Staycation Di Holiday Inn Gajah Mada Jakarta Buat Numpang Beresin Naskah Novela

Nomophobia? Apa Sih Cirinya?

Sepertinya definisi dari nomophobia perlu diperjelas dulu ya. Nomophobia adalah perasaan takut (phobia) yang tiba-tiba muncul ketika seseorang nggak bisa mengakses berbagai aplikasi melalui ponselnya. Baik itu karena faktor sinyal, baterai habis, maupun waktu yang tersedia untuk memainkan ponsel, Seolah-olah hampir setiap waktu nggak bisa lepas dari ponsel. Gampangnya sih, nomophobia itu akronim dari No Mobile Phone Phobia.


no-mobile-phone-phobia


Beberapa waktu yang lalu, saya menemukan blogpost mengenai nomophobia ini di blog milik Mba Hidayah Sulistyowati. Btw selanjutnya saya akan menyebut beliau dengan panggilan Mba Wati dalam tulisan saya kali ini ya. Mba Wati menuliskan beberapa pernyataan yang … eum kok saya banget ya … dari post di blognya yang berjudul ‘Sebatas Mana Hubungan Kamu dengan Nomofobia?’. Ada beberapa ciri dari seseorang yang mengalami nomophobia, di antaranya :

Mata nggak bisa teralih dari layar smartphone

Hmm … sebagai Copywriter Digital yang meng-handle beberapa account social media milik brand, notifikasi dari smartphone saya itu seperti sebuah warning yang kalau nggak dilirik bisa bikin smartphone saya bakalan jadi robot raksasa yang menginjak saya sampai gepeng. Apalagi kalau saya sedang menjalankan program secara online … haduuu, kalau nggak ngelirik notifikasi itu rasanya hati gimana banget gitu. Mau sedang makan siang, waktu bersantai sepulang kantor, bahkan sedang di transportasi umum, kebanjiran notifikasi itu bikin deg degan. Apalagi kalau notifikasinya berasal dari aplikasi chat dan dari atasan saya pula. Fiuuuhhh banget rasanya kalau sudah sekedar ngelirik. Tapi sejak mulai aktif ngeblog dan merasa kalau pekerjaan jangan sampai mengambil alih kehidupan saya, akhirnya saya mulai belajar cuek dan santai menghadapi berondongan notifikasi dari account-account brand bahkan chat dari si atasan maupun team saya. Buat kamu yang bekerja di bidang kreatif ataupun blogger muda, apa kamu begini juga?

Jauh di hati meski dekat di mata

Kalau di poin ini, saya bersyukur kalau saya nggak begitu, tapi cuma sesekali kok. Membatasi diri untuk nggak bermain smartphone pada momen-momen tertentu yang seharusnya dilewati dengan baik, apalagi kalau sedang sama keluarga, teman-teman dekat, dan juga partner saya. Jangan sampai waktu ngumpulnya hanya ninggalin kesan ngumpul secara fisik tapi nggak berbaur secara obrolan yang sampai ke hati deh. Nah, kalau kamu bagaimana?

Nggak bisa berpisah dengan smartphone di kamar mandi

Ada nih teman saya yang seperti ini. Sedih banget gitu, kalau dia cerita tentang smartphone-nya  yang sampai jatuh di kamar mandi, basah, bahkan ada yang smartphone-nya sampai nyemplung indah ke bak mandi. Sedih banget kan ya. Beruntungnya saya nggak sampai begini, karena nggak baik lho lama-lama di kamar mandi, apalagi sampai main smartphone di sana. Kalau kamu, ke kamar mandi masih suka ngajak-ngajak smartphone?

Selalu mencari stop kontak untuk menambah daya baterai

Ini saya banget. Kadang punya powerbank itu rasanya selalu nggak cukup. Kalau sedang liputan event, lalu smartphone mati itu … habislah sudah saya. Seolah kehilangan bahan untuk di up date dan ditulis di blog, tanpa foto-foto event-nya karena keterbatasan daya baterai. Mau ngasih cerita saja tanpa image yang mendukung … haduuu sedihnya bukan main.

Bangun tidur langsung mencari smartphone

Iya. Bahkan benda terakhir yang dilihat sebelum tidur itu ya smartpone. Duh, anak kekinian banget sih kalau nggak begitu? Bangun tidur cek e-mail, mau tidur cek social media. Kalau kamu, biasanya ngecek apa?

Merasa ada yang hilang ketika nggak ada notifikasi atau chat

Bahkan saat sedang mengejar deadline content di kantor pun, nggak ada notifikasi di smartphone itu bikin saya suudzon sama si smartphone. Jangan jangan dia off secara diam-diam nih. Hihihi ….

Selalu mengandalkan Google

Iya sih ya, Apa sih yang nggak bisa ditemukan setiap kali Googling? Mulai dari hal remeh sampai soal bagaimana cara menulis content blog yang baik pun ada. Tapi ada kalanya kok, bertanya ke masyarakat sekitar itu lebih baik, terutama kalau sedang traveling. Lain kali akan saya ceritakan ya.


Header Blog Mba Hidayah Sulistyowati

Dari obrolan super singkat saya dengan Mba Wati pun -- terjawab sudah kalau memang ada pekerja kreatif, termasuk blogger ya --  yang mengalami nomophobia. Tapi ada juga kok yang nggak. Tiap orang kan punya cara dan pilihannya sendiri, untuk selalu memainkan smartphone-nya atau nggak. Walaupun memang, smartphone ini termasuk benda yang wajib banget dimiliki oleh seorang blogger, baik sebagai alat pendukung untuk menulis, juga memantau berbagai comment yang mampir di blogpost-nya.

Saran dari Mba Wati untuk para pekerja kreatif muda yang selalu mengandalkan smartphone-nya sebagai teman, perlu banget belajar mengenai skala prioritas. Kalau sedang kerja, sama keluarga, coba singkarkan gadget sementara waktu dari pandangan. Atau bisa juga nih, kita pakai caranya Mba Wati, yaitu dengan mematikan paket data. Hihihi … ini sih beneran nggak bakalan ada notifikasi yang menggoda untuk dilirik, termasuk penghematan kuota internet deh. Pesan dari Mba Wati, jangan sampai, sebagai anak muda, hidup kita jadi terasing dari dunia sosial hanya karena asik sendiri dengan smartphone dan nggak bisa ninggalin smartphone barang sejenak.

Kalau kamu nih, sebagai blogger, atau pekerja kreatif, dan khususnya sebagai anak muda, apa kamu merasa mengalami nomophobia juga?

Komentar

  1. Qiqiqiii, suka sudut pandang ala Acha, jadi makin kriuk. Nomophobia sekarang ada temennya, namanya PHUBING. Duh, agak lupa bener gak ya nulisnya. Ini imbas dari nomophobia, yg deket jadi jauh. Waktu ngumpul bukan ngobrol malah dzikir di gadget, hahahaaa.

    Makasih ya Cha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduw dzikir di gadget. Gawat banget nih. Duuuuu semoga aku nggak sampai begitu.

      Terima kasih banyak juga atas postingannya yang menarik hati aku ya, Mba Wati.

      Hapus
  2. Huwaaaa...kok kayanya aku banget nih..seremmm

    BalasHapus
  3. sepertinya saya belum terjangkit virus ini, hihihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi alhamdulillah Mba Ira belum kena virus ini.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Nah lho Kecebong. Gawat dong Bong, hidup kamu. O ow banget.

      Hapus
  5. Dari beberapa poin diatas menunjukan ciri ciri yang aku alami.

    Pertama: nggak bisa pisah dari hape pas di kamar mandi.
    Aku kalo ke kamar mandi selalu bawa hape, entah main game, buka sosmed, atau sekedar dengerin mp3 (sebagai tanda kalau di dalam kamar mandi ada orangnya)

    Kedua ; kalo gak ada notif berasa ada yang kurang, terkadang saking pengennya ada notif sampe kayak denger ada notif masuk, padahal pas tak cek gak ada notif (wah keterlaluan ya)

    Ketiga: bagun tidur selalu nyari hape dulu.
    Bangun tidur harusnya kan cuci muka, ambil air wudhu terus sholat, tapi aku malah cari hape yang kadang menghilang dan menghabiskan waktu sholatku. (perlu diperbaiki nih)

    Itulah beberapa kejadian nomophobia yang aku alami kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lho Santo. Kamu sampai main game di dalam kamar mandi? Dengerin mp3 juga di kamar mandi? Duuuu tiati si smartphone kecemplung di bak mandi aja. Apalagi kalo jatuh kiyut ke lantai yang basah pas kamu lagi asik sabunan.

      Kalo soal ngerasa ada notif masuk padahal nggak ada, duuuu aku jangan gitu lagi deh. Capek. Hehehe.

      Semoga makin bijak mainin gadget kamu ya San.

      Hapus
  6. Sedikit tertampar dengan tulisan ini. Karena dalam beberapa kasus dan waktu aku gak bisa lepas banget sama HP.
    Kemana-mana harus sama dia, bentar-bentar harus ngecek dia. Pokoknya dia lagi dia lagi.

    Mungkin ini terjadi karena HP itu satu-satunya hiburanku di rumah. Jadi ya buat dapet hiburan atau tau info-info di dunia luar aku harus baca baik dari sosmed atau buka portal-portal berita online dari HP.

    Tapi pernah sih nyoba nantang diri sendiri buat gak sering2 cek HP. Hasilnya lumayan bisa... sekitar 3 jam gak nyentuh HP sama sekali. Kuncinya ternyata adalah harus ada kesibukan yang lain yang bisa mengalihkan perhatian dari sekedar ngecek notif di HP. Trus HP diletakin jauh-jauh dari jangkauan.
    Kegiatanku pas nyoba itu adalah mewarnai sambil dengerin lagu dari laptop (laptopnya gak disambungin ke internet. Kalau disambungin di internet ya sama aja kayak pegang HP).

    Eh, maaf lho Mbak kalau komenku panjang bangeet.
    Jadi curcol aku nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha nggak apa apa kok. Makasih udah sharing soal kamu dan hp-mu ya.

      Wah iya banget. Emang perlu ada kesibukan yang bikin kita jadi nggak pegang si hp sih. Kamu bener banget.

      Hapus
  7. manusia zaman sekarang itu nggk bisa lagi terpisah dari yang namanya "smartphone". kita tergantung pada internet sekarang. iya....nggk sepenuhnya sih.

    alhamdulillah, gue nggk terlalu kecanduan ama smartphone. tapi satu hal yang harus diketahui. gue gk bisa hidup tanpa internet......kwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kalo kuota udah habis rasanya gimana gitu banget ya, Attar?

      Sama deng kayak aku kalo soal paket internet mah.

      Hapus
  8. Inimah phobia semua pengguna gadget kayaknya, kalau udah kecanduan bakalan sulit ngilanginnya. Apalagi sampe gak bisa ngakses, bakal emosi jiwa tuh si penggunanaya.
    Dulu pernah sih gini waktu awal" punya smartphone, abis itu lenyapdah, soalnya paketan abis gak diisi-isi hah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduw, kamu bisa tahan kalau nggak ngisi paket? Hebatttt. Itu kan susah banget.

      Hapus
  9. Terutama yang paling akhir itu: selalu mengandalkan mbah google. Hihihi. Sejauh alhamdulillah nggak sampai nomophobia sih. Paling kalo nggak ada sinyal, pas lagi butuh online emang sukses bikin bete kebangetan. :D

    Tapi ini nggak akan terjadi ketika saya sudah nyimpen banyak bacaan di hp. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mba Is. Jaman sekarang, google emang andalannya anak muda banget deh ya. Apa apa nanyanya sama google. Dikit dikit googling.

      Wah, kalau bacaan, aku malah jarang nyimpen di smartphone. Hebattt.

      Hapus
  10. WAH, manusia zaman sekarang banget tuh, ke kamar mandi bawanya hp, pas kecemplung di lobang septitank baru nangis kejer.

    neng, mau nanya nih.. EMm, kalo perasaan takut karena tidak bisa mengakses hatimu itu namanya apa ya? apakah loveyouphobia ? atau marriedyouphobia? JAwab dong kaka, chat personal aja 14045

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi ... aduuu sedihnya kalo sampe nyemplung ke septitank.

      Hiyaaakkk wkwkwkwk noheartphobia kali ya. Maryonnn maryon, itu kan nomor personal ayam goreng. Wkwkkwkwk.

      Hapus
  11. Sepertinya aku juga kena nomophobia dah mbak. hhee
    Ciri2nya udah ada smuanyah.. cuman meski jadi blogger muda, sebisa mungkin ngendaliiin aja, kpn waktunya pegang hape dan ngumpul2. hhee
    PAs kliru ntr ada ketemuan malah sibuk hapean sndiri hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener banget Rohma. Yuk kita belajar hidup seimbang. Kan berasa gimana gitu, pas ketemuan malah mainan smartphone mulu.

      Hapus
  12. saya juga memanfaatkan HP utk berbagai hal misal cari lokasi, ngeblog, email dan banyak lagi. untungnya masih bisa diajak pisah sama HP malah bunyi nitif WA di-mute karena berisik bgt sih jadi ga fokus ke keluarga. kalo senggang baru dicek deh WA nya

    BalasHapus
  13. Caraku mengatasi nomophobia ini, mengurangi sesedikit mungkin ngegame, dan aplikasi yang memilki tingkat adiktif yang tinggi. Kalau ada game, itu harus yang mendidik dan bukan yang bersifat menimbulkan ketagihan. Aku biasanya nongkong di ponsel pas lagi ada paket internet. NO paket, NO interaction. Kebanyakan orang begitu sih, karena sosial media itu yang memilki tingkat adiktif yang paling tinggi, tertinggi setelah game.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget Mas Alden. Nggak ada kuota langsung nggak bisa akses apa apa dan si smartphone ditinggal deh.

      Hapus
  14. Buset, itu mah sama aja dengan ketagihan yah klo nomophobia ituh
    kalau saya si smartphone lalu saya bawa, cuma ya ga separah hal di atas, hehe mungkin saya nomophobia juga tp skala ringan :D

    bener ituh, yang penting bisa kendalikan diri... jgn setiap waktu lihat layar smartphone terus... makasih sudah diingatkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama Citra. Mudah mudahan kita makin bijak dan makin bisa mengendalikan diri di dunia yang makin canggih ini ya.

      Hapus
  15. gue sedikit tertular dengan phobia ini
    gak lama lagi penularannya bakal menyebar ke stadium yang lebih tinggi tingkatnya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduw ... kenapa bisa naik ke stadium yang lebih tinggi?

      Hapus
  16. Kayaknya saya sedikit banyak udah tertular phobia ini. Alhamdulillah, belum sampai ke tahap bawa smarphone ke kamar mandi. Bukan apa-apa sih, kalau kecemplung bisa rugi bandar. Lagian saya gak suka berlama-lama di kamar mandi. Pamali, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Lama lama di kamar mamdi emang pamali. Duuuu ... iya, kalo ke kamar mandi si smartphone ditinggal aja.

      Hapus
  17. Gue ga separah itu si. Dulu sempet seperti poin yang di atas. Tpi lama lama di biasakan dan akhirnya semua bisa normal kembali. Walaupun ga pegang hp 2 Minggu ya biasa saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak pegang smartphone selama 2 minggu, bisa? Duh aku malah belum bisa. Berasa ketinggalan berita. Kudet gitu.

      Hapus
  18. Aku baru dengar tentang nomophobia ini mbak. Alhamdulillah aku nggak tiap waktu ngeliat smartphone mbak, aku batasi, walau awalnya susah sih. Aku juga makai cara mbak Wati, matikan paket data pas ada momen-momen penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Muth. Kayaknya aku juga perlu ikutin caranya mba Wati nih, buat matiin paket data pas jam tidur.

      Hapus
  19. wah, bahaya kalau terlalu addict sama gadget bisa jadi nomophobia begini. Untung gue belum mendeteksi adanya phobia dalam diri ini, nggak asik banget sih kalau nomophobia... ketergantungan gitu jadinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Jev. Gimana gitu rasanya. Semoga kita nggak sampai ketergantungan ya jev.

      Hapus
  20. Masku banget deh ini. Huhuhu. Masku gak bisa jauh dari hp nya, sedih. Diajak ngobrol aja susah mudengnya. Kayak punya dunia sendiri. Hmm. Tak kasih baca tulisan ini nanti, biar dia ngeh. Thanks for sharing, btw.

    Salam,
    Syanu.

    BalasHapus
  21. Wahhh sama sih kadang kalau udah megang handphone atau gadget lainnya itu rasanya jadi lupa waktu. Padahal baru pagi megang hape tiba-tiba udah sore aja, waktu terasa begitu cepat sekali. Tapi tetap harus menyesuaikan diri sih kalau megang hape, apalagi kalau semisal berkumpul bersama keluarga, bertemu dengan teman, atau hal lain. Supaya bisa ditahan sedikit, walau sebenarnya rasanya itu seakan-akan meledak hha.

    BalasHapus
  22. Saya bukan termasuk pekerja kreatif, tapi masih masuk lah kategori anak muda. Memang ada kalanya melihat notifikasi di ponsel itu lebih ngangeni daripada ketemu sama istri dan anak. Dan ya memang betul, kita perlu tegas sama diri sendiri, membuat batasan-batasan dalam menggunakan dan mengoperasikan ponsel ini. Kalau kita nggak tegas ya, siap-siap aja jadi anak buahnya smartphone.

    Nice post buat reminder saya nih.

    BalasHapus
  23. Iniiii aku banget. Sempat kemarin mati gaya saat HP mati dan kudu diservis selama seminggu. Tiap hari tanya ke tukang servisnya kapan selesai, wkwkkw.

    Padahal bisa buka FB dan IG via laptop tetapi kalau sehari aja gak pegang HP jadi panas-dingin rasanya.

    BalasHapus
  24. waah aku terlewat tulisan mba Wati yg ini apa ya, kok rasany baru tahu ttg Nomophobia ini, hehe.. Terima kasih sharingnya mba, jadi bisa mengevaluasi diri apakah aku masuk Nomophobiatidak..

    BalasHapus
  25. Waduh, separah itu ya Nomophobia?

    Makanya anak-anakku selalu aku suruh main di luar kalau sudah kelamaan main gadget. Nggak pingin kyk saudara2 jauhnya yang bahkan makan saja sambil nonton hp. kebiasaan khas anak jaman sekarang.

    penyebabnya anak-anak sekarang karena ortunya juga kadang tidak tegas sih menerapkan aturan, apabila sedang makan / di meja makan gadget wajib off.

    BalasHapus
  26. Duh aku tertohok nih, screen time masih 5-6 jam sehari, targetnya sih 4 jam-an aja sehari... Cuma ya itu, maen socmed masi menggoda, harus diperbaiki... Pernah bawa HP sekali ke kamar mandi karena takut ketinggalan chat kerjaan terus hape jatuh dan kesiram air, kapok habis itu nggak pernah lagi.

    BalasHapus
  27. Untungnya saya ga sampai bawa hp ke kamar mandi. cuma parahnya saya hp ditaruh di atas bantal ga baik sih sebenernya tapi sudah kebiasaan, hehehe

    BalasHapus
  28. beberapa sudah aku alami sih kayak bangun tidur yang dicari hape trus kadang suka nungguin notif gitu seharian. kayaknya memang sudah waktunya detoks sama hape atau sosmed yang kita ini mungkin beberapa bulan sekali biar nggak ketergantungan melulu sama hape

    BalasHapus
  29. Wah ini relate sekali. Aku hampir tiap hari selalu liat layar gadget, apalagi karena aku kerjanya jualan online. Pernah suatu hari ga liat hape, dan pas buka sudah diberondong pertanyaan dan komplain customer. Dari situ sepertinya aku mulai trauma, dan mulai kena yang namanya nomphobia ini.

    Oya, akupun selalu bawa powerbank kemana-mana. Ga cuma satu, tapi tiga.

    BalasHapus
  30. Laaahhh ketemu tulisannya Acha lagi, dan awalnya tadi aku lupa kalo pernah nulis tentang nomophobia.

    Sampai sekarang aku juga selalu berusaha tidak diperbudak gadget. Ada masanya harus istirahat dan melihat atau mengerjakan sesuatu tanpa pengen buka aplikasi di gadget

    BalasHapus
  31. So relate banget ini.
    Satu-satunya momen yang bisa abaikan HP, kalau pas motoran atau pas ngetrip.
    Praktis hp terpegang ya cuma buat ambil foto atau video. Sisanya haha hihi seru saat ngetrip.
    Sisanya mah, beneran seperti yang ditulis mbak Acha ^^

    BalasHapus

Posting Komentar