Kenali Kebutuhan Kulit Wajah Sebelum Pilih Produk Skincare

Apa sih yang kamu lakukan sebelum memilih produk skincare buat kulitmu?

Hmm … kamu sudah kenali kebutuhan kulit wajah kamu belum nih? Sebab sejatinya, punya kulit sehat dan cantik terawat itu, ternyata nih ya, bukan akibat dari banyaknya produk skincare yang sukses kamu rutin pakai saja. Tapi ada beberapa faktor lainnya semisal pola dan gaya hidup, keadaan mental kamu, pun sejauh mana kamu berhasil menemukan skincare yang kandungannya memang tepat buatmu.

Ka Acha menemukan beberapa langkah untuk mencari tahu, apa sih jenis kulitmu, supaya kamu lekas bisa menemukan produk perawatan kulit yang pas sama kamu. Nggak sulit kok.

Perubahan Kulit Wajah Sesuai Usia

Dilansir dari Kompas yang beberapa waktu lalu Ka Acha temukan sebagai referensi dari artikel ini, sepanjang pertambahan usia seseorang, ada beberapa masalah kulit wajah yang kebanyakan akan dialami, yaitu :

  • Anak-anak di bawah usia 13 tahun biasanya memiliki kulit normal dan nggak banyak mengalami masalah. Jadilah di usia ini, hanya butuh perawatan super simple saja.
  • Remaja pada rentang usia 13 – 19 tahun seringnya memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Si acne nakal ini nggak jarang muncul di bagian pipi, dagu, hidung, dada, bahkan punggung. Ka Acha sendiri, saat berada di usia tersebut pun mengalami masalah wajah yang sama. Pipi saya dulu bahkan pernah dibercandai oleh pelatih teater saya di kampus, kalau si pasukan jerawat saja sampai bingung mau tumbuh dimana lagi saking sudah ramai dan padat di daerah pipi dan kening.
  • Dewasa muda di rentang 20 – 30 tahun biasanya normal, atau berminyak berjerawat, termasuk mulai munculnya noda hitam. Pada usia ini, sudah masuk momen wajib kenalan sama berbagai produk skincare. Apa kamu berada di fase ini juga?
  • Dewasa di masa 30 – 40 tahun biasanya diuji dengan kondisi kulit yang cenderung kering, pun bernoda hitam. Jadilah di usia ini tanda penuaan dini dikatakan mulai muncul di sekitar mata, pipi, bibir, bahkan sekitar dahi. Apakah di usia matang, sudah takdirnya selalu seperti ini?
  • Di masa awal jelang lansia pada usia 40 – 50 masih banyak berjuang dengan si kulit kering dan noda hitam. Momen ini kelak bisa jadi akan kamu sesali ( sedikiiittt) kalau sedari muda nggak akrab dengan berbagai produk perawatan wajah.
  • Terakhir, di masa lansia, atau di atas 50 tahun, barulah muncul penuaan yang makin terlihat di wajah

Apakah kulit kita bisa melawan waktu? Entahlah. Tapi punya kulit sehat terawat menjadi salah satu alasan pentingnya pakai skincare bagi Ka Acha hingga hari ini. Eh, bagaimana sih caranya biar tahu, tipe kulit apa nih yang kamu miliki?

Apa Sih Tipe Kulit Wajahmu?

Ada 5 tipe kulit wajah yang dikenal dalam dunia perawatan kulit hingga saat ini. Lalu bagaimana sih cara mengetahui, kulit yang dianugerahkan pada kamu berada di jenis mana? Bukankah dengan mengenali kulit sendiri, akhirnya keputusan untuk menggunakan berbagai produk skincare pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan personal?

Melalui artikel yang ditayangkan oleh Alodokter, berdasarkan pernyataan dari American Association for the Advancement of Science (AAAS), kulit kita dibagi menjadi 5 tipe, sebagai berikut :

  • Kulit Normal
    Kulit wajah normal cenderung memiliki keseimbangan antara kandungan air dan minyak, sehingga keadaan kulit jadi nggak terlalu kering maupun berminyak. Jenis kulit wajah yang dianggap sebagai kulit yang no rewel rempong alias jarang memiliki masalah kulit, nggak terlalu sensitif, terlihat bercahaya, pun pori-pori nggak terlalu terlihat. Kulit normal dikatakan sebagai kulit yang paling mudah dirawat.
  • Kulit Kering
    Biasanya terjadi akibat rendahnya tingkat kelembaban pada lapisan kulit terluar. Inilah yang menyebabkan si pemilik kulit kering nggak jarang mendapati kulitnya terasa kasar dan kusam, serta kurang elastis. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari usia seperti yang sebelumnya sudah Ka Acha jabarkan di atas, faktor genetik, perubahan hormon, cuaca dingin, paparan sinar matahari, mandi air panas terlalu lama, efek samping obat-obatan, atau bahan yang terkandung dalam produk sabun, kosmetik, dan pembersih. Banyak ya pemicunya.
  • Kulit Berminyak
    Gampang kok mendeteksinya kalau kulit wajahmu termasuk jenis kulit berminyak nih. Penampakannya biasanya cenderung licin dan berminyak akibat kulitmu yang memang banyak memproduksi minyak atau sebum yang berlebihan. Tapi memang sih, sebum ini diproduksi secara alami oleh kelenjar minyak atau sebaceous di bawah permukaan kulit. Walau memang sebum berfungsi untuk melindungi dan melembabkan kulit, tapi kalau produksi berlebihan, bisa bikin kamu mengalami jerawat akibat pori-pori yang tersumbat. Sudah begitu, produksi sebum berlebihan ini bisa muncul karena faktor genetik, hormon, atau saat kamu mengalami stres.
  • Kulit Sensitif
    Tipe kulit sensitif ini lebih peka, jadinya gampang banget mengalami alergi atau iritasi dan ruam sebagai bentuk dari beberapa keadaan, semisal lingkungan, makanan, atau penggunaan produk kosmetik. Kulitmu mudah sekali didera gatal, mengelupas, kering, terasa perih, bahkan breakout.
  • Kulit Kombinasi
    Merupakan perpaduan dari kulit kering dan kulit berminyak. Biasanya sih di zona T alias dagu kening dahi masuk ke ranah kulit berminyak, sementara di bagian pipi malah kering. Munculnya bisa dipengaruhi oleh genetika, pun perubahan hormon sepanjang masa pubertas.

Lalu, cara apa sih yang bisa dilakukan secara sederhana demi memastikan tipe kulit yang kamu miliki? Nah, kali ini Ka Acha mendapatkan tips ini di laman Halodoc. Gampang saja, dan bisa kamu lakukan saat santai di rumah.

Pertama, cuci mukamu di waktu pagi, kemudian diamkan saja tanpa tersentuh produk perawatan apapun sepanjang hari. Maka, malam harinya, kamu bisa menerka jenis kulit apa yang kamu punya hanya dengan memperhatikannya di depan cermin saja.

  • Kulit normal akan tetap terasa lembut, nggak kering, nggak berminyak.
  • Kulit kering biasanya terasa kencang, kasar saat disentuh, dan mengelupas.
  • Kulit berminyak akan nampak mengilap dan terasa lengket.
  • Kulit kombinasi tentu saja nampak berminyak di zona T dan kering di daerah pipi.
  • Kulit sensitif akan mudah nampak kemerahan akibat perubahan cuaca.

Jadi, tipe kulitmu yang mana nih? Kalau Ka Acha, alhamdulillah diamanahi kulit wajah normal. Tapi, mentang-mentang gampang dirawat, nggak berarti saya pun abai alias nggak jeli dan pilah-pilih produk yang pas untuk merawat kesehatan kulit wajah. Salah pilih atau terlalu berlebihan malah berisiko merusak kulit.

Merawat Kulit Dengan Scarlett Brightly Series

Ada banyak alasan yang membawa saya menetapkan pilihan untuk banyak menggunakan produk keluaran Scarlett sih sebenarnya. Mulai dari produk perawat rambut dari Scarlett, sampai ke urusan masker wajah yang pernah Ka Acha tayangkan di akun Instagram beberapa bulan lalu.

Rangkaian produk skincare Scarlett Brightly Series yang Ka Acha pakai merupakan seri lengkap untuk skincare dasar. Berbagai face care yang memang setiap langkahnya sebaiknya rutin diaplikasikan ke wajah setiap hari.

Scarlett Brightly Series berfokus menghadirkan produk perawatan kulit dengan kandungan vitamin E, glutathione, rose petals alias kelopak mawar, aloe vera, lavender water, niacinamide, dan vitamin C yang bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab, cerah, dan menyamarkan bekas jerawat. Sebab kulit Ka Acha tone-nya putih, maka manfaat lembabnya sih yang Ka Acha sasar dan fokuskan.

Seperti yang sudah Ka Acha tunjukan sama kamu di post sebelumnya, tentang perubahan dari kulit wajah saya yang sedikit kusam dan kurang lembab menjadi lebih baik selama pemakaian Scarlett Brightly Series, tentu membuat hari-hari Ka Acha jadi terasa lebih menyenangkan. Makin dekat nih sama cita-cita punya kulit sehat – awet muda kalo bisa – walau usia saya tentu akan terus menanjak angkanya.

Ah ya, jika kamu juga tertarik mencoba menjadi konsumen loyal dari produk skincare keluaran Scarlett, kamu bisa melakukan pembelian produk-produknya melalui https://linktr.ee/scarlett_whitening. Nah, kalau kamu melakukan pembelian secara langsung, ada baiknya kamu memeriksa keaslian produknya dulu di https://verify.scarlettwhitening.com/ biar produk yang kamu dapat itu asli ya.

So, sebelum memulai memilih skincare untuk kamu gunakan demi impianmu punya kulit cantik nan sehat, pastikan dulu kalau ingredient yang terkandung dalam produk perawatan kulit tersebut memang kamu butuhkan, sesuai dengan jenis kulit yang kamu punya ya.

Komentar

  1. Ih, samaan dong ka Acha, aku juga pake Scarlett Brightly series ini. Beneran bikin kulit lembap. Diusia 30+ memang rasanya kulit butuh kelembapan yg lebih yah, ka.

    BalasHapus
  2. Nah iya...kita mesti kenali kebutuhan kulit wajah sebelum memilih skincare. Jangan sampai salah beli, kulitnya apa eh belinya skincare untuk jenis kulit berbeda. Seperti produk-produk Scarlett yang memenuhi kebutuhan untuk perawatan kulit kita

    BalasHapus
  3. Produknya scarlett emang bagus bagus sih. Aku suka sama face washnya, ada rose petalnya yang wanginya bikin rleks

    BalasHapus
  4. Setuju kak Cha, sebagus apapun klaim produk skincare, tapi jika yang bukan dibutuhkan kulit sama aja bohong.
    Produk Scarlett memang tau apa yang dibutuhkan Sahabatnya.

    BalasHapus
  5. Terkadang bingung menentukan jenis kulit wajah saya sendiri. Pernah pakai alat yang buat ngetes gitu, memang hasilnya di beberapa area wajah beda-beda. Untungnya kulit wajah saya gak sensitif. Pakai apapun rasanya cocok-cocok aja. Termasuk pakai Scarlett juga saya cocok.

    BalasHapus
  6. Wah lengkap banget, saya juga pakai semua item Scarlett ini
    Karena cocok di wajah dan harganya terjangkau

    BalasHapus
  7. wah, aku udah masuk ke penuaan nih wkwkwk.
    aku udah pake semua rangkaian brigthening ini, 2 minggu bikin kulit cerah happy banget <3

    BalasHapus
  8. Wuih keren banget nih kalau pakai sati set pasti hasilnya lebih maksimal ya kak

    BalasHapus
  9. Pastinya jangan sembarangan asal pakai saja beragam produk yha,kak. Dengan mengenali lebih dahulu akan memudahkan dalam menentukan produk yang cocok nih. Selama ini mendengar nama Scarlett pastinya sudah bukan sesuatu yang asing lagi deh.

    BalasHapus
  10. Bagi pemilik kulit normal tuh kek berasa surga banget. Nggak ribet perawatannya. Cuma kadang ada yang terlena sampai kulitnya dibiari gitu aja. Hehehe

    Aku suka skincare dari Scarlett yang Brightly ever after ini. Cocok di kulitku.

    BalasHapus
  11. aku suka dengan scarllet. selain variannya lengkap, dipakainya pun menyehatkan untuk wajah. apalagi facial washnya lembaran bunga kertas yg ada didalamnya membuat gemes dan ingin tap tap ke wajah

    BalasHapus
  12. Produk Scarlett memang mengerti kebutuhan kulit kita ya kak, aku juga suka banget dengan produk Scarlett mulai skincare, body care dan perawatan rambutnya

    BalasHapus
  13. Berarti kita kudu kenali dulu ya jenis kulit wajah kita apa. Lalu tinggal cari produk Scarlett yang memang sesuai dengan kondisi kulit, biar hasilnya juga lebih maksimal ya

    BalasHapus
  14. Mengenali jenis kulit dan permasalahannya ini yang paling utama ketika akan melakukan perawatan menggunakan skincare. Dan pilihan terbaik, jatuh kepada Scarlett Brightly Series yang produknya lengkap juga mampu membuat perubahan kulit menjadi lebih baik setelah beberapa waktu pemakaian rutin.

    BalasHapus
  15. Saya termasuk tipe kulit kombinasi dan saya pun juga suka produk Scarlett ini karena mudah sekali didapatkan meski sedang tinggal di luar Jawa serta harganya yang juga terjangkau...

    BalasHapus
  16. Memang pilihan skincare harus sesuai sama jenis kulit dan masalahnya ya, biar makin maksimal hasilnya :) Produk Scarlett emang pas sih buat sehari-hari tuh

    BalasHapus
  17. Cakeep nih hasil make skincare dari Scarlett. Aku juga ngerasa cocok, tapi emang harus tahu dulu jenis kulitnya biar sesuai kebutuhan ya, mba

    BalasHapus
  18. saya paling suka toner dari scarlett ini, wajahku jadi lebih segar usai memakainya. tapi sayang saya belum pernah coba krim siang dan krim malamnya nih

    BalasHapus
  19. Kalo Scarlett emang gak bisa dipungkiri kualitas produknya kak Acha. Dari sejak keluar sampe sekarang tetap menjaga mutunya.
    Saya selalu jatuh cinta dengan produknya, apalagi body care. Face care saya suka serum. Beda banget feelnya. Cepat masuk dan meresap ke kulit.

    BalasHapus
  20. setuju banget, kita harus tahu dulu tipe kulit nya apa baru setelah itu bisa menentukan jenis skincare yang pas untuk kebutuhan kulit kita, aku juga pakai scarlett yang seri brightly ini dan tipe kulit aku kombinasi

    BalasHapus
  21. Aku juga cocok nih pakai ini, buatku yang paling enak tuh sabun muka sama essence tonernya, nampol banget rasanya.

    BalasHapus
  22. Aku juga pakai produk Scarlett untuk perawatan rutin. Saat ini aku lagi pakai yang acne, karena kulit wajahku memang mudah berjerawat dan produk Scarlett ini cocok untuk kulit wajahku.

    BalasHapus
  23. Acha ... tahu aja sih .. saya sekarang di fase ini lho: Momen ini kelak bisa jadi akan kamu sesali ( sedikiiittt) kalau sedari muda nggak akrab dengan berbagai produk perawatan wajah. :D:D:D

    Alhamdulillah sekarang sudah jauh lebih sadar sih jadi berusaha mencari cara untuk skincare-an supaya wajah gak tambah kusam. Nah, produk2 Scarlett ini rupanya recommended ya.

    BalasHapus
  24. Kulit wajahku normal tapi cenderung kering kerontang brarti butuh yg bisa melembabkan ya makkk (gusti yeni)
    .

    BalasHapus
  25. Usiaku 36 tahu tipe kulit berminyak berjerawat huaa memang perlu rangkaian series tersendiri agar kulit senantiasa sehat. Seperti rangkaian dari scarlet ini

    BalasHapus
  26. Bener nih mba, kulit memang ngalamin fase2 berbeda seusai usia biasanya. Aku sendiri pernah ngalamin masa kulit very sensitive, sampai skr ini walopun ga terlalu sensitif kayak saat usia 20an, berubah jadi cendrung cendrung di usia 40 skr. Makanya skin care yg aku udh fokus ke anti aging.

    Dulu sempet pakai Scarlett brightening, tapi stop Krn pengen fokus ke anti aging tadi. Scarlett bagus kok, tapi utk usiaku ya udah ga tepat, Krn fokusnya dia bukan ke anti aging, meskipun ada ingredients utk anti agingnya.

    Jadi memilih skincare pun ya harus tau kegunaan dan fokusnya kemana, terus samain ama kebutuhan kulit kita :). Yg lebih penting, harus konsisten pakai.

    BalasHapus
  27. Scarlett memang sebagus itu. Gak salah kalau banyak yang suka. Aku juga pakai dan cocok mbak.

    BalasHapus
  28. Saya juga cocok nih pake produk skincare Scarlett, pernah pakai serum brigthly ever after, noda di wajah perlahan memudar dan kulit menjadi sehat merona, secakep itu hasilnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Tanah Cita-Cita (2016) : Melirik Sedikit Kehidupan Masyarakat Mbojo

Pandora Experience : Escape Game Yang Bikin Lupa Kalau Sebenarnya Saya Hanya Sedang Bermain Game