Label

Rabu, 20 November 2019

4 Langkah Mudah untuk Redakan Nyeri Haid Tanpa Menggunakan Obat-obatan


Beberapa wanita yang mengalami haid nggak lancar atau nggak teratur menyepelekan kondisi ini, padahal kondisi semacam ini bisa jadi merupakan gejala penyakit tertentu atau mengindikasikan masalah kesuburan mereka. Untuk itu harus selalu dicek, wajib tahu cara menghitung siklus haid yang benar. Sebenarnya dengan mengetahui siklus haid kamu, memberikan banyak sekali manfaat. Termasuk di antaranya adalah bagi mereka yang sedang dalam masa memprogram kehamilan. Tahu kapan nantinya harus melakukan hubungan seksual yang memiliki kemungkinan besar menghasilkan keturunan dan juga nggak.


image via freepik

Umumnya menstruasi yang dialami oleh wanita memang selalu disertai dengan rasa sakit atau nyeri, ini adalah kondisi yang normal terjadi, karena memang lapisan dinding rahim mengalami pengelupasan, disertai dengan keluarnya darah. Namun rasa nyeri tersebut sebenarnya dapat diatasi juga, bahkan tanpa harus menggunakan obat-obatan dari dokter, maka … berikut ini di antara solusinya, yaitu:

Olahraga
Ketika kamu rajin dalam melakukan olahraga, khususnya adalah olahraga sederhana layaknya jalan santai, membuat otot-otot yang tegang menjadi lebih kendur, sehingga memungkinkan gejala kram atau nyeri ketika datang bulan juga akan lebih ringan, bahkan mungkin kamu nggak akan merasakan nyeri haid lagi.

Kompres
Dengan menggunakan air panas, lakukan pengompresan pada bagian yang sakit, yaitu di bagian perut kiri bawah tempat rahim, ini akan sedikit meringankan gejala nyeri tersebut.

Mengonsumsi air putih
Mencukupi kebutuhan air putih ini penting untuk cegah terjadinya dehidrasi, karena faktanya dehidrasi juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kram saat datang bulan. Jadi minum air putih sebanyak-banyaknya agar otot yang tegang mengendur.

Pijat
Melakukan pemijatan di area yang kram juga bisa dijadikan sebagai solusinya, namun harus dilakukan secara benar dan pelan-pelan.



Terapkan sendiri 4 cara di atas untuk mengatasi nyeri haid, sebenarnya penyebab nyeri haid hari pertama sendiri sangat banyak, termasuk juga kemungkinan penyakit. Jadi jika gejalanya sudah nggak normal sebaiknya segera di periksakan. Biasakan menggunakan pembalut yang aman seperti Laurier saat datang bulan, untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan.


1 komentar:

  1. Biasanya saya banyakin minum air putih hangat biar gak dehidrasi dan haid keluar lebih lancar.

    BalasHapus