Staycation Di Holiday Inn Gajah Mada Jakarta Buat Numpang Beresin Naskah Novela

SAND STORM

film-sand-storm
                
Sand Storm  memang hanyalah judul dari sebuah film yang malam ini baru saja selesai aku tonton. Awalnya aku nggak mengerti sama sekali mengenai sebuah film yang berlatarkan negara India yang aku tonton di JakTv itu. Aku sendiri awalnya merasa bingung, memangnya apa yang sedang aku tonton ini? Kenapa sangat menarik perhatianku sebagai seorang wanita?
Hmm...OK...sebenarnya aku saat ini belum menjadi seorang wanita seutuhnya. Aku masihlah seorang anak gadis yang selalu bergantung kepada kedua orang tuaku. Aku pun belum memiliki sebuah keluarga kecil. Namun terselip impian indah yang kuharapkan Tuhan akan mengabulkannya kelak, mengenai keluarga kecil itu. #nggakpenting!!!!tapi amien^.^
Baru saja selesai menonton film heroik ini, aku pun segera menelurusi dunia maya untuk mencari tahu lebih dalam mengenai film ini. Siapakah Saawnri Devi yang digambarkan oleh film ini? Lalu mengapa hidupnya menjadi begitu banyak liku-likunya?
Ya. Penggambaran Saawnri Devi dalam film ini adalah seorang wanita dari kasta rendahan (pembuat tembikar) di India yang berusaha menuntut keadilan bagi kaum wanita di India. Berawal dari ketika Shapoo Devi mengajaknya bergabung dalam Shaatin, yaitu sebuah organisasi sosial yang membela kaum perempuan India.  Kemudian ketika Saawnri Devi berusaha membela hak seorang anak perempuan yang masih berusia 4 tahun yang ingin dinikahkan oleh orang tuanya? Padahal secara akal sehat, apakah kedua orang tuanya itu memikikan bagaimana nasib anaknya kelak? Apakah anak itu akan mendapatkan kebahagiaan daam hidpnya jika diusianya yang masih sangat muda sudah dinikahkan? Dan hal itulah yang akhirnya dilihat oleh Saawnri Devi.
Awalnya, memang alasan Saawnri Devi bergabung dengan Shaatin karena masalah keuangan keluarganya. Tapi, coba dilihat sisi positifnya. Bahkan seorang Shapoo Devi yang berpendidikan dan berasal dari kasta tinggi pun berjuang untuk memberikan keadilan bagi kaumnya sendiri. Shapoo Devi mengajak Saawnri Devi masuk ke dalam Shaatin dan mengajaknya berjuang bersama. Demi sebuah keadilan. Walaupun, sempat, suami dari Shapoo Devi ternyata malah menodai perjuangan dari istrinya itu dengan cara ikut berperang melawan istrinya dan mulai memberi batasan agar istrinya nggak terlalu sering menyibukkan dirinya dengan organisasi sosialnya. Padahal, suami dari Shapoo Devi pun ternyata seorang profesord i bidang sosial. Oh, sungguh miris! Aku sendiri pun kesal saat melihat tingkah suaminya yang kurang mengerti apa yang istrinya perjuangkan diluar sana. Malah menjadikannya bahan lelucon dengan teman-temannya. Dan akhirnya pernikahan mereka pun berantakan.
 Humph, cukup sudah kisah Shapoo Devi. Aku akan kembali kepada di pemeran utama dalam film ini, Saawnri Devi.
Saawnri Devi yang menolak membuatkan tembikar untuk pengantin kecil itu pun, akhirnya dimusuhi oleh si kepala desa, si pendeta, dan beberapa keluarga si pengantin kecil. Tentu saja karena Saawnri Devi melaporkan hal itu kepada pihak berwajib. Tapi, jangan kalian pikir pihak berwajib itu malah dengan serius menjalankan tugasnya memperhatikan laporan Saawnri Devi, si kepala polisi malah dengan santai mempersilahkan dan makin mempersulit kasus yang dilaporkan Saawnri. Astaga!!! Aku menemukan sifat kurang bermanusia sekali lagi. Bukankah sudah menjadi peraturan negara kalau gadis kecil tidak boleh dinikahkan? Lalu apa karena pendeta dan kepala desa yang melakukan, maka di anggap sah dan nggak masalah? Uwh!!!
Kemudian si pendeta dan kepala desa beserta para anteknya yang berasal dari kasta Gujar itu pun melakukan pembalasan kepada Saawnri Devi. Saat Saawnri dan suamianya sedang berusaha membuka lahan untuk bercocok-tanam, mereka malah dihajar dan Saawnri mereka perkosa secara bergiliran. Wah, makin kurang bermartabat aja nih!!! Hahaha..tapi, aku nggak menemukan adegan porno itu ko!!! Pokoknya tiba-tiba Saawnri udah tergeletak nggak berdaya dan suaminya yang penuh cinta dan berusaha menjaga kehormatan istrinya itu, langsung datang untuk membantu Saawnri.
Sulit memang ketika Saawnri kembali berusaha membuat pengaduan yang kali ini menimpa dirinya. Dia telah diperkosa massal. Tapi dengan perjuangannya dan datangnya banyak sekali dukungan dan bantuan, walaupun sampai 5 tahun kasusnya belumlah selesai, ternyata mengantarkan Saawnri menjadi aktivis perempuan yang menolak pemerkosaan. Di akhir film, naratornya mengatakan bahwa Saawnri membantu siapa saja gadis yang telah diperkosa dan berusaha menguatkannya dan menjadi inspirasi baginya.
Wah, keren  nih filmnya. Kebetulan banget aku nonton film ini. Dan menemukan banyak banget pelajaran yang aku ambil.
Satu lagi. Suami dari Saawnri Devi benar-benar terlihat penuh cinta. Dia mendukung istrinya terus. melindunginya. Dan menjadi pendorong dan penyemangat istrinya untuk terus berjuang.
Aku pikir, pria dan wanita adalah sama. Makhluk ciptaan Tuhan juga. Hanya perannya saja yang berbeda. Jadi, buat apa pria merasa berkuasa? Padahal tanpa wanita mereka kekurangan kekuatan untuk bangkit. Wanita untuk berada di sampingmu. Bukan di bawahmu atau di atasmu.  Pelajaran lain yang bisa aku lihat adalah sebenarnya manusia itu sama saja di hadapan Tuhan. Punya hak dan kewajiban yang sama. Bukan kasta yang membedakan, apalagi gender.  Dan manusia sebaiknya hidup dengan rasa kasih. Contohnya suami dari Saawnri Devi, begitu melindungi istrinya dan siap membantunya berjuang mencari keadilan untuk kaumnya. Lalu Saawnri Devi yang begitu menghormati suaminya. Bahkan ketika suaminya dipukuli, dia pasang badan untuk melindungi suaminya. So sweet ya ^.^
Oh Lord.  You always bless every human are always say your name in they heart...Tuhan Sang Maha Adil nggak akan meninggalkan suatu kekacauan begitu saja. Dia akan memberi cahaya terang di hati pejuangnya. ^.^


Komentar