Staycation Di Holiday Inn Gajah Mada Jakarta Buat Numpang Beresin Naskah Novela

OYO Hotel 1329 Tanjung Pakuan : Linen Bersih Tidur Pun Nyaman

Penat. Hanya satu kata ini saja yang asik mondar-mandir di pikiran saya akhir bulan lalu. Padahal saya sudah meminta jatah tidur yang lebih panjang dibanding biasanya, dan partner saya mengalah untuk mengambil tugas meninabobokan anak-anak. Padahal nggak terlalu banyak pekerjaan dengan deadline berderet yang harus saya selesaikan, bahkan saya masih punya waktu santai untuk baca komik di salah satu platform. Tapi, semua yang sudah saya lakukan di dalam rumah itu, nggak memberi efek berarti untuk semangat saya menjalani hari.

Mau ganti suasana deh. Begitu saja yang saya bayangkan. Sayang keuangan sedang kurang memungkinkan bagi keluarga kecil saya sekadar bersenang-senang. Standar biaya menginap di hotel yang agak lumayan kan, sekitar dua atau tiga ratusan kalau di Kota Bogor. Maka saya hanya memendam keinginan itu tanpa berani menyampaikannya, khawatir partner saya kepikiran juga sama saya.

hotel oyo pakuan bogor
Bagian depan OYO Hotel 1329 Tanjung Pakuan

Hingga … sebuah jalan untuk jalan-jalan di dalam Kota Bogor, terbuka. Rejeki datang pada saya untuk bisa menginap di penginapan mana saja, namun saya hanya perlu bayar kelebihannya -- sekitar enam puluhan ribu, tentu saja karena saya dapat kode promo. Huwaaa … segala rasa bosan akan rutinitas di rumah, mulai melayang, serasa segala beban itu terangkat dari pundak. Tanpa banyak basa-basi, saya men-download aplikasi OYO Hotel, membuat akun di sana, dan … sibuklah saya memilih lokasi untuk menginap. Keinginan saya untuk membawa keluarga kecil kami menjelajah Kebun Raya Bogor tanpa perlu merepotkan Mama Papa saya – sebab rumah orangtua saya sebenarnya nggak terlalu jauh, tapi saya sedang ingin family time saja – akhirnya terbuka.

Jelang hari keberangkatan, saya sudah ceritakan rencana keluarga kecil kami pada Bundo – mertua saya – sehingga beliau nggak akan sedih kalau jatah bermain sama cucu cucunya, libur dulu. Nggak disangka, malah Bundo dan Datuk yang heboh membantu menyiapkan barang bawaan, memberi saran ini itu, sampai mengantarkan saya sekeluarga ke penginapan.

Saya membayangkan kalau Hotel OYO 1329 Tanjung Pakuan ini, nggak begitu jauh dari deretan penginapan di sekitar Botani Square. Ternyata … memang sih, berdekatan dengan Universitas Pakuan Bogor. Tapi, jalan di bagian depan untuk mencapai tempat ini, awalnya membingungkan. Datuk sama sekali nggak menemukan adanya tanda-tanda penginapan di sekitar situ. Jalanan yang cukup sempit – sebab bukanlah jalan utama – membuat kami yang ada di dalam mobil, ikut bertanya-tanya. Namun Datuk lebih percaya pada Google Maps, sehingga apa yang diarahkan oleh aplikasi ini, diikutinya saja.

penanda jalan oyo pakuan bogor
Penanda masuk yang terlihat dari tepi jalan

Benar. Hotel OYO 1329 Tanjung Pakuan ini berada di dalam kawasan sebuah kos-kosan Tanjung Pakuan. Bahkan ada game center di bagian depan pintu masuknya. Untuk mencapai parkirannya, kami dibantu oleh penjaga yang ada di sana. Lagi-lagi, saya kini dibuat bingung. Dimanakah lobi hotelnya?

pintu lobi oyo pakuan bogor
Lobi tampak dari parkiran

lobi oyo pauan bogor
Mari kita masuk ke dalam

lobi oyo bogor
Ruang tunggu yang ada di lobi

Eh, turun dari mobil, saya melirik ke sebuah pintu sederhana yang terbuka, dengan dua orang lelaki muda berseragam merah menunggu di sana. Ada tulisan OYO yang cukup terlihat dari parkiran, dan benar … di lobi mungil itulah saya harus melakukan konfirmasi pemesanan kamar.

Saya jadi sedikit patah hati. Saya kira, dengan harga kamar Twin Standard Bed yang empat ratus ribu sekian itu, lokasi penginapan ini mudah ditemukan keberadaannya. Tapi saya tetap positif, toh saya hanya perlu mengeluarkan dana yang nggak sampai seratus ribu untuk membayar kelebihan harganya. Pun saya rasa, mungkin karena saya menginap di tanggal merah, maka harga kamarnya sedikit naik.

Setelah saya dapat kunci kamar, drama angkut-angkut barang dimulai. Nggak ada fasilitas lift. Wajar saja, sebab penginapan ini hanya ada empat lantai. Dan nggak masalah … toh kamar yang akan saya tempati berada di lantai dua saja. Pun salah seorang petugas OYO Hotel dengan sangat ramah, sigap dan cekatan, membantu membawakan stroller bayi yang kami bawa. Pintu kacanya juga baru bisa terbuka setelah menempelkan kartu kamar yang juga dijadikan sebagai gantungan kunci, sehingga yang bukan pengunjung Hotel OYO 1329 Tanjung Pakuan nggak bisa mengakses bagian dalam penginapan tanpa ijin. Ditambah lagi, kawasan dalam penginapan ini, bebas asap rokok. Hhh … saya lega sekaligus gembira.

kamar mandi di hotel oyo bogor
Buka pintu kamar mandi langsung ketemu wastafel

kamar mandi di oyo
Pemanas air yang berfungsi dengan baik

Memasuki kamar, bagian pertama yang saya periksa, tentu saja kamar mandi. Lantainya kesat, kloset pun bersih dan berfungsi dengan baik. Sayang tempat untuk menggantung pakaiannya cukup tinggi bagi saya. Pemanas airnya berfungsi dengan baik juga kok. Hanya, saya nggak menemukan satu pun perlengkapan mandi, kecuali dua lipatan handuk bersih yang diletakkan di atas meja kecil di depan kamar mandi. Akhirnya, iseng partner saya bertanya pada petugas hotel tadi. Lalu dia berujar, kalau perlengkapan tadi sudah dihentikan pengirimannya dari pihak OYO. Oh ya sudah … kebetulan lokasi penginapan ini berada di perumahan warga, jadilah, kami masih bisa beli saat jalan jalan sore untuk mencari makan malam nanti.

Nggak ada pemandangan unik juga yang bisa kami pandangi dari jendela. Hanya ada gedung lain di seberangnya yang agak nampak kumuh dan entah difungsikan untuk apa. Lagi-lagi, ya sudah, saya menginap di sana bukan bertujuan untuk melamun dan memandangi pemandangan dari jendela lalu pulang, bukan?

Linen housekeeping-nya bersih

Setelah Datuk dan Bundo memutuskan untuk pulang, barulah saya bisa rebahan santai. Perasaan saya langsung merasa nyaman sekali. Bagaimana nggak, linen housekeepinh-nya (selimut, seprei, sarung bantal, handuk) bersih, tempat tidurnya nyaman, AC-nya berfungsi dengan baik, ditambah, wi-fi yang stabil bahkan saya bebas nonton Youtube sepuasnya hingga malam tanpa buffer. Selimutnya juga cukup hangat. Nggak rugi kok bagi saya yang hanya mengeluarkan dana nggak sampai seratus ribu, dengan adanya promo menyenangkan untuk bisa menginap di Hotel OYO 1329 Tanjung Pakuan ini.

wi-fi stabil, nge-YouTube pun lancar sampai malam

Jadilah, saya dan partner juga anak-anak, memutuskan untuk menghabiskan waktu sore hingga malam hanya berdiam di hotel saja. Lagipula, kami perlu mempersiapkan fisik untuk keliling Kebun Raya Bogor esok paginya.

Bisa ngobrol santai jika bosan di kamar

Keadaan penginapan ini di malam hari cukuplah tenang. Suara-suara dari kamar lainnya nggak terdengar, termasuk suara TV atau obrolan. Padahal di sore hari saat kami menyempatkan untuk mencari makan malam, ada cukup banyak tamu yang baru berdatangan. Pun terdapat tempat duduk di dekat tangga yang bisa digunakan para tamu yang ingin bersantai di luar kamar.

Hanya ada sekitar 8 kamar di lantai dua

Ada sebuah warung makan yang berada dekat parkiran kos-kosan tanjung pakuan jika kami ingin makan yang dekat saja sebenarnya. Hanya karena menemukan beberapa orang yang tampak merokok di sana, kami urung. Akhirnya, kami keluar kawasan penginapan, dan memilih membeli makanan yang cukup banyak di sekitar, kemudian menghabiskannya di kamar sembari menonton video di Youtube lagi.

Pagi harinya, sebab kami membutuhkan air panas dan nggak tersedia pemanas air ataupun gelas di dalam kamar, partner saya memutuskan membelinya di warung makan yang berada dekat parkiran. Sayang, warungnya baru buka kembali di pukul delapan pagi, sehingga dua anak kami baru bisa minum susu hangat sekitar pukul segitu. Pun kami memundurkan waktu untuk berangkat ke Kebun Raya Bogor, alih-alih lokasinya yang cukup dekat jika dijangkau dengan naik taksi online. Termasuk, kami membeli sarapan di luar. Untuk urusan makan, memang cukup mudah, sebab penjual makanan kaki lima sangat mudah ditemukan di sekitaran sana.

Begitulah pengalaman saya menikmati rebahan santai di Hotel OYO 1329 Tanjung Pakuan. Mungkin jika kamu memutuskan untuk staycation alias menginap di hotel dan hanya ingin menikmati fasilitas yang diberikan di sana, penginapan ini perlu kamu pertimbangkan kembali sebelum memilihnya melalui aplikasi pemesanan hotel. Namun jika kamu hanya butuh tempat tidur yang nyaman, aman, fasilitas kamar yang enak untuk menyelesaikan pekerjaan – tentu karena wi-fi di sana benar-benar stabil – bisa jadi pilihan buatmu. Apalagi lokasinya yang nggak terlalu jauh dari Universitas Pakuan, pun mudah sekali untuk menemukan makanan kaki lima juga jajanan di sekitarannya. Bagi kamu yang berkunjung ke Kota Bogor untuk urusan tertentu, lokasi ini masih bisa jadi pilihan.

Hotel OYO 1329 Tanjung Pakuan
Jl. Tegal Lega No.2, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16129

Telepon: (021) 29707600

Komentar

1. Noted lah. Semua gambaran di dalam postingan Acha sudah bisa menjadi acuan. Terima kasih ya sudah berbagi.

Balasan
    1. Terima kasih banyak juga sudah berkunjung kemari, Bunda Niar.

Hapus
  2. Oyo sangat membantu saya unt mwnghemat budget kl bepergian. Udah banyak dmn mana dan nyaman. Tq ulasannya

Balasan
    1. Terima kasih juga sudah mampir ke mari Bang Sani.

Hapus
  3. Pelayanan nya oke ya, jd bikin good mood. Yg penting, kl nginap d hotel/apart, aq liat Tempat nya bersih gak. Tq review nya kak ..

Balasan
    1. Banget. Kebersihan itu nomor satu untuk menujang kenyamanan.

Hapus
  4. Informasi yang sangat detail mba. Saya jadi kepikiran juga untuk melepas penat barang sejenak di OYO hotel terdekat ala2 staycation gitu. Siip.

Balasan
    1. Semoga selepas pandemi ini, kita seua bisa bebas staycation ceria lagi ya.

Hapus
  5. Memilih hotel bisa disesuaikan kebutuhan juga ya. Apa yang ingin kita dapatkan di sana dan apa yang tidak diperlukan atau sekedar butuh tempat menginap. Bisa jadi pertimbangan dalam memilih hotel. Thanks mba.

Balasan
    1. Betul sekali, Terima kasih banyak juga sudah mampir ke mari ya Mba Kesih.

Hapus
  6. Konsepnya minimalis ya, dan nyaman.. Harga di bawah seratus ribu murah banget tuh. Reviewnya lengkap. Terima kasih.

BalasHapus
  7. Asyik ya Mbak bisa dapat voucher jadi nginapnya di hotol OYO ni nggak sampe bayar 100k. Udah gitu hotelnya keliatan nyaman kok meski minim fasilitas tapi dengan adanya wifi dan bisa nonton youtube sepuasnya mah saya rasa itu sudah cukup bikin saya tinggal di kamar hotel ini seharian hehe

Balasan
    1. Ya semOga nanti saya juga bisa merasakan nikmat dan nyamannya nginap di hotel OYO :)

Hapus
    2. Iya banget. Saya happy banget bisa dapat voucher menginap, jadi lumayan juga bisa sekalian me time.

3. Aamiin. Semoga selepas pandemi ini, bisa ngerasain nginap di OYO ya Mba.

8. OYO keren ya, di mana saja ada, sangat memudahkan para wisatawan ini OyO, sudahlah murah, nuaman pulak

BalasHapus
  9. sayang ya lokasinya agak susah ditemukan. kalau di tempatku OYO ini masih belum banyak euy hotelnya. padahal harganya lumayan murah

Balasan
    1. Iya. Sayangnya memang OYO Tanjung Pakuan ini nyempil sekali tempatnya, jadi nggak langsung kelihatan dari jalan raya.

Hapus
  10. Aku juga nih kalau menginap di OYO, soalnya harganya cukup terjangkau. Terus juga fasilitas yang diberikan cukup bagus dan nyaman :)

Balasan
    1. Cukup nyaman dan sesuailah ya sama budget yang sudah kite keluarkan.

Hapus
  11. Wah drama juga ya mba pas mau nemuin hotelnya. Kebayang deh hebohnya heeheh. BTW kalo gak ada peralatan mandi Dan gak diinfoin pas booking repot juga tuh. Palagi kalo gak bawa dari rumah ya..

Balasan
    1. Iya sih. Untungnya si OYO Tanjung Pakuan ini nggak jauh dari minimarket.

Hapus
  12. Wah ini dekat kampus ya? Pilihan yang pas ni untuk mahasiswa baru khususnya ya yang masih bingung mau kos dimana

Balasan
    1. Iya Mba Venny. Bahkan di bagian depannya emang deretan kos-kosan Tanjung Pakuan deh, jadi ya kalau belum dapat kamar di kosnya, mungkin bisa sewa kamar OYO-nya dulu kali ya.

Hapus
  13. Aku baru sekali nginap di OYO. Lumayan banget kamarnya untuk budget seadanya. Ya, walaupun gak dapat sarapan, yang penting tidur nyaman.

Balasan
    1. Iya Mba. Memang sesuai sih sama harganya makanya nggak dapat sarapan.

Hapus
  14. Aaaarrrgh, jadi pengen staycation di OYO lagi nih twin. Ayya tuh suka banget kalo diajak staycation, dia hampir tiap hari bilang, "Ma, ayo bobok hotel." ��

Balasan
    1. Nyaman banget soalnya. Biar nggak bosa di rumah mulu ya twin.

Hapus
  15. Untuk rate budget lumayanlah. Beda2 juga sih fasilitasnya. Ada yang lengkap toiletriesnya plus kolam renang

Balasan
    1. Iya. Jadi yaaaa lumayanlah ya. Kalau pun dapat promo ya lumayan juga jadinya.

Hapus
  16. Belum pernah nginap di OYO, ntar kalau ada kesempatan pengen juga deh nyobain OYO di kota Medan

BalasHapus
  17. OYO ada dimana mana ya... Yang penting tidur nyaman dan harga juga bersahabat. Ini sih yang paling penting menurutku, apalagi kalau buat nginap bareng keluarga besar.

Balasan
    1. Dan bersih juga aman. Kalau saya, ini sih tambahan syaratnya.

Hapus
  18. OYO ada dimana-mana yah. Kayaknya tiap kota ada. Kapan-kapan pengen nyoba juga yang premium nih. Atau yg apartemen.
    Sip...makasih infonya ya...

Balasan
    1. Iya deh. Saya termasuk yang penasaran nih rasanya menginap di OYO yang premium atau yang apartemen sekalin. entah bakalan seperti apa ya rasanya. Belum nyobain soalnya.

Hapus
  19. Waduh lumayan juga ya lokasinya di antara area kos-kosan, sampai yang nganter pun bingung. Mungkin harus dikasih petunjuk jalan semacam panah yang lebih jelas deh. Sayang juga enggak lagi disediakan fasilitas sabun mandi, dkk. Untung wi-finya gak buffering ya mba :) Tapi kalau butuhnya tempat tidur yang nyaman aja emang lumayan sih

Balasan
    1. Nah iya. Jadi kalau mau ada urusan apa gitu di Kampus Pakuan Bogor dan memang cuma sebentar saja, OYO Tanjung Pakuan ini bisa bangetlah jadi rekomendasi. Harganya enak, ya fasilitas juga lumayanlah ya.

Hapus
  20. Cakep ini mba hotelnya. Harga terjanglau tapi nyaman sekali. Yap aku pun selalu cek kamar mandinya. Hehhe

Balasan
    1. Itu pengecekan tahap pertama yang penting banget memang ya Mba.

Hapus
  21. bulan lalu saya juga nginep di OYO tapi daerah puncak deket banget sama taman safari. Ternyata di tanjung pakuan bogor juga ada ya. bagus deh hotel-hotel OYO, jadi pengen nyobain hotel OYO yang lainnya, hihi.

Balasan
    1. Nyaman nggak ya di sana? Boleh nih kalau niat main ke Taman safari sekalian nginap di OYO Hotel sana.

Hapus
  22. Staycation saat ini memang jadi pilihan ya, Mbak. Jadi bisa liburan tipis-tipis saja, tapi tetap menyenangkan. Dan Oyo bisa sekali jadi pilihan pas staycation. Harga terjangkau dengan fasilitas yang sangat memuaskan.

Balasan
    1. Iya banget. Semoga selepas pandemi ini, bisa liburan tipis tipis lagi.

Hapus
  23. Kalau yang ada kegiatan di sekitar Universitas Pakuan bisa nih jadi jujugan penginapan OYO Hotel 1329 Tanjung Pakuan Bogor. makasih infonya, Mbak

Balasan
    1. Sama sama Mba. Iya banget nih, kalau buat yang ada kegiatan di sekitar sana dan butuh menginap.

Hapus
  24. OYO ini langganan keluarga kami mbak..
    Klo staycation di OYO selalu puas, terakhir kmrn nyoba staycation di OYO yg ada di my tower surabaya

Balasan
    1. Wah, mantap. Sampai OYO My Tower Surabaya pun jadi langganan.

Hapus
  25. terlihat minimalis ya kak kalau untuk spot foto, untung juga petugasnya ramah ya kak :3 di tempatku juga mulai banyak oyo dan kapan-kapan aku ingin staycation juga, penginnya sih berburu yang instagrammable gitu sekalian :3

Balasan
    1. Iya. OYO Tanjung Pakuan ini minimalis untuk foto foto. Ada beberapa juga kok OYO di Bogor yang ngasih spot foto kece. Tapi kemarin pilihanku jatuhnya ke sini karena nggak jauh dari Kebun Raya Bogor.

26. wah asik banget mbaa bisa mampir di oyo :D hehe

BalasHapus
  27. Wah pas ke Tegal bisa nih aku nginep disini. Enak ya mbak ada OYO bisa pilih-pilih hotel tanpa harus mondar-mandir. jadi kita bisa mempertimbangkan kembali hotel mana yang mau kita pilih

28. Enaknya kalo pilih penginapan pake OYO, kita bisa pilih-pilih hotel sesuai keinginan kita. Kalo cocok ya tinggal booking. Itu pun secara online :)

29. tidak ada toiletries dan penyeduh air ya mbak. hmmmm... kayaknya saya harus baca2 lagi soal fasilitas di aplikasinya OYO

Balasan
    1. Iya deh. Saya pun jadinya perlu lebih teliti lagi sih kalau pilih lokasi. Sayangnya memang di aplikasi nggak disebutkan. Hanya tertulis nggak dapat sarapan saja.

Hapus
  30. wah .. itu yang penting kalau nginep di hotel. WIFI tanpa buffer kalau mau nonton film. wkwkwk

Balasan
    1. Salah satu hal yang membahagiakan ya kalau dapat WiFi lancar jaya gini.

Hapus
  31. Aku jg sekarang pakai oyo untuk pesan hotel, selain banyak referensi hotel harganya juga terkterjan banget. Banyak lagi ditemuin diberbagai tempat di Indonesia..

Balasan
    1. Iya ya. Harganya seringnya enak di kantong. Bahkana da kamar kos juga yang disediakan sama pihak OYO ini.

Hapus
  32. Senang banget ya mbak bisa menginap di OYO ini apalagi bisa bareng keluarga, saya pun beberapa kali menginap di OYO.

Balasan
    1. Wah, mantap nih pengalaman menginap di OYO nya Mba Arda.

Hapus
  33. Aku memang beberapa kali berjodoh dengan OYO. Meski ga selalu ada kolam renang, tempat bersih dan strategis sudah cukup.

Balasan
    1. Iya ya. Nggak selalu dapat kolam renang, tapi cukup bersih dan bisa bersantai ya lumayan.

Hapus
  34. Terlihat simpel dan bersih ya mbak, staycation jadi nyaman dan kalo mau kerja juga enak

BalasHapus
  35. 2018 lalu juga sempat nginap di hotel OYO di Jakarta, nyaman dan tenang juga yg paling penting sih emang kalau linen bersih ya, biar kita juga jadi nyaman apalagi dengan WIFI yg stabil bisa betah deh hihihih. Sayang ya, OYO menghentikan toiletries nya itu. Semoga OYO ada di Kendari juga deh nanti biar bisa staycation hemat jugalah ini.😁

Balasan
    1. Entah mungkin dihentikan untuk beberapa cabang sepertinya ya. Solanya dari beberapa teman yang sudah merasakan menginap di OYO juga, masih ada yang menyediakan toilettries-nya kok.

Hapus
  36. OYO emang keren deh, kalau kita low budget buat cari penginapan, OYO bisa jadi referensi banget, karena tarif kamar yang murah dan fasilitasnya juga alhamdulillah memuaskan

BalasHapus
  37. Hotel oyonya nyaman ya, fasilitasnya juga enak. Minimalis. Belum pernah nyoba pakai OYO nih. Jadi penasaran nginap di OYO.

Balasan
    1. Semoga ada kesempatan untuk mencoba menginap di OYO ya mba.

Hapus
  38. OYO emang hotel budget tapi tetep fasilitasnya oke ya, Kak. Liat foto-fotonya menarik banget kayaknya nginep di sini.

Balasan
    1. Iya. Cukup nyaman sih menginap di OYO Tanjung Pakuan ini.

Hapus
  39. OYO emang Ok bgt lah aq jalan2 kelilibg jawa nginep selalu pkai kyo harga terjangkau tp fasilitas keren punyaaa loh

Balasan
    1. Wah, keliling Jawa nginap di OYO? Loyal sekali. Keren.

Hapus
  40. Achaaa aku jadi pengen cobain OYO hotelnya cha. Untuk OYO Bogot, ini yang terbaik ya cha?

Balasan
    1. Kurang tahu deh Mba, OYO mana yang paling terbaik di Bogor. belum nemu review-nya sih.

Hapus
  41. Lumayan banget ya Mbak, bisa rebahan nyaman di penginapan & bebas youtuban cuma keluar 60ribu aja. Lumayan buat melepas penat. Tapi agak susah juga ya lokasinya ditemukan. Ya emang tergantung kebutuhan sih mau fasilitas apa aja dlm memilih penginapan. Ada OYO cukup membantu ya

Balasan
    1. Nah, pada akhirnya kepuasan menginap itu tergantung banget sama kebutuhan kita ya.

Hapus
  42. Lumayan yah kalo oyo diluar daerah lebih bagus dibandingkan di Jakarta, dari segi pelayanannya dan fasilitas nya

Balasan
    1. Iya kah? Duh belum pernah nyobain nih kalau yang di Jakarta.

Hapus
  43. Wah iya linen nya bersih banget ya. Jadi nyaman mau liburan di kamar oyo. Apalagi hemat

Balasan
    1. Hemat dan dapat linen bersih sih sudah bikin senang ya.

Hapus
  44. Saya baru sekali nginep di OYO dong, memang bagus ya, bersih banget sih, karena masih baru juga kayaknya :D
    Meski hotelnya biasa, tapi kalau bersih mah oke-oke saja.
    Sekarang di Surabaya bahkan OYO sudah merambah hotel yang besar :)

Balasan
    1. Wah, pantas kalau OYO di Surabaya nampaknya jadi salah satu primadona untuk menginap.