Label

Senin, 28 Januari 2019

Pasutri Gaje Season 2 : Justru Tantangan Menjaga Komitmen Setelah Menikah Akan Semakin Menggila


Saya berterima kasih sekali pada author komik Pasutri Gaje yang begitu saya gandrungi sejak part pertamanya yaitu My Pre Wedding di Webtoon Indonesia, Annissa Nisfihani … karena Pasutri Gaje Season 2 ini terlalu menggoda saya sampai-sampai hampir tiap malam minggu sebelum terlelap, saya minta ijin pada partner saya untuk baca komik sebentar. Dalam artian, si partner harus sabar menghadapi celotehan dan ocehan saya sepanjang membaca. Maklum, kadang … saya akui, saya agak ajaib.


Pasutri Gaje Season 2 by Annissa Nisfihani
(screenshot via Webtoon Indonesia)

Pasutri Gaje Season 2 sedikit banyak membahas mengenai hubungan cinta yang dijalani setelah satu pihak atau keduanya sudah menikah, dimana godaan yang ada di dalamnya, bukan lagi tentang si pasangan, namun orang lain yang berusaha menerobos masuk ke sebuah hubungan eksklusif, sebelum tahu apa-apa dan berbunga-bunga sendiri padahal bisa jadi nggak ditanggapi.

Kemunculan beberapa karakter baru dalam komik Pasutri Gaje Season 2 ini sungguh membuat ceritanya semakin berwarna-warni. Walaupun masih menyisakan cukup banyak teka-teki yang pada akhirnya harus saya relakan … agar jawabannya saya dapatkan di season selanjutnya. Namanya juga komik kan ya, nggak ada serinya, nggak seru.

Pasutri Gaje Season 2 ini masih berputar-putar pada kisah cinta antara Adimas dan Adelia tentu saja. Sudah menikah. Adelia sedang hamil anak kembar. Hubungan yang seharusnya semakin hangat dan lekat, apalagi Adelia sebagai istri sedang hamil pertama kalinya. Tapi yang namanya hubungan, bohong banget kalau nggak mengalami tantangan dan ujian, dan hey … seri inilah yang beberapa kali menampar saya. Kenapa? Sebab secara manis, Anissa Nisfihani membuat jalan cerita Pasutri Gaje Season 2 yang memaksa saya – selaku seorang istri yang menikahnya belum lama – waspada.


Kemungkinan Munculnya Orang Ketiga Akan Selalu Ada
Nggak peduli kamu masih pacaran atau sudah menikah – malah kalau sudah menikah, lebih bahaya lagi -- entah bagaimana dan mengapa … saya nggak paham sih ya, tetapi dalam sebuah hubungan yang eksklusif dimana dua orang sudah mengikat janji untuk menjadi pasangan sehidup semati, masih saja ada ujiannya alias ada saja peluang orang di luar hubungan … berusaha untuk masuk dan merusak segalanya. Itulah mengapa, kejujuran antara sepasang suami istri itu ujian sekaligus kekuatan. Bersikap jujur pada diri sendiri untuk nggak membuka pintu pada orang lain yang ingin masuk dan bisa berakibat merusak segalanya …. Berkomitmen, namanya.  

Dalam komik Pasutri Gaje Season 2, hadirlah sosok Rani, seorang penjaga supermarket yang jatuh cinta pada pandangan pertama sama Adimas. Cintanya akut pula. Tapi Rani nggak tau kalau ternyata Adimas sudah beristri, dan istrinya adalah Adelia, salah satu pelanggannya juga. Nah lho … kadang bisa begitu ya. Padahal sudah menikah, masih saja ada yang naksir, bahkan cenderung mengejar-ngejar. Jadi bagaimana nih, hubungan Adimas dan Adelia sejak kemunculan Rani? Baca sendiri di Webtoon Indonesia deh ya.

Bahaya tingkat dunia pokoknya! Kemunculan orang ketiga alias pihak luar dalam sebuah hubungan itu, bahayanya banget banget. Udah nggak kenal lagi yang namanya bahaya tingkat kota atau provinsi. Tapi nggak tingkat dewa lah ya. Buat saya, dewa hanya mitos belaka. Soalnya, udah menikah itu berarti sudah terikat dengan janji sakral. Masa sudah berjanji malah main-main, ya kan?


Masa Lalu Akan Datang Untuk Dikenang dan Diceritakan Pada Pasangan
Saya kagum sama karakter Adimas, walaupun dia suka konyol dan sebagai suami malah takut sama kecoa, dia termasuk lelaki yang jujur dan mau membuka semua cerita masa lalunya yang nggak terduga. Rupanya … Adimas di masa SMA adalah lelaki yang digilai banyak perempuan, bahkan diakui oleh seorang perempuan sebagai pacarnya, sementara Adimas sih sama sekali kurang menganggapnya. Eh terus malah nemu saingan pula, dari hubungan cinta-cintaan itu. Duh ilah. Kemudian di masa depan, si teman tampan yang dulu ikut jadi saingannya Adimas, malah jadi dokter kandungannya Adelia. Ribet ribet ciamik gitu. Ujung-ujungnya, masa sih Adimas nggak membuka masa lalunya sama satu-satunya perempuan yang sudah dia nikahi? Sudah dihamili pula. Tapi, dikira Adimas buka rahasianya nggak pakai perjuangan? Beuh ….

Ya begitulah. Masa lalu adalah jalan yang ditempuh oleh setiap pribadi untuk membentuk dirinya di masa kini, dan proyeksi bagi dirinya di masa mendatang. Intinya, sebagai seseorang yang sudah menikah, menjaga komunikasi dan kejujuran akan masa lalu, penting banget. Kalian sudah tinggal serumah bahkan tidur sekamar, masa masih main rahasia-rahasiaan, sampai mencoba diam-diam menjalin kasih sama orang lain di luar rumah? Kamu sehat?

Bagi saya secara personal, menceritakan masa lalu yang konyol dan pahit, nggak ada salahnya. Pun sebaliknya. Cemburu pasti ada, tetapi tabu rasanya kalau masih terus membahasnya dan menjadikannya sebagai pemantik munculnya masalah, padahal niatnya untuk di-share secara terbuka. Maka dari itu, menikah itu membutuhkan dua orang yang akan terus saling memperjuangkan. Kalau masih melengos atau melirik yang lain, mungkin matanya pada kurang sehat.

Hihihi … saya jahat ya? Eh tapi beneran deh, kalau kamu baca komik Pasutri Gaje Season 2 ini, bukan hanya kisah cinta Adimas dan Adelia yang membuatmu kebat-kebit, tapi ujung-ujungnya juga malah memikirkan diri dan kehidupan cintamu sendiri.

Orang yang Iri Pada Hubungan Manis Pernikahan Pun Selalu Ada
Selain Rani yang dalam Pasutri Gaje Season 2 ini dibuat jatuh cinta dengan Adimas dan menjadi salah satu tokoh pemicu ribut, muncul pula karakter Dewina. Nah, karakter ini nih yang sebenarnya membuat saya penasaran banget. Soalnya entah kenapa dan bagaimana, dia benci banget sama Adimas dan Adelia, pokoknya antagonis banget tapi … sepertinya kisah hidupnya kalau dibahas lagi sama Annissa Nisfihani, akan membuat saya sedikit paham, modus Dewina menjadi sosok tetangga super menjengkelkan itu kenapa.

Sedikit sih dari tangkapan saya, kalau bisa jadi, Dewina ini adalah istri kedua yang nggak bahagia dengan kehidupan dan percintaannya. Habis, suaminya ngobrol biasa saja sama Adelia, sudah dicemburui akut, bahkan reaksinya malah bikin saya pegang kepala terus. Saya jadi pengen nyeletuk terus, “Itulah … kalau jadi orang yang memasuki paksa hubungan orang lain, bukannya bahagia malah tersiksa sendirian. Mau coba? Jangan deh ya! Nanti bisa gila sendiri. Sebab uang nggak bisa menggantikan kebahagiaan yang sebenarnya. Pun, memiliki sosok lelaki yang sudah dimiliki orang lain.”

Halah … saya ini ngomong apa sih? Pokoknya, semoga di Pasutri Gaje Season  selanjutnya, modus dari percikan api calon kebakaran yang ditimbulkan Dewina bisa terkuak ya. Saya menunggu dengan sabar kok. Soalnya kan menciptakan sebuah cerita itu, nggak semudah bikin mi instan.

Perjuangan Cinta Sebenarnya Memanglah Setelah Menikah
Kalau masih belum menikah, sepertinya nggak akan sepelik setelah menikah. Akan ada nafkah lahir batin yang perlu dipikirkan, diperjuangkan, dan dijaga baik-baik. Lalu urusan hati, bukan hanya pasangan yang perlu dipertimbangkan, namun juga dua pasang ayah ibu, dan tentunya anak-anak yang lahir dari pernikahan. Pelik kan? Hhh … saya nggak sanggup ceritain sih, soalnya saya menikah saja masih baru. Mari kita tanyakan pada yang sudah puluhan tahun menikah, bagaimana menjaga kasih sayang itu tetap ada dan tulus, sehingga hati pasangan dan anak-anak tetap terjaga?

Sepanjang menikmati komik Pasutri Gaje Season 2 ini saya begitu dimanjakan dengan alur cerita yang sederhana dan nggak berlebihan. Seperti, dua pasang mertua yang heboh karena rebutan cucu. Perebutan giliran untuk berkunjung ke keluarga pasangan. Menikmati kehidupan yang sepenuhnya berubah setelah istri hamil, dan persiapan untuk membahagiakan anak-anak dengan segala dilema dan kebahagiaannya.

Ah ya, tambahan kisah cinta dari Ningsih – teman dekat Adelia, dengan Meka – sahabat Adimas selagi SMA yang juga merupakan kakak sepupu dari Adelia, membuat kisah Pasutri Gaje Season 2 semakin berwarna. Merona merah muda seperti pipi gadis korea di drakor tentunya. Semoga bulan April segera tiba, dan saya punya umur untuk menikmati kisah Adimas dan Adelia secara utuh. Doakan ya. Saya juga turut mendoakan kesehatan Kak Annissa Nisfihani, biar Pasutri Gaje Season selanjutnya makin seru dan ciamik.


69 komentar:

  1. Pasutri gaje bagus webtoonya, walau gaje judulnya��
    Kunjungi balik ya, salam kenaal

    BalasHapus
  2. Membayangkan kondisinya ibarat kisah sinteron sepertinya seru abis ya. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah itu. Tentang rumah tangga memang tidak ada sekolahnya tapi banyak ujiannya. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget. Cara penyampaiannya pun seru dan lucu.

      Hapus
  3. Baca judul ini jadi terbayang ya bukan sibuk bahas gedung kawinan prewed dan juga tema kawinan mau seperti apa. Tapi bagaimana setelah nikah. xixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan semuanya berubah setelah resepsi. Lebih menantang dan menguji.

      Hapus
  4. Saya pernah baca komik ini di webtoon, tapi akhirnya gak saya ikuti. KArena emang udah jarang buka webtoon :)

    awalnya karena webtoon ini berada di halaman awal Webtoon, berhubung webtoon favorit saya, Nusantara Droid War masih belum update akhirnya saya baca-baca webtoon lain.

    dan, inilah kekuatan webtoon slice of life. sederhana, menghibur, juga mendidik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes. Btw komik ini masuknya romance lho.

      Hapus
  5. Wah, bagus kayaknya ceritanya. Isinya beneran lika-liku kehidupan setelah menikah. Dan saya sudah melalui semuanya. Semua sangat menguras air mata. Dijalani aja semuanya. Apa pun itu. Dengan selalu mengingat janji pernikahan dan selalu memegang nilai agama, semua pasti berlalu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mba. Duh gimana saya yang masih baru menjalaninya ini ya. Doakan ya Mba.

      Hapus
  6. belum lagi kalau ada reunian ya :D :D

    BalasHapus
  7. SAya sempet beberapa kali baca ulasannya gini, pengen baca belum sempet aja, eh kesini ngulas ini juga. Langsung deh ke webtoon hehe

    BalasHapus
  8. Yaaaa bahkan ada juga yang tahu kalau yg ditaksir udah nikah eh tetep naksir huhuhu. Nyata.
    Saya jarang baca webtoon sih, tapi jd penasaran nih sama novel pasutri geje ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lho.

      Iya banget Mba. Nggak paham lagi deh sama yang naksir dengan seseorang yang udah punya suami/istri gitu.

      Hapus
  9. Wah baru tahu tentang ini..kudet banget yak aku..Baca uraiannya jd penasaran deh...

    BalasHapus
  10. Saya ngga mau baca webtoon ini, nanti saya jadi kepengin punya istri gimana coba? Hemmm... 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhaaaa ... masa punya istri nggak boleh? Hihihi

      Hapus
  11. Webtoon zaman sekarang makin beragam ceritanya ya kak. dulu aku ngikutin sih. sekarang udah ngga, jarang sempet buka smartphone hiihih

    BalasHapus
  12. Judulnya lucu dan baru tau, jadinya meluncur baca artikel season 1 nya.

    Emang bener, nikah itu nano nano, banyak asem manisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi ... terima kasih sudah baca sampai mundur ke season 1. Semoga senang.

      Hapus
  13. belum pernah baca nih
    jadi kepingin

    BalasHapus
  14. Problematika kehidupan banget ya ini, aku baca judulnya aja berawal bingung setelah baca semacam kisah yang memang adanya dalam kehidupan.

    BalasHapus
  15. Drama rumah tangga kehebohan mertua yang berebut kunjungan giliran ini yang pernah bikin saya tidak nyaman, hihi. Setelah berumah tangga bukan lagi saling mencintai tapi saling melengkapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahhh sampai nggak nyaman. Begitulah Mba. Makin banyak dramanya.

      Hapus
  16. Saya bisa membayangkan dua orang keluarga grand parents rebutan cucu. Pernah melihat soalnya. Dan mungkin tak lama lagi saya pun akan mengalami. Tapi mudah-mudahan gak ikutan geje juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi semoga nanti Mba nggak jadi gaje seperti di komik ini.

      Hapus
  17. Masa lalu hahaha. Kalau dalam kehidupan nyata aku ma suami jarang sih ngobrolin masa lalu.
    Hahaha yang reburan cucu tu pasti sama2 krn cucu pertama dr kedua belah pihak keluarga ya?

    BalasHapus
  18. Belum pernah baca, tapi membaca reviewnya ini sudah kebayang kayaknya seru banget. Tapi kok malah takut kepikiran harus waspada ya ... haha. Tapi semua tergantung pada diri kita juga abgaimana menjaga dan mengambil problem solving yang nijak pada setiap persoalan

    BalasHapus
  19. Saya jadi pengen meluncur ke webtoon. Penasaran sama kartunnya. Kayaknya bakal ngikik bacanya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan Mba. Lucu. Semoga sesuai selera Mba.

      Hapus
  20. Aku belum pernah baca Kak Acha, tapi dari reviewnya keknya seru..
    Aku dah hampir 17 tahun menikah memang poin yang ada di atas bener adanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahhh pengalamannya udah lebih banyak.

      Hapus
  21. Aku suka webtoon. Dan pasutri gaje suka juga. Cuma ada adegan dewasa jadi buat anak anak jangan asal baca walaupun udah ada peringatan

    BalasHapus
  22. Baca ini saja saya udah baper, gimana baca komik lengkapnya ya, hehehe
    Btw, saya dong belum pernah sama sekali baca di webtoon hahaha.
    Ya ampuuunn, kudetnya saya.

    Sejak anak masuk SD, bahkan Yutub saja saya jarang akses, agak parno takut ada gambar atau video dewasa.

    Tapi cerita pasutri gaje ini bikin saya kepo yak, saya paling suka kisah2 rumah tangga, banyak hal yang bisa dipetik hikmah dan pelajarannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa bagian yang dapat peringatan untuk dewasa Mba. Bacanya pas anak anak sudah bobo aja ya.

      Semoga suka.

      Hapus
  23. Setelah menikah bukan berarti drama relationship berhenti yaa malah makin jadi dan harus sabar hahaha

    BalasHapus
  24. Pasutri geje, seru nih ceritanya. Setuju perjuangan sesuangguhnya akan cinta setelah menikah ya.

    BalasHapus
  25. Iklan Webtoon itu sering seliweran tapi aku belum pernah baca, hehe. Kayaknya lucu juga nih, dan semua poin tentang pernikahan itu ya sedikit banyak ada betulnya. Ya meskipun baru 8 tahun menikah, kayaknya beberapa udah ngalami juga.

    BalasHapus
  26. Gak pernah baca webtoon.
    Tapi kelihatannya, cerita ini pas banget deh dengan yang terjadi di dunia nyata. Kenyataannya yaa banyak yang terjadi seperti itu.

    BalasHapus
  27. wah baru tahu ada webstoon macam gini. kukiran tadi ini novel. makin asik nih baca2 kalo webtoonnya aja udah kaya novel yang punya cerita kompleks ala kehidupan nyata.

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah ini cuma Di webstoon ya, lagi Hamil kembar lalu Ada orang ketiga, Gak banger deh ��

    BalasHapus
  29. Aku mengikuti Webtoon ini sejak Adelia sama.dimas belum nikah, memang lucu lucu nyenengin ya mba ini Webtoon nya :D

    BalasHapus
  30. Saya pikir webtoon ada di Korea saja, gara-gara nonton drakor "W" jadi paham webtoon.
    Saya juga suka komik cuma khusus seukuran majalah yang berwarna, susah digantikan dari segi kenangan, sih.
    Nanti saya insya Allah akan singgah ke tautan yang Teh Acha bahikan di atas. Penasaran dengan webtoon meski tak tahu apa komputer ini bisa buka aplikasinya.Komik unik, bisa jadi sarana belajar mengenai perkawinan juga. Sekarang lebih berkembang. Dulu mah saya suka komik lokal silat kayak karya Gerdi WK atau Jan Mintaraga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh. Gara gara drakor W jadi banyak yang kenal webtoon.

      Aku malah nggak terkontaminasi sama komik silat.

      Hapus
  31. TEma pernikahan seperti ini selalu menarik ya. Aku suka yang ada unsur lucu tapi seru. Emak butuh hiburan juga. Intip ah di webtoon.

    BalasHapus
  32. aku juga baca Pasutri Gaje di Webtoon wkwkwk, seru deeh.. bikin pengen cepet nikah jadinya XD Aku sampe suruh cowokku untuk ikutan baca wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun mbaaa, hihihi ....

      Seru emang. Cowok juga boleh baca kok. Biar eungeuh. Hihihi.

      Tossss.

      Hapus
  33. Otw webtoon nyari komik inii.. heehe seru yaa

    BalasHapus
  34. Dulu aku pembaca setia pasutri gaje, tapi sejak kemunculan rani jadi males mbaa
    Sampai sekarang blom apdet lagi wkk
    Adimas masih setia kan sama Adelia
    Awas aj kalau g
    Mb Nisa takdemo wkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi langsung mendadak bete ya mba pas Rani muncul. Iya sih, tapi ternyata si tokoh Rani belum seapa-apa tokoh Dewina, kalau menurutku Mba.

      Hapus
  35. Waaaks kesukaan ku nih. Ceritaya kocaaak.

    BalasHapus