Saluran dan Keunggulan TV Kabel Indihome

Di suatu waktu yang sudah sangat lama sekali, kedua orang tua saya pernah terlibat diskusi alot tentang pemasangan tv kabel dan saluran internet di rumah kami.

Dulu, alasannya dari salah satu pihak adalah … kami – Ka Acha dan adik-adik – khawatir nggak akan fokus belajar karena banyaknya channel tv sebagai hiburan yang bisa kami tonton kapan saja, terutama saat Mama dan Papa sibuk bekerja di kantor masing-masing.

Hadeuh … saat itu, saya ingin nyeletuk sih, kalau sebenarnya banyak juga pengetahuan yang bisa saya dapatkan dari hobi saya menonton. Bahkan tanpa mereka sadari, kesukaan saya pada tontonan dan bacaan, malah lebih banyak menambah pengetahuan dan kosakata saya, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing, semisal Inggris dan Jepang.

Tapi, ya namanya orangtua jaman baheula ya, taunya kalau belajar itu tuh buka buku dan duduk manis di atas meja. Dengan tangan sibuk menggerakkan pensil ke kanan dan ke kiri. Bahan yang dipelajari pun nggak jauh dari materi pelajaran yang disampaikan di sekolah maupun kampus.

Sementara, kalau hiburan begitu ya dinikmatinya cukup di waktu luang atau merasa sempat saja. Apalagi kan, kadang ada saja suara sumbang dari orang sekitar yang berujar, kalau anak milenial seperti saya, dan Gen Z seperti dua adik saya itu, generasi yang hobinya main melulu.

Namun, di pihak lain, suara dari salah satu orangtua saya kemudian adalah adanya layanan internet yang biasanya di-bundling menjadi satu dengan pemasangan tv kabel. Sehingga anak-anak cukup diberikan dana pembelian pulsa dan kuota sekadarnya, dan baru dinyalakan saat nggak berada di rumah.

Dengan begitu, intensitas saya dan adik-adik minta uang jajan lebih untuk mengisi kuota yang – kok kayaknya cepat habis sih – bisa dikurangi. Jadilah uang jajan bulanan kami pun nggak sering bocor karena jajan paket internet.

Diskusi panjang yang diam-diam saya dan adik-adik dengarkan dari kamar itu, sesekali bikin saya dan adik-adik juga saling berbisik. Berharap agar rencana pemasangan si tv kabel jadi dilaksanakan, bukan hanya sampai tahap diskusi dan pertimbangan saja.

Maklum saja, bayangan kami untuk menonton acara televisi dari saluran luar negeri, terbayang-bayang. Salah satu incaran kami adalah saluran televisi dari Jepang. Sehingga saya dan adik-adik akan lebih leluasa menyaksikan film Jepang bertema samurai, atau bahkan film animasi.

Jangan ditanya seberapa bersemangatnya saya dan adik-adik. Ditambah khayalan kami yang sudah sampai ke sesi pembagian tugas, siapa yang akan menyiapkan camilan untuk teman menonton, merapikan ruang tengah dan menyusun banyak bantal biar sesi menonton kami seru, juga jadi penjaga pintu jika saja Mama dan Papa pulang kerja lebih awal saat kami sedang sis and bro time.

Hingga dua minggu berlalu, kami masih harap-harap cemas.

Lama menunggu, kata mufakat dari kedua orangtua pun kami ketahui. Setelah mencapai kata sepakat, rupanya orangtua saya lagi dan lagi malah sibuk mendiskusikan, layanan mana yang akan dimanfaatkan di rumah. Hampir tiap sore, sepulang Mama bekerja, selalu ada saran yang ia bawa dari teman-teman kantornya mengenai pilihan tv kabel yang mungkin saja cocok untuk kami

Lalu, pilihan pun mengerucut pada Indihome.

Selain dengan alasan umum dimana tv kabel Indihome bisa dihubungkan dengan internet, banyak juga yang mengatakan kalau pemasangannya nggak akan makan waktu lama, termasuk lancarnya jaringan internet yang akan diberikan.

Memang sih, sepanjang saya masih berada di rumah, dan setiap kali saya mengunjungi rumah kedua orangtua saya sekarang, jaringan internet yang saya gunakan melalui layanan Indihome di sana, cukup terbilang lancar dan sejauh ini masih minim gangguan.

Saluran televisinya pun cukup jernih. Sementara layanan yang paling Mama saya suka adalah tayangan yang bisa di-rewind. Jadilah, beberapa tontonan yang belum bisa beliau saksikan di jam sibuk kerjanya, bisa dinikmati setelah santai. Apalagi, sejak pandemi, pasien yang datang silih-berganti hingga lebih sering Mama pulang terlambat ke rumah.

Tapi, masa simpan tayangannya hanya 7 hari saja. Jadilah, adik-adik saya kadang perlu banyak bersabar di akhir pekan, sebab biasanya Mama saya memilih marathon menonton tayangan drama favoritnya. Hihihi ….

Nah, berikut beberapa keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh tv kabel Indihome :

Playback, pause, dan rewind

Fitur ini sangat bisa dimanfaatkan oleh kamu yang sering nggak sempat menyaksikan tontonan kesukaan sesuai dengan waktunya, semisal yang Mama Ka Acha lakukan tadi. Inilah salah satu alasan, mengapa keluarga orangtua saya pada akhirnya sangat betah menggunakan layanan Indihome untuk tv kabel di rumah.

Adanya storage tv

Fitur kali ini berfungsi sekali dalam menyimpan layanan rekaman yang sudah disimpan sebagai tayangan aplikasi untuk menonton tv. Storage ini memiliki durasi setara dengan 600 menit dengan kualitas SD dan sekitar 240 menit untuk kualitas tayangan HD. Besaran kapasitas ini bisa mencapai hingga 10gb dan dapat di-upgrade menjadi lebih besar dengan mudah.

Seru kan? Jadi kalau mau menonton kembali sementara sudah lewat dari 7 hari alias nggak bisa di-rewind lagi nantinya, si tayangan bisa disimpan saja di dalam storage tv-nya.

Video on demand

Adanya fitur video on demand ini cukup mengontrol atau memilih sendiri program video yang akan ditonton ulang. Menonton tv juga jadi lebih mudah dan lancar serta menyenangkan dengan adanya fitur ini. Dimana, channel yang diinginkan saja yang bisa dihadirkan di daftar saluran.

Fitur karaoke

Sebetulnya untuk fitur yang satu ini, saya belum benar-benar mengenalnya. Hanya saja adik saya sudah pernah memanfaatkannya. Cocok sekali bagi calon pengguna yang senang mengisi waktu lapang dan menghibur diri dengan bernyanyi. Bahkan list lagunya bisa disesuaikan dengan keinginan juga. Wah, sudah lama nggak bisa ke tempat karaoke, rupanya sekarang bisa dilakukan sepanjang di rumah saja.

Demikianlah, beberapa fitur yang membuat Indihome cukup menarik. Jika kamu ingin melakukan pemasangan dan berlangganan, bisa menghubungi plaza Indihome yang dekat dari lokasi tempat tinggalmu ya. Ah ya, bisa pula dilakukan dengan aplikasi my Indihome.

 

Komentar

  1. Aku make indihome cmn buat menikmati TV on demand sama nonton yutub dengan layar gede, mbak.
    malah belum nyoba fitur karaoke

    BalasHapus
  2. Aku pakai indihome udah sejak nikah mba, jadi kayaknya udah lumayan lama banget sih. So far, puas Ama tv kabelnya juga Ama jaringan WiFi nya. Memang ga sempurna, tapi setidaknya di saat jaringan error', teknisi nya cepet respon, cepet datang, jadi ga lama2 terputus. Itu yg bikin aku sampe skr msh stia Ama indihome :D.

    BalasHapus


  3. Saya sedikit kecewa. Dulu mengharap indihome bisa beroperasi. Ternyata, udah 2th tak kunjunng teralisasi. Malah prangkat/sarananya sudah banyak yang rusak. Selamat malam, Mbak

    BalasHapus
  4. aku baru tau ada fitur karoke, keren juga :D

    BalasHapus
  5. Wahhh untuk paketnya bisa digabungkan dengan internet nih, lebih murah dan bisa dipake keduanya.. Ak juga lagi pake nih

    BalasHapus
  6. Dulu waktu ngekost sempet dapet fasilitas yang ada TV bersamanya dan dipasang Tv kabel sama internet oleh yang punya kostan, dan mereka menggunakan Indihome. Emang bagus sih layanannya, udah pilihan channel luar negerinya banyak, bisa nonton youtube juga. Pokoknya nonton tv jadi menyenangkan deh pakai indihome. Untuk fitur karaoke aku baru tahu nih mba, jadi pas ngekost dulu blm pernah ngerasain fitur ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkah Pohon Enau Dari Tepi Hutan Gunungsari Lombok

Mercusuar Cikoneng dan Titik Nol Kilometer Jalan Raya Daendels