Label

Minggu, 08 Maret 2020

Mencari Rumah Sakit Terdekat dan Jadwal Praktik Dokter Dengan SehatQ


Belajar dari salah seorang teman sekantor saya dulu, ketika ia sakit dan beberapa teman kantornya termasuk saya – nggak mendapatkan kabar apapun di hari sebelumnya, lalu pada hari itu, ia mengabari kalau dirinya sedang dirawat di rumah sakit, sendirian pula, saya jadi khawatir … lebih kepada diri saya sendiri yang sedang tingga jauh juga dengan orangtua dan keluarga. Ya, kondisi saya nggak jauh berbeda dengan teman saya itu, sebenarnya.



Terpikirkan oleh saya. Bagaimana ia mempersiapkan dirinya sendiri untuk menuju Rumah Sakit ketika sedang dalam kondisi sakit dan tinggal sendirian pula? Kenapa ia nggak meminta bantuan kami, sebagai teman kantornya, atau saya … yang juga tinggal di kosan yang terhitung nggak cukup jauh juga jaraknya dari tempat ia mengekos? Termasuk, kenapa nggak ada seorang pun teman satu kosannya yang berbaik hati mengantarkan ia ke Rumah Sakit?

Saya nggak bisa membayangkan, jika saya mengalami kejadian seperti teman saya ini. Dalam kondisi badan nggak nyaman akibat sakit, masih harus bingung sendiri mencari Rumah Sakit terdekat, menyiapkan barang bawannya sendiri, termasuk mencari cara agar bisa sampai ke Rumah Sakit tersebut dalam waktu segera.

Pernah terbersit dalam benak saya, apakah ia belum berkenalan akrab dengan penghuni lain di kosnya? Atau dia malah sungkan untuk meminta bantuan? Sementara dia dalam posisi yang sebenarnya, nggak bisa sendirian?

Dari pengalaman teman saya itu, akhirnya saya belajar. Sesampainya di kosan tempat saya menyewa kamar, saya yang memang sejak awal sudah berkenalan dengan beberapa teman sekosan, dan makin lama menjadi akrab, mengisahkan apa yang terjadi. Serentak kami pun sadar, bahwa sebagai teman yang tingga di kamar-kamar berdekatan, perlu juga untuk saling terbuka, apalagi jika sedang sakit seperti itu.

Sayangnya, sebab kami sama sama baru tinggal di bilangan Jakarta Selatan dan jauh juga dari sanak keluarga yang bisa kami tanya-tanyai mengenai fasilitas kesehatan yang bisa diandalkan, kami sama sekali buta dengan dokter-dokter yang bisa kami cari jadwal praktiknya di saat darurat. Hingga, muncullah sebuah ide absurd untuk mencari tahu mengenai Rumah Sakit terdekat, termasuk jadwal dokter yang tersedia, semisal dokter umum dan dokter gigi saja. Saya turut menulisnya dalam buku catatan, untuk berjaga-jaga, jika saya atau teman yang tinggal sekosan dengan saya, ada yang membutuhkan tindakan medis.

Kebiasaan untuk mencari tahu tentang fasilitas kesehatan terdekat, berlanjut saat akhirnya saya pindah tinggal di wilayah Cijantung, dulu. Beruntung, setiap akan berangkat ke kantor, seenggaknya ada dua Rumah Sakit yang saya lewati dalam rute perjalanan saya, yaitu RS Cijantung, dan RSUD Pasar Rebo. Saya cukup lega, namun malas sekali rasanya untuk berkunjung demi mencari jadwal praktik dokter yang ada di sana. Pun mencari melalui website Rumah Sakit-nya, seringnya kurang update.

Kemudian, ketika saya memutuskan untuk pindah ke Cibinong, uww … rasa malas makin menjadi. Beruntung, ada sebuah Puskesmas yang berdiri di dalam komplek perumahan tempat saya menetap. Juga sebuah Klinik Pratama yang jaraknya masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari rumah. Tapi ya … tetap saja, sekali dua kali, untuk pemeriksaan kesehatan, harus ke Rumah Sakit juga kan ujung-ujungnya? Rasanya, saya lebih memilih menelepon saja dari rumah, kalau boleh dan bisa dapat informasi lengkap.

Namun, beberapa waktu ke belakang, akhirnya saya berkenalan dengan situs kesehatan SehatQ yang rasanya cukup memberikan informasi mengenai direktori Rumah Sakit termasuk dengan jadwal praktik dokter setiap harinya. Beberapa Rumah Sakit yang sudah menjadi partner dari SehatQ pun, memudahkan kita untuk melakukan booking konsultasi secara online. Enak ya, tinggal cari Rumah Sakit yang jaraknya nggak terlalu jauh dari tempat tinggal, kalau sudah jadi Rumah sakit partner dari SehatQ – bisa di-booked secara online, lalu tinggal datang menjelang jam praktik si Dokter yang sudah dipilih.
 
Temukan Rumah Sakit di sekitarmu

Bisa Booking Online Rumah Sakit yang sudah jadi Partner SehatQ

Ada list daftar dokter yang praktik di Rumah Sakit tersebut

Termasuk jadwal praktiknya

Juga fasilitas kamar rawat yang tersedia di sana

Tersedia juga wilayah pencarian dokter dan Rumah Sakit, bahkan sampai ke Mimika … dari yang saya temukan di situs kesehatan SehatQ ini. Jaman memudahkan kita untuk melakukan pencarian akan fasikilas kesehatan dan jadwal prakrik dari tenaga medis ya, sejak hadirnya situs dan aplikasi SehatQ. Tambahan lainnya, tersedia Chat Dokter jika kamu butuh bertanya mengenai masalah kesehatan yang kamu alami, sebelum memilih untuk mengunjungi dokter secara langsung di Rumah Sakit.



3 komentar:

  1. Aplikasi sehatku memang membantu banget dalam segala aktivitas untuk chat dan konsultasi dengan dokter secara cepat dan praktis

    BalasHapus
  2. Kalau aku suka mencari informasi seputar dunia kesehatan di SehatQ. Kalau aku lebih sering ke dokter yang ada di kampungku kalau aku lagi sakit.

    BalasHapus
  3. wah aku baru tahu nih cha ada aplikasi ini, makin membantu kita banget ya yang sedang butuh penanganan aplikasi banyak yang memudahkan makasih infonya cha

    BalasHapus