Staycation Di Holiday Inn Gajah Mada Jakarta Buat Numpang Beresin Naskah Novela

Escape Hunt Jakarta : Jadi Detektif untuk Kasus di Ruangan Tertutup

Saya ketinggalan rombongan sebenarnya pagi itu, beruntung masih ada senior saya yang berbaik hati menunggu dan mau membawa saya dengan sepeda motornya menyusuri kawasan Kemang Jakarta Selatan, mencari lokasi Escape Hunt Jakarta yang kami berdua sebenarnya belum tahu, demi ikut dalam keseruan yang sedang diadakan oleh tim HRD kantor kami. Duh kalau saya nggak datang karena terlambat dan merasa malu menunjukkan muka, mana saya tahu kalau bermain jadi detektif profesional ala ala di Escape Hunt Jakarta itu bikin ketagihan.


main-escape-game-di-jakarta
Escape Hunt Jakarta

Jangan bayangkan kalau kamu akan bermain sendirian dan menjadi satu-satunya orang hebat yang akan memecahkan kasus-kasus yang ditawarkan di Escape Hunt Jakarta ini, karena sangat dibutuhkan kerjasama tim untuk melepaskan diri dan sukses memenangkan permainan yang … sebetulnya selama di dalam rasanya bingung sekali. Mungkin begini kali ya rasanya jadi Detektif. Apa yang diduga bukan menjadi penyebab munculnya suatu kasus, malah itulah dalang di baliknya dan sangat berbahaya. Tapi saya pastikan, jika kamu mengunjungi Escape Hunt Jakarta dan bermain bersama teman yang tepat, permainan akan semakin terasa seru. Butuh teman yang kooperatif dan bukan teman yang akan menyalahkan saat kamu salah menerka. Belum lagi, kamu punya waktu yang sangat terbatas di dalam, sebelum kamu ikut “terbunuh” juga.

Bertempat di kawasan yang sudah banyak dikenal sebagai lahannya bersantai anak anak Jakarta Selatan, kawasan Bangka, Kemang, membuat saya tergoda untuk mengajak adik adik dan partner saya bermain ke sana kapan kapan. Tersedia lima pilihan game yang masing-masing bisa dimainkan dalam waktu kurang dari satu jam, yaitu :

Kidnapping in The Study

Permainan ini akan membawamu pada kasus yang sudah 100 tahun belum terpecahkan, tentang seorang pedagang seni dan sosialita asal Indonesia yang telah diculik di galeri seni miliknya sendiri. Butuh kerjasama tim banget untuk memecahkan kasus di ruang game ini. Jadi, pastikan kamu memilih teman bermain yang tepat.

Murder in The Bedroom

Lagi lagi kasus yang dipecahkan di ruang permainan ini adalah kasus yang belum juga terpecahkan selama 100 tahun. Kasus ini melibatkan seorang pengusaha kaya yang telah dibunuh secara brutal di dalam kamarnya. Kasus yang cukup sulit terselesaikan, kalau menurut teman teman saya yang sudah mencoba permainan ini.

Explosion in The Kitchen

Kamu akan dipaksa secara mau nggak mau untuk memecahkan kasus serangkaian ledakan gas mematikan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Jangan bayangkan kalau kasus ini akan mudah, karena pada akhirnya kamu akan memaksa dirimu sendiri hingga titik terakhir untuk membongkar misteri dan tentunya menyelamatkan diri bersama rekan satu timmu.

Ransom at Borobudur

Kamu akan ditempatkan sebagai detektif yang bertugas memecahkan kasus penculikan, dimana si penculik meminta kamu untuk meletakkan uang tebusannya di dalam kuil. Kamu ditantang untuk menangkap alias menemukan si penculik dan menyelamatkan para korbannya.

The Laboratory

Kamu akan mendapat undangan secara personal untuk mengunjungi laboratorium milik dr. Lindeblom dimana dikisahkan kalau ia bekerja dengan berbagai perlengkapan canggih untuk mata-mata. Tetapi sebagai detektif yang berkunjung ke sana, kamu harus sangat berhati-hati, sebab si empunya laboratorium ini punya kesehatan mental yang nggak stabil. Jangan sampai kamu malah datang untuk menyerahkan nyawamu sebagai kelinci percobaannya di sana.

Serunya, saya kebagian game yang terakhir nih, The Laboratory. Bayangkan saja, di dalam ruangan yang terkunci dari luar, saya beserta tiga orang rekan kerja, dan seorang atasan tim saya di kantor, harus memecahkan kasus keracunan gas di ruangan tersebut, ditambah kami juga yang harus segera menyelamatkan diri agar kami nggak terkunci di dalam sana. Tentunya dengan semburan asap putih tebal ala ala seolah benar-benar kami menjadi korban dari meledaknya laboratorium tempat kami tertahan hampir selama satu jam itu.

Kamu penasaran, bagaimana rasanya ada di dalam sana? Ah ya, kamu akan benar-benar berjuang sebagai tim sepanjang bermain. Nggak boleh tuh ada rasa, “Duh, doi kan atasan / bawahan saya di kantor.” Yailah, kalau mau selamat dan sukses memainkan permainan ini, pada akhirnya lima orang yang ada di dalam, dipaksa oleh waktu dan keadaan untuk menunjukkan kemampuan maksimal, berpikir cepat, pembagian tugas yang berjalan secara natural, juga saling menantang rasa percaya antar anggota tim.  Pas banget deh kalau main ke Escape Hunt Jakarta ini sama rekan kerja, atau saudara juga boleh. Minimal dua orang kok yang masuk ke dalam ruangan, jadi tenang saja kalau kamu datang nggak bisa ramai-ramai ya.

Menurut penuturan beberapa teman saya yang mencoba game lain selain The Laboratory yang saya mainkan, semuanya merasakan keseruan yang sama. Pada akhirnya, luntur lumer deh suasana antara para atasan dan bawahannya, bahkan berjuang sama sama untuk menyelesaikan permainan dengan baik. Malu dong sama tim lain kalau ternyata gagal dan malah terkunci di dalam.

Di Escape Hunt Jakarta ini juga, ada café kopi di lantai atasnya. Jadi kalau kamu ambil jadwal bermain di sesi pagi dan ternyata belum sempat sarapan dari rumah, ya … bolehlah dicoba. Sebab permainan di Escape Hunt Jakarta ini bukan hanya menguras tenaga tetapi juga pikiran dan mental, makanya sangat disarankan agar kamu bermain dengan kondisi tubuh yang baik ya.

Sayangnya, kala saya ke sana, untuk shalat dzuhur, belum ada mushola-nya. Jadi saya dan beberapa teman yang harus menjalankan ibadah shalat, terpaksa menyeberang jalan ke gedung seberang demi meminjam fasilitas mushola. Ah ya, untuk kamu yang perempuan, jangan bayangkan kalau mushola-nya akan menyediakan cukup mukena, jadi sangat saya sarankan untuk membawa mukena sendiri ya. Ditambah, lahan parkir di Escape Hunt Jakarta nggak sebegitu luas, jadi kalau main ke sana, pakai ojek online saja biar lebih praktis.

Poin seru lainnya, sehabis bermain, kamu akan diberi sertifikat nih oleh pihak Escape Hunt Jakarta. Belum lagi, ada kostum detektif ala ala dan berbagai aksesoris lainnya yang bisa kamu pakai sebentar untuk berfoto-foto di sana. Ada loker juga untuk kamu menitipkan barang-barang selama bermain di dalam. Sebab, kamu nggak akan diijinkan untuk membawa kamera maupun smartphone kamu. Biar kamu fokus bermain memecahkan kasus lho itu.

Jujur, tim saya waktu itu hampir saja menyerah di dalam ruangan menjelang detik-detik terakhir. Clue bantuan memang ada tapi sepertinya sudah kami pakai semua, jadilah kami menjelang putus asa. Tapi … hhh … malah di waktu yang semakin sempit, mendorong kami untuk membongkar misteri dan keluar dari ruangan yang mengunci kami dengan selamat dan tepat waktu. Senang sekali.

Terima kasih banyak untuk tim HRD di kantor saya yang sudah memberikan kenangan manis hampir dua tahun lalu ini pada saya. Hiburan singkat yang membuat saya dan beberapa rekan kerja semakin dekat dan saling percaya. Bukankah demikian selayaknya “bekerjasama” dalam urusan apapun, bukan hanya pekerjaan kan? Senang sekali pernah menjadi bagian dari tim digital di kantor. Saya sungguh bahagia punya rekan kerja yang sekompak ini.



Komentar

  1. Wah...
    Asyik banget ada game kayak gini.
    Aku tuh suka baca / nonton cerita detektif.
    Kayaknya bikin ketagihan nih.
    Penasaran.
    Apalagi kakak cerita hampir menyerah, eh tiba-tiba bisa keluar. Serius. Keren Kak.

    Pengen... Bayarnya berapa Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Payahnya saya lupa nih kemarinan itu bayarnya berapa. Peace.

      Kamu bisa intip harganya langsung di website resminya Escape Hunt Jakarta.

      Hapus
  2. Kayaknya seru mba. Bikin deg-degan juga. Kudu kompak dengan teman ngegame ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya pas buat outing kantor atau sama teman teman dekat ini game-nya.

      Hapus
  3. Penasaran deh. Coba kalau disertai foto-foto selama permainan berlangsung, pasti bakal lebih seru bacanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi sayangnya nggak boleh bawa smartphone ke dalam escape room-nya.

      Hapus
  4. Wah kayaknya seru nih dan banyak pilihannya... Sayangnya permainan seperti ini blom ada di daerahku.. Kl gak seru banget yah bisa rame" brg temen seru"an bareng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga suatu waktu kalo mampir ke Jakarta, Mba bisa nyobain sama keluarga ya.

      Hapus
  5. Seru banget mainnya mbak
    Apalagi memang dikemas seperti aslinya
    Jadi lebih terasa tegangnya ketika terjebak dalam situasi yang berat ya

    BalasHapus
  6. Aku baru tahu ada komunitas ala detektif kyk gini. Menarik bngt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan komunitas Mba. Ini kami lagi main ke salah satu escape room di Jakarta aja kok. Teman sekantor semuanya.

      Hapus
  7. Asik bAnget permainananya ya jadi pengen coba ni, ngumpulin temen temen dl deh biar seru ya

    BalasHapus
  8. ide kreatif nih bikin tempat yang unik dengan permainan ala detektif..
    tema permainannya pun seru2 banget, biar berasa jadi Miss Marple deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget. Lumayan banyak tempat yang kayak gini sebenarnya Mba.

      Hapus
  9. Wuihh..seru nih permainannya. Jadi berasa kayak detektif Conan ya..atau Hercule Poirot yg di komik.

    BalasHapus
  10. Dari dulu saya pengin banget nyobain Escape Hunt Jakarta. Tapi belum ada temannya. (Plus, harus cari yang mau kongsian bayar segitu, soalnya kan nggak dibayarin kantor. Huehehe... )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih. Nggak semua orang suka main ke escape room memang ya Mba. Kapan kapan saya mau kok diajak main bareng dan kongsian.

      Hapus
  11. Ooo.. gitu caranya main di Escape hunt. Seru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak sudah berkunjung ke mari ya Mba.

      Hapus
  12. Wah tampaknya permainannya seru dan menegangkan yah.. jadi penasaran euy ..

    BalasHapus
  13. Wah, di Jakarta ada tempat begini to. Aku pengen nyobain nih. Seru & bikin deg2an ya.

    BalasHapus
  14. Menarik sekali konsepnya !!! Kapan2 pengen nyobain ikutan juga

    BalasHapus
  15. Seru banget ya main detektif gini, jadi berasa Detektif Conan, model baru games outbond hihi

    BalasHapus
  16. Semoga selain ada permainan yang seru dan lengkap, kedepannya fasilitas untuk beribadah disediakan juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.

      Mungkin karena rata rata habis main langsung pada pulang kali ya makanya gitu.

      Hapus
  17. Sering denger soal Escape Hunt ini tapi belum berkesempatan main kesana euy..
    kalau sendirian bisa gak ya? secara kadang ngumpulin teman itu sih susah euy, apalagi tidak banyak yang suka permainan ala detektif seperti itu euy.
    padahal kan seru yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya tetap perlu paling nggak berdua teman deh Mba. Iya sih, nggak semua orang suka permainan seperti ini. Makanya terasa agak segmented ya.

      Hapus
  18. Seru memang tempat ini. Tapi kesel klo buka google, udah ada yang ngebongkar 5 pilihan game itu. Padahal kan kalau mau bercrrita, ya bisa cerita tentang pengalaman seperti di tulisan ini, bukan cara pemecahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eihhh emang ada yang udah ngebongkar? Wah tega banget.

      Semoga saya nggak sebegitunya di tulisan saya ini.

      Hapus
  19. Yuuuuuuu... aku mau juga dong main di Escape Hunt ini. Seru banget main ala Conan eh detektif2an di sini. Keren pengalamannya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dicobaaa. Terima kasih banyak sudah berkunjung ya.

      Hapus
  20. Seru mb... Bisa jadi cara baru acara gathering kantor untuk meningkatkan kerjasama dan kekompakan antar karyawan juga. Kalau model outbond kan sudah biasa ya, main detektif2an ini yang belum biasa ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya. Apalagi ini indoor dan nggak perlu jauh jauh. Jadi setengah hari pun kelar. Sisa waktu bisa dimanfaatkan buat kumpul sekedar makan atau segera pulang untuk family time si karyawan.

      Hapus
  21. Kok kayaknya seru gini ya main detektif-detektifan. Oh iya ngingetin sama detektif conan aja ya gamenya. Sayang banget jauh dan sepertinya disini belum ada yang seperti ini :')

    BalasHapus
  22. Main di sini memang seruuuu. Saya sekeluarga pernah ke sini. Sayangnya kehabisan waktu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah Teh. Hihihi ....

      Lain kali masih mau nyobain nggak, Teh?

      Hapus
  23. Dari dulu pengen banget nyobain Escape Hunt tapi belum sempet, jadwalnya selalu gak pas sama anak2 se-geng. Eh tapi mbak pernah nyobain Pandora gak? Katanya itu juga kayak Escape Hunt tapi lebih serem ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udaaahhh. Dua kali malah. Btw makasih Mba, ngingetin saya buat up date soal kunjungan saya ke Pandora Experience dan artikelnya akhirnya tayang juga di blog ini.

      Hapus
  24. Wah seru banget ya gamenya. Jadi penasaran gimana sih rasanya jadi detektif dan diburu waktu. Oh ya kalau gagal mecahin teka-tekinya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekunci Mba. Hihihi ... Tapi ya dibukain kok kuncinya sama operatornya.

      Kalo sukses kita kan keluar sendiri.

      Hapus
  25. Ih kok seru gitu sih kaya lagi maen games detektif di hp. hehehe. Serius baru tau banget deh ada beginian... Jadi pgn coba ke sana deh.. Thx Mbak infonya :)

    BalasHapus
  26. Asik banget permainannya, berasa jadi detektif beneran.

    BalasHapus

Posting Komentar