Staycation Di Holiday Inn Gajah Mada Jakarta Buat Numpang Beresin Naskah Novela

Cara Jitu Menghadapi Ujian Semester Saat Menstruasi


Menstruasi dapat membuat kamu merasa nggak nyaman, stres dan lesu. Bukan kondisi ideal untuk menghadapi ujian semester. Mendapat haid selama ujian semester memang tidak enak tetapi mau bagaimana pun itu akan tetap terjadi. Jangan langsung nggak semangat ya. Berikut adalah cara mengatasi nyeri haid dan hal yang perlu kamu persiapkan untuk haid di saat ujian semester.

iFree Indonesia
iFree Indonedia
(image via freepik)

Persiapkanlah pembalut cadangan atau ganti
 Hal terakhir yang perlu kamu lakukan ketika mencoba belajar namun khawatir haid kamu akan banyak, pastikan kamu selalu membawa pembalut cadangan. Kamu dapat fokus pada tugas ujianmu karena nyaman dan kamu bisa mengganti pembalut kamu setiap 4-5 jam.

Selalu sedia Ifree di awal-awal masa haid
Memiliki ifree sangat berguna dalam membantu Kamu mengatasi kram saat Kamu belajar ataupun ujian semester. Ifree dapat digunakan dalam kondisi apapun. Kamu bisa membelinya melalui ifreeindonesia.com.

Atasi kram dan PMS kamu
Menghilangkan rasa sakit dengan minum teh daun raspberry merah untuk menghilangkan gejala atau meredakan rasa sakit jika kram kamu mulai tidak terkendali. Kamu juga dapat menemukan teh di pasaran yang dibuat khusus untuk membantu kamu mengelola kram dan gejala PMS kamu.

Tetap fokus dengan merencanakan waktu belajar
Ketahui ujian kapan dan mana yang harus kamu pelajari sejak dini. Jadwalkan waktu tertentu pada hari tertentu untuk mempelajari informasi lebih dalam. Membagi materi menjadi beberapa bab atau pelajaran adalah ide bagus.

Mendengarkan musik
Jika Kamu adalah orang yang tidak bisa fokus dalam keheningan. Pilih playlist yang bisa membangkitkan semangat kamu saat belajar. Dengan begitu, semangatmu tetap terjaga, pun nyeri akan haid yang sedang menyerang akan terkesampingkan sejenak.
Beristirahatlah

Cara paling terakhir yang baiknya kamu lakukan jika kamu merasa lelah atau merasa stres. Nggak ada salahnya menjauh dari kegiatan belajar kamu dan lakukan sesuatu yang lain. Entah itu berbicara dengan teman sekamar kamu atau berjalan-jalan. Namun, jangan terlalu lama menjauh ya.

Tidur nyenyak mungkin sangat tepat untuk melupakan masalah sejenak. Tanpa mendapatkan jumlah tidur yang tepat tubuh, Kamu akan mengalami kesulitan pulih dari hari terakhir, terutama ketika sedang menstruasi. Jadi tidurlah lebih awal, tidurlah dengan nyenyak di malam hari dan Kamu akan dapat menghadapi pelajaran atau ujian besok dengan lebih baik.


Jaga asupan nutrisi kamu salah satunya adalah dengan menjaga pola minum. Jelas, air adalah cara mudah untuk menghidrasi dan sangat penting untuk menjaga tubuh dan otak kamu berfungsi secara optimal. Jika kamu bosan dengan air, jangan ragu menambahkan lemon, mentimun, dan mint untuk rasa yang menyegarkan!

Komentar

  1. Benar sekali Mbak, sangat tidak nyaman rasanya ketika kita sedang melaksanakan ujian dalam kondisi haid.

    BalasHapus
  2. Wah terimakasih sudah berbagi tips yang sangat bermanfaat ini Mbak.

    BalasHapus
  3. Pembalut cadangan memang wajib kita bawa kemana pun ketika sedang haid ya Mbak.

    BalasHapus
  4. Benar sekali Mbak, kita memang seharusnya sesering mungkin ganti pembalut apalagi ketika sedang deras.

    BalasHapus
  5. Benar sekali Mbak, memang cara paling ampuh untuk melupakan nyeri sejenak adalah tidur sambil mendengarkan musik hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar