Label

Minggu, 13 Desember 2015

Camilan Pantai Ala Pangandaran

Sambil memutar lagu Judy & Mary – Kaze ni Fukarete, saya berpikir keras, apa lagi ya yang keren di Pangandaran? Tempat-tempat yang saya kunjungi rasanya sudah habis saya bahas, mulai dari Pantai Batu Hiu, Pantai Barat Pangandaran, Masjid Besar Al-Istiqomah Pangandaran, sampai Pantai Timur Pangandaran yang sunrise-nya cantik banget. Hmm ... bagaimana dengan camilannya?



Di Pangandaran, saya memang nggak menemukan makanan yang unik dan terlalu spesifik, misalnya cafe apa dan menunya apa. Hanya saja, saya sempat menikmati beberapa jenis makanan yang asik banget.

Tahu Pocong

Tahu Pocong
Saya menemukan gerobak Tahu Pocong ini di depan minimarket lho. Namanya yang unik bikin saya penasaran. Tahu Pocong ini punya dua level rasa pedas, ternyata. Level merinding sama level kesurupan. Nah lho, amit-amit banget kan ya kalo habis makan Tahu Pocong terus ‘kejadian’? Dua level tadi ternyata menggambarkan tingkat kepedasan si Tahu Pocong ini. Saya sih nggak terlalu suka pedas dan seringnya lidah saya nggak bisa akrab sama makanan pedas, jadi saya cuma berani nyobain level merinding deh. Asiknya lagi kalau makan Tahu Pocong di pinggir pantai, sambil duduk duduk galau mandangin ombak yang datang dan pergi ... bikin gimana gitu rasanya.

Batagor

Batagor
Sahabat saya, Nurul Djanah paling doyan makan Batagor, dan waktu ketemu Batagor di Pangandaran, saya sampai dibikin heran sama makanan ini. Beda banget sama Batagor di Jakarta yang kebanyakan tepung goreng dan sambal kacang plus kecap dan sambal doang.  Kebetulan waktu duduk di lobi Pondok Wisata Arwana, lewatlah gerobak si abang Batagor dan ... saya bisa menikmati sepiring Batagor dengan rasa ikan. Beneran deh. Ada telur rebusnya juga. Termasuk potongan mentimun yang segar banget. Walhasil, sepiring Batagor ini jadi menu makan siang saya dan Nurul Djanah. Aroma ikan di Batagor ini menguar khas yang bikin saya mendadak kelaparan.

Nasi Kuning

Nasi Kuning Dikit Banget
Sumpah, habis makan ini ternyata saya masih lapar sodara-sodara. Porsinya mini banget, dan salah aja rasanya karena saya belinya 1 porsi doang. Hanya saja, sarapan ini berkesan banget karena bisa saya nikmati sambil duduk duduk di pinggir pantai nungguin sunrise. Kebetulan banget, saya dan Nurul Djanah ketemu sama Ibu Penjual Nasi Kuning ini di penginapan, sebelum kami menerjang arus pengunjung yang – kok ya – banyakan menuju Pantai Barat Pangandaran, padahal di Pantai Timur Pangandaran, sunrise-nya stunning banget.

Udang Goreng

Udang dan Rajungan Goreng
Kalo camilan yang ini, rasanya cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh. Kebetulan saya ketemu sama warung kecil di tengah Kampung Nelayan sewaktu saya melewati jalan kecil menuju Pantai Timur Pangandaran. Benar-benar mojok dan tersembunyi warungnya, tapi udang goreng, cumi, sampai rajungannya bikin ketagihan. Harganya pun nggak mahal-mahal amat, kalau untuk ukuran kantong first jobber yang dipaksa dunia ini untuk banyak-banyak berhemat seperti saya. Serunya lagi, ternyata penjual warung yang saya tanyai bilang, kalau gorengan lautnya ini bisa dipesan dan dipaketkan ke Jakarta. Nah nah nah, buat yang ingin camilan laut segar boleh pesan langsung ke sini ya.

Silakan Pesan Melalui Ibu Ros

Warung Ibu Ros


Pusat Belanja Pantai Timur Pangandaran
              
Oh ya, tambahan informasi untuk kamu yang senang berburu pakaian dan aksesoris lainnya. Toko-toko tersebut ternyata berjejer di dekat Pantai Timur Pangandaran. Tapi karena saya yang alhamdulillah-nya nggak mudah lapar mata sama berbagai oleh-oleh yang begitu, jadi saya melewatkan saat-saat shoping yang katanya paling disukai perempuan ini. Duh, saya rada beda ya? Hehehe ....

60 komentar:

  1. jadi laper nih... mana belum sarapan lagi :P

    BalasHapus
  2. saya baca ini ketika belum makan. Tahu pocong, level merinding, sama level kesurupan, mantap. Kalau nasi kuning, sepertinya enak sekali, tapi itu sayangnya dikit sekali, penjualnya mungkin hanya memikirkan keuntungan, tidak memikirkan pembeli. Menurut saya, gpp kok, melewatkan pakaian atau aksesoris, meskipun ingin beli juga, tapi biasanya di tempat wisata itu menurut saya sama saja dengan di tempat lain, hanya saja lebih mahal. Keren pengalamannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya nasi kuningnya dikit tapi enak. Mungkin untuk porsi sarapan bule beneran, bukan bule lokal kayak saya. Hihihi ....

      Ah, iya, kalo pakaian atau aksesorisnya menarik hati, ada cukup dana dan space di tas yang saya bawa, saya juga beli, tapi jarang banget. Seringnya yang saya bawa pulang cuma foto dan pengalaman seru aja.

      Hapus
  3. Masih Pangandaran, ya. Oke, yang kali ini bahasnya soal makanan. Sipp, lo udah berhasil buat gue kelaperan gak jelas. Mana di rumah gak ada makanan lagi. Duh... "UDANG GORENG... datanglah padaku... Bu. Ros, Delivery bisa gak?"

    Sepertinya pantai Pangandaran adalah tempat yang strategis buat jalan-jalan, karena tatakotanya keren banget. Semua serba deket. Cuman hati yg jauh. #baper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah lahhhh, Mas Heru dari laper jadi baper. Wkwkwkwkwk.

      Hapus
  4. Haha. Tahu Pocong? Gile bener. Level merinding sama kesurupan. Kreatip!
    Kalo aku waktu itu cuman nyobain rujak bebek. Kirain rujaknya isinya daging bebek. Eh, malah rujak dibebek (ditumbuk). :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkwk yakali bro, ada rujak isi bebek. Wekwekwek banget. Haha,iya tuh bebek sama bebek homograf jadinya suka ga ketauan bedanya kalo ga dilafalin.

      Hapus
  5. aiiih, pengen ke pangandaran n greencanyon lagii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoooo hayooo ke Pangandaran lagi Mas.

      Hapus
  6. Tahu Level rasa kesurupan?! Aseemm... namanya unik banget ini makanan.
    Misal trip ke Pengandaran, gue harus coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, silakan. Nah, itu juga tuh yang bikin mata gue langsung ngelirik gerobaknya pas keluar dari minimarket.

      Hapus
  7. Wah wah, kayanya wajib beli camilan ini kalo ke Pangandaran deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, selamat mencoba. Semoga segera bisa main ke Pangandaran sama suami dan anak anak ya Mba.

      Hapus
  8. tahu pocong. mungkin ntar ada tempe kunti kali ya
    ckckck

    eh batagornya kelihatan enak tuh pengen makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk ... aduh Ara, mendadak scary nih jadinya.

      Iya. Unik banget. Beda sama batagor di Jakarta.

      Hapus
  9. Aku pikir tahu pocong dibungkus pakai kain kafan gitu, ternyata nggak ya. Bentuknya kayak tahu yang digoreng pakai tepung (bener gak sih?) kalo aku coba tebak yang bikin pedes itu isi dari tahunya itu sendiri.

    Selain camilan kayaknya wajib deh beli buah tangan yang gak cepet habis kek camilan tadi, biar ada kenang-kenangannya gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa. Tahu goreng krenyes. Dibungkus tepung tahunya,dan isiannya ... voila,sayuran, daging ayam, plus cabe. Pedesssnya ngagetin. *loh kok jadi ngiklan

      Hapus
  10. kok banyak makan ya, ati ati gendut loh mbak haha

    Btw iya sih batagornya kok beda banget sih ama yang dijual di SD SD gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Beda banget sama yang dijual di SD SD, dan enakan ini.

      Kyaaaa, jangan sampe gendut ohemjihhhh.

      Hapus
  11. aaaaw tahu pocooong, kurang kreatif apa cobak.. merinding dan kesurupan..

    btw di foto tahu pocong, pantainya kayak terbelah gitu ya.. atau efek kamera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ombaknya belum pecah semua. Kebetulan aja pas gitu. I am lucky dapat capture-an begitu.

      Hapus
  12. Harusnya kamu searching all about pangandaran dulu. Biasanya banyak traveler yg ngeriview tmpat2 wisata gitu.. Lengkap banget malah hehe

    Enak bgt tuh rajungan goreng kayaknya.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe udah mas. Tapinya karena saya suka ga sreg main ke banyak tempat dalam waktu 1 hari, jadi cuma sedikit tempat yang aku kunjungi.

      Iya mas. Enak. Manis gurih segar gitu lho, rasanya.

      Hapus
  13. bacanya pas lagi lapar...
    Tahu pocong itu kayanya enakkk XD

    BalasHapus
  14. haha aneh banget nama makanannya, tahu pocong. level merinding dan kesurupan. ngeri ngeri gimana gitu, tapi kreatif. jadi pengen nyobaaaaa :G
    tanggung jawab niiih jadi lafaaar :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwaduhh hwaduhhhh aku kudu piye tho Mut. Wkwkwkwkwkwk.

      Hapus
  15. buset dah nama tahu nya ngerri2..
    kalo abis makan beneran kesurupan gimana tuh.. kreatif yg bikin nama..

    atau mungkin krn saking pedes nya jd kayak kesurupan..

    duh dr semua gambar yg paling bikin ngiler sih udang goreng itu... hmm..

    laperr...woyy laperrrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkwkwk iya,kreatif banget yang bikin nama.

      Nahhh kalo mau udang gorengnya, pesen aja Ris.

      Hapus
  16. wah jadi ngiler liat makanan enak...wah ada tahu pocong juga...mauu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya...langsung sy follow blognya...semoga sukses selalu :)

      Hapus
    2. Salam kenal juga Kang. Makasih sudah follow.

      Hapus
    3. Iya Kang. Tahu Pocong-nya asik banget. Enak.

      Hapus
  17. Kayaknya kayaknya emang beda deh. Yang lain biasanya langsung seneng kalo lihat tempat jualan pakaian dan aksesoris, ini malah dilewatin. Kayaknya lebih tertarik sama makanan deh :p

    Asik ya, bisa makan di pantai itu suasananya hmm banget. Apalagi pas pagi sama sore, suasananya makin uhh banget. Bisa lihat pemandangan indah sambil makan. Kayaknya aku terakhir makan di pantai pas jaman SD. Jadi pengen lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya Ponco. Kayaknya aku ini rada beda.


      Wuaaaaa iya asik banget. Ayo dong ke pantai lagi.

      Hapus
  18. Waah, kalo jalan-jalan ke sini pasti ceceran utamanya itu tuh makanan favorit bunda UDANG GORENG, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walahhh sama dong Bunda. Makan Udang Goreng itu emang emejingggg banget lho Bund.

      Hapus
  19. Itu batagornya malah lebih mirip pempek yaaa. Tapi gambarnya bikin selera hahaha.

    Kalo aku boleh saran, gambarnya diperbesar aja, jadi lebih menarik. Saran aja sih hehehe

    Btw, salam kenal! :D

    ❀ Diary Khansa by Funy ❀ www.diarykhansa.com ❀ Twitter: @tehpocii ❀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Funy. Hahaha iya, pempek kuah kacang siram ya. *songongin si batagor

      Wah, boleh aku coba. Makasih atas sarannya ya Funy.

      Hapus
  20. Tahu pocong. hehe kreatif ngasih namanya. Suatu saat aku mau ikutan bikin tahu tuyul, tahu sundel bolong, tahu kuntilanak dn tahu-tahu setan yang lain.
    Level tahu pocongnya kok cuma dua. kalo ada level kesurupan mungkin perlu ada level rukyah biar seimbang.

    Baca postingan ini malah jadi laper... haaaah ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lho nah lho, level rukyah. Wkwkwkwk. Aku ga kebayang tahu level rukyah kayak apa.

      Hapus
  21. Aiiihhh pangandaran....Rumahku deket pangandaran, 50kman sih hahaha....Tapi deketlah ya :D
    Salam kenal mba cha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, salam kenal juga ya. Makasih sudah mampir ke blogku.

      Hapus
  22. wah, pas ke Pangandaran awal tahun ini kok missed tahu pocongnya ya? huhuhu....pengen kesanah lagiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoooo ke sana lagi Mba. Hehehe. Namanya juga tahu pocong Mba, suka nongol tiba tiba dan kadang ga ketauan dimana keberadaannya.

      Hapus
  23. Wiihh,, tahunya level merinding sama kesurupan, berarti dua2nya pedes dong... >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lumayan pedes buat lidahku yang ga nahan sama rasa pedas. Mungkin kalo kamu yang makan bakalan beda persepsi. Semoga kapan kapan kamu bisa nikmatin tahu pocong juga yaaa.

      Hapus
  24. Aku penasaran sama tahu pocongnya :D wkwkwk mauuu mbak. kirim sini, kirim sini :D wkwkw

    Kalau batagor aku sering beli :D sama nasi kuning dikit banget tuh, yang sering aku beli di kampus wkwk tapi belinya 2. tapi tetep masih laper -_- perutku emang gini nih, suka bercanda wkwkw :D

    salam kenal ya mbak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Febri

      Wkwkwkwk wahhh aku kayaknya paham sama perutmu tuh, soale aku juga gitu. *eh gimana

      Hapus
  25. camilannya..enak...banget kayannya..jadi pengen nyobain pocong #eh''

    BalasHapus
  26. Sebagai pecinta udang, lihat segambreng udang itu bikin ngileeer :D

    BalasHapus
  27. Judy & Mary, aku kira dgrin lagunya yg sobakazu. Hehee.

    Pangandaran blm pernah ke sana. Jauh bangettt. :( Doain yaa smga kpn2 aku bsa mampir ke pantai timur pangandaran, psti enak bgt tuh di situ. Hehe. Tahu pocongnya aneh2 aja dah. Enak gak rasanya? Levelnya jg bkin ngakak, level merinding sama level kesurupan, kalo sampe beneran kesurupan kan ngeri jg yak. Wkwk.

    Nasi kuningnya sdikit amat, itu mah modelnya kayak nasi kucing gtu ya? Mstinya namanya nasi kucing kuning tuh. Wkwk *apaansi* Wuaaaaa... Batagoooorrr... Bbrp hri ini pgn bgt deh makan batagor, tp blm ksampean, duitnya msh transparan. Haha. Untungnya di rmhku batagornya enak, ya lumayan berasa lah ikannya, gak hnya tepung goreng dikasih bumbu kacang sm kecap doang, 10rb udh senang hati senang perut :D Lah ini knp promosi?-_- Tp klo dibandingin sm batagor asli bandung, batagor pangandaran, psti jauhlaah. Hehee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu tinggal di Bandung? Walah deket lhooo kalo dari Bandung ke Pangandaran, ga sampe naik bus 24 jam. Hihihi. Wuaaaa aku jadi pengen kepoin batagor bandung. Gimana ini gimana ini. *lah

      Hapus
  28. Tahu pocong level merinding sepedas apa tuh??? Kayaknya enak. Ada isinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi yang level keurupan. Enak pedesnya asik gimanaaaa gitu, Calvin.

      Btw makasih sudah mampir ke sini ya.

      Hapus
  29. Ane belum pernah coba tahu pocong.. serem ga tuh? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ... ga kok. Pedesssss tapinya, bikin merinding.

      Hapus