Label

Sabtu, 17 Agustus 2019

Pesona Keindahan Wisata Way Kambas


Lampung yang merupakan sebuah provinsi terujung di Pulau Sumatera yang dekat sekali dengan Pulau Jawa ini, sudah lama terkenal dengan wisata konservasi gajah yang terdapat di kawasan Taman Nasional Way Kambas. Kunjungan saya ke sana memberikan kesan tersendiri untuk saya. Namun pada artikel ini, akan saya ceritakan dahulu secara umum ya. Harapan saya, kamu pun akan punya kesempatan untuk berkunjung ke sana dan menikmati kedekatan dengan para gajah yang cukup jinak dan bersahabat, di sana.


Way Kambas
Way Kambas
(dokumen pribadi)

Berkunjung ke Way Kambas untuk mendapatkan pengalaman menarik serta menikmati pesona keindahan alam di sana, kamu membutuhkan tenaga fisik yang cukup dan fit. Maka pastikan sebelum bertandang ke sana, kamu sudah cukup istirahat lebih dulu, sebab ada banyak sekali hal yang bisa kamu eksplor dan akan menyenangkan jika kamu lakukan dengan berjalan kaki santai, atau mungkin ingin menaiki gajah, fasilitas ini disediakan di sana.
Berwisata di kawasan Taman Nasional ini tentunya akan sukses memberikan kamu pengalaman baru, apalagi jika mengajak anak-anak. Bukan hanya para anak saja yang akan belajar banyak, melainkan tentunya juga kamu. Terutama menemukan pengalaman saat melihat gajah diberi makan oleh pawangnya, atau ketika mereka dimandikan pada sore hari. Ah ya, saya menyarankan untuk kamu berkunjung ke menjelang sore, sebab kamu akan bisa menikmati pengalaman melihat gajah sedang dimandikan dan diberi makan. Jadi, sudah penasaran dan ingin berkunjung ke Way Kambas?

Lokasi Wisata

Untuk mencapai Way Kambas, jika kamu menyewa kendaraan roda empat, sebaiknya kamu menggunakan jasa supirnya juga. Namun jika membawa kendaraan sendiri, kamu bisa menemukan lokasi wisata Way Kambas ini melalui google maps. Lokasi wisata Way Kambas berada di daerah Raja Basa Lama, Labuhan Ratu, Sukadana, Kabupaten Lampung Timur.
Lokasi dari wisata nggak terlalu jauh dari pusat kota dan bisa diakses dari beberapa tempat. Membutuhkan waktu paling nggak ya sejkitar 2 jam perjalanan dari bandar Lampung, dengan akses jalan yang sudah cukup baik sehingga memudahkan kamu mencapai lokasi.

Harga Tiket Wisata

Berapa sih harga tiket yang harus dikeluarkan untuk bisa memasuki kawasan wisata konservasi gajah di Way Kambas? Cukup murah meriah, berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 bagi wisatawan lokal. Namun akan berbeda lagi jika kamu memutuskan untuk mencicipi sensasi berkeliling di sekitar way kambas bersama dengan gajah. Sementara untuk biaya retribusi kendaraan yang diparkirkan di kawasan parkir kendaraan di sana, biaya yang dikeluarkan berkisar Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Biaya retribusi tersebut akan dialokasikan oleh pengelola untuk perbaikan akses jalan.
Biaya yang cukup terjangkau bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman berbeda, bukan?  
Tidak perlu khawatir soal harga yang diberikan. Karena, untuk para pengunjung hanya dikenakan tarif berkisar Rp. 7.000 saja. Harga yang sangat murah bukan? Namun, untuk para pengendara mobil akan dikenakan retribusi tambahan Rp. 10.000 yang akan digunakan dalam perbaikan jalan.

Wahana Yang Tersedia

Di sini, juga banyak sekali wahana yang akan memberikan pengalaman untuk para pengunjung. Berikut ini beberapa wahana yang ada, di antaranya :
  • Atraksi Gajah
    Salah satu wahana yang memang banyak diminati oleh para pengunjung yaitu mengenai atraksi gajah. Memang, gajah di sini sudah dilatih dengan baik. Atraksi ini semacam pengalaman memberi makan gajah, atau berinteraksi lebih dekat tentunya. Kamu pun punya kesempatan untuk bertanya lebih jauh mengenai si gajah kepada pawangnya, semisal nama dan usia gajah.
  • Menaiki GajahIni merupakan salah satu pengalaman yang paling nggak terlupakan oleh saya, sebab saya punya kesempatan untuk merasakan sensasi menaiki gajah. Kapan lagi ada kesempatan seperti itu kan ya? Maka jika kamu berkunjung ke Way Kambas, kamu bisa mencoba menikmati pengalaman yang pastinya sulit untuk terlupakan ini. Soal harga bagaimana? Kamu bisa melakukan negosisasi kepada pawang dan penjaga yang ada di sana, mengenai biayanya. Nggak terlalu mahal kok.
  • Ikut Memandikan GajahHati-hati kamu disembur sama si Gajah. Tapi bisa merasakan sensasi ikut membantu para pawang untuk memandikan Gajah termasuk pengalaman mahal lho. Biasanya para Gajah di Way Kambas akan dimandikan di pagi dan sore hari, sekitar pukul 07.00 dan pukul 16.00. Di siang hari pun, jika cukup terik, kamu bisa menemukan Gajah yang asik berendam di kolam khusus. Jika kamu ingin menyaksikan Gajah dimandikan di pagi hari, sangat disarankan untuk kamu datang lebih pagi sebelum jam mandi pagi para Gajah tadi.

Penginapan Terdekat

Ini merupakan hal yang paling penting untuk mendukung pengalaman berlibur kamu sehingga membekas di ingatan dan terasa menyenangkan. Apalagi kalau bukan penginapan yang jaraknya nggak terlalu jauh dari destinasi wisata tujuan, juga kenyamanan yang akan diberikan oleh pihak pengelola penginapan.
Hanya dengan budget sekitar Rp. 200.000 per hari,  kamu sudah bisa menikmati malam hari menyatu dengan alam di sekitara kawasan konservasi gajah di Way Kambas.Dimana itu? Silakan kunjungi saja BATIQA HOTEL yang akan membuat perjalanan kamu ke Lampung  jadi nyaman dan menyenangkan. Konsep yang ditawarkan cukup sederhana. Namun, memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan. Dijamin, tidak akan mengecewakan!
Nah, itu dia ulasan mengenai keindahan wisata Way Kambas. Jadi, memang sangat menarik untuk kamu kunjungi bukan? Terlebih, sangat cocok untuk berwisata bersama dengan keluarga. So, yuk kapan kapan berkunjung ke sana!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar