Drama Pilah Sampah Di Rumah

Demi apa coba, pilah sampah di rumah beneran nggak mudah. Berkali-kali mau menyerah rasanya. Sulit untuk menyamakan persepsi dengan pasukan seisi rumah, apalagi yang usianya di atas Ka Acha. Ini apa pendekatan saya yang salah ya? Ujungnya, niat kuat datang dan pergi sesuka hati.

pilah sampah dari rumah

Sebenarnya, usaha untuk mulai pilah sampah begini, Ka Acha mulai sekitar dua tahun lalu. Perjalanan underground yang cukup panjang ya. 

Namun tahapnya nggak pernah sampai ke level memaksimalkan sampah organik untuk jadi kompos seperti mungkin yang orang lain sudah banyak lakukan di luar sana. Saya cukup tahu kemampuan saya saat ini. Pun lahan mengompos tiada.

It’s ok. Semuanya kan butuh proses ya.

Perjalanan Pilah Sampah Di Rumah

Saya masih terbatas dengan memisahkan sampah non organik saja. Mulai dari plastik tebal berupa botol dan lain sebagainya. Mengumpulkan kemasan tetrapack yang nggak bisa serta-merta digabung dengan sampah kemasan lain. Mencuci bungkus multilayer, dijemur dulu, lalu dikumpulkan pada tempatnya tersendiri.

Begitulah. Pekerjaan panjang yang rupanya bikin hati lelah juga kalau segalanya diupayakan sebatang kara begini. 

Dua tahun lalu, demi menyemangati diri, saya menayangkan proses saya memilah sampah di rumah pada akun Instagram pribadi saya. Kamu masih bisa menemukan post-nya, jika sanggup skrol sampai ke reels di bulan Juni tahun 2022.

Post itu tentang proses Ka Acha memilah pakaian tak layak pakai yang bukannya saya jadikan lap lantai atau didonasikan ke yayasan yang – katanya – siap jadi tempat menerima, tapi saya kirimkan pada waste management yang mampu mengolahnya menjadi produk peredam suara dan juga benang atau kain recycle. Lokasi kirimnya di Jakarta.

Bukan karena gaya-gayaan. Saya hanya nggak ingin memberikan pakaian nggak layak pakai pada orang lain. Bukankah memberi hadiah, sebaiknya dengan benda yang pantas? Kalau pun pakaian tadi nggak layak guna lagi, maka tempat yang saya tuju haruslah siap mengolah jadi benda yang baru. Itu yang saya tekadkan.

Saya pun belajar lebih banyak lagi tentang slow fashion hingga berubah jadi rasa kepo pada kain lantung. Semangat untuk terus mix and match outfit tanpa rajin beli pakaian baru, menggelora, menyala. Proses yang mengajarkan Ka Acha untuk memelihara rasa cukup atas segala rupa benda yang masuk dalam lemari pakaian saya.

But in other hand, saya tetaplah seorang anak. Orangtua Ka Acha senang memberi hadiah pada kami, anak-anaknya. Paling sering, tentu saja pakaian dan segala produk fashion. Orangtua saya merasa, anak perempuan wajib diajari tetap tampil cantik. Kesan pertama seringnya datang dari tampilan rupa, begitulah nasihat keduanya. Walhasil, lemari Ka Acha selalu terisi tanpa perlu saya beli sendiri.

Kenyataan lainnya, nggak semua produk fashion dan kain diterima oleh si waste management yang Ka Acha sebutkan tadi. Ada saja barang buangan yang saking nggak tahunya harus dihibahkan kemana, teronggok begitu saja di area loteng. Hasilnya, tentu saja si partner saya sebal. Ujungnya, ia buang saat truk pengangkut sampah mingguan datang.

Bukannya senang, saya malah kepikiran. Sampah tadi akan bercampur-baur dengan berbagai rupa lainnya. Jadi onggokan yang menjulang tinggi di Tempat Pembuangan Akhir sana. Dari bagian belakang truknya saja, saya sudah mendapati secuil penampakannya. Hhh ….

Lanjut ke proses pilah sampah plastik di rumah. Saya pisahkan, mana jenis botol hingga plastik pembungkus makanan.

Proses ini menyadarkan Ka Acha kembali. Nggak semua benda plastik mau diterima oleh babang rongsok dan pemulung yang lewat sesekali di komplek perumahan tempat saya tinggal ini. Ya … bisa dipahami. Pengepulnya mungkin enggan menerima semuanya, bukan?

Mulailah masa pencarian. Berbekal rasa penasaran, saya menjelajahi dunia maya. Berjuang menemukan waste management yang siap menerima sampah pilahan jenis lain yang nggak masuk list terima si babang rongsok.

 Ada waste management yang menerima, namun saya harus mengeluarkan dana lagi saat proses membuangnya. Aih, kalau dihitung, berat di kantong. Bahkan jumlahnya lebih besar dari iuran sampah bulanan melalui pihak RT di komplek perumahan Ka Acha ini.

Mau minta tolong Mas alias si partner rusuh Ka Acha yang – katanya sih – paling setia dan sayang sepenuh hati sama para bocil sebagai tetua di sini, hhh … dia nggak siap untuk menyengaja menyediakan waktu hanya demi ‘pergi buang sampah’ yang sudah adiknya ini pilah. Toh baginya, ada yang lebih mudah. Tinggal keluarkan semua, dan tunggu truk pengangkutnya tiba setiap hari selasa.

Saya paham kok. Ngapain juga mempersulit diri kan? Lagipula tujuannya pun sama, mengeluarkan sampah tadi dari rumah. Oke, si adik dan si kakak kemudian pecah kongsi.

Akhirnya ada platform pilah sampah yang bersedia menjemput ke rumah, terjadwal proses jemputnya, pun bebas biaya. Nggak semua jenis sampah terpilah sih yang diterima, tapi layanan jemput dan timbangnya ini yang berhasil memberikan dukungan pada Ka Acha untuk tetap semangat. Gratis pula. Gimana saya nggak senyum senang, coba? 

 Namun sayangnya, waste management ini nggak bertahan lama. Pun kasusnya saya ketahui selepas curhat di salah satu akun media sosial milik saya gara-gara tim penjemput sampah yang biasa dikenal dengan sebutan pelestari, selama berminggu-minggu nggak bisa diminta datang ke mari. Sayang sekali ya. Padahal platform ini sempat jadi andalan saya.

sampah jelantah
sampah terpilah yang mau dijemput si waste management yang akhirnya berkasus itu

Perjalanan membawa saya berkenalan dengan owner dari waste management yang mengelola sampah terpilah begini secara personal. Mandiri sistemnya, karena sering si pemiliknya ini turun tangan. Lokasi kirimnya pun di Bogor sini, walau jaraknya cukup jauh dari tempat saya tinggal. Catatan lain, usahanya ini skala kecil, terbatas sekali.

Pernah ada hari saya merasa beruntung mengenal beliau. Tas spoundbond yang jumlahnya sudah sampai satu kardus saking banyaknya goodiebag yang saya terima entah dari mana saja, bisa tersalurkan lewat beliau.

Tentu, sebab tas begini kan memang bisa digunakan berkali-kali. Sayang, kini sering diberikan persis kantong plastik besar di masa lalu, sebelum gerakan peduli lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik banyak digaungkan.

Bila direnungkan kembali, kenapa kisahnya jadi serupa sejarah hadirnya kantong plastik? Benda yang dulunya diniatkan untuk kurangi penggunaan kantong kertas akibat penebangan pohon sebagai bahan baku pembuatannya yang sudah sampai di level masif, eh jadinya? Dari kantong plastik pindah ke spounbond yang malah lebih ribet lagi diolahnya. Hhh … manusia.

Inginnya yang Cepat Selesai Saja

Niat dan keadaan ternyata nggak selalu bisa berjalan beriringan. Ada masa ketika kesehatan saya menurun, atau sewaktu pekerjaan memaksa saya untuk memprioritaskan hal lain dibanding memilah sampah. Dengan sendu saya biarkan semua terbuang begitu saja tanpa lewat proses pilah.

Terutama di jelang Idul Fitri tahun ini. Beberapa sudut rumah tempat saya biasa menyimpan sampah non organik terpilah, harus segera dikosongkan. Pekerjaan Ka Acha pun sedang menggila. Hingga banyak yang terpaksa luput dari perhatian saya.

Jadilah, sampah yang telah susah payah saling dipisah menurut jenisnya itu, raib dari rumah. Saya tahu, seisi rumah pasti gerah oleh segala rupa benda ‘nggak berguna’ yang menumpuk, menyudut, penuh. Saya mengerti betapa tempat tinggal kami jadi nggak bisa masuk kategori rapi. Semua karena si anak keras kepala satu ini, that’s me.

Namun yang paling Ka Acha sayangkan, ketika urusan pilah sampah di rumah, sedari awal hanya urusan saya seorang. Mengulik waste management yang mau mengolahnya. Mencari tahu cara memilahnya. Bersabar mengumpulkan semua sebelum mengirimkannya.

sampah plastik
sampah plastik multilayer yang sudah dicuci bersih dan dijemur 

Bukan berarti si partner sepenuhnya enggan. Dia hanya merasa cukup dengan memisahkannya saja, tanpa merapikannya atau membersihkannya lebih dulu, sebelum disalurkan.

Bagaimanalah hati saya nggak merengek minta menyerah? Dongeng panjang saya soal bagaimana keadaan Bumi ini kini dipenuhi sampah yang saling campur aduk, rupanya jadi angin lalu. Tahu kalau mengurusi semuanya butuh waktu, kalau bisa dipermudah, kenapa mau saja dibuat susah? Begitulah tantangan lewat sudut pandang keluarga Ka Acha di rumah.

Lagi dan lagi, saya merenung. Nggak semua orang lekas tersentuh. Suatu kebiasaan, butuh waktu puluhan tahun untuk diubah. Tingkat kesadaran setiap orang pun, nggak selalu bisa dipaksakan.

Pada akhirnya, Ka Acha jadi banyak berandai-andai. Bila saja Indonesia proses pilah sampahnya sudah serupa di Jepang sana, jadi budaya modern. Sampah yang dicampur dalam satu kantong, enggan diangkut para petugas pengangkut sampah karena abai dipilah. Proses angkut tiap jenisnya pun, berbeda harinya. Bahkan setiap orang merasa bertanggungjawab atas sampah miliknya, sehingga ketiadaan tempat sampah di tempat umum nggak membuat kawasan di sekitarnya kotor berantakan. Apa angan saya kejauhan?

Kendala Pilah Sampah Di Rumah

Jika boleh disimpulkan, segalanya berawal dari sudut pandang dan kebiasaan. Keinginan pun pengetahuan yang berakhir menetap di hati alias bukan hanya parkir di pikiran, nggak selalu bisa dipaksakan. Benarlah kata semua orang, mengajar orang lain lebih mudah dibanding menyampaikannya pada keluarga terdekat.

Kendala inilah yang perlahan menghentikan saya untuk membagikan proses pilah sampah di rumah selama ini. Buat apa? Ka Acha saja belum sempurna prosesnya.

sampah alumunium foil produk susu
pembungkus alumunium foil produk susu yang selalu Ka Acha bersihkan sebelum dikumpulkan untuk disalurkan ke waste management yang mau mengelola

Maunya naik bertahap seperti mendaki anak tangga. Ternyata naik turun jungkir balik jumpalitan dulu dibuatnya. Hanya karena begitu inginnya berhasil mengeluarkan sampah secara terpilah dan nggak berkontribusi penuh pada menggunungnya sampah di TPA, saya terlalu sering diajak menghela napas panjang sampai rasanya ingin angkat tangan.

Cukup sudah drama panjang ini berjalan. Mungkin, inilah waktunya Ka Acha menghentikan langkah yang bisa jadi sudah sejauh ini. Cukuplah saya menjadikannya kebiasaan untuk diri sendiri dulu.

Telah tiba waktunya bagi saya untuk mengusaikan paksaan atas kebiasaan baru di rumah. Biarlah sedikit demi sedikit, lambat proses dan progresnya. Mohon doakan saya tetap punya nyala untuk pilah sampah di rumah, walau tertatih dan nggak bisa sesempurna orang lain di luar sana.

Saya tetap percaya, rumah adalah tempat terbaik bagi generasi di bawah saya, belajar soal hidup. Bila bukan sepenuhnya sekarang, mungkin nanti akan ada juga waktunya. Sebab saya mulai ingin berhenti mengingatkan segala rupa pada sosok-sosok yang memang usianya di atas saya. It’s ok.

Saya kemudian mengamini, setiap orang ada masanya, dan setiap masa akan ada orangnya. Mungkin bukan di saat ini, tapi nanti. Bisa jadi bukan saat Ka Acha ada di usia yang semuda sekarang, tapi kelak saat usia saya lebih matang. Drama ruwet pilah sampah di rumah begini, pasti ada usainya kan? Semoga happy ending.

 

 

 

Komentar

  1. Emang nggak mudah menyatukan persepsi sama orang rumah soal pilah-pilah sampah, Kak. Kadang sehari dua hari oke. Eh selanjutnya lupa. HEhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi lama lama kalau dibiasakan dan disiplin suasananya bisa kembali kondusif. Bisa karena terbiasa, hehe

      Hapus
  2. Senangnya ya di sana ada waste management yang menerima sampah kain. Di sini gak ada.
    Tantangan lainnya, di sini sampah yang diambil oleh petugas gak dipisah meskipun sudah kita pisah di rumah ... ditumpuk saja semua :(

    BalasHapus
  3. Tidak mudah memang untuk menjadi seorang pahlawan lingkungan. Apalagi tidak mendapat dukungan dari orang-orang terdekat. Pastinya butuh effort yang tinggi dan support. I can feel you. Tetap semangat

    BalasHapus
  4. sudah hampir tahun ketiga ini aku sudah belajar pilah sampah karena bersyukur di komplek rumah sudah menerapkan bank sampah. jadi banyak untungnya, karena sampah jadi ada harganya hehe

    BalasHapus
  5. relate banget ka achaaaa! saya juga pejuang pemilah sampah sendiri dirumah dan yang paling cerewet, hahaha. suami suami kek nya emang gitu ya, gak mau ribet pengen yang simple aka. pilah buang dan kasiin deh ke mang sampah. mungkin yaaa dan mungkin bila nanti....kitanya tetep konsisten suami juga luluh juga, hihihi.

    tapi anak anak sih udah alhamdulillah mulailah buang sampah ke tempatnya meski belum bisa milih yaaa, meski dibilangin ini buat botol ini buat plastik bekas kamu jajan, ini buat sisa kamu makan gak abis....hihihi. yaa gitu deh. perjuangan emang yang kadang pengen, udah deh gue nyerah! kasiin ke kang sampah aja! wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. Pas ibu saya sakit, saya agak bedah rumah di sana. Banyak barang yang seharusnya jadi sampah. Tapi ga boleh dibuang oleh ibu saya. Katanya ada cerita kenangan sepanjang masanya hahaha. Tapi bagus ini ada waste management yang mau membantu mengolah sampah, bahkan sampai menjemput sampah ke rumah dan gratis.

    BalasHapus
  7. salut sama kakak yang sudah membudidayakan memilah sampah untuk mencintai bumi ini :')

    BalasHapus
  8. Salut, saya merasakan sendiri bagaimana sulitnya memilah sampah di rumah. Saya tergolong yang belum berhasil. Tapi saya tidak akan menyerah dan akan selalu berusaha.

    BalasHapus
  9. Kalau saya drama nya sama suami. Dia ngumpulin plastik bekas minyak atau detergen gitu buat jadi polibag. Tapi lamaaa... Ga dipakai akhirnya berantakan dan bikin kotor. Ya saya buang. Eh marah dia
    Hahaha

    BalasHapus
  10. Jujur ya mba, aku pun menyerah urusan pilah sampah di rumah. Capeeek karena ngelakuin cuma sendiri. Yg lainnya yaaa gitu deh. Ga bisa konsisten. Ujung2nya, aku yg emosi mba, dan itu ga bagus buat mood ku sendiri. Kalo keseringan bad mood yg ada aku jadinya happy, lama2 bisa ke mental yg kena.

    Dah laaah, aku nyerah. Ntah kapan Indonesia bisa memproses pilah sampah kayak di Jepang, korsel dan negara maju lain.

    Toh sampah yg udah dipilah pun, ujung2nya digabungin juga di tempat sampah. Trus ngapain aku capek milahnya 😞. Masa harus ke waste management baru mereka bisa olah.

    Aku pernah hubungin salah satu di daerah kb jeruk, trus dia bilang baru bisa pick up kalo beratnya minimal 500kg !! Aku langsung ngakak🤣🤣🤣🤣. Niat ga sih.. Emang dikira rumahku pusat pembuangan sampah nungguin numpuk sebanyak 500 kg dulu.

    Yg penting ngajarin anak2 dulu utk buang sampah selalu di tempatnya deh. Masalah pilah2 ntr aja. Nguras tenaga dan emosi

    BalasHapus
  11. pilah sampah ini memang PR
    adakalanya si petugas sampah menerima yang sudah terpilah, adakalanya pula malah tetep digabung gitu.
    yang penting semangat selalu dimulai dari diri sendiri

    BalasHapus
  12. Wah kak sama kaya aku belum bisa maksimal mengelola sampah hingga jadi kompos, padahal aku punya lahan yang lumayan dan banyak daun yang jatuh juga dari pohon buat dijadikan kompos kan bisa juga ya.
    Tapi, baru sampai tahap pisahkan yang botol plastik saja, kemudian ditukar di pengepul. Gitu aja aku udah seneng, wkwk.

    BalasHapus
  13. Menjadi penggiat lingkungan memang tidak mudah, tapi tekad dan usahamu patut diacungi jempol. Memisahkan sampah non-organik seperti plastik, tetrapack, dan bungkus multilayer memang membutuhkan dedikasi dan ketelatenan.
    semoga banya yang ngikutin yah

    BalasHapus
  14. Mengelola sampah di rumah saya masib sekedar memilah mana sampah yg kira-kira bisa dimanfaatkan lagi, mana yang tidak.

    Biasanya kami memisahkan seperti kaleng, bot9l plastik, dan wadah plastik. Tek jadikan tempat tanaman, kalau tidak saya kasihkan ke pemulung.

    BalasHapus
  15. Emang tantangan banget sih mengedukasi org rumah terkait pemilahan sampah ini. Padahal udah aku kasih dua tempat sampah berbeda. Yang satu utk organik, satunya utk plastik dan kertas. Itu aja masih dicampur2. Ribet juga sih. Tapi ya gmn lagi. Emg hrs bersabar kalau ngasih edukasi, bahkan ke keluarga kita sendiri.

    BalasHapus
  16. Emang yaa ada aja tantangannya padahal niatnya baik yaahh agar lingkungan terjaga, tapi gak begitulah emang perlu efort banget.

    BalasHapus
  17. Achaaaa, aku paham betul rasanya, karena di rumahku juga begitu. Kadang-kadang rasanya pengen ngamuk ngeliat sampah botol plastik, plastik kemasan, kardus bekas nasi kotak, atau kulit buah dan kulit telur nggak diletakkan di tempat yang bener. Susah bener siiiiiih ngebiasain orang rumah buat memilah sampah?

    BalasHapus
  18. Salut buat kak acha... memang gak mudah mengedukasi orang lain meskipun keluarga sendiri tentang memilah sampah. Kadang banyak orang berfikir ini pekerjaan yang ribet, tinggal bungkus aja langsung buang jadi satu udah beres jadi lebih cepat bersihnya. hehehe...

    BalasHapus
  19. Aku jg sedang berusaha mulai memilah sampah di rumah nih. Kalau aku nantinya sampah yg udah dipilah dikasih ke Masjid sekolah buat sedekah. Jd ttp bs sedekah meski dgn sampah yg mau keliatan ga berguna.

    BalasHapus
  20. keren banget semangat kak Acha
    hiks, apalah aku yang bisa dibilang kurang perhatian sama urusan memilah sampah seperti ini, malah kalau dirumah yang milahin adalah tukang sampahnya, karena dia punya tujuan lain yaitu barang yang bisa diloakkan akan diloakkan sendiri sehingga menambah cuan mereka.
    kalau dirumah tempat sampahku jadi satu kresek gitu mbak, ujung-ujungnya kadang dibongkar pemulung dan berantakan yang namanya tempat sampah, memangbikin kesel.
    jadi udah ga pernah milah milah sampah, kadang sampah botol minuman sengaja kita ga buang, nunggu tukang loak tertentu lewat. Tapi ga selalu seperti ini

    BalasHapus
  21. Saya sekarang sudah menyerah pilah sampah kak Acha.
    Dulu pas tinggal di Denpasar, saya pilah sampah, karena tuntutan lingkungan tempat tinggal saya.
    Sekarang dah balik lagi ke Medan. Karena lingkungan sini tak pilah sampah, saya pun ikutan juga.

    BalasHapus
  22. Kalau misal ada sampah atau pakaian bekas seperti fashion yang masih bagus tapi bingung mau digimanain bisa coba ikut Saling Silang kak di instagram. Nanti ikut grup yang bisa adopsi, beli, atau ambil barahg ka Acha

    BalasHapus
  23. Di rumahku juga sudah pilah-pilah sampah, karena ada bank sampah di dekat kompleks. Masalahnya bank sampahnya gak menerapkan aturan yang jelas soal seperti apa sampah yang bisa mereka terima. jadi bungkus makanan atau camilan tanpa dicuci pun tetap diterima.

    BalasHapus
  24. Penerapan zero waste ini memang sangat menantang kak karena kita berhadapan dengan mindset orang. Apalagi gerakan pilah sampah masih menjadi sesuatu yg asing di Indonesia. Rasanya perlu dukungan dr pihak lain (pemerintah?), tidak cukup 'hanya' dengan menyediakan tempat sampah A, B, C tapi juga membetukan mindset yg kurang tepat, bahwa sampah kita adalah tanggung jawab kita.

    Soal tas sponbound, wah PR baru lagi ya kaaa.. Butuh perasaan merasa cukup sih menurut saya.

    BalasHapus
  25. Memang tidak mudah mengubah kebiasaan pada diri sendiri apalagi orang lain ya kan. Karena untuk berubah lebih baik itu banyak tantangannya dan tidak semua orang mau keluar dari zona nyaman. Yang penting Ka Acha sudah punya niat mau memilah-milah sampah, dan karena sistem pengelolaan sampah di negara kita belum diolah secara mendetail jadi kendalanya banyak sekali. Semangat! :)

    BalasHapus
  26. Permasalahan sampah plastik ini bisa jadi permasalahan lingkungan yang tidak kunjung diselesaikan apabila pemerintah tidak lekas mengambil langkah konkrit yang nyata untuk mengatasinya. Seharusnya pemerintah bisa mengambil contoh Singapura dalam pengelolaan sampah, khususnya plastik, yang kemudian diolah menjadi sumber energi panas yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik, lalu hasil pembakarannya bisa digunakan sebagai abu dan dijadikan pulau

    BalasHapus
  27. Ka Achaaa... kisahnya insighful.
    Aku jadi tau cara mengelola sampah bungkus susu, misalnya.

    Aku sediiih banget.
    Di saat aku mulai diet tisu, pilah sampah (meski masi sangaaaattt sederhana), dan hal-hal yang sekiranya bisa aku pakai berulang tanpa berakhir di TPA, tapi sepupuku dengan bangga menunjukkan usahanya mengenai pengolahan kayu yang dimanfaatkan menjadi bahan bakar pengganti fossil.

    Ya bener, menggantikan fossil, tapi karena keterbatasan limbah kayu, akhirnya menebang pohon juga.
    Kok jadi pen nangiisss..

    Pohon yang ditebang pasti usianya uda gak muda dan bermanfaat untuk menyeimbangkan lingkungan. Dengan keserakahan manusia, ditebang dan jadi gundul. Apa bisa diganti dengan pohon pisang?
    Otakku seakan berenti karena mereka mengagungkan ide pikiran daripada adab terhadap lingkungan.

    Maaf jadi panjang.
    Aku sekaligus curhat. Pen nangiisss bangeett.. soalnya.

    BalasHapus
  28. Urusan memilah sampah memang bisa jadi ribet dna banyak drama ya mba. Hehehe. Tapi, kalo kita pikiran, ini salah satu cara paling sederhana buat ngebantu lingkungan. Mungkin terasa malas karena butuh sedikit ekstra effort. Tapi, klo kita coba pelan-pelan, kayak latihan gitu, kita mulai dari yang kecil dulu sampai jadi kebiasaan, siapa tahu nanti bisa jadi kebiasaan asyik yang bisa bantu bumi kita.

    BalasHapus
  29. Wah keren banget sudah mulai pilah pilih barang tidak terpakai/sampah. Saya malah belum kepikiran.

    BalasHapus
  30. Saya juga semangatnya on off untuk pilah pilah sampah. Ditempat saya nerima sampah kering, cuma banyakan hanya botol plastik dan kardus. Barang - barang lainnya masih belum nih kayaknya

    BalasHapus
  31. Aku juga sedang belajar slow fashiom sii kak Acha. Lagi demen mix n match yang ada di lemari. Dan alhamdulillah lebaran ngga beli baju yayy. Tapi anak2 ya tetep aja dibeliin mbahnya wkwkk. Masalah pilah sampah dari rumah emang masih jadi PR juga huhu.

    BalasHapus
  32. kereeennnn udah milah sampah. aku masih agak susah milah sampah di rumah. karena org rumah masih blm merasa ingin dan bagi mereka repot huhu. palingan cuma kalo aku masak atau misahin plastik2 dan botol yg aku pake aja. oh ya, sampah skincare jugaaa aku pisah buat setor di Sociolla hihi

    BalasHapus
  33. Kalau sampah organik diolah jadi kompos, masih proses sih Kak. Tapi malah lebih mudah, tinggal kumpulin di ember bekas cat & dilapis-lapis mengikuti cara komposter. Nah, kalo anorganik belum sampai dicuci dulu. Paling dikumpulin jadi satu semua...Saya belum telaten nih...
    Semoga bisa lebih rajin lagi deh...

    BalasHapus
  34. Coba di setiap rumah punya kesadaran memilah sampah seperti kakak. Kan lingkungan jadi bersih deh. Ga bakalan ada banjir/wabah penyakit akibat kerusakan lingkungan. Yuk mulai dari diri kita sendiri dulu yuk. Baru sebarkan ke keluarga terdekat. Lama2 ntar jg masyarakat akan tahu sendiri. Semoga sih.

    BalasHapus
  35. Kalau hari libur saya luangkan waktu untuk memilah-milah sampah juga. Yaaa walau masih sebatas organik dan anorganik. Nyuci-nyuci plastik bekas kemasan juga. Lumayan buat hiburan hehe..

    BalasHapus
  36. Ini penting nih, kalau bukan dari rumah sampah bakal susah dipiliah. Selain itu juga bisa meringankan petugas sampah di pembuaangan akhir

    BalasHapus
  37. Aduh beneran sih ini bakal jadi drama banget karenaa aku tipe yang suka buang2 barang wkwkw sementarfa suami suka "nyimpen" barang dan ga betahan deh kalo ada barang menarik buat dia terus dibeli

    BalasHapus
  38. Memang gak mudah ya, mengajak semua isi rumah melakukan pilah sampah. Pasti aja ada yang males hahaha
    Salut deh dengan Kak Cha yang rajin dan terus memilah sampah di rumah

    BalasHapus
  39. mengedukasi orang lain untuk memilah dan memilih sampah itu memang lumayan srtuggle, termasuk orang satu rumah, pasti banyak dramanya, dan hal ini perlu diberikan pemahaman kepada mereka mengenia pentingnya memilah dna memilih sampah sebelum dibuang

    BalasHapus
  40. Wah rajin sekali kak sampai bungkus susu aja dicuci bersih loh sebelum dibuang. Kalau aku ya buang aja. Gak pernah ngelipet sampah. Aiih jd malu sendiri

    BalasHapus

Posting Komentar