Tips Bepergian Menggunakan Pesawat untuk Pemula

Pengalaman pertama selalu punya kisahnya sendiri, bukan?

Saya pun sama, ketika pertama kali punya kesempatan untuk melakukan perjalanan dengan transportasi udara, muncul kekhawatiran tersendiri sebab belum punya pengalaman sama sekali. Namun, di balik segala perasaan risau tadi, selalu ada euforia yang bergolak, gembira nggak terkira.

Nah, berikut beberapa tips bepergian menggunakan pesawat untuk pemula yang semoga saja bisa menjadi pencerah buatmu yang sedang bersiap untuk menjajal pengalaman baru sebagai penumpang transportasi udara.

persiapan naik pesawat

Tiba Di Awal Waktu

Tiba di awal waktu, dengan estimasi sekitar 1-2 jam lebih awal sebelum waktu keberangkatan, akan memberi dirimu kesempatan untuk menikmati pengalaman pertamamu menjejakkan kaki di airport. Kamu punya banyak kesempatan melihat sekitaran bandara, bersantai di ruang tunggu, mempersiapkan berbagai dokumen yang kamu perlukan juga sebelum melalui proses check in.

Belum lagi, kamu bisa menghabiskan waktu dengan menyantap menu-menu yang disajikan beberapa tempat makan di bandara, ke toilet sebelum masuk ke dalam peawat, atau mungkin kamu menemukan oleh-oleh yang bisa kamu bawa ke tempat tujuanmu. Banyak hal seru yang bisa kamu abadikan di perjalanan pertamamu.

Terkhusus bagi teman-teman muslim seperti Ka Acha, sungguh tiba lebih awal di bandar udara, menyajikan kesempatan lebih untuk melakukan ibadah shalat sebelum waktu penerbangan. Bisa melakukan jamak qashar, atau pun jadi nggak terlewat waktu Subuh saat mengambil penerbangan pagi. Tentu saja, demi mengantisipasi perbedaan zona waktu sepanjang perjalananmu, misalnya perbedaan waktu Jakarta dan Bali.

Menyiapkan Semua Dokumen

Setibanya kamu di bandara, segera persiapkan berbagai dokumen yang kamu butuhkan, seperti kartu identitas dan boarding pass. Kamu pun sebaiknya sudah mengulik soal regulasi penerbangan terkini terkait pandemi Covid-19, semisal apakah kamu butuh melampirkan sertifikat vaksin, ataukah kamu perlu melampirkan surat negatif Covid-19.

Dengan demikian, proses check in kamu nggak akan memakan banyak waktu. Kalau dibutuhkan, kamu pun bisa melakukan proses check in secara daring, sehingga mengurangi interaksimu dengan banyak orang lainnya sepanjang dalam perjalananmu.

Menghargai Penumpang Lain

Banyak hal sederhana yang bisa menjadi perhatianmu sepanjang melakukan perjalanan udara. Mulai dari saat memasuki pesawat, sebaiknya mengantre dan memberi jarak nyaman bagi penumpang lain di depanmu. Kemudian, pastikan kamu duduk di nomor kursi sesuai dengan yang telah tertera di boarding pass milikmu. Nggak jauh berbeda dengan menggunakan moda transportasi darat dan laut ya.

Kemudian, sepanjang berada di atas pesawat, perhatikan instruksi yang diberikan oleh pramugari. Pakai sabuk pengaman dengan benar, pun mematikan sinyal di ponsel milikmu.

Usahakan untuk memberi rasa nyaman pada penumpang lain ketika kamu harus bepergian bersama dengan si kecil, pun saat sendiri atau bersama orang terdekat, berbicaralah dengan nada suara yang nggak mengganggu.

Tetap Memakai Masker

Momen terbang di masa pandemi memang banyak berbeda dengan masa sebelum pandemi. Kini, masker menjadi benda yang wajib dikenakan dimana pun, terutama di ruang tertutup seperti dalam pesawat. Jika kamu sedang berada dalam penerbangan panjang, nggak ada salahnya untuk membawa masker pengganti, dan menggantinya setiap 4-6 jam sekali.

Gunakan masker yang secara sempurna menutupi bagian hidung, mulut, dan juga dagumu. Pilih masker dengan sirkulasi baik dan memberimu rasa nyaman.

Membawa Hand Sanitizer

Serupa dengan masker, kebutuhan akan hand sanitizer dianggap sebagai perlengkapan wajib saat akan bepergian kemana pun. Maka, ada baiknya kamu membawa hand sanitizer sendiri, dan meletakkannya di tas atau kantong pakaianmu sehingga mudah untuk diambil saat dibutuhkan.

Nah, demikianlah tips bepergian menggunakan pesawat untuk pemula yang bisa kamu coba. Jika ada tips lain yang ingin kamu tambahkan, silakan bubuhkan saja di kolom komentar ya.

Ah ya, di atas pesawat, terutama dalam penerbangan panjang, seringnya Ka Acha menghabiskan waktu dengan membaca majalah yang sudah disediakan di setiap kantong kursi penumpang. Asiknya, melewatkan waktu terbang dengan melahap beberapa artikel dari majalah penerbangan begini, sering memunculkan insight baru, mencuatkan rencana liburan. Ada saja ide-ide liburan, semisal berkunjung ke pantai yang ada di Bali.

Kalau bosan, beberapa maskapai pun memberi layanan bagi penumpang untuk menonton film atau mendengarkan musik. So, semoga penerbangan pertamamu menyenangkan ya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pandora Experience : Escape Game Yang Bikin Lupa Kalau Sebenarnya Saya Hanya Sedang Bermain Game

Antologi Romantika Cinta Pertama