Penghargaan Pahlawan IDN dari IDN Media 2021

Apa sih yang lekas sampai di dalam pikiranmu ketika mengenang hari pahlawan?

Mungkin, orang-orang yang kamu kenang sesaat kemudian adalah para veteran yang di jaman sebelum gempita masa kemerdekaan, turut mengangkat senjata demi berdirinya Republik Indonesia. Kamu larut dalam khidmatnya upacara yang ditayangkan di televisi nasional di sekitar Taman Makan Pahlawan. Menunduk diam penuh kenang bersama alunan lagu Indonesia Raya.

Kali lain, mungkin bayangan yang selanjutnya dimunculkan oleh memorimu tentang sosok pahlawan rupanya adalah orang terdekat yang menemanimu bertumbuh hingga hari ini. Sebut saja, Ibu. Sosok penuh kasih yang selanjutnya akan menerbitkan air mata haru setiap kali mengingat kisah perjuangannya dalam mendidikmu dengan sedari masih dalam buaian.

Atau, bisa jadi, akan hadir sosok Ayah yang dengan perjuangan setengah matinya bagi keluarga, membentuk jiwa tangguh dalam dirimu. Sosok yang walau dalam diam telah menyampaikan kasih sayangnya dengan menemani kamu berjuang, melindungimu, menjagamu dari keras dan lelahnya kehidupan, hingga kamu siap untuk bertarung menghadapi dunia yang nggak selalu menyajikan kegembiraan.

Rupanya, jika pertanyaan ini sampai ke meja IDN Media, maka akan terjawab dengan sebuah kata sederhana nan bermakna, inspirasi. Sosok pahlawan muda Indonesia di masa kini yang berkontribusi bagi negeri. Mereka yang berjuang untuk memberi arti, melalui berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan, teknologi, eknomi, kreatif, dan komunitas.

 

Perayaan Hari Pahlawan oleh IDN Media

IDN Media, sebagai sebuah perusahaan media platform yang menyasar para kaum Milenial dan Gen Z – ouw, generasinya Ka Acha dan kamu nih – di Indonesia, dimana menurut perhitungan Monthly Active Users (MAU), memiliki lebih dari 70 juta pengguna aktif, turut menghadirkan perayaan hari pahlawan dengan menggelar acara penghargaan Pahlawan IDN Media.

Dengan gelora visi yang IDN Media miliki, yaitu sebagai wadah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat, dihadirkanlah program independen yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para figur muda, tokoh pahlawan masa kini dari kaum muda Indonesia, pada tanggal 10 November lalu.

Tema besar yang diusung oleh IDN Media dalam menghadirkan ajang ini rupanya, semangat Satu Negeri Beragam Inspirasi. Aih, ternyata inilah yang menjadi dasar, mengapa 5 orang pemenang penghargaan Pahlawan IDN Media 2021 yang telah terpilih, merupakan sosok inspiratif muda yang kiprahnya bagi sekitarnya sungguhlah luar biasa.

Jika mengutip ungkapan pesan dari salah satu jurinya, Najeela Shihab (Pendidik dan Pendiri Semua Murid Semua Guru), menyampaikan  “Memberdayakan pihak lain juga harus dimulai dengan memberdayakan diri kita sendiri, jadi saya harap, akan lebih banyak orang yang sadar bahwa diri kita sendiri, adalah perubahan yang selama ini kita nanti-nantikan.”

Nah, jika diresapi, makna sesungguhnya … siapa saja bisa menjadi pahlawan. Dalam diri setiap kita, memliki sisi pahlawan yang sesungguhnya menunggu untuk dibangunkan. Dimunculkan dengan berbagai gerakan dan semangat yang kemudian bermuara pada kontribusi. Paling nggak, menjadikan dirinya sebagai perubahan yang ia impikan untuk kehidupannya sendiri saja dulu.

 

Dewan Juri dari Penghargaan Pahlawan IDN

Dengan memperhatikan secara mendalam beberapa aspek yang menjadi titik utama dari penilaian yang dilakukan, sehingga muncullah 5 pemenang penghargaan IDN Media, ada para juri yang menilai dengan jeli sisi orisinalitas dan keunikan ide yang diusung oleh para calon penerima penghargaan.

Nggak sampai di situ saja, ada aspek lain yang diteropong, yaitu tujuan kegiatan, hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor terkait, serta keberlanjutan inisiatif dari para pemenangnya kelak dalam jangka panjang. Maka, penghargaan yang diberikan bukanlah kepada sosok pemuda yang hanya berkontribusi demi dikenal dunia, melainkan sosok yang berjuang dengan passion dan hati ya.

Adapun para dewan juri yang terlibat bersama Najeela Shihab, seperti yang sudah Ka Acha sebutkan lebih awal dan mengutipkan sedikit ungkapan yang beliau sampaikan kepada para pemenang Pahlawan IDN Media, muncul pula beberapa nama berikut selaku bagian dari para dewan juri ajang ini, yaitu :

  • Winston Utomo (CEO IDN Media)
  • Zefanya Deby (Head of Communications IDN Media)
  • Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times)
  • Najelaa Shihab (Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru)
  • William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP)

Ka Acha menemukan ungkapan lain yang turut pula disampaikan oleh dewan juri, dimana kemudian ungkapan ini memberi semangat sesungguhnya bukan hanya untuk hari pahlawan dimana pemberian penghargaan ini dilaksanakan, melainkan pula untuk seterusnya.

William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP) menyampaikan, “Saya sangat terinspirasi oleh teman-teman yang bahkan sudah berkomitmen untuk melakukan misi sosial dan lingkungan ini di usia yang masih sangat muda. Bahkan, beberapa ada yang masih duduk di bangku kuliah. Terima kasih atas partisipasi teman-teman dan akan apa yang sudah kalian lakukan sejauh ini. Perjalanan kalian masih sangat panjang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari support system yang dapat mendukung hal-hal baik yang telah teman-teman inisiasi.”

Ka Acha jadi ikut merasa haru. Luar biasa ya para pahlawan muda yang akhirnya mendapatkan hadiah, bukan hanya berupa uang tunai, melainkan juga dalam bentuk dukungan publikasi dari IDN Media selama 1 tahun. Wua … kesempatan yang sayang banget untuk dilewatkan, demi memperluas jangkauan kontribusi ini sih. Mantap.

Sungguh IDN Media terus memperjuangkan agar dapat memberikan dampak positifnya pada masyarakat, seperti yang banyak dilakukan oleh berbagai lini yang IDN Media miliki. Kalau kamu ingat tulisan Ka Acha tentang film Balada Si Roy nih, salah satunya. Bagaimana IDN Media berkontribusi dalam menghadirkan pesan-pesan baik melalui berbagai sisi.

 

Pemenang Penghargaan Pahlawan IDN

Menjadi sosok yang berkontribusi dan menginspirasi bukanlah merupakan salah satu wujud dari sukses di usia muda saja, sebab berada di posisi ini belum tentu bisa digapai tanpa perjuangan menghadapi terpaan angin tantangan, bertarung agar impian yang melesap di hati bisa diwujudkan. Pun menghadirkan perjuangan dalam berbagai bidang bukanlah hal yang bisa dilakukan dalam semalam.

Maka, inilah lima pemenang yang telah mendapatkan anugerah Pahlawan IDN dari IDN Media, dan diumumkan melalui TikTok IDN Media.

Riliv, diwakili oleh Audrey Maximillian Herli

Mengusung tagline The Peace Of Mind Social Network, Riliv memang dihadirkan sebagai wadah bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan dari psikolog profesional. Aplikasi yang akhirnya didirikan, bermula dari kegelisahan akan banyaknya orang yang memilih curhat di media sosial namun nggak berhasil mendapatkan feedback yang diharapkan, malah berujung menjadi korban bully.

Plana (Plastic for Nature), diwakili oleh Joshua Christopher Chandra

Berawal dari rasa percaya akan masa depan yang baik adalah dimana alam bukan lagi untuk dieksploitasi melainkan dilestarikan, sehingga Plana hadir untuk membantu menghadirkan solusi demi manfaat bagi semua. Plana berupaya untuk memulai perubahan kecil dengan mengubah berbagai sampah plastik menjadi produk baru. Plana merupakan perusahaan sosial yang merevolusi daur ulang plastik.

Mataharikecil Indonesia, diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful

Sebuah komunitas terorganisasi yang menggerakkan impian besar untuk mengurangi angka putus sekolah di Indonesia melalui pendekatan “economic empowerment quality access education for all”. Menggerakkan anak muda untuk berkontribusi semisal melalui voluntary teaching, dan Indonesia Youth Sociopreneur untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarga dari para anak didiknya.

BecomeMore Indonesia, diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa

Merupakan sebuah komunitas bagi para siswa-siswi jenjang sekolah menengah, SMP dan SMA, se-Indonesia. Dimana banyak kegiatannya berfokus pada pengembangan diri (self development) dengan mengadakan berbagai kegiatan konferensi dan lain sebagainya.

Literasi Anak Banua, diwakili oleh Alvian Wardhana

Bersinggungan dengan literasi, mengkhususkan diri pada gerakan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak di wilayah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) di Indonesia. Sungguh semangat yang luar biasa karena menyasar calon generasi penerus agar menjadi sosok yang lincah dalam literasi.

Wah, jika Ka Acha lirik dari berbagai kegiatan dan tujuan yang diwujudkan perlahan oleh para pemenang penghargaan Pahlawan IDN 2021 ini, memang pantaslah mereka disebut sebagai pahlawan muda yang bukan hanya punya cita-cita besar, namun sudah memulai langkah-langkah kecil untuk perubahan yang besar.

Selamat! Semoga banyak karya yang terus mengalir dari para pemenang penghargaan Pahlawan IDN di tahun ini. Terus berjalan dan memperjuangkan tujuan baik tanpa lelah. Semoga menjadi inspirasi bagi calon pahlawan muda selanjutnya untuk berdaya dan menjadikan tanah air kita jaya. Kalian semua luar biasa.

 

Komentar

  1. IDN setahuku yang menyediakan berita bagus dan berkualitus itu, wah mantap ini juri-jurinya luar biasa. Pahlawan IDN memang keren.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkah Pohon Enau Dari Tepi Hutan Gunungsari Lombok

Mercusuar Cikoneng dan Titik Nol Kilometer Jalan Raya Daendels