The Davincka Code : Buku Perjalanan Hidup Jihan Davincka

Horimiya (2021) : Pertemuan yang Mengubah Segalanya

Terkadang jalinan takdir memang senang bermain-main ya.  Mengijinkan kita untuk menikmati rasa sakit sebelum membawa rasa nyaman demi bisa mensyukurinya di kemudian hari. Saya rasa, inilah yang ingin disampaikan oleh anime Horimiya.

Komedi romantis yang menjadi genre utama dari anime Hori-san to Miyamura-kun yang memang diadaptasi dari manga Horimiya karya Hiroki Adachi dengan nama penanya Hero ini, memberi petunjuk bahwa setiap orang memiliki sisi diri yang begitu ingin disembunyikannya dari khalayak. Alasannya? Ya … hanya seseorang tadi yang paham sebab ia lah tokoh utama yang menjalaninya.

Anime yang tayang sepanjang 13 episode di salah satu platform layanan sttreaming ini sungguh ringan bagi Ka Acha. Menyenangkan untuk dijadikan tontonan marathon. Tapi … pesannya terasa manis, memikat, melekat.

Anime tentang dua orang yang menyembunyikan sisi lain dirinya di luar sekolah

Sinopsis Anime Horimiya

Entah mengapa saya lebih mudah tertarik pada sosok laki-laki yang suram, muram, sosok yang kemudian berdekatan dengan sosok perempuan yang cerah ceria ibarat musim semi yang merona merah muda. Horimiya pun memiliki rasa yang nggak jauh berbeda dengan anime Taisho Otome Otogibanashi.

Izumi Miyamura semenjak lama nggak pernah memiliki seorang pun teman di sekolah. Ia dijauhi, dikucilkan. Di kelas, sosoknya ada tapi seolah nggak ada. Ia lebih memilih untuk banyak berdiam, mengenakan pakaian panjang rapi, berambut panjang yang sedikit menutupi wajahnya, pun menggunakan kacamata.

Siapa sih yang akan menyangka kalau Izumi Miyamura punya tampilan berbeda di luar sekolah? Wajahnya tampan dengan gaya punk nan santai. Ia punya sembilan buah tindikan, empat di masing-masing telinga, dan satu di bibirnya.

Tapi … lagi-lagi, penampilannya di luar sekolah nggak menjadikan ia lelaki yang kasar. Izumi Miyamura sesungguhnya hanya kesepian, dan menerima kesendiriannya dengan berpenampilan demikian. Izumi Miyamura lelaki yang lembut, bahkan telaten mengurusi orang lain.

Di sisi yang berlawanan, ada Kyoko Hori, teman sekelas Miyamura yang merupakan gadis populer. Ia dikenal cantik, bahkan banyak sekali anak lelaki baik yang sekelas dengannya maupun yang berbeda kelas, jatuh hati dan berharap bisa menjadi kekasih Hori. Tentu dengan tegas Hori menolak para lelaki yang nggak punya keberanian untuk berkata langsung padanya.

Bukan hanya cantik. Kyoko Hori persis paket lengkap. Ia juga murid yang pintar dan hangat. Di kelas, ia berteman dengan Toru Ishikawa yang diam-diam juga menyukainya, dan Yuki Yoshikawa si gadis berambut pendek yang suka sekali dengan game.

Sayangnya, Kyoko Hori pandai menyembunyikan sisi dirinya yang lain di luar sekolah. Sebenarnya ia adalah kakak perempuan yang sibuk mengurusi berbagai urusan rumah tangga, sebab ibunya adalah seseorang yang begitu gila kerja. Semenjak jam sekolah berakhir, tugasnya beralih mengurusi Sota Hori, adik laki-lakinya yang masih cukup kecil.

Jika di sekolah Kyoko Hori nampak manis dengan rambut panjangnya yang tergerai, juga gayanya yang persis siswi populer, di rumah ia akan berubah menjadi gadis super sederhana yang nggak lagi memedulikan penampilannya. Ia hanya mengikat rambutnya ke belakang, mengenakan kaos ternyaman, dan nggak banyak keluar rumah seperti yang kebanyakan siswi populer lakukan.

Suatu hari, takdir membawa Hori-san to Miyamura-kun bertemu dengan sisi unik mereka masing-masing. Sota terjatuh hingga mimisan. Maka Miyamura mengantarkannya pulang. Di sanalah Miyamura pertama kali mengenali Kyoko Hori dalam balutan pakaian ala rumahannya yang sungguh biasa saja.

Apa Hori-san mengenali Miyamura-kun dalam tampilan super santai ala punk-nya? Oh, tentu saja nggak. Namun setelah sadar, keduanya jadi punya janji untuk saling menjaga rahasia masing-masing soal sisi lain diri mereka di sekolah.

Berawal dari situ, Hori dan Miyamura makin lama makin akrab. Kedekatan mereka terbangun secara alamiah, didukung oleh Sota yang selalu ingin Miyamura datang berkunjung ke rumah keluarganya.

Kalau sudah lepas seragam jadi begini

Waktu berlalu cepat. Hori dan Miyamura yang tadinya saling mengenal saat jenjang kelas 1 di SMA Katagiri menyadari perasaan yang muncul setelahnya. Di kelas 2 mereka memutuskan untuk menjadi pasangan kekasih setelah ayah dari Kyoko Hori, Kyosuke Hori mempertanyakan hubungan keduanya.

Hingga perubahan hidup dari Izumi Miyamura terjadi di jenjang terakhirnya sebagai siswa SMA. Miyamura yang dulu nampak suram, murung, penyendiri, mendadak punya keberanian. Hori membawanya pada warna kehidupan yang berbeda. Menariknya keluar dari kesendirian. Hori menyayangi Miyamura dengan sepenuh hati, pun berjuang untuk selalu menjaganya.

Selanjutnya, akankah kehidupan Izumi Miyamura akan terus berwarna? Berubahkah ia dari dirinya yang pendiam dan lebih banyak mendengarkan menjadi sosok yang lebih ceria? Langgengkah hubungannya dengan Kyoko Hori setelah seisi sekolah sadar akan ketampanan yang selama ini Miyamura sembunyikan?

Lalu, bagaimana dengan kehidupan Kyoko Hori? Apakah ia akan terus-terusan menyembunyikan sisinya sebagai gadis sederhana di balik topeng gadis populer di sekolahnya? Beranikah ia mengumumkan pada seisi sekolah kalau dirinya memang menyayangi Miyamura, dan Miyamura pantas untuk dirinya? Bisakah ia menjaga hati Miyamura yang sebenarnya cukup rapuh, sementara dirinya pun hampir sama?

Hanya dalam 13 episode saja, rasa manis, getir, tawa, sendu, bersatu padu. Hhh … nggak butuh waktu lama buat saya untuk menonton ulang anime Horimiya untuk kali kedua sebelum menayangkannya di Taman Rahasia Cha. Amine satu ini, layak untuk dinikmati oleh kamu yang suka sekali genre komedi romantis berlatar kehidupan SMA.

Kesan Menonton Horimiya

Hati Ka Acha sering terasa hangat mendapati perlakuan yang diberikan Miyamura untuk Hori, dan sebaliknya. Perasaan yang tersampaikan dengan cara yang sederhana, nggak berlebihan. Keduanya pun berakrab-akrab selayaknya dua anak SMA yang punya tanggungjawab pada diri dan masa depan masing-masing.

Kadang ada juga momen saya senyum senang sampai hampir terbahak mendapati sikap Hori yang kasar dan sesukanya pada Miyamura. Tapi kemudian malah dibalas lembut dan penuh sabar sama Miyamura bikin Hori salah tingkah. Sungguh tingkah mereka saling berlawanan dengan tampilan fisik sehari-harinya ya.

Perubahan Miyamura pun nggak terjadi ujug-ujug. Bahkan bagi saya, Miyamura karena sudah menerima diri dan masa lalu kelamnya, hanya bersikap bijak. Sesekali ia jadi sosok berbeda, itu pun karena tuntutan dari pacarnya. Pantas saja rate bintang 4 dari 5 diberikan untuk anime Horimiya. I see, I know.

Salah paham yang menggemaskan. Momen manis yang bikin jantung berdegub kencang. Pertemanan yang hangat dan lekat. Ahhh … perpaduan yang seketika membuat saya merindukan masa SMA jadinya. Momen yang orang labeli “masa paling indah” dan latar cerita yang pandai memikat penonton usia dewasa muda seperti saya.

Kejutan dari Anime Horimiya

Sejujurnya, ini kali kedua saya menonton anime Horimiya. Tahun lalu, entah di bulan berapa, saya sebenarnya sudah menyaksikan semua episodenya hingga tamat. Sayangnya, niat untuk menuliskan pengalaman menonton itu harus berakhir dengan lupa.

Segalanya kembali muncul dan menggerakkan diri saya untuk mengikuti dari awal episode yang Horimiya sajikan semenjak disadarkan bahwa tahun ini akan dimunculkan kisah spin off Horimiya berjudul Horimiya Piece. Pemicunya sungguh bikin geregetan ye khan?

Dear .. Izumi Miyamura dan Kyoko Hori, ditunggu kisah manis selanjutnya

Ka Acha yang memang gemas sekali dengan tampilan kalem Izumi Miyamura tentu jadi tergoda. Ya masa sih pengalaman menonton Horimiya dilupakan lagi tanpa dibagikan di Taman Rahasia Cha. Iya kan?

Sekarang, saya menemukan diri saya tengah masuk ke dalam barisan para penyuka anime yang menunggu kehadiran Horimiya Piece. Walau jika diperhatikan dari kisah yang dimunculkan pada manga-nya, sebenarnya 13 episode di serial Horimiya saja sudah cukup mengisahkan perjalanan cinta dan perubahan hidup Kyoko Hori dan Izumi Miyamura.

Penasaran banget, akan seperti apa kisah yang selanjutnya disajikan Horimiya Piece? Apakah Hori akan berakrab-akrab dengan keluarga Miyamura sehingga sisi kehidupan Miyamura bisa digali lebih dalam nantinya? Bagi kamu yang sudah punya informasinya lebih dulu, please tell me yaaa.

 

 

 

Komentar

  1. Semoga deh Miyamura diakui sama Kyoko Hori sebagai pacarnya..keduanya rapuh sebenarnya, klop, hanya Kyoko Hori berlindung di balik topeng kepopuleran..
    Wah..cerita yang asyik ini Kak Acha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berasa banget sebenarnya Kyoko juga butuh dijaga sih walau dia kelihatan tangguh.

      Hapus
  2. Adikku suka banget sama Anime, Kak. Aku bakal rekomendasikan Miyamura dan Hori deh. Hehehe

    BalasHapus
  3. Awalnya aku pikir, Horimiya ini adalah serial komik. Ternyata anime yang tayang di aplikasi streaming ya kak, wah bisa ikutan nonton nih. Mumpung ada waktu longgar buat nonton

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Tapi memang animenya hasil adaptasi dari serial komik berjudul sama kok.

      Hapus
  4. Ceritanya menarik kak, coba nonton ah. Ini film dari 2021 kan ya, brti seharusnya gampang dicari.

    BalasHapus
  5. Waaah, dah lama nggak menikmati anime. Horimiya ini diadaptasi dari manga ya, Kak? Menarik nih. Mau nonton ah.

    BalasHapus
  6. Waktu SMU demen daku sama anime.
    Cuma pas sekarang udah jarang lihat.
    Karena dulu waktu SMU punya temen yang suka update komiknya heheh

    BalasHapus
  7. Ngobrolin masalah takdir ini memang aga berat ya..
    Tapi kalau endingnya manis sih.. pastinya jadi terharu kalau mengingat masa lalu, masa perjuangan.
    Aku sukaaa... anime model anime Horimiya.
    Cobain incip kalau cuma 13 episode.

    BalasHapus
  8. aku udah lama banget nggak nonton anime. dulu suka banget sama detektif conan. eh ini termasuk nggak sih? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem kak, detektif Conan masuk anime deh.
      Soalnya ini tayangan daku juga, yang kala itu nontonnya ternyata udah tayangan ulang hehe.

      Hapus
  9. Jadi kangen nonton anime, kudu dimulai dari Horimiya ini sepertinya, biar hati ikutan hangat saat menontonnya. 13 episode siap dilahap oleh mata nih anime-nya.

    BalasHapus
  10. suamiku nih penggemar anime dan sekarang lagi ditularin ke anakku hehe.. tapi ternyata bagus-bagus juga ya ceritanya

    BalasHapus
  11. Wah udah lama banget sih gak nonton anime! Dulu aku suka banget sampe dibela-belain beli dvd di amang-amang pinggir jalan. Kalau sekarang musimnya streaming ya hahaha

    BalasHapus
  12. Wajahnya mirip2 wkwk kalo nggak karena rambut yg membedakan kyanya agak susah ya.. saya biasanya baca komik anime waktu sekolah dulu. Sekarang udah nggak wkwkwk

    BalasHapus
  13. temen kantor ku WIBU tuhh, suka banget sama anime-anime, coba rekomenin anime ini juga ahhh

    BalasHapus
  14. Membaca sinopsis Horimiya, kayanya ringan-ringan berat, ya, ceritanya. Jadi penasaran cerita selengkapnya nih tentang perjalanan Miyamura sama Kyoko Hori

    BalasHapus
  15. Aaahhh jadi inget masa kecil yang Wibu banget deh. Apalagi ini ceritain masa SMA. Jadi nostalgia lagi deh di masa senang2nya. Aku mau rekomen ini jg ah ke temen yg suka anime.

    BalasHapus
  16. Anime emang ceritanya seru dan bikin nagih. Anime horimiya bisa jadi list buat nonton nanti nih.

    BalasHapus
  17. Boleh nih masuk list nonton.
    Sambil nunggu One piece update tiap minggu, mending luang waktunya buat nonton Horimiya (2021).

    BalasHapus
  18. Pas banget nih lagi pengen nonton anime gemes gitu, setelah nonton beberapa anime ternyata seru juga walau kadang jalan ceritanya agak aneh..

    BalasHapus
  19. Singkat dan padat, dalam 13 episode semuanya bisa kita selesaikan secara keseluruhan ya anime ini. Rekomendasi banget nih sepertinya

    BalasHapus
  20. Jadi penasaran pengen nonton, sudah lama enggak nonton anime. Ini per episodenya berapa menit, Kak?

    BalasHapus
  21. Jadi penasaran pengen nonton, sudah lama enggak nonton anime. Ini per episodenya berapa menit, Kak?

    BalasHapus
  22. Saya sebenarnya tidak begitu menyukai anime, tapi kalau sudah suka sama jalan ceritanya, pasti menggebu-gebu pengen nonton dan penasaran terus.

    Setelah baca ulasan ini jadi pengen nonton anime Horimiya ini

    BalasHapus
  23. Kalau nonton Anime jadi ingat salah satu teman yang penyuka anime. Seyiap ahrinya di tidak mau melewatkan film-film anime untuk ditonton.

    BalasHapus
  24. Jujur udah lama banget nggak nonton anime. Apalagi anime sweet kek Horimiya gini. Nonton ah kalau senggang

    BalasHapus
  25. Jadi penasaran pengen nonton juga kalo aman baru anakku boleh nonton ini juga

    BalasHapus
  26. Anime gini kesukaan anakku yang cewek, beli buku lihat di youtube dan instagram kalau lagi freetime (gusti yeni)

    BalasHapus
  27. Aku dah lama banget nih ga nonton anime. Yg suka nonton anime biasanya tuh adek ipar sma keponakan. Kapan2 ah, tak coba nonton.

    BalasHapus
  28. kalau dulu pengen balik lagi ke masa masa pacaran yang ehem, pasti aku baca komik lawas. sekarang mah tinggal nonton anime ya, hahahaha. tapi meski anime, tetep ya nontonya pas anak-anak udah bobo, soalnya bukan anime anak yang full action dan lucu, hihihi

    BalasHapus
  29. Wah udah lama bnget gk baca manga apalagi nonton anime. Lihat review kk jadi kangen nonton sama baca mng lagi deh.

    BalasHapus
  30. Anime yang cukup seru untuk diikuti dan asik dalam setiap karakter yang disampaikan.

    Terima Kasih Kak, nontonnya di Netflix dulu kalau nggak salah

    BalasHapus

Posting Komentar