bikin Lupa Kalau Sebenarnya Saya Hanya Sedang Bermain Game