Jatuh Cinta Bareng Hotaru Di Anime A Condition Called Love Season 1

Dokumen Kerja Butuh Meterai Digital? Begini Cara Mendapatkannya

Bekerja secara mandiri alias berhenti menjadi karyawati yang datang ke kantor jam 9 pagi lalu baru pulang paling cepat sekitar jam 5 sore, sungguh menghadirkan pengalaman baru. Dari yang hanya terima gaji, jadi harus mengurusnya sendiri. Proses inilah yang kini saya alami dan jalani.

Senangnya sekarang makin banyak perusahaan klien yang sudah menerapkan digitalisasi di berbagai sisi. Semisal untuk mengurusi administrasi supaya akhirnya si fee bisa mampir ke rekening, saya cukup melakukan segala urusan tadi secara paperless. Mulai dari tanda tangan, hingga pembubuhan meterai digital.

Cara dapat meterai digital

Berkarya secara remote untuk suatu agensi periklanan membawa Ka Acha harus mengurusi juga urusan pembayaran gaji seorang diri. Memang sih, ada tim finance yang ikut andil membimbing dan membantu.

Walau tetap saja, ketepatan waktu pembayaran pun bergantung pada kecermatan saya dalam mengirimkan berbagai dokumen administrasi yang dibutuhkan.

Bila dokumen yang diminta klien memerlukan tanda tangan basah yang disandingkan bersama meterai fisik, akan ada modal lagi yang harus dikeluarkan untuk melakukan pengiriman dokumen. Tapi, bukan sampai di situ saja.

Ada tantangan lain yang menunggu demi si fee masuk ke rekening tepat waktu. Mulai dari mengecek apakah si dokumen tiba dengan selamat sampai tujuannya. Termasuk sampai ke meja si yang mengurus dokumen kerja Ka Acha itu, pada tanggal yang nggak meleset dari jadwal terima yang diminta.

Lalu seiring berjalannya waktu, perubahan membawa angin segar. Proses yang tadinya panjang, bisa dipersingkat dengan memanfaatkan digitalisasi. Waktu dan modal bisa sedikit ditekan.

Berkenalan dengan Meterai Digital

Secara umum, penggunaan meterai bertujuan untuk menjadikan suatu dokumen menjadi sah di mata hukum. Lalu, meterai di tanah air dikeluarkan oleh Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia). Bahkan saat ini Privy adalah distributor resmi dari Peruri

Menemukan meterai fisik pun mudah. Bukan hanya bisa didapatkan di kantor Pos, melainkan di berbagai toko yang menyediakan alat tulis kantor atau layanan fotokopi, misalnya. Pun di warung juga nggak jarang meterai fisik ini ikut tersedia.

Pembubuhan meterai dalam urusan pekerjaan misalnya saja dalam proses penagihan pembayaran – dalam hal ini faktur atau invoice – berada pada kisaran nilai di atas Rp 5.000.000,- dan bila berada di bawah nominal tadi, seringnya menempelkan meterai fisik nggak diperlukan. Hal serupa juga berlaku pada dokumen kerja digital.

Sebenarnya fungsi dari meterai digital atau yang dikenal juga dengan e-meterai ini sama saja dengan meterai fisik yang biasanya kamu temukan secara umum. Hanya saja, peruntukannya yang berbeda.

Bila meterai fisik untuk dokumen cetak, maka meterai digital hanya dikhususkan penggunaannya bagi dokumen soft copy alias digital saja. Kedudukannya pun sama serta sah di mata hukum yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai.

Keuntungan penggunaan meterai digital, seperti yang sedikit Ka Acha singgung di atas, adalah mudah dan cepat untuk digunakan. Kamu nggak perlu khawatir kalau meterai tadi robek atau hilang.

Bagaimana Cara Mendapatkan Materai Digital?

Ada berbagai perusahaan yang menyediakan layanan e-materai yang bekerjasama dengan Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia) sehingga bisa turut menyediakan materai digital ini. Salah satunya adalah Privy.

Privy sendiri merupakan perusahaan penyedia layanan tanda tangan digital legal di Indonesia. Pengguna pun bisa memanfaatkan jasa yang Privy berikan, baik melalui aplikasi yang mudah diunduh pada ponsel, juga melalui situsnya.

Privy bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk melakukan penandatanganan dan pembubuhan meterai digital pada dokumen kerja, melainkan juga menyediakan fitur keamanan serta segel khusus Peruri yang hanya dapat terbaca dengan aplikasi khusus. Sehingga, meterai digital yang disediakan oleh Privy bebas dari meterai palsu atau disalahgunakan.

Belum berhenti sampai di situ saja. Privy merupakan aplikasi yang berfokus pada user-centric sehingga tampilannya memudahkan pengguna dalam memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya. Di sisi lain, pengguna juga hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit saja untuk melakukan penandatanganan pada berbagai dokumen kerja.

Nah, bagaimana sih caranya supaya bisa mendapatkan meterai digital atau e-meterai yang disediakan melalui Privy? Semudah apa sih? Jadi … beginilah caranya.

beli e-meterai di privy

  1. Kamu hanya perlu mengakses web app Privy menggunakan akun enterprise
  2. Unggah dokumen kerjamu yang membutuhkan e-meterai lalu pilih workflow
    Dokumen kerja yang bisa kamu unggah akan lebih cepat bila sudah berupa file PDF, walau untuk penggunaan file dalam bentuk lainnya pun sebenarnya bisa saja. Kamu juga bisa mengunggah hingga 10 buah dokumen dalam waktu bersamaan.
  3. Selanjutnya kamu bisa menambahkan meterai digital sesuai dengan pilihan yang tersedia
  4. Terakhir, cukup posisikan meterai digital tadi ke bagian dari dokumen kerjamu sesuai kebutuhanmu

Sebab meterai digital pun didapatkan dengan cara membayar sesuai dengan nominal yang tertera pada meterai tadi, Privy pun mempermudah kamu untuk melakukan top-up baik melalui pembayaran via Bank dan ATM maupun e-wallet langganan kamu. Mudah, bukan?

Jadi, bagi kamu yang bekerja di perusahaan atau kamu yang memang bekerja mandiri seperti Ka Acha, bisa menjajal pengelolaan dokumen kerja digital kamu yang membutuhkan legalitas tadi melalui Privy. Catatan lainnya, meterai digital di Privy pun sudah cukup banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar di Indonesia.

Komentar

  1. Penggunaan meterai digital dalam dokumen kerja menjadi semakin populer seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan untuk beradaptasi dengan era digital. Jangan sampai kudet dan harus mencari tahu ya kak

    BalasHapus
  2. Praktis banget sekarang beli materai ya tinggal mengunjungi web Privy, kita sudah mendapatkan materai digital. Tata caranya juga mudah ya mbak, sangat membantu urusan di dunia digital.

    BalasHapus
  3. Penggunaan meterai digital ini sangat membantu. Kalau butuh melengkapi dokumen, bisa segera dilakukan kapan saja dan di mana saja. Terus banyak keuntungan juga. Termasuk mudah digunakan dengan aplikasi Privy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali kak. Kita ga perlu repot2 ke toko/kantor pos. Skrg tuh dokumen2 berbentuk softcopy. Jd tinggal krm via email/aplikasi khusus. Dgn Privy, ngurusin kelrngkapan dokumen termasuk tanda tangan digital dan meterai oun jd gampang.

      Hapus
  4. Saat ini penggunaan materi saat mengurus dokumen menjadi lebih mudah ya ka! Ya karena sudah ada Privy sebagai distributor resmi materai digital.

    BalasHapus
  5. Keren ini kedudukannya sah di mata hukum, dan memudahkan pula untuk masyarakat dalam menggunakannya. Jadi makin sat set pemanfaatan digital ini ya

    BalasHapus
  6. Wah enak berarti ya mba pake meterai digital buat dokumen digital. Nggak perlu ribet lagi tempel, scan, trus upload ulang

    BalasHapus
  7. materai digital ini membantu banget untuk molly yg males beli materai di luar hwhee

    BalasHapus
  8. Skrg ga prlu repot lagi cari meterai. Soalnya ada e-meterai yang bs dibeli di Privy. Lengkap pula utk tanda tangan digitalnya. Jd dokumen bs lgsg terintegrasi dgn tanda tangan digital plus e-meterai yg butuh utk dokumen.

    BalasHapus
  9. Kalau ada meterai digital begini jadi lebih mudah untuk melengkapi dokumen-dokumen digital. Gak perlu ngeprint dulu lalu membubuhi meterai, abis itu discan. Sekarang harus makin praktis, efektif dan efisien.

    BalasHapus
  10. Praktis banget sih sekarang kalo mau tanda tangan digital, karena bisa include e-meterai. Pakai aplikasi Privy, jadi memudahkan syekali.

    BalasHapus
  11. Pertama kali pake Privy emang rada njlimet sih, tapi kalau udah biasa malah enak, bener-bener segampang tanda tangan basah hehe

    BalasHapus
  12. Sepertinya masih banyak luh yang belum tahu e materai ini. Padahal dengan dengan menggunakan materai digital ini, akan mempermudah semua urusan perdokumenan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga kak, proses dokumen apapun yang menggunakan materai jadinya jauh lebih praktis dengan digitalisasi ini.

      Hapus
  13. Adanya meterai digital ini sangat membantu ya, Cha. Apalagi kalau urusannya dengan pencairan dana, kita kan pasti pengennya cepet satset masuk ke rekening.

    BalasHapus
  14. sekarang apa-apa udah serba digital ya. kebayang nanti prangko manual udah gak kepakai lagi. btw aku juga pernah pakai Privy untuk ttd kontrak kerja, lebih memudahkan dan efisien sih ya gak perlu ketemu

    BalasHapus
  15. Menggunakan meterai digital bisa menjadi solusi jitu dalam efisiensi dan efektivitas kerja. Selain mudah didapatkan, juga sangat mudah untuk diaplikasikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, materai digital sangat membantu kerjaan lebih efektif dan efisien ya. Dan gampang cara nya dengan Privy, bahkan buat orang yang gaptek pun gak sulit mempelajarinya.

      Hapus
  16. Semakin kesini kemajuan teknologi makin mempermudah kita ya, termasuk adanya e-materai. Bisa pakai aplikasi Privy, jadi lebih mudah, praktis dan hemat waktu juga ya jadi gak perlu repot beli-beli keluar..

    BalasHapus
  17. Saya belum pernah menggunakan materai digital, ternyata bisa juga didapatkan di privy ya. Saya pernah menggunakan layanan privy untuk tanda tangan digital saja

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ga perlu repot cari materai lagi deh dan urusan per-duitan jadi lebih sat set, memang dunia digital memudahkan kita ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang udah repot cari meterai, pasti ditambah lagi repot nyari ekspedisi yang cepat dan terpercaya. Kesel kan kalo dokumen penting jadi telat sampai karena ekpedisinya lambat? Untung sekarang ada meterai digital, ya.

      Hapus
  19. happy ya dengan keberadaan meterai digital
    Ingat dulu karena gak mudah menemukan meterai fisik (maklum rumah jauh dari kawasan komersil), kepaksa nyetok meterai yang berakhir kadaluarsa

    BalasHapus
  20. Inilah pentingnya adaptasi teknologi dalam dunia kerja, dengan hadirnya Privy pekerjaan menjadi lebih mudah.

    BalasHapus
  21. Semakin lama paperless dan digitalisme juga makin digunakan banyak orang ya Cha. Yang penting layanannya berguna serta memberikan efek efisiensi, efektivitas, dan terjaga keamanannya. Jadi kita gak perlu materai fisik dan tanda tangan basah saat kita membuat dokumen kerjasama.

    BalasHapus
  22. Iya juga, materai digital menghindari hal-hal yang sering terjadi pada materai fisik. Seperti basah, robek, dan kedaluarsa. Serta tidak butuh lem atau air liur untuk menempel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi banyak kemudahan ya karena kepraktisannya dan banyak manfaatnya, terlebih bisa antisipasi materai palsu juga

      Hapus
  23. Sangat menarik bagaimana meterai digital ini bisa membantu mempermudah proses administrasi dan menghemat waktu. Apalagi di era digital seperti sekarang, di mana semuanya serba online.

    BalasHapus
  24. Memudahkan banget dengan adanya materai digital ini. Udah gak perlu repot nyari tempat yang jual yang mana cuma dijual di tempat tertentu aja

    BalasHapus
  25. Privy membantu banget ya untuk ngurus dokumen digital. Nggak perlu repot cari materai dan aman juga, karena terhindar dari materai palsu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi lebih aman ya, kak. Daftar dan pakenya juga gampang.

      Hapus
  26. Jaman sudah berubah. Beberapa waktu lalu, aku juga memanfaatkan Privy untuk tanda tangan kerja sama dengan klien. Dan beneran mudah banget sih.

    BalasHapus
  27. Beberapa waktu yang lalu, saya juga butuh materai untuk dokumen kerja sama di bidang penulisan. Hanya waktu itu belum tau kalau ada materai digital, jadi beli materai fisik. Nanti ke depannya mending beli yang digital aja, deh!

    BalasHapus
  28. Kira-kira perusahaan-perusahan terus dari pihak kelurahan dan dukcapil gitu, sudah tahu apa belum ya klo ada Privy ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaya, kepikiran juga nih.. karena dokumen pribadi yang diapload dan dimanfaatkan untuk keperluan dokumen digital kan berkaitan dengan banyak pihak. Kepikiran kalau bikin pasport online juga jadi lebih mudah sih yaa..

      Hapus
  29. Seandainya semua perusahaan sudah menerapkan materai digital gini, sungguh tidak merepotkan. Tidak perlu nempel-nempel materai manual di kertas. 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Jadi praktis less paper jadinya. Praktis juga dari segi keamanannya plus terjamin kan ya?

      Hapus
  30. dulu kupikir meterai digital itu belinya aja yang digital. ternyata bentuknya juga digital. dan pernah pakai, ternyata benar-benar praktis banget

    BalasHapus
  31. Saya belum pernah nih pakai materai digital, baru tau caranya lewat Privy gini. Sip, besok2 klo bikin dokumen bermaterai, bisa menerapkan tips di atas.

    BalasHapus
  32. Baru tau kalo Privy tuh berada dibawah Peruri langsung. Jadi nggak ragu kalau mau pake Privy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap kalau begitu ya mba..apalagi privy juga sudah terdaftar di OJK dan kominfo, makin yakin dengan keamanan data kita kalau pake privy

      Hapus
  33. Berterima kasih nih ama Privy. Kita jadi dipermudah kalau mengurus dokumen digital memerlukan materai digital.
    Aman ya apalagi keberadaan Privy di bawah peruri langsung

    BalasHapus
  34. Bagi sebagian orang penting sih untuk hal seperti itu. Tapi bagi pekerja biasa, gak terlalu penting. Cukup beli materai di fotocopy, heheh


    Newsartstory

    BalasHapus
  35. Dulu saya sempat mengunduh app Privy ini untuk surat kontrak pada suatu media online, dan memang se powerfull itu app ini juara deh.

    BalasHapus
  36. Beberapa kali saya agak kelimpungan mencari materai karena kebutuhannya mendadak. Kalau bisa online gini kan enak. Bisa ada kapan pun saat dibutuhkan.

    BalasHapus
  37. Berarti materai digital ini kayak tanda tangan digital gitu ya kak. Cukup tempat pada dokumen dan taraaaa.. selesai.

    BalasHapus
  38. Serius aku baru tau lho kalo ternyata ada materai digital. Tapi untuk harganya berapa, ya. Apakah sama dengan harga materai konvensional? 😊

    BalasHapus
  39. Next mau banget menggunakan jasa dari Privy karena meterai digital penting banget gak bikin ribet.klo gak ketemuan, apalagi bisa didapatkan dengan cara membayar sesuai dengan nominal yang tertera pada meterai tadi, dan bisa melakukan top-up baik melalui pembayaran via Bank dan ATM maupun e-wallet

    BalasHapus
  40. Aku pake materai digital cuma pas daftar cpns. Ternyata udah bisa dipake buat dokumen resmi yang online ya skrg. Apa semua perusahaan udah nerima ini?

    BalasHapus
  41. Wah, ternyata beli e-meterai di Privy gampang banget ya! Cukup upload dokumen, pilih workflow, dan tempel meterainya sesuai kebutuhan, semua beres dalam waktu singkat. Apalagi bisa top-up pakai e-wallet langganan kita, makin praktis!

    BalasHapus
  42. Wah wah aku baru tahu soal materai digital ini, Biasanya aku suka poto materai biasa yg kemudian aku kasi tandatanganku kalau diminta soft file surat2 kek perjanjian gtu.
    Ooo jd kedudukannya tetap sama dan berbayar juga yaa. Bisa nih kapan2 kupakai kalau ada surat2 yg perlu dikasi materai dna cuma diminta soft copy-nya aja thx.

    BalasHapus
  43. Saya juga menggunakan Privy sejak lama sewaktu membuka tabungan deposito dan ternyata sekarang sudah mulai banyak yang pakai karena memang data kita lebih aman

    BalasHapus
  44. Kalo denger privy aku ingetnya pas dulu masih sering invest di P2P lending. Krn hrs ttd digital kan, dan biasanya melalui privy juga.

    Kalo ematerai pernah denger. Dulu pas masih kerja di HSBC, udh mulai tuh materai yg pakai chop. Jd ga usah pake materai fisik. Tapi hrs didaftarkan juga ke sistem bank yg dipakai. Jd kalo ada orang yg mau cairkan cek, dan si pemberi cek udh pakai materai chop, pihak bank hanya tinggal periksa dari database sudah didaftarkan atau belum.

    Zaman skrng semua serba digital ya mba. Lebih memudahkan sih memang 👍

    BalasHapus

Posting Komentar