Staycation Di Holiday Inn Gajah Mada Jakarta Buat Numpang Beresin Naskah Novela

Bermain Dengan Creative Art Series Faber Castell

Pelonggaran aktivitas memang mulai terlihat, dimana kebanyakan orang sudah merasa agak leluasa berkunjung ke mall dengan membawa anak yang berusia di bawah 12 tahun, misalnya.

Saya paham, betapa berada di rumah terus dan membatasi anak untuk beraktivitas di luar dengan alasan, “eh, di luar lagi banyak virus bla bla bla lho” secara berulang, bisa membuat si kecil saya ngambek. Maka mengajaknya bermain dengan creative art series faber castell, misalnya, menjadi pilihan terbaik bagi saya dan si partner.

 

Ya … bayangkan. Saya yang sudah besar saja, bosan banget kalau sedari pagi ke malam dan terus berulang setiap hari, hanya melihat dinding dalam rumah. Berjalan mondar-mandir dari kamar tidur ke ruang tengah lalu ke dapur, sesekali masuk ke ruang kerja, kemudian ke kamar mandi, dilanjut ke balkon atas untuk menjemur atau mengangkat jemuran. Repeat. Bagaimana dengan anak-anak?

Sebagai anak besar, pelarian saya sih biasanya menonton drama atau film melalui platform streaming. Sekali waktu ya membaca buku dan memilih untuk nggak mengambil pekerjaan dulu jika badan sedang merasa lelah. Ada pula masa dimana saya memberi jeda kepada diri saya untuk puasa gadget, biar saya nggak terjebak nomophobia karena pekerjaan saya.

Sementara anak-anak saya yang masih batita dan balita ini kan, sedang masanya senang mengeksplorasi, melompat, berlarian sana-sini. Pandemi benar-benar menjadikan keduanya bertumbuh tanpa sering bisa merasakan asyiknya bermain di luar rumah, seperti saya dan si partner di masa kecil.

Ada sekali waktu saya membawa keduanya bermain layang-layang, menikmati hembusan angin. Ada pula waktunya saya dan partner bisa mengenalkan pantai pada keduanya saat staycation di Anyer. Tapi, kegiatan begini kan nggak bisa sering-sering. Akhirnya, banyak sesi bermain yang saya dan partner kulik bersama untuk duo ganteng kesayangan.

Manfaat Bermain Bersama Anak

Pada 28 September 2021 lalu, saya mengikuti sebuah webinar yang digelar oleh Faber Castell. Acara ini menghadirkan Yohana Theresia, M.Psi., Psikolog dari Yayasan Heart of People.id sebagai salah satu pembicaranya. Webinar yang bertajuk “Soft Skill Apa yang Diperlukan di Abad Digital?” membuat saya bersemangat untuk selalu menyediakan waktu bermain bersama si kecil.

See? Bukan hanya orang dewasa saja yang merasa terjebak karena harus lebih banyak beradaptasi dengan kebiasaan baru. Menoleransi keadaan dan berjuang menghadapi tantangan agar orang-orang tersayang tetap aman dan sehat.

Soetikno, Agustina, Verauli, dan Tirta (2020) menemukan bahwa terdapat peningkatan masalah perilaku dan emosi yang muncul pada anak akibat paparan stres di masa pandemi Covid-19. Nah kan, bukan hanya orang dewasa saja lho yang kesehatan mentalnya perlu diperhatikan. Ka Acha sepakat sih sama apa yang Kak Yohana sampaikan sepanjang webinar.

Maka, bermain bersama anak sebenarnya bisa menjadi salah satu jalan untuk mengurai benang kusut dan meredakan badai di kepala, alih-alih saya – juga kamu yang sudah berkeluarga – merasa tertekan dengan keterbatasan ruang gerak yang mau nggak mau harus diterima, dinikmati.

Saya dan partner setuju untuk nggak terlalu sibuk dengan kegiatan masing-masing, apalagi memberikan gadget secara berlebihan hanya agar si kecil tetap tenang. Kami melihat sisi lain dari pandemi ini sebagai rejeki, ketika ada cukup waktu luang untuk bisa terus membersamai si kecil bertumbuh-kembang. Ya kan siapa lagi teman main si duo ganteng kalau bukan mama dan papanya, coba?

Jadi, rangkuman dari manfaat bermain bersama dengan si kecil adalah :

Bermain Kreatif Dengan Creative Art Series Faber Castell

Paparan lain yang Kak Yohana sampaikan, bahwa kreativitas menjadi salah satu keahlian yang nggak akan lekang oleh masa, bahkan bisa menjadi peluang besar jika dikembangkan terus-menerus, demi menghadapi banyaknya tantangan di abad digital.

Kelak, mungkin kehidupan manusia akan banyak dimudahkan oleh robot. Berbagai pekerjaan yang dulunya dilakukan sama kita, satu per satu mulai digantikan oleh benda bergerak yang tersusun dari kabel-kabel, dan diprogram sedemikian rupa. Sudah mulai terlihat sih, sesederhana mau ketemuan saja bisa lewat zoom seperti di acara dari Faber Castell kemarin.

Saya jadi teringat sama karakter Doraemon nih jadinya. Doraemon yang hadir dari masa depan, sering memberikan berbagai peralatan canggih kepada Nobita. Kalau diingat semua alat-alat yang keluar dari kantongnya, sering out of the box nggak sih? Bahkan anime dan komik Doraemon karya Fujiko F. Fujio ini nggak lekang oleh waktu, tetap dicintai oleh anak-anak dan orang dewasa. Apakah kehidupan kita akan secanggih latar masa depannya Doraemon?

Begitulah … kreativitas yang ditelurkan melalui sebuah karya, bisa bersaing dengan perjalanan jaman. Sebab kreativitas merupakan kemampuan untuk memproduksi atau mengembangkan suatu karya asli, ide, teknik, atau pemikiran. Cara menjawab tantangan dengan unik. Sesuatu yang kalau di drama Thailand Voice in the Rain, diungkapkan sebagai “karya” yang spesifik. Walau ditiru, tapi esensinya nggak akan pernah terbawa oleh penirunya.

Maka, orang-orang kreatif biasanya sering memaknai sebuah masalah dengan sudut pandang yang berbeda dan unik, sosok yang berani menghadapi risiko, sering menyajikan ide dengan cara berbeda, dan tahan banting dalam menghadapi masalah. Siapa sih yang nggak mau, kelak si kecil tumbuh dan berkembang jadi diri yang kreatif untuk menghadapi kejutan di abad digital?

Sementara, menurut Kak Yohana, ada banyak sekali jalan yang perlu ditempuh para orangtua, demi membentuk si kecil memiliki jiwa kreatif. Catatan pentingnya, ternyata menjalani prosesnya kelak nggak akan mudah, dan butuh banyak kelapangan hati, juga terus-menerus belajar sepanjang membersamai si kecil.

Ada beberapa catatan yang dihadirkan oleh Kak Yohana, yaitu :

Nah, salah satu poin yang ingin Ka Acha garis bawahi dari apa yang disampaikan Kak Yohana di atas adalah tentang menjadi contoh “orang kreatif” kepada si kecil, juga memberinya kebebasan. Salah satu cara yang masih suka Ka Acha lakukan ya dengan mewarnai bersama. Si kecil dengan buku mewarnainya sendiri, sementara saya dengan buku mewarnai untuk orang dewasa.

Berbagai mainan edukasi pun sering dijadikan pilihan. Rupanya, ada 4 jenis mainan edukasi anak nih yang bisa dijadikan pilihan untuk mengembangkan karakter kreatif dalam diri anak.

  • Alternate Used Task yaitu bermain dengan benda apa saja yang ada di sekitar. Semisal, memanfaatkan penghapus bukan hanya untuk menghapus, melainkan dijadikan sebagai mainan yang bisa disusun, dan lain sebagainya.
  • Guided Fantasy melalui berbagai buku cerita dan dongeng. Seringnya kegiatan ini akan membuat anak-anak ikut berimajinasi, tentang berbagai tokoh yang dikisahkan. Bisa membangun kedekatan bareng orangtua juga nih kalau dirutinkan.
  • Open Ended Toys termasuk ke dalam jenis mainan serupa puzzle atau mainan bongkar pasang lainnya.
  • Exposure to Art Creativities seperti melakukan berbagai eksperimen yang berhubungan dengan seni, seperti paket Creative Art Series yang diluncurkan oleh Faber Castell nih.

Beberapa waktu lalu, saya dan si kecil tersenyum puas setelah sukses membuat jam dinding yang bisa menyala dalam gelap, Glow in the Dark Clock dari Creative Art Series dari Faber Castell lho. Ada kepuasan tersendiri karena merasakan rasanya memegang kuas dan mengoleskan cat akrilik bercampur bubuk glow in the dark di atas penampang kayu bulat yang sudah disediakan. Puas dan berkesan. Begitulah akhirnya sesi bermain kemarin kini menjadi bahan obrolan seru di rumah.

Bukan hanya berkreasi membuat jam dinding nih yang dihadirkan sama Creative Art Series Faber Castell. Ada banyak lagi yang bisa kamu pilih, jika sedang ingin berkreasi sendiri, atau bersama si kecil di rumah. Kesemua produknya bisa kamu dapatkan di official acoount dari Faber Castell yang ada di Tokopedia atau Shopee. Langsung di-klik saja link-nya ya.

Rangkaian produk Creative Art Series-nya bukan hanya Glow in the Dark Clock saja lho. Product Spv Faber-Castell International Indonesia, Harsyal Rosidi mengatakan bahwa Produk Creative Art Series ke-2 merupakan kelanjutan produk Creative Art Series yang pertama kali diluncurkan pada tahun lalu. Jadi, banyak pilihan produk yang bisa kamu coba mainkan bersama si kecil.

Orang Dewasa Juga Perlu Tetap Bermain

Jika kamu beralasan bahwa bermain dengan Creative Art Series Faber Castell ini hanya untuk anak-anak saja, bagi Ka Acha sih, nggak juga. Bahkan berbagai produk lain keluaran Faber Castell pun masih saya gunakan untuk me time.

Sya percaya, orang dewasa yang masih sesekali memanfaatkan waktu dengan bermain, telah memberikan dirinya kesempatan untuk menjadi diri yang kreatif. Persis seperti apa yang sudah Ka Acha singgung, tentang menjadi sosok yang ditiru dan diteladani anak-anak kreatif ya, orangtua yang kreatif pula.

Bermain permainan yang disukai, bisa membantu meringankan stres, apalagi saat di rumah saja karena pandemi. Bermain rupanya juga bisa meningkatkan fungsi otak. Kegiatan seperti ini juga membantu menjaga memori lho.

Nggak perlu merasa kalau bermain hanya keseharian anak-anak saja. Bermain bisa membuat seseorang merasa enerjik dan muda. Hayo … siapa yang mau tetap awet muda?

Jadi … yuk tetap luangkan waktumu dengan memilih berbagai permainan yang bukan hanya bisa dimainkan bersama dengan anak-anak, atau mungkin kamu bisa menikmati sesi bermain sendiri untuk mengurai stres dan mengembangkan jiwa kreatif kamu. Yuk bermain dengan creative art series Faber Castell.

 


Komentar

  1. Semasa pandemi ini memang membosankan banget apalagi gak selesai-selesai jadi akan lebih baik kalau mengusir kebosanan dengan melatih kreativitas. Mantep faber castell ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba. Senang sekali waktu bisa melewatkan waktu dengan berkarya pakai creative art series Faver Castell ini. Rasanya, setelah jadi, senang dan puas. Apalagi bisa dipajang di kamar tidur.

      Hapus
  2. Memang jadinya "melarikan diri" dari rutinitas dan kejenuhan adalah berkarya ya mbak
    Anak anak juga butuh pelampiasan kejenuhan loh di rumah aja itu, keren Faber Castell selalu inovatif!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lho.

      Bikin anak-anak dan kita sebagai orang dewasa pun ikut melepas penat dengan bermain bersama.

      Hapus
  3. Wah, aku pernahnya beli set art Faber Castell yang satu lagi yang rock painting itu. Penasaran juga sama yang ini deh, apalagi fungsional pula bisa digunakan hasilnya. Coba nanti aku tawarkan ke anak-anak 😍.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau rock painting gitu bisa jadi pajangan ya Mba. Jadi ingin lihat-lihat juga. Biar bisa seseruan bareng.

      Hapus
  4. Eeeeh seru amat nih mainnya kak Acha..
    Saya dan anak-anak biasanya mainan car air buat diaplikasikan ke dinding kamar anak-anak.
    Belum pernah ngasih cat minyak.
    Tapi ternyata seru ya Creative Art Series Faber Castell.
    Aku mau coba juga ah nanti kenalin ke duo anak cewekku yang gede. Karena mereka berdua suka banget art design. Kalo anak yang lain masih krucil banget. Belum ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cusss Mba.
      Wah mantap banget anak-anak dibolehin main cat air dan diaplikasikan ke dinding kamar. Istimewa banget jadinya ya Mba.

      Hapus
  5. Saya juga suka sekali mewarnai kak Acha... Dan kami punya banyak Faber Castell.
    Yang dibeli berkali-kali, sehingga jadi satu tas sendiri.
    Si kecil sukanya crayon, saya sukanya pensil warna.
    Dan kotak-kotak bedak saya yang sudah kosong juga sudah didaulat menjadi mainan si kecil.
    Kalau dia lagi main mobil-mobilan, kotak-kota itu berubah menjadi kota-kota yang dilewati si mobilan tadi.
    Tapi saya belum punya yang glow in the dark ini hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, koleksian produk Faber Castell-nya sampai satu tas sendiri. Banyaknyaaaa.

      Hapus
  6. Aku juga ikutan ini mba seru workshop bareng anak-anak bikin jam seru ya makasih nih buat faber castell bikin anak2 makin happy dan kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik ya Mba, jadi bisa merasakan serunya bermain juga. Seru bisa mewarnai tatakan jam dindingnya pakai cat akrilik.

      Hapus
  7. Emang harus pinter-pinter ya buat aktifitas yang dapat mengalihkan kebosanan. Jangankan kita, anak-anak juga merasakan kebosanan selama pandemi ini. Senangnya faber castle mempersembahkan produk utk mengexplore kreatifitas anak bersama orang tua ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba. Senang sekali karena produk Faber Castell berinovasi dan menghadirkan Creative Art Series yang bisa banget jadi sesi bermain seru selama di rumah saja.

      Hapus
  8. Wah jam dindingnya bagus. Kayaknya bukan hanya anak-anak yang suka, kaum dewasa juga suka hehehe.

    Salam hangat kak Acha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam hangat juga Mba Puspa.

      Betul sekali. Nggak hanya anak-anak yang senang bermain sambil berkreasi seperti ini, tetapi juga orang dewasa.

      Hapus
  9. Sepakat dengan kalimat "orang dewasa juga perlu tetap bermain.

    Matur nuwun Ka Acha sudah mampir di rumah maya sederhana saya. Salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak juga sudah berkunjung ke mari ya Kak.

      Hapus
  10. Baru tahu kalo Faber Castell punya art set begini. Tahunya cuma produsen alat tulis. Ini keren banget ya. Jenis art set ini cocok untuk usia berapa ya Kak? Anak saya masih belu 3 tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ditunggu sampai sedikit lebih besar deh Mba. Kalau sudah bisa paham pegang kuas, bisa kok, tetapi tetap dalam pengawasan mainnya. Terutama pas nyampur cat akrilik sama bubuk glow in the dark, juga waktu pegang lemnya.

      Hapus
  11. Nah bener nih, ga harus buat anak sih bagiku Creative Art Series Faber-castell ini, karena bisa juga jadi stress release untuk orang dewasa. Sementara kalau buat anak, media untuk berimajinasi jadi tersedia dari aneka produk yang ada. Seperti bikin Glow in The dark Clock ini...makin terasah pasti imajinasi anak nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Selain bisa mengasah imajinasi anak-anak, produk inovasi Faber Castell seri Creative Art ini juga bisa dimainkan sama orang dewasa deh rasanya Mba. Buat lepas penat dan biar nggak bosan sama aktivitas monoton sepanjang di rumah saja.

      Hapus
  12. Seru dan aktivitas anak bisa terlepas drai gadget ya pastinya dengan adanya aktivitas creative art series dari Faber Castell ini. Senang anak saya juga punya jam yg proses pembuatannya ia lakukan sendiri. Eh dibantu emaknya juga ding, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap Teh. Biar anak-anak nggak main gadget terus, alias punya variasi kegiatan lainnya.

      Hapus
  13. wah kreatif banget ya, tapi di tempatku belum nemu Faber Castell yang sepaket itu huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mba dipesan secara online lewat e-commerce. Langsung ke official store punya Faber Castell nanti ada di sana.

      Hapus
  14. Branding favercastel ini identik dg kualitas, dan selalu inovasi dg program sarat manfaat. Saya pernah ikut kelas melukis diadakan di kantor Faber castel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sepertinya memang Faber Castell mencitrakan diri dengan kata "kreatf" ya Kak.

      Hapus
  15. Wuih aku tuh paling suka bikin prakarya begini, bisa bangun kreativitas juga! Apalagi karyanya bisa dipajang di kamar. Hehe. :D

    BalasHapus
  16. wah seru banget ya acaranya pastinya buat anak-anak, mereka dilatih berkreativitas, buat kerajinan atau apapun itu. saya juga suka menggunakan alat gambar ini sejak SD, memang bagus kualitasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faber Castell memang andalan banget dari jaman kita kecil ya Teh. Apalagi pensil warnanya yang bisa dipoles sama air biar ngasih kesan mirip cat air.

      Hapus
  17. suka banget nih sama paket mainan kreatif ini :) beneran bikin anak kreatif dan gak bosen di rumah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Senang banget bisa melewatkan waktu dengan bermain sambil berkreasi sama Creative Art Series begini.

      Hapus
  18. Kalau aku yamg dasarnya anak rumahan, suka-suka aja untuk selalu aktifitas di rumah. Sebelum pandemi aja aku udah jarang keluar rumah, paling keluar untuk kerja, belanja bulanan, atau perlu yg lain. Tapi, setelah pandemi yg kurang lebih mau 2 tahun ini eeh lama2 kerasa bosen juga, mungkin karena ada anjuran di rumah aja kali yaa. Creative art dari faber castell ini bisa jadi ide buat ilangin bosan ketika di rumah aja ya, bukan cuma buat anak2 tapi orang dewasa juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama nih. Aku pun seperti itu. Termasuk anak rumahan tapi sebelum pandemi ya senang luar biasa kalau lagi keluar rumah. Dan ya ... karena anjuran lebih sering berdiam di rumah, ternyata bisa merasa bosan dan jenuh banget juga. Akhirnya mengalihkan kebosanan dengan bermain sih seringnya.

      Hapus
  19. aku kemarin menikmati juga nih mba momen berkreasi bikin jam glow in the dark ini bareng anakku, seru sih jadi alternatif bonding time sama anak yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Kak Shyn. Bisa jadi bonding time juga sama si kecil kesayangan ya.

      Hapus
  20. Kadang kita merasa paling stres di masa pandemi ini. Padahal anak kita jauh lebih stres. Mereka punya kebutuhan untuk menyalurkan otak dan energinya. Kita harus lebih rajin menemani anak bermain, terlepas dari kita bosan atau bad mood, tugas orang tua mendampingi anak.

    Asik juga ya bermain creative art begini. Putri saya termasuk yang suka banget bermain warna, entah itu cat air, pensil warna, atau spidol. And YES, kita pakai Faber Castell dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, semuanya dipercayakan sama Faber Castell.

      Sepakat sama Mba Mutia. Bagaimana pun, sebagai orang dewasa, tentu yang meluangkan waktu dan perhatian untuk mendampingi secara penuh dan utuh ya orang tua. Walau kadang nggak selalu mudah ya Mba.

      Hapus
  21. Hwaaa kak Achaa aku penasaran bangett lho sama harganya. pengen cobainnn, nanti mau ke toko stationery tapi gimana ini atuh semoga ngga mahal yak wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bakalan bikin kantong jebol kok Kak Jihan. Beneran.

      Hapus
  22. Aktifitas begini tentunya menarik sekali ya selain juga mengasah kreatifitas. Saya pun sering melakukan aktiftas kreatif dengan menggambar maupun mewarnai. Bahkan juga memiliki aneka rangkaian pewarna dari Faber Castell juga di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena menggambar dan mewarnai bukan hanya kegiatan untuk anak-anak saja ya Kak Rin. Aku masih punya lho buku mewarnai khusus buat orang dewasa. Lumayan bisa mengekpresikan perasaan dan bikin penat hilang

      Hapus
  23. Produk fabercastell nih punya warna bagus ya seneng kalau bisa buat hasil kriya dengan rangkaian produk faber castell keren deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pigmen warnanya memang bagus-bagus dan awet pula karena kualitas produknya kece ya Mba.

      Hapus
  24. Anakku banget ini Ka Achaa,, suka banget bebikinan. Makanya abis baca artikel ini capcus ke Shopee deh hunting CAS nya Faber Castell, soalnya lebih suka anak2 asyik dengan kreativitasnya kan ketimbang gadget-an ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuusss Kak Mia. Langsung hadiahkan buat kesayangannya Kak Mia.

      Hapus

Posting Komentar