The Davincka Code : Buku Perjalanan Hidup Jihan Davincka

Anime Fruit Basket Season 1 : Berkenalan dengan Roh Zodiak Di Klan Sohma

Sebenarnya, anime Fruit Basket ini termasuk anime lawas yang kemudian dirilis kembali dengan tampilan baru pada tahun 2019. Seri animenya dulu sudah muncul di tahun 2001.

Merupakan anime adaptasi dari seri manga karya Natsuki Takaya yang pertama kali muncul pada 1998. Anime ini menghadirkan legenda juunishi, zodiak Jepang yang dibagi jadi 12 blok hewan dan diadaptasi dari zodiak Tiongok.

Ini adalah kali kesekian Ka Acha rewatch Fruit Basket season 1. Sejak mendapati kalau anime satu ini memunculkan tampilan baru, terutama pengisi suara dari karakter Yuki Sohma yang kini diisi oleh laki-laki – kalau dulu seiyu-nya ciwiwi --, jadi salah satu alasan kenapa saya betah sekali menonton anime bertema fantasi supranatural satu ini.

anime fruit basket season 1

Profil Anime Fruit Basket Season 1

Judul                     : Fruit Basket Season 1

Tahun Tayang    : Spring 2019

Tayang Di             : VIU

Durasi                   : 25 episode

Genre                   : Romance, Fantasy, Slice of Life

Rate Age              : 13 tahun ke atas

Di setiap episode, durasi tayangnya singkat. Pun bisa sesekali kamu percepat karena opening song dan ending song-nya memang cukup memakan waktu. But in other hand, I’ll tell you, kalau soundtrack Fruit Basket 2019 ini beneran bikin candu.

Sinopsis Anime Fruit Basket Season 1

Tersebutlah seorang gadis yatim piatu bernama Tohru Honda. Dirinya sudah kehilangan sang ayah semenjak berusia tiga tahun. Kemudian kembali kehilangan ibunya ketika ia baru saja jadi siswi SMA.

Oleh karena itu, Tohru Honda tinggal bersama kakek dari pihak ayahnya selepas sang ibunda tiada. Namun pada suatu hari, sebab sang kakek makin menua, maka keluarga kakek ini pun mengajak si Kakek pindah tinggal bersama mereka.

Sayangnya, Tohru Honda nggak diajak. Dengan alasan kalau rumah mereka sedang dalam tahap renovasi, Kakek menyarankan Tohru pindah tinggal di rumah salah seorang temannya lebih dulu sembari menunggu.

Tahu kalau dirinya kelak bisa menyusahkan kedua sahabatnya, Saki Hanajima dan Arisa Uotari, maka Tohru memilih menetap sendiri dalam sebuah tenda di hutan, di tanah milik keluarga Sohma yang sesungguhnya Tohru pun nggak tahu sebelumnya. Hujan, badai, panas, semua ia lalui sendirian dan tetap merahasiakan segalanya dari Arisa dan Saki, sembari berjuang keras mengumpulkan uang lewat kerja sampingan.

Hingga di suatu pagi, saat sedang berkeliling sebelum berangkat sekolah, Tohru menemukan rumah besar yang tak jauh dari tendanya. Ia mampir ke sana dan tertarik oleh hiasan ukiran juunishi yang entah kenapa sedang diangin-angin di teras rumah tersebut.

Itulah kali pertama Tohru menyadari kalau dirinya tinggal di tanah milik keluarga Sohma. Ia terkejut ketika berjumpa dengan Yuki Sohma yang memang merupakan teman sekelasnya di sekolah. Rupanya Yuki tinggal berdua saja dengan kakak sepupunya, Shigure.

Tentu saja, Tohru masih merahasiakan soal tenda yang ia bangun untuk menetap sementara, dari Yuki. Hingga di suatu malam, Yuki dan Shigure tanpa sengaja mendapati keberadaan tenda Tohru. Pun karena Tohru nampak kurang sehat, gadis yatim piatu itu dibawa ke rumah tinggal keduanya.

Malam itu, longsor melanda tenda tempat Tohru menetap. Semua barangnya terkubur.

Tahu soal itu, Tohru yang tengah dirawat karena demam di rumah Shigeru, jadi panik. Ia minta kembali ke tendanya dan berusaha menggali timbunan tanah demi menyelamatkan foto almarhumah ibunya yang tertimbun.

Iba, apalagi yang tertimpa bencana ini tuh teman sekelasnya, Yuki Sohma si zodiak tikus diam-diam membantu mengumpulkan semua barang milik Tohru di sepanjang malam. Tentu saja dengan mengerahkan para tikus yang ada di sana.

Dengan menumpang di rumah milik Shigeru, perlahan hidup Tohru Honda pun berubah. Siapa sih yang di saat jadi homeless dan ditampung orang baik hati, nggak merasa sangat bersyukur? Misalnya saja karakter Yuzuki Tachibana dalam anime Taisho Otomo Otogibanashi, perasaan Tohru pun hampir serupa.

Namun kehadiran Tohru Honda di sana, nggak diketahui oleh Kyo Sohma yang selalu datang untuk langsung menyerang Yuki, sepupunya sendiri. Kamar Tohru yang baru saja akan ditempati, berantakan oleh ulah Kyo. Si anak yang dirasuki zodiak kucing ini baru sadar setelah puas berkelahi dan habis dipukuli oleh Yuki.

Jadilah, ada empat penghuni di rumah Shigeru. Ditambah tingkah Shigeru sebagai yang paling tua di sana, segera memindahkan sekolah Kyo Sohma dan ‘memaksa’ Kyo jadi teman sekelas dengan Yuki dan Tohru.

klan Sohma di anime Fruit Basket
Beginilah kalau di meja makan. Kyo doyan ngamuk, Yuki baru nonjok kalo mau dipukul, Shigeru sering pura-pura nggak tahu kayak bapak-bapak banget dah. Tohru cuma bisa menghela napas sambil numpuk sabar.

Dari sanalah, pertemanan nan hangat, terjalin antara Yuki Sohma, Tohru Honda, dan Kyo Sohma. Tentu saja diselingi pertarungan tiada akhirnya dari si duo pemuda, Yuki dan Kyo. Hal yang suka bikin Tohru ikut pusing dibuatnya.

Di sisi lain, klan Sohma ini unik dan tertutup. Selalu ada saja anak yang lahir dan kemudian dirasuki oleh roh juunishi. Sebuah kutukan, jika nggak mau disebut sebagai ujian hidup. Sesuatu yang secara alami, menciptakan trauma pada setiap orang yang tumbuh besar bersama roh zodiak tadi di dalam dirinya.

Satu demi satu, Tohru berjumpa dengan keluarga Sohma yang lain dan menyadari rahasia unik keluarga ini. Mulai dari Yuki Sohma yang wajar saja jika sering berseteru dengan Kyo Sohma, sebab dalam legenda klan Sohma, tikus akan selalu berseteru dengan kucing. Ya … Yuki si tikus, dan Kyo si kucing.

Perlahan tapi pasti, semakin Tohru Honda tahu tentang roh juunishi yang merasuki klan Sohma ini, nyawanya terancam oleh Akito, sang kepala keluarga Sohma, sosok yang dirasuki dewa. Bisakah Tohru selamat? Apakah sebenarnya Tohru sedang diperalat? Akankah Yuki dan Kyo yang beneran sayang sama Tohru, bisa menyelamatkan gadis yatim piatu ini?

Tentu saja, ada selipan kisah cinta remaja di anime ini. Kyo dan Yuki akan saling berebut perhatian dari Tohru. Di bagian inilah, keduanya berantem paling serius.

Dongeng Juunishi yang Rasuki Klan Sohma

Sejak episode pertama, penonton akan disuguhi dongeng yang melatari lahirnya setiap anak dengan roh juunishi tadi. Asal mula kutukan nggak terelakkan di tengah klan Sohma. Dongeng yang juga sudah didengarkan Tohru Honda dari ibunya sejak kecil, dongeng tentang pertentangan para zodiak.

Tersebutlah di suatu masa, ada sebuah perjamuan yang akan diadakan oleh dewa. Semua roh zodiak diundang malam itu.

Namun, keisengan zodiak tikus rupanya mengundang luka. Hari itu, tikus yang memang berkarib dengan zodiak kucing yang dianggap begitu disayangi dewa, memberi tahu kalau perjamuan yang akan diadakan oleh dewa berlangsung esok hari. Walhasil, kucing tentu saja jadi nggak hadir. Jadilah, namanya nggak masuk dalam lingkaran zodiak juunishi.

Dasar si tikus memang cerdik bin jahil, ia pun memanfaatkan kerbau sebagai tunggangannya saat datang ke perjamuan. Ketika tiba, ia lekas meluncur turun dari tubuh kerbau dan jadi hewan pertama yang mengambil tempat.

Hal ini juga membuat kerbau sebal pada si tikus. Perbuatan yang berdampak hingga di masa roh juunishi bersemayam pada setiap anak terpilih di klan Sohma.

Di lain tempat, kucing sakit hati. Apalagi, sebab nggak hadir di perjamuan, dirinya nggak masuk dalam lingkaran juunishi. Makanya, nggak pernah ada orang yang punya zodiak kucing, kan?

love triangle snime fruit basket season 1
Ada di antara dua sepupu yang suka berantem, Tohru ya cuma bisa menghentikan Kyo si biang ngajak ribut itu duluan

Kacaunya, roh juunishi yang selalu hadir – meninggal satu akan lahir lagi anak yang dirasuki – di klan Sohma ini, membuat hidup setiap anak terpilih tadi, nggak pernah normal. Setiap kali dipeluk oleh lawan jenis, mereka akan lekas berubah jadi hewan yang merasukinya. Walhasil, hidup mereka terpaksa jadi tersembunyi. Terkucil. Tersisih. Harus menutup diri. Itulah takdir yang mereka jalani.

Para Pemilik Roh Juunishi Di Anime Fruit Basket

Penggambaran proses berubah di anime Fruit Basket 2019 ini tuh epik sih. Akan selalu muncul asap warna-warni yang meletup menutupi perubahan tubuh para anggota klan Sohma tersebut. Sayangnya saat kembali ke tubuh manusia, mereka akan tampil benar-benar tanpa busana. Tenang saja, di anime ini, semua nggak digambarkan terang-terangan kok.

Pada anime Fruit Basket Season 1, semua tokoh klan Sohma yang dirasuki roh shio dimunculkan satu per satu. Dengan perjalanan kisah yang lebih banyak bermain di slice of life dari Tohru Honda, romansa antara Yuki yang bersaing dengan Kyo untuk meraih perhatian Tohru, juga trauma yang membentuk setiap karakter dalam lingkar keluarga klan Sohma tersebut.

juunishi zodiak Jepang
Berubah jadi sosok roh juunishi masing-masing kalau dipeluk sama Tohru

Kisah soal kutukannya secara lebih jauh, baru bisa kamu temukan pada season selanjutnya. Maka, sebagai perkenalan, Ka Acha akan mengenalkan para klan Sohma yang kerasukan roh zodiak tadi ya.

  • Akito Sohma yang kerasukan roh Dewa dan mengikat seluruh roh juunishi dalam genggamannya
  • Kyo Sohma si zodiak Kucing yang tersisih dari lingkar juunishi
  • Yuki Sohma si zodiak Tikus
  • Shigeru Sohma si zodiak Anjing
  • Kagura Sohma si zodiak Babi
  • Momiji Sohma si zodiak Kelinci
  • Hatori Sohma si zodiak Naga yang ditampilkan dalam rupa kuda laut
  • Hatsuharu Sohma si zodiak Kerbau yang ditampilkan bertubuh hitam putih ala sapi
  • Kisa Sohma si zodiak Harimau
  • Ayame Sohma si zodiak Ular
  • Isuzu Sohma atau dipanggil dengan nama Rin si zodiak Kuda
  • Hiro Sohma si zodiak Domba
  • Ritsu Sohma si zodiak Monyet
  • Kureno Sohma si zodiak Ayam yang penggambarannya malah cenderung mirip burung

Jika kamu sangat suka kisah fantasi dan ada sisi romantisnya seperti Ka Acha, mungkin bakalan suka banget juga nih sama anime Fruit Basket season 1 ini. Empatimu pun bisa terketuk berkali-kali lewat latar belakang setiap tokohnya.

Komentar

  1. Fruit Basket ini diangkat dari komik ya? Wah udah lama gak nonton anime. Tapi install Viu dulu heheheh. Bagus lah kalau episodenya tidak terlalu banyak.

    BalasHapus
  2. Fruit Basket Season 1 adalah anime yang menarik dan mengharukan yang akan membuat tertawa, menangis, dan merenungkan tentang makna keluarga dan cinta. Dengan karakter yang kompleks dan cerita yang menyentuh hati, anime ini pasti akan memikat dari awal hingga akhir.

    BalasHapus
  3. Seru juga yaa ceritanya. Menarik membahas ttg zodiak-zodiak. Belum pernah nonton anime yang series gini, boleh lah nanti dicoba. Makasih rekomendasinya Kak :)

    BalasHapus
  4. Lucu nih kayaknya. Gimana tikus dan kucing sering berantem karena satu cewek. Jadi pingin liat anime ini dah.

    BalasHapus
  5. Iba banget liat Tohru, tapi untungnya ada Yuki sama Kyo yg selalu perhatian sama doi. Walo sering berantem, hahaha.. Seru memang baca² anime romansa fantasi kekgini ya, KakCha.

    BalasHapus
  6. Zodiak maksudnya di sini Shio kalik ya...Lihat bajunya Tohru, jadi inget komik Sailor Moon loh, pakai baju model kelasi kayak gitu juga. Jarang nonton anime, bisa dicoba nih kayaknya seru...

    BalasHapus
  7. Fruit Basket Season 1 beautifully blends heartwarming moments with emotional depth, following Tohru Honda as she transforms the lives of the cursed Sohma family with her kindness and resilience.

    BalasHapus
  8. Lah si zodiak tikus kok bisa kalah..
    Eh, daku malah tadinya mikir kenapa zodiak ya bukannya shio? Heheh🤣 ada-ada aja nih animasi yang seru

    BalasHapus
  9. Wah bisa gitu ya klo shio tikus bisa ngerahin tikus jadi penasaran klo shio macan muncul disitu juga 😁

    BalasHapus
  10. Aku suka banget kak sama Fruit Basket. Penuh pelajaran hidup banget. Ceritanya juga asli seru ada mistis dari perubahan tiap keluarga shouma jadi shio hewan

    BalasHapus
  11. Seru sekali kak. Jujur aku sesenggukan pas ngelihat cerita tendanya kena longsor. Itu kalo ga diselametin temennya, bakalan tamat deh ceritanya. Haha.

    Meski fiksi, ceritanya relate bgt dgn kehidupan tuh. Cerita anak yatim piatu dgn segala perjuangannya emg seru dan mengharukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita begini yang kadang makin menarik buat ditonton ya. Rasanya kaya ikut mengalami huhu

      Hapus
  12. Wah, kak acha suka nonton anime juga ya. Anakku suka nonton anime, tapi dia tuh suka yang genre misteri

    BalasHapus
  13. Jadi membayangkan sedihnya Tohru. Gara gara longsor menimpa tenda tempat Tohru menetap. Semua barangnya terkubur. Termasuk foto ibunya. Wah, menetes nih air mata saya pas baca bagian itu

    BalasHapus
  14. Fruit basket ini dulu jadi favorit teman-teman,,,rebutan kalo sudah keluar yg terbaru hehe..sekarang tayang di viu, jadi pengeen

    BalasHapus
  15. Anakku seneng banget sama Anime, dan untungnya udah 13+ jadi udah bisa nonton anime ini. Eh jangan-jangan malah udah nonton..

    BalasHapus
  16. jalan ceritanya kok rame ya kak, hehehe. jadi pengen nonton tapi kayaknya bakalan lebih seru kalau jadi live action. awalnya ini kisah sedih di hari minggu si tohru, eh iya ya. tapi jadi kisah magis gitu gak sih? ini endingnya gimana sih kak? aku penasaran, hahahaha. nonton di viu ya? aku gak pake viu euy, auto langganan deh ini mah, wkwkwkwk

    BalasHapus
  17. Jepang sepertinya sedang dilanda tren untuk remake film atau drama, termasuk anime fruit basket ini. Jadi generasi sekarang bisa tahu film atau drama zaman dulu dengan versi kekinian yang lebih keren

    BalasHapus
  18. Wahh seru banget ya ceritanya Fruit Basket, sudah lama banget gak nonton anime. Jadi pengen nonton deh..

    BalasHapus
  19. Kyaaa, dulu pernah baca komik Fruit Basket. Emang komik jadul sih. Tapi belum pernah nonton animenya, jadi penasaran nih..,

    BalasHapus
  20. Waaa aku belum pernah nonton Fruit Basket. kayaknya seru nih buat weekend. Unik ternyata Yuki Sohma sering berseteru dengan Kyo Sohma, soalnya ada legenda klan Sohma, tikus akan selalu berseteru dengan kucing ya kak Aca. jadi Yuki tikusmya, dan Kyo kucing

    BalasHapus
  21. Ikut sedih klo ngelihat sejarah hidupnya Tohru. Untung aja dia dirawat dengan baik ya oleh keluarga Sohma, meskipun ada intrik2 soal kutukan segala di dalam klan keluarganya.

    BalasHapus
  22. Cakeepp... cakeepp..
    Aku butuh banget rekomendasi anime yang bisa ditonton di NF. Hiburan banget sii.. buatku tuh nonton anime tuh. Karena kadang yah, cowok penggambaran anime tuh bisa bikin hati berdebar juga.. Aigoookkk~
    Wkwkkwkw.. segitu dalemnya aku masuk ke dunia anime.

    BalasHapus
  23. Ihhh gemes banget deh ini animenya, rekomendasi yang menarik banget buat ditonton weekend ini. Thank you kak Acha rekomendasinya!

    BalasHapus
  24. Jujur aku ngga ngikutin tapi kalau baca review dan komen-komennya koq kaya seru banget sih. Aaaa mumpung wiken aku coba deh nonton dulu

    BalasHapus
  25. Akhirnya ada juga ulasan tentang Fruit Basket. Saya lagi suka baca komik dengan tema makanan. Tadinya saya pikir Fruit Basket juga tentang makanan. Ternyata bukan, ya :)

    BalasHapus
  26. Saya baru pertama kali mampir ke blog ini, salam hangat. Semoga terus konsisten

    BalasHapus
  27. Ka Achaaa.. kelinci, kucing, tikus ini bukannya Shio yaa..?
    Kalau zodiak tuh asa Pisces, Gemini, Aries..

    Kadang yang unik tuh memang niatnya jadi gelandangan, eh.. malah ada yang nolongin.
    Baik banget keluarga Sohma. Kayanya aku pernah nonton eps 1 ini deh.. semua yang diceritain sama ka Acha bisa aku gambarkan dengan jelas di otakku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau shio kan biasanya buat yang di Tiongkok ya. Nah kalau di Jepang itu sebutannya Juunishi Jadi biar mudah dipahami, banyak yang menyebutnya dengan sebutan zodiak Jepang deh.

      Hapus
  28. Sering banget denger atau liat anime ini direkomendasiin. Katanya sih tipe anime shoujo yang nggak berat banget tapi masih asik. Jadi pengen nonton deh.

    BalasHapus

Posting Komentar