Staycation Di Holiday Inn Gajah Mada Jakarta Buat Numpang Beresin Naskah Novela

Mie Ayam Bangka Rasa : Pilihan Makan Mie Ayam Di Yasmin Bogor

Mie Ayam Bangka Rasa yang berlokasi di Yasmin Bogor ini, langsung menyembul dalam memori kulineran saya setelah menemukan pertanyaan di Instagram Story salah satu teman saya. Pertanyaannya sesimpel, “Di mana sih Mie Ayam yang enak menurut kamu?”

mie-ayam-pangsit-bangka-rasa-yasmin-bogor

Lidah saya pertama kali berkenalan dengan rasa gurih bikin nagih dari Mie Ayam Bangka Rasa dengan menu kesukaan saya yaitu Mie Ayam Bakso Pangsit, berawal di suatu ketika, saat sedang ikut dalam rombongan perjalanan yang diinisiasi oleh Bundo – sebutan sayang untuk ibu mertua -- saya … lupa deh kemana, di sekitaran wilayah Bogor tentunya.

Kemudian setiap kali melintasi jalan sekitar Yasmin, sering Datuk – panggilan untuk ayah mertua saya – memarkirkan mobilnya di tepi jalan, tepat di dekat Mie Ayam Bangka Rasa ini. Tentu karena beliau kangen juga dengan nikmatnya Es Kasmaran yang jadi salah satu favorit beliau.

Apa Sih Uniknya Mie Ayam Bangka Rasa?

Menu makanan yang disajikan di sini benar-benar khas Bangka. Iya … Bangka Belitung. Tentu saja karena pemilik usaha ini juga memang asli orang Bangka. Makin senang pulalah Bundo saya karena beliau bisa mampir makan di tempat yang memenuhi kerinduan beliau akan Pulau Bangka, tempat Bundo saya berasal. Sesekali juga mengobrol dengan Bahasa Bangka pada pemiliknya.

Bahkan sampai ke Mie Ayam Bakso Pangsit pun, rasa khas Bangka ini turut disajikan. Saya sebenarnya sulit mendeskripsikan satu per satu bahan apa saja yang kira-kira ada dalam seporsi lengkapnya. Lidah saya mengecap rasa gurih kuah kaldu yang berbaur dengan baso sapi yang empuk … kenyalnya nggak berlebihan saat masuk ke dalam mulut.

menu-mie-ayam-bakso-pangsit
Mie Ayam Bakso Pangsit Porsi Normal

Kuah kaldunya begitu harum kaldu daging sapi. Ditambah potongan sawi segar yang merona hijau, dan daun bawang yang berbaur di antara bakso yang menunggu untuk diambil dari dalam mangkok mungilnya. Perkenalan pertama yang membuat saya sendiri, ingin bisa sering-sering berkunjung ke mari.

porsi-jumbo-di-mie-ayam-bangka-rasa
Mie Ayam Pangsit Jumbo

Bukan hanya soal Mie Ayam Bakso Pangsit-nya saja. Ada pula Mie Ayam Bakso Pangsit yang hadir dalam ukuran jumbo. Ini sih menu yang dicoba oleh partner saya. Berakhir dengan kata “marem kenyangnya” ketika kami sekeluarga sudah lengkap duduk di dalam mobil untuk pulang. Kenyang yang bertahan lama. Begitulah maksudnya.

Baca juga : Camilan Pantai Ala Pangandaran

Ada pula berbagai menu khas Bangka, seperti : Pempek, Tekwan yang kuahnya beneran enak dan berasa kuah kaldu ikan, Mie Kuah Ikan yang belum pernah saya temukan lagi saingannya sepanjang tinggal di Bogor, Iga Lempah Pucok Kedondong yang menurut Bundo saya kalau si Daun Kedondong sebagai pelengkap bahannya saja langsung dibawa dari Bangka, Lakso, dan banyak lagi menu khas Bangka di sini.

es-kasmaran-mie-ayam-bangka-rasa-yasmin-bogor
Es Kasmaran

Kalau soal es alias minuman dingin, hmm …. jagoan buat saya itu pastinya Es Kasmaran alias Es Kacang Merah dengan campuran Alpukat, Nangka, dan Kelapa Muda yang segar dan mengenyangkan. Seringnya keluarga partner saya ini memesan satu porsi Es Kasmaran untuk dinikmati dua orang. Kalau pesan seporsi sendirian, bisa nggak habis, apalagi kalau makannya sudah sama Mie Ayam.

Dimana Sih Lokasi Mie Ayam Bangka Rasa Ini?

Mudah banget menemukan keberadaan warung Mie Ayam Bangka Rasa karena lokasinya memang dipinggir jalan. Walaupun tempatnya pun hanya serupa warung tenda seadanya dengan daya tampung sekitar delapan kursi dikalikan empat meja panjang, dan kalau penuh … nggak ada pilihan lain selain mengantre ya khan.

Patokannya berada cukup dekat dengan Giant Yasmin Bogor dan RS Hermina Bogor. Kalau kamu melaju dari arah Sentul menuju Bubulak, posisi warung Mie Ayam Bangka Rasa ini berada di kiri jalan. Jadi nggak perlu bingung untuk putar balik dan menyeberang hanya demi parkir di lokasi yang tepat. Berada di Jalan KH. Abdullah Bin Noh, Yasmin, Bogor, tepatnya.

penampakan-kedai-mie-ayam-bangka-rasa
Penampakan Lokasi Mie Ayam Bangka Rasa di Yasmin Bogor

Beda cerita kalau kamu mau kulineran di Mie Ayam Bangka Rasa ini dari arah Stasiun Bogor. Kamu bisa naik angkot 02 jurusan Terminal Bubulak, lalu berganti naik angkot 32 jurusan Cibinong di sekitaran terminal. Nah, angkot ini lewat di seberangnya, jadi kamu perlu menyeberang jalan terlebih dahulu.

Kapan Sih Jam Buka dari Mie Ayam Bangka Rasa ini?

Hmm … saya dan keluarga si partner biasanya mampir setiap sore jelang malam. Menurut pemiliknya sih, di saat makan siang sudah buka. Kalau diitanya lagi sampai jam berapanya, waduh … maafkan saya yang kekurangan informasi ya. Sebab jika makanan lebih awal habis, Warung Mie Ayam Bangka ini akan lebih cepat tutup dan hal ini cukup sering terjadi.

Pernah sih terjadi pada keluarga saya ketika mampir ke mari, tapi menu Tekwan atau Iga Lempah Pucok Kedondong sudah ludes padahal malam belum juga larut. Duh duh, mana saya penasaran sekali karena belum sempat memotret makanan ini, ditambah Bundo yang hobi promo akan rasanya yang Bangka banget. Ya kan jadi gemes saya, pengen nyicip juga.

Baca juga : Cabe Cabean Festival : Merayakan Pertemanan Dengan Makan Makanan Pedas

Semoga kapan kapan, ada kesempatan saya untuk makan berdua saja bersama partner saya biar bisa agak tenang untuk memotret dahulu makanannya ya. Sudah jadi kebiasaan, kalau sedang makan bareng keluarga besar, anak-anak seolah diminta untuk meletakkan ponsel dalam tas masing-masing dan nggak memotret makanan lama-lama.

Kalau kamu sudah pernah mampir ke Mie Ayam Bangka Rasa dan sudah berhasil memotret menu-menu khas Bangka yang nggak sempat saya potret, silakan ceritakan juga kepada saya dengan mention akun instagram saya di @akarui.cha ya.

Berapa Sih Rata-Rata Harga Makanan di Mie Ayam Bangka Rasa?

Rasanya yang lezat dan membuatmu seolah mampir sebentar ke Bangka, nggak membuat kamu harus mengempiskan dompet kok. Berkisar dari 15.000 – 25.000 saja, kamu sudah bisa mencicipi menu-menu enak di sana.

Nah, untuk menjawab rasa penasaranmu akan daftar harga dan menu makanan yang ada di Mie Ayam Bangka Rasa, saya sertakan juga pada gambar di bawah ini. Silakan.

range-harga-makanan-di-mie-ayam-bangka-rasa
Menu Makanan

pilihan-minuman-di-mie-ayam-bangka-rasa-yasmin-bogor
Menu Minuman

Semoga pengalaman petualangan kuliner saya di Mie Ayam Bangka Rasa kali ini, bisa membantu kamu yang mau wisata kuliner di sekitaran Bogor dan sedang ingin mencoba rasa Mie Ayam yang berbeda.

Baca juga : So Good Spicy Chicken Strip

Kalau kamu punya rekomendasi menu unik lainnya di sekitaran wilayah Bogor dan Depok untuk saya dan keluarga, boleh banget dikabar-kabari di kolom komentar. Semoga kapan-kapan kamu bisa juga mencicipi pengalaman kulineran saya di Mie Ayam Bangka Rasa.

Komentar

  1. Sebagai warga Bogor yang kuliah di IPB, sering banget ngelewatin Yasmin dan Mie Ayam Bangka ini. Tapi enggak pernah mampir haha

    BalasHapus
  2. Mbaaaaa ya ampuuuun sukses aku pengeeeen banget icipin iniiiii. Duuuh yg namanya bakmi, ntah itu Chinese style ato Bangka style aku suka semuaaaa :D. Tp aku jrg Nemu mie Bangka yg enak di JKT. Kalopun ada, agak jauh dr rumahku. Pengeeeen ih ke Bogor icipin ini.

    Btw mba, pempek nya pake kuah yg merah itu? Ato kuah tauco? Aku LBH suka pempek Bangka rebus pake kuah merah ato tauco. Kalo pake kuah cuka biasa aja. Ntr Palembang jadinya :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuah merah Mba. Silakan dicoba mampir sesekali ya, kalau berkunjung ke Bogor.

      Hapus
  3. Kalau mau coba Mie Ayam Bangka satu lagi ada mbak.. Namanya Mie Bangka Yung. Lokasinya di sebelah Bogor Junction.

    Dulunya sih di deket stasiun kereta Bogor, cuma karena stasiun dikembangkan, dia pindah ke Jalan Sudirman.

    Rasanya enak banget...Cuma satu masalahnya buat saya, mienya buanyak dan perut nggak muat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, boleh nih masuk list saya. Makasih banyak ya Mas.

      Hapus
  4. Liat menunya ngiler kak.. haha, di Medan gak ada mie ayam khas Bangka begini. Satu-satunya kuliner Bangka cuma martabak doank.. hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau martabak bangka, dimana mana banget ya.

      Hapus
  5. Aduh, baca ini pas belum makan malam tuh rasanya giman gitu. Asli deh lihat fotonya aja bikin ngiler, apalagi nyicipin kali ya. Tapi, kejauhan juga dari tempat tinggalku, beda provinsi hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak ya Mba. Semoga nggak bikin perutnya jadi sedih karena cuma bisa lihat fotonya aja.

      Hapus
  6. Duh mie ayam tuh kesukaanku banget deh setelah bakso dan aku sebenarnya. Siapa tau nanti kalau main ke Bogor bisa mampir kesini, ku tandai dulu ah ini Mie Ayam Bangka.

    BalasHapus
  7. kalau pergi bareng keluarga gitu biasanya emang kita agak sungkan ya tuk motret, gak bebas gitu ya, hihihh.
    jadi lapar ini Cha lihatnya..
    itu nama esnya unik banget ya, isinya juga banyak, segar deh ya makan/minumnya saat panas-panas gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Walaupun diijinkan sih Mba, tapi ya namanya jadi anak dan lagi jalan sama orangtua, memang sebaiknya ikut aturan orangtua.

      Hapus
  8. Eh itu es kasmaran ya, unik namanya...
    Hbs minum itu berasa kasmaran lagi, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi ... bisa jadi Mba. Porsinya gede, jadi seporsi bisa buat dua orang memang.

      Hapus
  9. Itu foto pertama mie ayam, et dah bisa aja Kak Acha bikin tambah selera buat pengen juga makan mie ayam bangka rasa, harganya juga terjangkau.. 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mampir ke sini ya Mba Fenny. Hihihi iya, murah meriah bikin kantong jadi gembira.

      Hapus
  10. Kalau mpo suka makan bolu talas, asinan bogor di depan pintu keluar statiun bogor. Mie ayam bangga boleh juga nih di coba. Tapi agak jauh ya dari statiun naik angkot dua kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mpo. Kalo nggak salah, ada juga deh yang dekat stasiun dan enak katanya mah. Cuma yang di sana belum pernah aku cobain.

      Hapus
  11. Ya ampun aku ngiler sambil bacanya mbak, mienya kecil-kecil gitu kelihatan enak. Harganya juga bersahabat ya, duh sayang jauh kalau di Jakarta Selatan aku samperin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ada yang enak juga di Jakarta Selatan lho Mba.

      Hapus
  12. Segala macam rupa mie aku suke, aku suke. Mulai dari mie ayam, pangsit mie, cwi mie, sampai kwetiau aku suka semuanya. Loh, kok maruk?? :D

    Dan aku jadi kepingin dong liat foto2 ini. Racunnnnn :'))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mba jajan biar racunku ini jadi rejeki buat pedagang mie ayam langganan Mba.

      Hapus
  13. Aku juga punya langganan mie bangka di dekat rumah di Cikupa. Aduh enaknyaaaaa. Kuahnya gurih, ayamnya gak pelit, ada pangsitnya juga, enaknyaaaaa. Duh jadi kangen, besok pagi mau sarapan mie bangka ahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling bahagia deh ya kalau sudah ketemu sama mie ayam bangka enak dan bisa dijadiin langganan.

      Hapus
    2. Paling bahagia deh ya kalau sudah ketemu sama mie ayam bangka enak dan bisa dijadiin langganan.

      Hapus
  14. Paduan yang maknyus banget ya mi ayam dengan es kacang merah.. Boleh nih disambangin pas ke bogor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan Mba. Semoga kalau sudah mampir, selera saya cocok juga sama selera Mba.

      Hapus
  15. Pernah lewat yasmin bogor. Tapi belum pernah mampir beli mie yamin ini. Nanti ah kapan2 kl ke bogor lagi mau mampir. Mie yamin bangka ini emnag enak, pernah nyobain yg di jkt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum. Mie Ayam Bangka rasanya tuh enak unik dan beda sama Mie Ayam biasa ya Mba. Dari segi racikan kuahnya sih kalau menurut lidah saya.

      Hapus
  16. Namanya aku pikir typo loo...
    Mie Ayam Bangka Rasa.
    Seperti kalimat yang terputus.

    Tapi memang begini yaa...??
    Unik banget.
    Aku jadi bayangin rasa mienya yang khas...gak terlalu lembut tapi juga gak terlalu keras.
    Endeuuss~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya kayak ada yang kurang gitu tapi jadinya nama warungnya gampang diingat.

      Hapus
  17. Aku suka GoFood atau GrabFood dari sini mbak hehehe. Enaak dan ga terlalu mahal. Suka deh mie yaminnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaknya kalau bisa GoFood atau GrabFood. Saya dari Yasmin ke Cibonong lumayan banget ongkirnya. Kejauhan sama kelamaan di jalan.

      Hapus
  18. Es kasmaran bikin ngiler yuh.

    Namanya unik juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kayaknya karena porsi esnya banyak jadi segelas bisa buat berdua.

      Hapus
  19. menu kesukaan aku jika berkunjung ke suatu tempat, tiap daerah memiliki ciri tertentu. Apalagi di tambah bakso wih makin nikmat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ... Bang Manik udah nyicipin mie ayam di daerah mana saja kah?

      Hapus
  20. Duh kelihatannya enak banget. Sayangnya waktu saya ke Bangka dulu nggak tahu tentang mie ayam bangka, sempatnya nyicipin martabak Bangka aja. Semoga nanti ada ksempatan lagi jalan-jalan ke Bangka atau ke Bogor ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Saya malah pengen banget bisa main ke Bangka kapan kapan.

      Hapus
  21. waaa kalau lewat yasmin sering lewat saja tapi belum pernah nyicip, duuu jadi penasaran, nanti dicobainn ya teh, penasaran ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakaaaannn. Mana tau selera saya juga cocok sama selera Mba

      Hapus
  22. Lagi hujan-hujan begini, lihat postingan mie ayam. Terlebih ada mie ayam pangsit, itu favorit banget buatku. Jadi makin lapar nih.

    BalasHapus
  23. Adududuh.. pas BW ini sore hari jam 17.13 wib, Mbak. terus hujan lagi dan lihat postingan mie ayam bangka ini, benaran saya ngeces hahaha. Saya beberapa kali lewat Bogor, tapi belum pernah tau mie ayam bangka ini. Nanti kalau pas lewat lagi, saya cari nih. Sekalian kalau pas cuaca cerah, coba es kasmaran hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi Bang Bang kan favortinya bakso sama mie ayam ya. Ngena banget dong postingan Acha hihihi.

      Hapus
  24. Penyuka pangsit dengan porsi double kayaknya bisa nyobain Mie Ayam Bakso Pangsit ukuran jumbo nya, atau kalau masih kurang bisa cobain Es Kasmaran yang menggugah selera.
    Pengen segera kesana tuk cobain semua menu special Mie Ayam Bangka Rasa di Yasmin Bogor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga bisa ke Bogor dan mampir buat nyobain.

      Hapus
  25. Namanya Mi Ayam Bangka Rasa? Aku kira mi ayam rasa bangka. Gak sama ya?

    Tapi kalo udah bahas mi ayam, mau rasa apa aja bakal kulahap sampai habis. Secara gitu, aku kan maniak mi. Apalagi porsinya lengkap pakai bakso dan pangsit. Asooooy 🤤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak kebalik ya namanya? Etapi emang namanya Mie Ayam Bangka Rasa sih.

      Hapus
  26. Mi ayam Bangka ini kuliner yg bnyak disukai orang. Rasanya khas ya, enak. Cocok banget disantap pas musim hujan gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaahhh. Pas banget emang kalau musim hujan makannya yang berkuah gurih.

      Hapus
  27. Wah, harus ganti angkot 2 kali ya kalau dari stasiun Bogor, hm... Keihatannya sih enak karena bikinan orang Bangka asli. Tapi saya malah kemecer sama Es Kasmaran. Isinya macem-macem dan semua kesukaanku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Enakan naik ojek daring sih sebenarnya biar nggak muter muterin terminal dan lebih cepat juga sampainya. Kalau jalur angkot, muternya jadi jauh.

      Hapus
  28. Paling suka emang Mie Pangsit sih, apalagi pangsit kuah. Engga nahan lembut pangsitnya. Mienya kenyal yah. Paling suka yg kenyal engga benyek. Trus Es Kasmaran, huhuy, bikin kasmaran aja nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh saya jadi ikutan ngebayangin lembut pangsitnya juga nih. Jadi kangen makan mie ayam bangka rasa lagi deh.

      Hapus
  29. Hwaaa salah banget baca artikel ini malem-malem. Auto laper dan ngiler. Duh mia ayam bangka nya menggoda, apalagi pakai pangsit. Suka banget akutu. Itu nama esnya unik, kasmaran :). di Bogor ya, deket Giant, baiklah noted. Siapa tahu suatu hari nanti ke Bogor lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Silakan mampir Kak Gilang. Mana tau selera kita sama dan Kak Gilang cocok.

      Hapus
  30. Saya suka mie ayam Bangka, apalagi tekstur dan rasanya pasti saat di lidah terasa enak dan lezat andai saja di daerahku ada mie ayam Bangka juga hehe

    BalasHapus
  31. Aduhh ini pasti enak bgt


    Mie ayam.itu makanan fav ku nomor satu mbak. Klo.dilihat mie ayam Bangka ini modelnya kayak mie ayam Jakarta,. Kuahnya terpisah dari mie nyaaa..

    BalasHapus
  32. Nggak lama ini aku makan mie ayam mereknya mie ayam bangka
    pas kucoba kok mie nya itu putus2, nggak panjang
    kupikir itu ciri khasnya
    ternyata lihat foto ini tidak begitu ya

    BalasHapus
  33. Pagi-pagi tulisan ini muncul di beranda Facebook mba. Penasaran dan memang selalu penasaran sama makanan berbentuk mie ayam. Apalagi baru tahu kalau ada mie ayam bangka. Dari tampilannya engga beda jauh ya sama mie ayam bakso pada umumnya. Cuma mungkin rasanya berbeda ya mba. Kapan ya bisa cobain langsung, makanan khas Bangka juga.

    BalasHapus

Posting Komentar