Label

Selasa, 20 Agustus 2019

Cara Mengusir Semut dengan Bahan Dapur yang Harus Kamu Ketahui


Semut memang menjadi salah satu hewan yang membuat tidak nyaman karena kehadirannya. Adanya semut memang sangat mengganggu, terutama jika ditemukan di area dapur. Area dapur sangat rentan disambangi oleh semut karena terdapat banyak makanan yang mengundang mereka. Misalnya wadah gula yang tidak tertutup dengan rapat.

Cara mengusir semut
Image from Freepik

Banyak cara bisa kamu lakukan agar bisa mengusir semut dari dalam rumah. Mulai dari yang menggunakan bahan alami hingga bahan kimia. Namun, tentu saja yang menggunakan bahan alami lebih aman untuk dipakai mengusir semut. Bahan-bahan alami tersebut juga bisa lho kamu temukan di rumah. Berikut beberapa cara mengusir semut dengan bahan-bahan dapur:

Menggunakan Garam

Cara mengusir semut yang pertama ini bisa jadi sangat ampuh karena memang rasa dari garam sendiri yang berlawanan dengan rasa manis gula yang kerap diinginkan semut. Cukup praktis karena bahan ini pun sering ada di dapur kita. Tentunya wajib menjadi salah satu bahan masakan yang memang wajib untuk dimiliki oleh semua ibu rumah tangga.

Kamu hanya perlu menaburkan garam secukupnya saja pada tempat-tempat yang kerap dikunjungi oleh semut. Dengan begitu pelan-pelan semut akan menghindar dari tempat tersebut dan lama kelamaan akan hilang dari rumah kamu.

Menggunakan Cuka

Cara mengusir semut yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Pastinya kamu nggak asing dong dengan bahan dapur yang satu ini? Siapkan saja cuka yang sudah dicampur dengan air dalam porsi yang sama. Kemudian siapkan botol spray dan taruh bahan yang telah dicampur tadi di dalamnya. Apabila kamu menemukan sarang semut, atau tempat yang kerap dilewati semut, maka kamu bisa menyemprotnya.

Selain karena praktis ditemukan, bahan ini pun cukup mudah dibawa ke mana-mana dan bisa menghindarkan kamu dari gigitan semut. Cuka juga bahan yang alami dan aman untuk digunakan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan adanya zat kimia atau apapun.

Menggunakan Buah Lemon

Lemon adalah buah yang amat ampuh dan bisa menjadi cara mengusir semut yang berikutnya. Tak hanya bisa kamu makan saja, nyatanya lemon memang sering dipilih sebagai bahan pengusir semut. Kamu bisa mencoba menggunakan sarinya yang sudah diperas dan meletakkannya di tempat-tempat yang sering menjadi tempat berdiamnya semut. Seperti misalnya saja ambang pintu, retakan tembok yang bisa menjadi jalan masuk semut atau bahkan di kusen jendela rumah kamu.

Meski begitu tidak hanya sarinya saja yang bisa kamu gunakan untuk mengusir semut. Kamu pun bisa mengusir semut dengan menggunakan kulit dari buah lemon. Caranya pun cukup gampang dilakukan, yakni hanya dengan memotong kulit lemon dengan ukuran super kecil dan menyebarkannya ke tempat yang sering dilalui semut. Setelah melakukannya maka dijamin jika semut tidak akan berani lagi masuk ke rumahmu. Sebab, semut sendiri benci dengan bau khas lemon dan ini bisa menjadi cara yang cukup aman kamu gunakan.

Itulah beberapa cara mengusir semut dengan menggunakan beberapa bahan alami yang ada di rumah kamu. Kamu bisa memilih mana yang sekiranya cocok untuk diterapkan. Lakukanlah secara rutin sampai rumah kamu benar-benar bebas dari yang namanya semut. Tentunya selain bahannya mudah didapat, kamu pun tidak perlu susah dalam hal membuat bahan-bahan di atas menjadi pengusir semut yang ampuh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

16 komentar:

  1. Aku pernah pakai lemon sih. Belum pernah nyoba cuka sama garam. Kupikir cuka malah bikin semut makin dateng Mba. Hehhe

    BalasHapus
  2. Wah ternyata bisa ya dengan menggunakan garam dapur. Boleh dicoba nih

    BalasHapus
  3. Saya mau mencoba yang memakai lemon aja nih. Soalnya belum pernah juga

    BalasHapus
  4. Ternyata ada banyak nih ya Mbak bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengusir semut

    BalasHapus
  5. Ternyata pakai garam juga bisa. Coba ya nanti saya taburin garam di tempat yang suka banyak semutnya

    BalasHapus
  6. bahan2 itu ada di dapur nih, ternyata efektif mengusir semut ya. saya biasa pake produk pengusir semut berbahan kapur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun ada di rumah nih yang kapur anti semut itu.

      Hapus
  7. kalau saya pakai kayu manis atau cengkeh mbak, efektif buat ngusir semut apalagi kalau udah ngumpul di toples makanan, mujarap

    BalasHapus
  8. Noted noh Cha, baru tahu lho bahan2 ini bisa mengusir semut. Nanti mau coba juga ahh, secara bahannya alami dan tersedia ya. Makasih ya Cha🤗

    BalasHapus