Novel ReproRetro Karya Hinata Umi Bahas Pembajakan Buku

Review Tempat Makan untuk Bukber Dadakan

Ramadan itu waktunya cukup pendek. Berasa nggak sih?

Apalagi … kalau list buka puasa bersama berderet-deret mulai dari ajakan teman jaman sekolah, kuliah, bahkan teman kantor. Belum lagi ada juga undangan buat bukber dadakan dari komunitas yang diikuti. Waduh ….

Akhirnya, Ramadan bukan hanya jadi ajang untuk fokus menjalankan ibadah saja, melainkan momen untuk pandai-pandai menjaga silaturahmi dengan rekan sana-sini, termasuk mengatur keberlangsungan isi dompet sendiri.

Bisa dimengerti, kenapa akhirnya banyak orang yang mencari review tempat makan untuk bukber dadakan yang bisa ngasih banyak pilihan menu, lokasinya mudah disambangi, termasuk bikin dompet nggak serasa dicekek. Kamu begitu juga nggak?

review tempat makan untuk bukber ramadan

Itu juga sih yang terjadi dalam kehidupan Ka Acha sepanjang Ramadan kali ini. Ketika masih menunggu sidang isbat penentuan tanggal 1 Ramadan saja, sudah ada celotehan di grup komunitas yang ingin bisa atur jadwal untuk buka bersama.

Nah lho … ada aja nih yang udah curi start duluan buat ngajakin iftar berjamaah di tempat estetik sekalian seseruan bareng. Ujung-ujungnya, pilihan ina inu ina inu soal lokasi buat kulinerannya mendadak muncul dalam bentuk daftar tempat makan. Setelahnya, si yang mau dimintai tolong mengurusi acara bukber, sibuk bertanya sama tempat makannya sana-sini termasuk melakukan reservasi.

Sampailah pada sebuah kenyataan bahwa ….

Lokasi Tempat Makan Cukup Menentukan

Walau sama-sama berdomisili di Jabodetabek, tetap saja salah satu alasan yang bikin sesama teman akhirnya nggak jadi ikut bukber dadakan, apalagi kalau bukan urusan lokasi. Bukan bermakna tempatnya selalu jauh ya, sebab ada saja sih yang saking kangennya sampai diusahakan sebegitunya untuk bisa ikut bergabung buka puasa bersama.

Tapi, kadang kalau akses menuju lokasi tujuan itu harus dihadapi dengan kesiapan mental untuk banyak berganti transportasi umum atau malah macet, biasanya saya menyerah duluan. Maafkan ya, manteman.

Pilihan Menu Makanan yang Disediakan Di Tempat Makan

Walau banyak yang mengelu-elukan gorengan sebagai menu berbuka yang punya strata tertinggi sebagai most wanted iftar’s menu, tapi kebiasaan setiap orang kan berbeda-beda ya. Kamu dan Ka Acha juga punya kemungkinan besar nggak akan sama dalam selera makanan kesukaan.

Ada orang yang terbiasa berbuka dengan air putih bersama tiga butir Kurma lalu beranjak shalat magrib. Ada yang kalau berbuka maunya menu manis nan dingin menyengarkan. Ada pula yang kalau iftar ya langsung ketemuan sama sepiring makanan berat. Kalau kamu, tipe yang bagaimana nih?

jajan pakai ayomakan

Banyaknya pilihan menu makanan yang disajikan oleh si tempat makan, pada akhirnya menjadi kunci kedua yang mampu membuat teman yang diseret buat bukber dadakan, mengiyakan ajakan. Tentu … Ka Acha juga demikian.

Sejak banyak belajar mengenai menu halal dari para halal influencer Indonesia, saya sadar kalau saya jadi super pemilih. Apalagi … menu tersebut kan tujuannya untuk saya membatalkan puasa. Maunya bukan hanya sudah tersertifikasi halal tapi juga thoyyib alias baik buat saya -- dalam makna nggak memnancing alergi saya datang, misalnya. Kan sedih, sudah berpuasa, eh pas berbuka malah asal ambil saja.

Saya pun sejak belajar soal menu halal, kemudian tergerak untuk menuliskan sepotong pengalaman saya dalam novela Hilal Halal Ifthar. Pengalaman yang memang sih bikin urusan kulineran jadi tricky, tapi akhirnya saya jadi lekas mengiyakan ajakan bukber dadakan kalau tempat pilihannya di festival kuliner. Jelas … pilihan tenant yang beragam membuat saya punya kesempatan jadi si picky.

Dana Pribadi yang Memadai untuk Bukber

Urusan dompet cukup personal bagi setiap orang. Ada saja rekan atau kolega yang memilih nggak ikut serta dalam berbagai acara buka puasa bersama tersebab keadaan keuangan. Bissa dipahami sih, setiap individu kan menjalani hidup menyesuaikan dengan skala prioritas masing-masing.

Pernah ada masa dimana Ka Acha menolak ikut serta ajakan bukber dadakan setelah melihat review tempat makan yang dijadikan tujuan, menghadirkan menu-menu dengan harga yang belum sanggup saya keluarkan jika hanya untuk sekadar bertemu teman. Sedih? Ya tapi kan saya punya pengeluaran yang lebih penting.

Tersebab keadaan dompet setiap orang di sepanjang Ramadan – terutama yang kampung halamannya jauh dan berniat mudik Lebaran – berbeda-beda keadaannya, jadilah range harga yang disediakan tempat makan tujuan ikut jadi bahan perdebatan.

Review Tempat Makan di Ayomakan Fast Feast Festive

Tersebutlah salah satu komunitas kepenulisan yang menjadi tempat Ka Acha bernaung sejak masih jadi mahasiswi dulu, menginisiasi acara bukber dadakan. Pas sekali, lokasi yang kemudian menjadi kesepakatan bersama adalah di Senayan Park.

Awalnya, Ka Acha bersemangat. Bagaimana nggak, coba? Secara salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan ini punya vibes yang asik banget. Apalagi, beberapa waktu sebelumnya, saya pun pernah berkunjung ke sana secara khusus untuk menjajal keseruan di festival makan yang digelar oleh ayomakan.com.

Sudah kenal dengan mudahnya memesan menu makanan dengan ayomakan.com, termasuk berderetnya review tempat makan yang tersedia di situsnya, bikin saya lekas tergoda. Selanjutnya, sudah bisa dipastikan kalau saya jadi pendengung untuk teman-teman seangkatan biar ikut melirik ayomakan.com juga. Ya … biar mereka ikut kenalan.

Sayang seribu sayang, rupanya di hari H janjian, Ka Acha yang malah harus melambaikan tangan dan berlapang dada menyaksikan berbagai foto keseruan teman-teman melalui grup chat doang. Ya sudahlah ya, mungkin belum waktunya saya lepas kangen sama mereka semua.

Ujungnya, keinginan kuat untuk bisa menyambangi Ayomakan Fast Feast Festive bisa saya realisasikan pada hari sabtu (15/04/2023) lalu. Teman bukbernya siapa? Ahahaha … the one and only, of course jalannya sama si partner kesayangan saya. Hhh … akhirnya bisa sukses juga bukber tanpa wacana sama si doi di festival kuliner.

 Sore jelang senja itu, keadaan di gerbangnya yang didominasi warna merah khas logo Ayomakan, menyambut langkah Ka Acha. Suara musik bernuansa islami memeriahkan sore mendung kala itu. Walau gerimis sempat turun selepas adzan magrib berkumandang, nggak berhasil menyurutkan semangat saya untuk berkeliling ke beberapa stand milik tenant yang ikut memeriahkan festival kulineran dari Ayomakan.

Berbekal beberapa daftar brand makanan yang sudah tersertifikasi halal dari list tenant di Ayomakan Fast Feast Festive, saya seolah sudah tahu akan berkunjung ke stand yang mana saja. Payahnya, saya nggak bisa mengatur menu apa yang sedang begitu saya inginkan hari itu. Jadilah, saya menyempatkan diri untuk berbincang sejenak dengan para penjaga stand-nya sebelum memesan menu yang tersedia di ayomakan.com.

menu iftar segar

Nah, karena posisinya saya sedang ada di Ayomakan Fast Feast Festive, pilihan yang saya ketuk tentu saja “pick up” alias ambil menunya sendiri. Cukup menunggu sebentar, menu yang saya mau sudah siap saya bawa ke meja makan yang telah tersedia di area festival makanan.

Proses pembayarannya pun cukup mudah, karena bisa banget menggunakan berbagai pilihan e-wallet yang tersedia di situs ayomakan.com. Cashless. Jadi tenang, nggak perlu ribet hitung uang kembalian setelah jajan.

Tersedia juga voucher dengan nominal menyenangkan untuk digunakan di Ayomakan Fast Feat Festive buat yang datang bukbernya ramean. Lumayan banget deh nominalnya, bikin dana yang dikeluarkan buat bukber dadakan jadi nggak terlalu memberatkan.

Lalu, menu apa yang akhirnya Ka Acha coba sepanjang di Ayomakan Fast Feast Festive kemarin? Hihihi … sebagai yang terbiasa makan menu manis untuk pembuka, saya icip-icip Es Pisang Ijo Payjo duluan. Nggak lama berselang, baru deh ketemu sama makanan berat dari Dailybox. Nah … sebelum pulang, saya jajan lagi di Kang Tebu saking kepengen banget minum es tebu murni. Yeay … so happy bisa bukber tanpa wacana di sana.

ayomakan fast feast festive

So, review tempat makan yang pas banget buat bukber dadakan … sejauh ini ya jatuhnya ke festival makan bareng ayomakan.com. Pilihan lokasinya pas, punya banyak pilihan menu, terus tersedia voucher belanja juga. Aih … semoga Ka Acha bisa mampir ke festival kuliner yang selanjutnya digelar lagi sama ayomakan.com ya.

By the way, mau coba serunya jajan lewat ayomakan.com, kamu nggak harus selalu nunggu Ayomakan ngadain festival kuliner sih. Cukup masuk ke ayomakan.com saja, kamu sudah bisa memulai jelajah kuliner yang kamu mau. Cara pesannya mudah, bayarnya gampang, bisa reservasi tempat makan, termasuk ada banyak review tempat makan yang bisa kamu jadiin bahan pertimbangan sebelum memesan. Cobain deh!

 

Komentar

  1. Ayo makan lengkap sudah pernah beberapa kali order online via ayomakan. Simple klik klik byr tinggal tunggu barang datang deh.(gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami di Cianjur belum bisa pesan, katanya belum menjangkau area. Hikz! Semoga kedepannya segera banyak buk cabang termasuk di Cianjur ya

      Hapus
  2. Mbak outfitnya lucu banget jadi salfok :D

    Kemarin sempat berseliweran nih festival Ayo Makan di IGku. Menarik banget mana tempatnya estetik deket danau-danau gitu ya kalau gak salah. Di sini juga ada festival Ramadan tapi kurang menarik dan desek-desekkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pikir saya aja yg kepikiran dengan pita hitam nya itu, hehehe. Ternyata ada teman nya juga. Emang lucu ya apalagi pas dalam foto yg pertama di atas itu

      Hapus
  3. Ah makan banyak spot keren buat berbuka puasa ya. Apalagi Spark udah buka nih. Pgn ke sana deh suatu saat nanti. Krn dulu pas aku di Jakarta, mal ini lagi dibangun. Trs belum dibuka lagi pas pandemi. Event Ayonakan emang keren sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yg di luar ibu kota pengen juga nyobain. Meski sudah bukan bulan puasa, semoga pas ke Jakarta bisa bertandang di tempat makan keren.

      Hapus
  4. Liat yang seger-seger bikin punya rencana nanti kalo buka pingin beli yang dingin-dingin juga.
    Tapi kalo inget efeknya langsung meler pasca minum es, jadi sering perang batin dah perkara makanan atau minum untuk buka doang, hahaa.
    Saya belum pernah order via Ayomakan. Btw, di Medan ada ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan hari aku lirik situsnya untuk wilayah Medan sudah terjangkau kok, Kak. Ada beberapa tempat makan di Medan juga yang sudah terintegrasi sama Ayomakan. Jadi Kakak juga sudah bisa coba rasanya pesan lewat situs Ayomakan.

      Hapus
  5. Ayomakan Fast Feast Festive bisa banget ya diandalkan sebagai tempat kongkow bareng bestie satu circle... Gak hanya bukber, halal bihalal juga seru tuh... Yuk buruan reservasi yuk...

    BalasHapus
  6. Menyenangkan ya bisa buka bersama dadakan di ayomakan. Saya kalau dekat mau banget ke sana. Banyak keuntungannya, udah lokasinya strategis, punya banyak pilihan menu, terus tersedia voucher belanja juga. Asyik pokoknya

    BalasHapus
  7. Asyik bingit. Di Bali keknya belum pernah tau ada ayomakan ini. Coba cari tahu ah, xixixi

    BalasHapus
  8. Pengennn.......
    duh kebayang bejibun kuliner di acaranya ayomakan.com
    bisa nyicipin berbagai macam varian kuliner yang selama ini cuma lewat di IG
    Kapan ya ayomakan.com singgah ke Bandung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menantikan Ayomakan di Bandung juga..
      Biasanya yang seru apalagi ada hubungannya sama wiskul, Bandung pasti nge-hype banget.
      Seneng banget lihat deretan menu seger dan mengenyangkan di Ayomakan Fast Feast Festive 2023.

      Hapus
  9. Hai Acha,
    Aku juga kesana bukber sama teman-temanku tanggal 11 April yang lalu. Asli tempatnya nyaman, outdoor dan banyak pilihan menunya ya, harganyapun terjangkau
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ke sana setelah Kak Dennise nih. Iya, seru banget ya Kak di sana.

      Hapus
  10. Udah kesana juga kak.. lumayan banyak.pilihan mau jajan apa aja .udah gitu bukan sekedar makan juga banyak hiburan juga seruu pokonya

    BalasHapus
  11. Duh es tebu murni itu kenangan masa kecil banget bagiku, Cha. Zaman kecil di Aceh dulu sering banget minum ini, apalagi kalau habis dari rumah temen ortu yang agak di luar kota. Suka diajak main ke penggilingan tebunya juga.

    BalasHapus
  12. Menyenangkan makan dan minum di festival seperti ini karena banyak menunya. Udah gitu juga promonya bikin hati bahagia, apalagi bukbernya bareng rombongan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Promo diskon memang selalu bikin hati bahagia ya, Mbak. Bisa makan enak dengan harga hemat, siapa bisa nolak!

      Hapus
  13. Saya kemarin sempat ke Ayomakan yang di Spark, suka banget dengan suasana di sana, ada live musik juga. Dan yang terpenting pilihan makanan dan minumannya banyak dan ada diskonnya juga.

    BalasHapus
  14. Iya lho Ramadhan kek gini banyak banget ajakan bukber hahaha. Pengen juga mengunjungi Ayomakan Fast Feast Festive. Tapi kalau mau nyari info kulineran buat bukber dadakan bisa langsung nyari info aja di ayomakan.com buat reservasi tempat makanan biar ngga kehabisan tempat hoohhoo.

    BalasHapus
  15. Nah biasanya aku juga suka udah janji an Ina inu mau bukber eh tetiba ada halangan, Paling pas saat ini emang buber dadakan, tanpa planning tanpa ribet,dan kemungkinan jadi nya besar. Bukber di Ayomakan boleh juga nih.

    BalasHapus
  16. Aku kalau datang ke acara seperti Ayomakan ini rasanya gak mau pulang deh. Banyak banget kuliner yang ditawarkan dan bisa jadi rekomendasi untuk ke depannya

    BalasHapus
  17. Hwah senang banget bisa buka bersama bareng teman-teman di Senayan Park, pake ayomakan lagi, jadinya kan ga ribet ya buat mesan menu-menu favorit kita

    BalasHapus
  18. Sering banget kayak gini ya, temen-temen ngajakin bukber di waktu yang dadakan. Soalnya kalau harus janji dulu suka gak ketemu2 kesimpulannya, hehe. Nah bisa ke ayomakan ya, noted.

    BalasHapus
  19. Coba di Bandung ada...Mumpung udah beberapa hari ini cuaca lagi bagus. Kan enak banget ngabuburit ke Ayomakan Fast Feast Festive, ngobrol engga kerasa hampir buka aja...

    BalasHapus
  20. Saya, semenjak pensiun dan kerja sebagian di rumah, sudah sangat mengurangi bukber kecuali dengan keluarga sendiri. Udah berasa gak betah dengan keramaian dan hiruk pikuk orang. Jadi lebih milih berbuka sembari bersantai di rumah saja.

    BalasHapus
  21. Pengen ikut nyobain menikmati buka bersama seperti ini. Sayang di Jember ga ada Auomakan festifal nih. Kalau ada pasti seru bisa kumpul dadakan sama mereka yang balik kampung

    BalasHapus
  22. Biasanya yang dadakan selalu jadi ya mbak
    Pasti seru bukber dadakan di Ayomakan Festival ini

    BalasHapus
  23. ayomakan siapa takut, apalagi menunya banyak bareng teman-teman pasti lebih seru, air tebu pake es terasa segarnya, es pisang iji lagi

    BalasHapus
  24. Wah seru kayaknya ikutan Ayomakan ini, wkwkwk apalagi hobiku makan jadi pas bangett berkunjung kesana sambil jajannn hihi

    BalasHapus
  25. Super Fun ada ayomakan ini yhaaa
    sungguh mempernudah hidup bgt
    semoga bs menjangkau banyaaakk kota lainnyaaa

    BalasHapus
  26. Wih seru banget bukber dadakan di Ayomakan Festival, kenangan yang tak terlupakan pastinya.

    BalasHapus
  27. Praktis ya bisa order langsung di webnya, apa udah menjangkau di seluruh wilayah? Pengin loh nyobain pempek palembang yg emang langsung dari Palembangnya

    BalasHapus
  28. Seru banget bisa bukber di tempat makan yang lengkap seperti Ayomakan Festival. Puasa jadi semakin semangat yaa

    BalasHapus
  29. Festival kuliner bareng AyoMakan ini seru banget, ya. Kulinerannya macem-macem, ada es tebu juga. Waah, aku dah lama nggak menikmatinya. Pasti seger banget.

    BalasHapus
  30. Kalo bisa dadakan dan nggak antri nih enak banget. Maklim yak, puasaan itu yg bikin males bukber adalah antrinya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju nih...paling males antri kalau bukber dan tempat makan penuh banget. Enak kalau banyak pilihan, jadi tinggal cari yang agak kosong kalik yah....Sebentar lagi Lebaran nih, semoga kalau engga Ramadan tetap buka nih...Kan buat jajan sore-sore gitu...hehe

      Hapus
  31. Menyenangkan sekali makan di Ayomakan Fast Feast Festive.
    Jadi gak nolak bukber kalo tempat makannya seru, tempat sholatnya nyaman dan ragam kulinernya banyak. Apalagi ada diskonan. Makin semangat ke Ayomakan Fast Feast Festive, Senayan.

    BalasHapus
  32. yang paling aman emang bukber di Ayomakan Fast Feast Festive sih, karena pilihan menunya banyak bisa disesuaikan dengan selera dan budget ya ka acha, hihihi

    BalasHapus
  33. wah jadi inget kemarin aku juga bukber dadakan dan emang puasa gini nih rata-rata udah penuh ya, jadi yang simple gini juga bisa jadi pilihan kalau susah dapet tempat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget. Berasa banget di beberapa tempat makan tuh penuh berjubel sama yang mau bukber.

      Hapus
  34. Iya, esok udah lebaran aja nih. Padahal belum ngadain bukber di luar rumah.

    Asyik ya bisa bukber dadakan dengan difasilitasi ayomakan ini, pilihan menunya banyak banget

    BalasHapus
  35. Memang bukber dadakan lebih sering sukses daripada bukber yang direncanakan jauh-jauh hari dan akhirnya cuma jadi wacana, hahaha...

    BalasHapus
  36. BUkBer dadakan emang biasanya lebih mudah terealisi ya. pasti menyenangkan. Xixixi.. Apalagi kalau bukbernya di tempat yang asyik banget kayak Festival kuliner Ayomakan ini.

    BalasHapus
  37. Lokasi bukber paling lengkap. Datang nggak bingung pilih menu apa, semua sudah lengkap. Tinggal tunjuk tunjuk, duduk, siap buka puasa bareng besti

    BalasHapus
  38. biasanya kalau bukber paling enak tuh kalau lokasinya nyaman yaa kak, trus menunya juga lengkap dan lezat. bisa nenambah asyiknya suasna bukber

    BalasHapus
  39. Hahaha jadi pengen dateng ke Ayomakan festival gini, smoga taun depan bisa diadain ke daerah2, btw met Lebaran ya kachaaaa

    BalasHapus
  40. seru banget nih kayaknya bukbernya Ka Acha dengan partner kesayangannya, jadinya ngedate gitu ya, uhuuuuyyy.
    jadi pengen deh ikut makan di Ayomakan, tapi sayangnya kayaknya di Kendari belum ada deh, huhuh

    BalasHapus
  41. Kalau di tempatku ada festival ayo makan, pasti kemaren aku ga kebingungan mau bukber di mana
    meski begitu, tetap sih, harus bisa datang lebih awal, soalnya kalau bener-bener dadakan menjelang berbuka, khawatir nggak dapat parkiran sekaligus macet
    Dan hal ini kejadian banget sama aku kemaren

    BalasHapus
  42. Salah satu referensi penting zaman now adalah mengetahui tempat makan untuk berbuka dadakan walaupun ujung-ujungnya sama partner kesayangan ya Cha :)

    BalasHapus
  43. Wah Senayan Park ga jauh nih dari rumahku...asyik bener di ayomakan ya, cara pesan dan bayarnya mudah, bisa reservasi, juga ada banyak review tempat makan yang dijadikan bahan pertimbangan sebelum memesan. Yeay

    BalasHapus
  44. Seru ya kalau acara bukber dadakan itu bisa terlaksana di tempat seru seperti Senayan Park dengan menu yang beragam, apalagi jika bukbernya via ayomakan, dapat banyak potongan harga. Mantul.

    BalasHapus
  45. Wah lengkap banget ya kak. Kayak gini tuh memudahkan banget buat kita cari tempat makanan dan minuman dalam satu lokasi. Apalagi ada diskon dan voucher saat beli sih. Bisa hemat pengeluaran juga tuh. Haha.

    BalasHapus
  46. Keren nih tempat makannya.
    Satu lagi biasanya yang jadi pertimbangan saya kalo mau cari tempat makan, khususnya untuk bukber. Yaitu, tempat sholatnya.
    Jauh gak tempat sholatnya, bersih gak, besar gak, nyaman gak, tempat wudhunya bagaimana.
    Soalnya maleus banget kalo harus antri wudhu dan sholat...
    Kalo tempat wudhunya banyak (keran airnya), tempat sholatnya bisa nampung banyak orang, itu lebih ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini juga sih.
      Kemarin waktu ke Senayan Park ini, mushola-nya cukup nyaman kok. Tapi ya namanya mushola mall biasanya cenderung lebih padat dibanding mushola di cafe gitu.

      Hapus
  47. Bajunya cute banget kak Acha, ala ala cewek Jepang gitu ya?

    Mo ga di Malang ada juga tempat makan yang seperti ini ya. Kalau ada Ayo Makan! rasanya pengen ke sana tiap weekend buat cari makan sekaligus nongkrong bareng teman-teman.

    BalasHapus
  48. Kalau begini, acara bukber tidak hanya tinggal wacana saja, tapi bisa direalisasikan dengan cepat, tepat, dan menunya enak-enak. Belum lagi, harganya bisa dapat diskon dari AyoMakan, kan makin seneng.

    BalasHapus
  49. kalau bukber memang enaknya pilih tempat yang luas ya kak, selain itu juga yang menu makanannya kira2 bisa dinikmati ama banyak orang

    BalasHapus
  50. bukber secara dadakan memang lebih seru yaa, gak perlu perencanaan tahu-tahu langsung cuss ke tempat bukber favorit dan menikmati menu berbuka favorit

    BalasHapus

Posting Komentar