Label

Minggu, 31 Maret 2019

Internet dan Perannya dalam Membantu Menguasai Bahasa Inggris


Jaman semakin berkembang, apalagi dengan semakin marak dan mudahnya mengakses internet, saya – dan tentunya juga kamu – dimudahkan dalam mendapatkan berbagai informasi yang kamu butuhkan. Dulu saat saya masih sekolah, di awal tahun 2000an, demi menyelesaikan tugas sekolah, tentu saja saya kerap mampir ke Warnet (Warung Internet) untuk menyelesaikan PR sama teman-teman saya. Kalau sekarang? Wah, acara ngumpul-ngumpul di warnet sudah berpindah ke rumah masing-masing dan menyelesaikan tugas dengan mandiri.



Ini baru soal tugas sekolah ya. Bagaimana dengan menemukan berbagai informasi untuk pengembangan diri? Di internet ada banyak sekali. Makanya, kalau jaman sekarang masih sering suka ketinggalan informasi, bisa jadi diri sendiri yang malas mencari. Buat apa beli kuota, kalau searching informasi saja malas dan masih hobi menanyakan sesuatu ke teman yang seremeh itu bisa dicari tahu dulu. Enakan cari sendiri juga, jadi lebih ingat. Ya kan?

Kebiasaan bertanya dulu baru mencari tahu ini sih yang kadang membuat saya menghela napas dan menggelengkan kepala. Lha kalau bertanya untuk kemudian saling share pengetahuan sih boleh lah ya. Nah kalau bertanya padahal jawabannya bisa ditemukan dengan mudah? Duh … jangan malas, please.

Saya sering mencari berbagai kosakata dalam bahasa asing, misalnya saja Bahasa Inggris melalui internet, alih-alih sedikit ribet kalau harus menunggu waktu untuk duduk manis membuka kamus di rumah. Bahkan kemudahan untuk belajar Bahasa Inggris melalui platform social media dari beberapa influencer yang concern dengan ilmu bahasa, saya ikuti terus, misalnya saja akun instagram Guruku Mr. D. Wah, sejak saya kenal beliau dari sebuah program peningkatan skill Bahasa Inggris di kantor dan merasakan asiknya diajar oleh beliau walau hanya satu kali pertemuan demi menggantikan guru kelas kami yang saat itu berhalangan, sampai sekarang saya sering mencari berbagai hal menarik soal Bahasa Inggris dari beliau. Kalau kamu penasaran juga, silakan follow akun Guruku Mr. D. di Instagram dan selamat terpukau sama cara mengajarnya yang menyenangkan.

Nah, kalau kamu tergoda untuk meng-upgrade skill Bahasa Inggris kamu lebih lagi dengan menemukan tempat belajar yang cocok denganmu, kamu pun bisa menemukannya melalui internet. Apalagi sekarang internet sudah ada dalam genggaman dan bisa kamu akses kapan saja, bukan? Nah, apa saja sih manfaat internet untuk kamu yang ingin menambah pengetahuan dalam belajar Bahasa Inggris?

Membantu Mencari Tempat Les Inggris Terbaik
Intenet pada dasarnya menjadi tempat bagi banyak orang untuk mencari sesuatu. Salah satunya yakni mencari tempat les bahasa Inggris terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Karena, di Internet, terdapat beragam lembaga les Inggris lanjutan yang bisa kamu cari untuk membantu mempelajari Bahasa Inggris. Di tempat tersebut kamu bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu agar lebih efektif seperti di EF adults. Nah, kamu yang lebih paham mengenai, sampai dimana kemampuan dan kebutuhan kamu untuk belajar bukan? Maka, yuk temukan sendiri semuanya di jalan genggamanmu. Manfaatkan kuota bukan hanya untuk berkeliling berbagai platform social media dan seru-seruan saja. Sebab jaman sekarang, untuk belajar banyak hal, sudah semakin mudah.

Memudahkan Proses Belajar Bahasa Inggris
Internet dapat memiliki peran yang besar dalam memudahkan proses belajar bahasa Inggris setiap orang. Mengapa demikian? Karena di Internet selain bisa mencari berbagai hal kamu juga bisa memudahkan proses belajar Bahasa Inggris yang tengah kamu jalani. Kemudahan dalam proses belajar bahasa Inggris tersebut dapat terjadi mengingat banyaknya konten dalam bahasa Inggris di Internet. Bukan hanya itu saja. Sudah banyak bermunculan aplikasi untuk belajar berbagai bahasa asing, bahkan mengambil kelas terbuka di universitas asing dan kuliah jarak jauh bermodalkan internet pun … jaman sekarang sudah bisa banget. Coba, masih mau menunggu informasi yang datang melalui selebaran dengan cara konvensional dan membandingkannya sana sini melalui beragam poster lainnya? Hey, jaman sudah berubah. Kemudahan yang didapatkan oleh generasi kita, bukan menunggu orang malas, melainkan memaksa kita untuk semakin rajin. Kalau menurut saya sih demikian, kalau menurut kamu, bagaimana?

Ketika kamu membuka internet dan berniat untuk membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu, maka konten berbahasa Inggris bisa menjadi medium yang tepat. Karena, konten berbahasa Inggris yang kamu baca di Internet dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda kamu segi reading. Selain itu, konten video berbahasa Inggris juga bisa membantu meningkatkan kemampuan listening kamu dalam bahasa Inggris seperti halnya ketika kamu mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Sehingga, penggunaan internet dapat secara positif memudahkan proses belajar bahasa Inggris yang kamu lakukan seperti saat kamu mengikuti les bahasa Inggris di   https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/business-english/

EF Adults dapat menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin belajar Bahasa Inggris. Karena, di EF Adults kamu akan mempelajari bahasa inggris secara lebih efektif sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan. Selain itu, terdapat pula native speaker yang akan membantu kamu untuk menggunakan bahasa Inggris secara tepat. Sehingga, wajar rasanya jika EF Adults menjadi pilihan banyak orang yang ingin mempelajari bahasa Inggris meskipun sudah dewasa.

Itulah dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan internet dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Selamat mencoba.



6 komentar:

  1. Wah makasih infonga tentang guruku Mr D ini mba. Aku langsung follow akun itu di IG hihihi. Ceritanya mau belajar hihihi. Aku pengen ikh belajar bahasa inggris lagi. Sejak jadi IRT blum pernah belajar lagi soalnya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama Teh. Semangat belajar terus buat kita.

      Hapus
  2. Saya dong pengen les in anak di EF nih, tapi masih mikir dengan biayanya hahahaha.
    Dari dulu, saya sering banget mantengin EF, bahkan pernah udah daftar dan tes, giliran mau berangkat kursus kok ya males ya gegara ga ada temen barengannya hahaha

    Sekarang, malah mupeng ikutin yang kursus buat anak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuuwww ....

      Sayang banget Mba. Kalo saya tipe yang senang datang untuk kenalan sama teman baru.

      Hapus
  3. aku juga suka liat liat website EF yang berhubungan dengan materi bahasa inggris :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir ke mari ya.

      Hapus