Ide Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Biar Nggak Perlu Berhutang Duluan

Seiring berjalannya waktu, saat saya menyadari kalau kebutuhan makin meninggi setelah punya bayi, saya jadi banyak terpikir tentang ide usaha rumahan apa ya yang bisa dimulai dengan modal kecil? Jualan apa ya yang laku di rumah? Hmm … bisakah membuka usaha, tanpa perlu menyediakan ruangan khusus untuk menyimpan barang dagangan, termasuk nggak perlu berhutang buat modal, dan lain sebagainya?

ide usaha rumahan dengan modal kecil

Tuh, baru mau mulai merintis bisnis dari rumah saja, buat mama muda, sering banyak ina-inunya. Ya … dunia mengajarkan kita untuk menerima kalau menjalani masa belajar mengurusi keluarga, sering banyak lika-liku dan butuh setumpuk kesabaran serta ilmu, and of course menghabiskan banyak waktu. Tapi, urusan dompet juga sering nggak kalah bikin mau histeris. Kamu merasa begini juga nggak?

Langkah Merealisasikan Ide Usaha Rumahan Sesuai Keadaanmu Sekarang

Pengalaman Ka Acha sejujurnya belum banyak. Tapi, ada satu insight yang bisa saya bagikan dari seorang Chef Sushi yang di masa sekarang, namanya sangat diperhitungkan dalam perkembangan kuliner Jepang. Jiro Ono, pemilik resto sushi tersohor, Sukibayashi Jiro. Kisah yang saya sadur dari buku berjudul The Book of Ikigai karya Ken Mogi, Ph.D.

Jiro Ono, terlahir dari keluarga dengan keadaan ekonomi yang nggak bisa dikatakan baik. Bahkan masa kanak-kanaknya nggak sepenuhnya dihabiskan untuk bermain-main dan belajar di sekolah. Pada masa sebelum diterbitkannya peraturan soal buruh anak di Jepang, beliau melewatkan waktu malamnya untuk bekerja di sebuah restoran, saat masih duduk di Sekolah Dasar.

Nggak jarang beliau tertidur di kelas karena letih bekerja berat selama berjam-jam. Bayangkan saja, kala itu beliau masih anak-anak. Kemudian, guru sekolahnya sering memberi hukuman berdiri di luar kelas karena beliau tertidur saat jam belajar. Eh, bukannya dimanfaatkan untuk rehat, beliau akan berlari ke tempat kerjanya, mencuri waktu untuk menyelesaikan tugasnya di resto tadi lebih awal.

Time flies. Setelah beranjak dewasa, Jiro Ono mulai mengulik ide usaha yang bisa dia lakukan tanpa perlu mengeluarkan modal besar. Ya, kala itu, beliau berkutat dengan ide usaha rumahan modal kecil. 

Ada alasan tersendiri mengapa Jiro Ono selanjutnya memilih membuka resto sushi, padahal menu makanan ini di jaman Edo dianggap sebagai menu jajanan kaki lima. Mau bagaimana lagi, beliau hanya punya modal terbatas. Inginnya beliau dulu, bukanlah menjadi pemilik resto yang terkenal – bahkan Barack Obama memujinya – seperti kini, melainkan punya usaha saja dulu.

Nggak kurang, nggak lebih. Beliau hanya berjuang untuk membuat keluarganya punya cukup dana menyambung hidup. Lalu, beliau merasa, beliau bahagia menjalani proses perjalanan menyiapkan bahan hingga menyajikan sushi kepada pelanggan, seolah tengah membahagiakan dirinya sendiri.

Hingga usia beliau menginjak 91 tahun, setiap pagi beliau akan mampir ke Pasar Ikan Tsukiji, memilih bahan-bahan segar untuk sajian di restoran miliknya. Perjalanan yang selalu beliau nikmati sebab bisa merasai asiknya udara dan matahari pagi. Hal yang selalu merasukkan rasa senang dalam hati, ketika kemudian beliau berjalan menuju restonya di pusat Kota Tokyo.

Jika dilihat lebih jauh, walau segalanya dimulai dengan modal kecil pun niat sederhana, termasuk demi punya pemasukan untuk menyambung hidup, rupanya perjalanan panjang Jiro Ono dimulai sedari masa kanak-kanak. Rasa suka dan mau mendalami bidang yang di masa depan ia tekuni.

Poin selanjutnya, sepanjang perjalanan menjalani bisnis kecil tadi, beliau nggak berhenti belajar. Segala hal yang berkaitan dengan sushi, cara penyajian yang bisa memanjakan pelanggan, tata ruang dalam resto yang bikin pengunjung betah. Beliau memperhatikan hal-hal mendetail.

Terakhir, bukan hanya kepuasan pelanggan yang beliau perhatikan, namun kebahagiaan dirinya sendiri terlebbih dahulu. Bagaimana pun, seperti punya radar, sesama manusia itu bisa saling menularkan frekuensi perasaannya. Betah nggak sih buat datang lagi untuk membeli produk yang dijual sama seseorang, kalau yang jualannya saja nggak memberikan pelayanan terbaik, dengan hati senang?

So, Ka Acha, apa saja sih langkah untuk merealisasikan sebuah ide usaha rumahan yang sesuai dengan keadaan saya sekarang? 

langkah memulai usaha modal kecil

Berani Memulai Usaha Bersama RAENA

Kamu sangat peduli dengan kecantikan dan kesehatan kulit juga penampilanmu secara keseluruhan? Terbiasa mengaplikasikan skincare? Senang mempelajari berbagai ingredient dan khasiat yang bisa dinikmati dari sebuah produk perawatan kecantikan? Bahkan tahu berbagai brand perawatan terbaik? Ok, ide usaha rumahan yang bisa kamu coba adalah dengan menjadi reseller dan dropshiper dari produk-produk kecantikan tersebut bersama RAENA.

RAENA merupakan platform khusus bagi kamu yang ingin berkecimpung di dunia pemasaran produk-produk kecantikan, baik sebagai reseller, maupun dropshiper. Kamu bisa menemukan berbagai produk, mulai dari skincare, bodycare, haircare, bahkan make-up, dari 250 lebih brand ternama. Harga jual yang kamu terima pun terjangkau. 

Beautypreneur akan menjadi profesi yang bisa kamu sandang, jika memilih ide usaha rumahan sebagai reseller dan dropshiper dari RAENA ini lho. Kamu nggak membutuhkan biaya admin sebagai modal awal ketika bergabung. Ada pula program Bimbel RAENA yang bisa kamu ikuti, untuk membuka wawasanmu terhadap produk, termasuk trik pemasaran yang cocok untuk kamu. Jadi, yuk mulai usahamu bareng RAENA!

Nah Ka Acha, beda dari kedua aktivitas penjualan ini, apa saja?

Reseller pada umumnya akan membeli produk dalam kuantitas yang cukup banyak, menyetoknya, sebelum didistribusikan kepada konsumen. Kelebihannya, kamu jadi bisa tahu progress mulai dari pemesanan sampai pengiriman produk, langsung untuk setiap pelangganmu.

Memang, ketika memilih menjadi reseller, ada modal yang kamu keluarkan. Tapi, biasanya, besaran modal tadi boleh banget kamu sesuaikan dengan kemampuanmu saat ini. Enak kan, usaha yang kamu jalani jadi nggak perlu berhutang karena modal awalnya kecil?

jadi reseller skincare

Sementara dropshiper akan menjual langsung barang kepada pelanggan, tanpa perlu menyetoknya terlebih dahulu, alias pengiriman akan langsung dilakukan oleh pihak produsen. Jadinya, kamu serasa orang ketiga nih, dalam artian kamu jadi penghubung langsung antara si produsen ke si konsumen. 

Enaknya sih, menjadi dropshiper bisa kamu lakukan hanya dengan modal nol rupiah saja. Kamu pun nggak perlu menyediakan tempat khusus untuk menyimpan produk yang kamu jual di rumahmu. Hanya saja, kepercayaan dari pelanggan terhadapmu, bergantung pada produsen secara penuh, mulai dari proses pemesanan hingga produk tadi sampai ke tangan si pemesan.

Nah, sekian sedikit ide usaha rumahan modal kecil yang bisa kamu coba. Silakan mempelajari dan mendalaminya ya. Semoga bisa menjadi ladang memperoleh pemasukan tambahan bagi kamu.



Komentar

  1. RAENA memberikan banyak peluang untuk orang orang yang mau mulai berbisnis dari rumah ya kak, apalagi kosmetik dan skincare ngga bakalan ada matinya karena akan selalu di cari

    BalasHapus
  2. Nah bener. Dropship itu bisnis paling seru, ga ada modal duit gepokan. Yang penting kenceng promosi aja. Hihih.

    BalasHapus
  3. Semua tergantung kemauan dan passion masing2 ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba. Sebab apapun yang dilakukan untuk meraup pendapatan kan tetap akan melalui proses panjang, jadi kalau kemauan saja sudah kacau balau, ya ... repot juga.

      Hapus
  4. Yach bisnis rumahan itu bisa menjadi reseller atau dropship. Pilihan tergantung dari masing-masing. Namun, dropship juga harus punya relasi yang banyak, promosi yang benar-benar hebat. Senang untuk informasi ini.

    BalasHapus
  5. Bagus juga konsepnya Raena, jadi selama ini yang bisanya jadi konsumen bisa jadi konsumen+reseller. Jadi inget kemarin pas pandemi aku juga reseller skincare, nambah wawasan banget

    BalasHapus
  6. Bisnis kosmetik memang merupakan salah satu bisnis yang banyak peminatnya. Dan ibu rumah tangga cocok banget nih kalo jadi reseller atau dropshipper, bisa sambil dikerjakan dari rumah

    BalasHapus
  7. Wahh tertarik mencoba Raena, karena sistemnya yang sudah tertata dan ditambah pula ada materinya..

    BalasHapus
  8. keren juga nih Raena. Setelah baca artikel ini, mungkin aku bakalan kepoin Raena dulu hehe

    BalasHapus
  9. Bisnis kecantikan makin pesat jadi wajar sih Raena menjanjikan peluang bisnis yang menguntungkan.. Semoga berkembang terus ya bisnisnya

    BalasHapus
  10. Salut dengan prinsip hidupnya Jiro Ono. Terkadang situasi yang sulit justru mengajarkan banyak hal kepada kita. Seperti Jiro Ono ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum. Makna kalau privilege nggak selalu perlu dielu-elukan. Soalnya, setiap orang yang berjuang, akan selalu punya 'hak istimewa' kok kalau nggak berhenti berusaha dan memulai dari hal hal sederhana.

      Hapus
  11. Memulai bisnis yang kita suka, apalagi mendalam pengetahuannya maka menjalankannya bakal lebih menyenangkan ya kak Acha. Gak akan terasa sebagai beban atau menuntut target

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling nggak, dari rasa suka, memancing banyak keingintahuan dan kemauan belajar ya Kak.

      Hapus
  12. Lumayan loh kalau jadi reseller, apalagi memang produknya banyak digunakan juga oleh masyarakat. Apalagi bisa menambah uang jajankan.

    BalasHapus
  13. menarik nih tentang jadi reseller RAENA , tetarik juga untuk jualan kosmetik. saya pernah juga ngedropshipper tapi produk hijab. jadi penasaran kalau ngedropshipper kosmetik gimana peluangnya

    BalasHapus
  14. Menarik sekali untuk ide bisnisnya, saat ini yang penting halal, bisa memenuhi kebutuhan hidup. Thanks infonya kak.

    BalasHapus
  15. Modal memang suka bikin jadi maju mundur untuk memulai bisnis. Dulu mikirnya tuh berbisnis butuh modal besar. Enak sekarang banyak jalannya. Raena salah satunya. Bisa menjadi reseller dengan cara mudah

    BalasHapus
  16. Kebetulan lagi.cari ide , bisnis yang tidak butuh modal dan bisa dijalankan dirumah sambil mengasuh anak-anak. Ternyata ada ya RAENA. Bisnis produk kecantikan dna perawatan wajah akan selalu laku dipasaran

    BalasHapus
  17. Memang tentunya kebutuhan setelah punya babby atau punya anak itu makin bertambah ya. Makanya gabung jadi reseller RAENA itu pilihan yang tepat deh

    BalasHapus
  18. Seneng banget kalau ada platform untuk memulai bisnis skincare atau kosmetik. Tanpa perlu stok barang dan bisa mendapatkan pelatihan gratis saat jalani bisnis ini.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah peluang cari tambahan cuan buat buibu makin beragam, dari rumah kita bisa produktif sekaligus jadi media belajar mengembangkan diri

    BalasHapus
  20. Wah bagus banget ya ini, jadi tau nih peluang

    BalasHapus
  21. Kalau dipikir, sekarang kalau mau usaha memang lebih dipermudah ya mbak. Apalagi dengan adanya hape dan internet, kita bisa jadi reseler produk dari Raena

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, bisa langsung mulai dan sekaligus belajar juga. Jadi istilahnya dapat wawasan tuh bisa sekalian dipraktekkan juga

      Hapus
  22. Inspiratif Jiro Ono diawali rasa suka dan mau mendalami bidang yang di masa depan ia tekuni, enggak berhenti belajar dan memperhatikan hal-hal mendetail sehingga sukses usaha meski bermodal kecil.
    Seperti Raena yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk punya usaha rumahan dengan modal kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mba Dian. Makanya aku sangat terkesan dengan kisah perjalanan hidup dari Chef Sushi Jiro Ono yang kalau dipikir lagi, sebenarnya bisa jadi beliau nggak punya banyak privilege tapi konsistensi mengalahkan segala tantangan yang ada hingga beliau jadi seperti sekarang.

      Hapus
    2. Beneran memotivasi Jiro Ono ini ya, aku noted tentang bahwa bukan hanya kepuasan pelanggan yang mesti kita perhatikan, namun kebahagiaan diri sendiri terlebih dahulu itu perlu. Karena sebagai sesama manusia kita bisa saling menularkan frekuensi perasaan kita...wah, iya bangets ya

      Hapus
  23. sekarang, ada banyak cara untuk berbisnis yaa. Kita gak perlu modal gede lagi. Salah satunya adalah jadi reseler dari Raena ini

    BalasHapus
  24. Dari kemarin banyak yang bahas Raena ini. Ide bagus untuk yang passionnya dibidang beauty ya.. Memudahkan sekali kalau mau memulai usaha sendiri

    BalasHapus
  25. Semenjak sudah tidak bekerja kantoran lagi alias total ibu RT bingung juga mau pilih usaha rumahan apa dengan modal kecil. Minat deh menjadi reseller Raena
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  26. Waaah, kesempatan banget neh, buat yang mau usaha. Bisa pakai RAENA. Jadi bisa mulai jadi reseller atau dropship ya Kak buat memulai

    BalasHapus
  27. Thankiss kak cha sudah mau berbagi informasinya tentang ide usaha yang bisa dijalankan di rumah tanpa perlu ribet packing, kirim wuaaaaaa.

    Apalagi kalau ada bocil, wuidiiih repot banget kalau semua dikerjakan sendiri, ya...

    BalasHapus
  28. Menjadi reseller di Raena ternyata banyak sekali manfaatnya. Bisnisn dari nol ternyata bisa dilakukan dari rumah, terutama bagi ibu2 rumah tangga. Konsepnya bagus, memudahnya jualan jadi ga pusing ya :) Produk2 jualannya juga banyak waaah mantap ini buat dijadikan solusi meningkatkan perekonomian keluarga :D

    BalasHapus
  29. Potensi cuan kelihatan lbh gede ya kak sebab produknya repeat order...
    secara kosmetik sekarang lagi rame2nya, nih

    BalasHapus
  30. keren ya Raena
    saya setuju banget, hari gini perempuan harus gesit, ikut membantu finansial keluarga
    karena banyak banget kebutuhan di masa depan
    beruntung Raena paham ya?
    Menyediakan produk untuk perempuan yang mau merawat wajahnya
    sekaligus berbisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Ambu. Rasanya, kalau hanya berpangku tangan sama pasangan hidup saja sih, nggak nyaman ya Ambu, malah terkesan jadi sulit berkembang.

      Hapus
  31. Ini malah praktis banget ya. Kita bisa makai produknya, yg berarti bisa testimoni sebagai bekal promo dalam melakukan penjualan. Mana bisa dropship pula.

    BalasHapus
  32. Wah, ide brilian nih... Jadi beautypreneur dg menggunakan RAENA. Tinggal mengasah jiwa marketing, insyaallah cuan berdatangan.

    BalasHapus
  33. Wow, Jiro Ono sampai usia 91 tahun kalau pagi masih ke pasar dan memilih sendiri ikan segar untuk restonya.

    Menjalani bisnis kalau sesuai passion menjalaninya tentu akan dengan hati yang senang ya mbak. Kalau hati senang, seolah semua jadi mudah. Nah bagi yang suka ngulik skincare terbuka nih peluang bisnis dengan gabung di Raena

    BalasHapus
  34. Menurutku yang paling penting dalam menjalankan usaha itu keberanian dan konsisten. Apalagi sekarang banyak peluang yang bisa dilakukan. Salah satunya gabung jadi reseller RAENA. solusi banget tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mba. Konsistensi dan bersabar dengan segala hal yang dilakukan secara berulang itu sih, kuncinya untuk bisa menjebol halangan dalam berusaha.

      Hapus
  35. Aku baru tau nih aplikasi RAENA. boleh deh ntar aku coba download. Soalnya Uda lama pengen coba usaha dagang yang bisa dikerjai dari rumah.

    BalasHapus
  36. Wah saya sedang cari-cari nih, peluang usaha yang ga pakai modal, tapi bisa menjamin lancar. Karena saya masih trauma aja jualan produk yang ga ada di rumah. Tapi nyetok juga ga bisa karena ada pengalaman ga enak.
    Saya mau pelajari Raena dulu ah

    BalasHapus
  37. Kenyataannya memang membangun usaha dari nol ini memang bukan hanya masalah dana namun juga keberanian dan tekad yang kuat yaa..
    Belajar banget dari kisah yang diceritakan kak Acha, Jiro Ono sensei.

    Semoga memulai di RAENA adalah salah satu jalan usaha yang diberkahi.

    BalasHapus
  38. Wahhh jadi mupeng utk terjun juga ke bisnis ini.
    Jadi banyak faedah dan benefit yg bisa kita dapatkan pastinya ya.

    BalasHapus
  39. Ide usaha rumahan dengan modal kecil bisa jadi pilihan yang tepat buat yang baru memulai usaha ya kak
    Salah satunya ya bergabung dengan RAENA inj

    BalasHapus
  40. Jadi ingat sama almh mamah mertua yang punya usaha kuliner semasa hidup. Almh juga bilang kalau mau bikin usaha harus berawal dari yang disuka. Makanya almh usaha kuliner yang memang disukai keluarga. Kalau sampai gak laku, bisa dimakan sama keluarga. Dibagiin juga kalau ada banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener banget Teh. MasyaAllah, almarhumah mama mertua bahkan melihat bisnis yang kalau misal ada ruginya, nggak berasa rugi karena bisa dinikmati sama keluarga ya.

      Hapus
  41. Pernah banget jadi reseller dan menikmati proses bisnis, cuma akhirnya balik jadi blogger lagi, senang aja bisa jualan, tapi modal juga mesti banyak

    BalasHapus
  42. Wah ternyata berbisnis itu tidak selalu dengan modal besar ya, bahkan tidak perlu keluar sama sekali. Btw, thanks tipsnya kak

    BalasHapus
  43. MasyaAllah Raena cocok banget untuk memulai bisnis bagi Ibu Ibu di rumah ya Mba..mana jualannya juga mudah dan cuma butuh gadget aja

    BalasHapus
  44. Selain dikasih wadahuntuk berbisnis dengan modal kecil, di RAENA ada bimbel-nya pula.
    Moga makin sukses RAENA bersinergi dengan para pebisnis pemula.

    BalasHapus
  45. tetap berjuang dan tetap semangat yaaa :D

    BalasHapus
  46. MasyaAllah, dari seminggu lalu tuh aku ngepoin Raena. Beneran yang kayak pengin gitu buka dagangan yang kulakan di Raena. Sampai download aplikasi juga, tapi masih maju mundur syantik wkwkwk

    BalasHapus
  47. Tapi beresiko ga ya, khawatir penjua l ga amanah reseller yg kena, atau ada jaminan uang ditahan aplikasi dulu ya spt merketplace lain

    BalasHapus
  48. cocok banget ya buat yang lagi pengen usaha tapi minim modal, gabung di RAENA aja, baik jadi reseller maupun dropshipnya ya.
    kalau dijalani dengan sungguh-sungguh gak menutup kemungkinan nantinya bisa jadi owner juga dong seperti kisah Jiro Ono :)

    BalasHapus
  49. Raena memudahkan bgt ya utk pemula. Aku kurang jago dagang soalnya ga sabaran hehe pengennya lgsg laku tapi kan ga bisa gitu. Salut sm org2 jago dagang & bisnis lainnya.

    BalasHapus
  50. Berbisnis dengan yang kita kuasai menjadikan kita lebih matang untuk mengambil keputusan, biar untung sedikit lama² menjadi bukit deh 🥰

    BalasHapus
  51. Raena bagus untuk tenan teman yang sedang belajar bisnis minim modal. Raena ini simple lho dan kita rajin latihan langsunv di air laut aja.

    BalasHapus
  52. Baru tau kalau ada produk bernama RAENA, spesifikasinya apa ya? di mana bisa dapat info lengkapnya? konsep jadi konsumen dan reseller itu cukup membantu wira usaha level bawah

    BalasHapus
  53. Pas banget nih kak Acha, aku pun sedang balik ke rumah. Masih bingung mau bisnis apa. Wah pas baca tentang raena ini jadi tertarik. Mhhh pengen langsung bilang suami ahh

    BalasHapus
  54. Aku juga suka bisnis sistem dropship atau reseller itu. Selama kenceng promosi, harusnya bisa jualan tanpa modal jutaan. Apalagi kalau produknya Skincare yang sekarang udah kayak kebutuhan buat semua golongan

    BalasHapus
  55. Pengen punya usaha rumahan juga tapi males packingnya. Kalo pake RAENA ini, bisa jadi dropshipper aja ya. Suppliernya yang packing.

    BalasHapus
  56. Apalagi zaman sedang begini, sebisa mungkin cari tambahan income ya mba, drpd mengurangi pengeluaran yg memang sudah maksimal. Kalo ada banyak cara utk berjualan seperti ini, ga ada salah nya dicoba. Terlebih ga butuh modal besar utk menjualnya.

    BalasHapus
  57. Senang banget kalau bisa jadi dropshipper ya mbak. Dulu saya juga senang jadi dropshipper dan ngumpulin modal untuk buat usaha sendiri.

    BalasHapus
  58. Mantap sih emang RAENA ini jadi yg di rumah punya kesempatan untuk dapat penghasilan tambahan juga ya kannn

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pandora Experience : Escape Game Yang Bikin Lupa Kalau Sebenarnya Saya Hanya Sedang Bermain Game

Antologi Romantika Cinta Pertama