Jelajah Kuliner Pakai Ayomakan! Tanpa Install Aplikasi

Memilih wisata kuliner sebagai cara untuk mengisi momen liburan? Kenapa nggak, ya kan?

Terkadang, memberi waktu pada diri untuk mengusir penat dari keseharian, nggak harus dengan momen traveling jauh. Cukup jadi foodventure dan menemukan tempat makan enak terdekat saja, rasanya sungguh menyenangkan. Bukankah esensi dari sebuah momen rehat adalah memberi reward atas usaha diri selama ini?

Memanjakan lidah. Menghidu aroma menggugah selera. Menyaksikan proses dari menu makanan yang dipesan akhirnya bisa terhidang di meja makan. Menggerakkan alat makan di tangan untuk membawa si menu pilihan akhirnya bisa masuk ke dalam mulut dan tercecap setiap bagian rasanya oleh lidah. Wah, kata siapa momen seperti ini harus didapatkan dengan bersusah payah?

jelajah rasa cari tempat makan

Cari Tempat Makan Buat Wisata Kuliner

Ada masanya, dimana keinginan untuk pergi jalan-jauh jauh dari rumah, tengah menurun drastis. Entah dengan kamu, namun bagi Ka Acha yang memang berdomisili di salah satu kota penyangga ibukota, pun setiap akhir pekan mendapati lalu lintas padat Jakarta berpindah ke mari, ada rasa enggan untuk pergi. Terbayang sudah, seberapa padatnya lokasi wisata. Kemacetan menuju ke sana. Duh ….

Jika pun tengah sangat bosan bila harus kembali melewatkan momen akhir pekan atau hari libur dengan berleyeh-leyeh saja di rumah, tentu bersiap-siap dan berangkat untuk jalan-jalan harus ditunaikan. Paling mudah, ya … wisata kuliner saja.

Lho, bukannya jaman sekarang sudah mudah kalau pesan makanan secara daring melalui aplikasi pemesanan? Ya sih, tapi … ada suasana di tempat makan yang nggak bisa dinikmati kalau menunya dikirim ke rumah. Ya nggak sih?

Jadilah, menemukan tempat makan yang kemudian membawa kaki Ka Acha akhirnya melangkah memasuki pelataran parkirnya, kemudian duduk menghadapi buku menu sebelum memesan, sering dimulai dari berkeliling di mesin perambah pada malam jelang keberangkatan. Saya mau memastikan, apa tujuan wisata kuliner yang akan disambangi, benar-benar bisa menyenangkan hati.

makanan ala jepang

Ujung-ujungnya, bukan hanya menu makanan lezat saja yang dikulik sebelum memulai sesi berkeliling cari makanan enak, melainkan juga pelayanannya. Review dari para petualang kuliner Indonesia benar-benar turut andil dalan menentukan pilihan saya. Apa kamu pun sama?

Bahkan saya juga menandai beberapa post di media sosial dari para food blogger atau food influencer yang sudah lebih dulu datang ke sana. Kan maunya pulang dari momen wisata kuliner, bukan hanya perut yang kenyang melainkan juga hati yang terasa ringan.

Selanjutnya, wajar bila saya akhirnya nggak lekas menyambangi tempat makan yang sedang hits alias naik daun. Lebih baik saya sedikit bersabar, biar bisa mencicipi menunya dengan tenang, pun menikmati suasana di tempat makan tanpa banyak gangguan atau padatnya antrean.

Lho, bukannya kalau mau makan di restoran bisa reservasi tempat dan menu dulu? Bisa sih, tapi kadang kesepakatan mengunjungi si destinasi wisata kuliner tujuan bareng si teman jalan kan, seringnya muncul di menit-menit terakhir. Hadeuh ….

Terlalu banyak pertimbangan deh. Padahal kan cuma mau makan doang.

Eits … malah karena tujuannya benar-benar untuk memberi reward pada diri sendiri, ya nggak ada salahnya untuk sedikit ribet di awal. Walau memang, kalau ada yang mudah, kenapa harus bersusah-susah?

Liburan Di Ayomakan! Foodball Festival 2022

Di festival kuliner inilah, Ka Acha menemukan kejutan yang bikin hati girang. Selanjutnya, saya jadi tahu, kemana jari saya akan menjelajah jika tengah ingin memuaskan diri dengan makan menu makanan incaran tanpa perlu banyak merepotkan diri sendiri lagi. Apalagi, ada banyak pilihan menu dalam berbagai citarasa dunia di dalamnya.

Sore itu, di Minggu, 18 Desember 2022, kaki saya dengan ringannya melangkah ke luar rumah untuk mendatangi kota sebelah, ibukota Jakarta. Tujuannya hanya satu, ke Senayan Park. Di sana, tepat sedang dilangsungkan festival kuliner yang digagas oleh Ayomakan! sekaligus grand launching ayomakan.com si situs kuliner yang bisa jadi opsi untuk bersiap menjelajah rasa bagi para petualang kuliner Indonesia.

pengunjung festival kuliner ayomakan

Walau datang di hari terakhir acara, Ka Acha mendapati crowd pengunjung yang begitu bersemangat untuk memilih hidangan di berbagai stand makanan milik tenant, sembari menikmati suguhan performance pada panggung yang dibangun di bagian depan tenda makan.

Belum lagi, orang-orang yang antre di stand games selepas menyantap hidangan mereka, lalu berniat bergerak sebentar sebelum pesan makanan lagi. Ramailah, pokoknya. Tentu karena bukan hanya bisa berkeliling cari makanan enak, tapi bagi penyuka bola, bisa menyaksikan pertandingan piala dunia bersama-sama. Makanya, nama acaranya jadi Ayomakan! Foodball Festival.

hiburan dari ayomakan foodball festival

Kebetulan, ada beberapa tenant yang belakangan ini sedang saya masukkan ke dalam wishlist icip-icip jika berkesempatan untuk wisata kuliner. Nah, pas banget kan?

Sebagai penggila menu masakan Jepang, tentu saja, setibanya di tepi danau Senayan Park, langkah saya nggak mau lama-lama berdiri mengantre masuk. Saya sudah lebih dulu melakukan reservasi di ayomakan.com dua malam sebelumnya. Terniat banget ya? Hihihi ….

Senangnya, saya dan si partner wiskul kesayangan bisa lekas melenggang masuk ke dalam. Mendapati plang rendah yang bertuliskan, “start your foodventure this way” beneran bikin langkah saya seketika melambat. Saya membiarkan diri saya seolah masuk ke zona santai dan menikmati setiap waktu yang akan terlewat.

Deretan tenda putih berjejer. Berbagai tenant kuliner tengah sibuk melayani calon pembeli yang datang, silih berganti. Aih, suasana yang saya suka nih kalau sedang menyambangi festival kulineran begini.

Hingga akhirnya, langkah Ka Acha terhenti di depan salah satu tenant yang memang – seperti yang sempat Ka Acha bilang – sudah masuk wishlist icip-icip saya. Seorang Mbak menghampiri dan lekas menyodorkan pilihan menu yang tersedia.

Yosh … I found it. Dua nama menu yang beberapa waktu ke belakangan sempat saya rengekkan ke si partner biar bisa dimakan – yang bukan cuma bikin kenyang tapi hati dipastikan senang – ada di sana. Pas sih, soalnya sebelum berkunjung ke sini kan, saya sudah kulik dulu laman dari si tenant di ayomakan.com.

Yuk Kenalan dengan ayomakan.com

Ayomakan! yang bisa kamu akses melalui ayomakan.com ini merupakan sebuah persembahan dari PT Esensi Solusi Buana (ESB), selaku perusahaan pengembang teknologi software terintegrasi yang dirancang khusus untuk bisnis food and beverage (F&B). Poin pentingnya, Ayomakan! merupakan platform website untuk informasi kuliner di Indonesia.

Banyak sekali manfaat yang bisa diberikan oleh Ayomakan!. Di sisi pebisnis kuliner, tentu saja, Ayomakan! akan memberi kemudahan dalam mengintegrasikan ESB POS yang sudah dimanfaatkan, demi memperluas paparan brand, memudahkan sesi order menu, hingga pembayaran. Integrasi bisa dilakukan untuk banyak outlet, sehingga akan memudahkan dalam pemantauan operasionalnya.

Pun ditilik dari sisi masyakat selaku pengguna ayomakan.com akan menikmati kemudahan dalam menelusuri berbagai informasi kuliner, mendapatkan inspirasi menu yang pas sekali saat butuh wisata kuliner, sampai ke tahap reservasi di restoran, pemesanan, pun pembayaran yang mudah. Semua serasa dalam genggaman tanpa perlu install aplikasi khusus lagi, bukan?

pakai ayomakan.com

Serasa bersorak senang karena Ka Acha akhirnya dipertemukan dengan platform website yang sekaligus memajang jelas profil restoran, review resto, digital menu yang tersedia di lokasi pilihanmu, sampai berbagai informasi seputar dunia kuliner lainnya. Nah, asik kan?

Pesan Makanan Tanpa Perlu Install Aplikasi

Ini nih yang paling Ka Acha highlight sebenarnya. Saya jadi nggak perlu menyediakan space khusus di smartphone saya untuk bisa menggunakan Ayomakan!. Tinggal berkunjung ke fitur browser dan mengetik url ayomakan.com saja. Lalu, cari tempat makan yang diinginkan, pesan, bayar. Selesai.

Terbayang, seberapa sesaknya aplikasi yang seolah menuntut generasi kita di masa ini untuk unduh sana dan unduh sini. Melelahkan? Ya. Sampai ke tahap bingung, karena rasanya baru ketuk layar ponsel saja, sudah disadarkan sama sederetan aplikasi yang mendiami si gawai tapi boro-boro rajin dipakai. Mubadzir, gengs.

Sejak berkenalan dengan ayomakan.com, kini semua terasa “terang”. Mau wisata kuliner, bisa menemukan berbagai daftar nama restoran di suatu lokasi yang ingin dituju, bahkan memberi inspirasi menu dari berbagai citarasa yang dimau. Misalnya saja, menemukan kuliner di Jakarta, tinggal pilih dimana kamu akan menghabiskan waktu sama teman-teman buat wisata kuliner bareng.

liburan di festival kuliner ayomakan

Selanjutnya, kamu tinggal buka ayomakan.com di ponsel kamu. Temukan resto pilihan. Bisa reservasi sekalian pesan menu. Tinggal datang buat makan di sana atau pick-up untuk dimakan di lokasi santai yang kamu mau. Bayarnya? Bisa langsung kok. Tinggal hubungankan e-wallet kamu, dan … sudah. Nggak ribet kan?

Senang banget Ka Acha bisa berkenalan dengan platform website ayomakan.com yang memudahkan banget buat saya menjelajah berbagai menu citarasa dunia tanpa perlu ribet install aplikasi dulu. Kamu perlu coba!

 

Komentar

  1. wah seru banget ya mba, sekarang pesen makan ga perlu ribet lagi install aplikasinya otomatis bisa langsung pesan dari webnya langsung, pilihan makanannya juga banyak jadi bisa milih apa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum Teh. Ponsel juga jadinya nggak berasa penuh sama banyak aplikasi lagi deh.

      Hapus
  2. Senang banget nih dapat informasi kalau tanpa harus instal aplikasi kita masih bisa pesan makan dan sebagainya. Ini inovasi bagus dan bisa jadi solusi ketika memori ponsel penuh seperti ponsel saya ini. Hehehe

    BalasHapus
  3. Ayomakan.com ini bisa dipakai untuk menelusuri kuliner di semua daerah kah mba?
    Atau baru bisa di jakarta dan sekitarnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini kalau lirik situsnya memang baru di Jakarta, tapi semoga dalam waktu dekat lekas tersebar di seluruh Indonesia biar makin banyak yang ngerasain mudahnya pesan makanan tanpa harus unduh aplikasi dulu.

      Hapus
  4. Ayo makan aishh hatiku perih saat tidak diakui seperti ini. Sakay semaa

    BalasHapus
  5. aku mau juga donk coba download ayomakan. Jadinya gak perlu bingung saat mau wiskul jadinya gak muter-muter dulu.
    Biasanya suami nih sering banget pas ngajakin makan malah jadinya muter berjam-jam karena belum tau mau makan di mana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bisa Mba langsung kuli review-nya dulu sebelum reservasi kalau pakai Ayomakan!.

      Hapus
  6. Wiiii asyik bangett ini mbaaa

    Aku jg ngga suka klo kudu install app

    Secara Hp ku gampil hang ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lho. Kadang udah di-install masih lama lagi pula mau dipakai ya.

      Hapus
  7. Bener-bener penasaran sama Ayomakan. Cuss wajib segera eksekusi mumpung taun baru, siapa tahu banyak diskon.

    BalasHapus
  8. Sesimple itu ya sekarang, pesan makanan tanpa instal aplikaso waw menyenangkan sekali๐Ÿ˜ญ gak makan storage hp dah

    BalasHapus
  9. duh auto krucuk-krucuk karena ngebayangin kulineran yang lezat-lezat
    Sayang belum menjangkau Kota Bandung ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin dalam waktu dekat, Ambu. Biasanya kan efek dominonya Jakarta langsung gercep ke seluruh Jabodetabek terus Bandung.

      Hapus
  10. Makan langsung di tempatnya malah lebih asyik. Karenanya, aku suka banget kalau ada festival kuliner. Kemarin mau ke sini, tapi gak kebur. Sayang banget nih gak kulineran di Ayo Makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaahh sayang banget. Semoga bisa seseruan di lain festival kuliner ya.

      Hapus
  11. Aku suka banget wisata kuliner. Apa lagi di festival semacam ini. Banyak pilihan!

    BalasHapus
  12. Mau cari makan sdah gamoang yah cuman masuk d webnya aja, jd bagi hp kentang gak susah lg grus instal apk nya

    BalasHapus
  13. Poin plus Ayomakan ini salah satunya karena berbasis website, jadi ga perlu install app segala yang kadang bikin memory hp jadi sesak.

    Bakal seru bukan jelajah kuliner hanya lewat online saja. Cobain ah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba menjelajah tempat makan seru lewat Ayomakan! ya ☺

      Hapus
  14. Menu ayo makan enak enak ya. Pasti pada belanja semua ya. Jadi pengen ke sana juga

    BalasHapus
  15. Wah asyik ya Ayomakan bisa digunakan tanpa install aplikasi jadi ga memberatkan memori hape ..jadi kepo mau coba

    BalasHapus
  16. Wah seru banget ada banyak pilihan menu makanan dan resto di ayomakan ya mba. Kalau pesan reservasi juga lebih mudah ya

    BalasHapus
  17. Wah kebalikan nih daku sama kak Acha.
    Daku malah datangnya di awal pembukaan acara hehe.
    Seru memang event kulineran seperti ini. Semoga ayomakan mengadakan lagi acaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Fenni pembukaan aku penutupan, kapanlah sukses kita meet up-nya ya hihihi

      Hapus
    2. Ho oh nih kak Acha, cuss lah kita agendakan, soalnya keseringan ketemu di taman rahasia yak, wkwkwk.

      Hapus
  18. Asyik ya bisa datang langsung on the spot. Sayangnya cuma tiga hari. Padahal, kalau diterabas sampai 1 Januari 2023 pasti seru. Pasti banyak pengunjung yang menyayangkan waktu singkat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku banget nih yang berharap bisa lanjut festivalnya karena gak bisa datang. Padahal penasaran kuliner di Ayomakan.

      Hapus
  19. Iya banget ya..
    Zaman sekarang gak perlu repot kalau lapar, tinggal pesan makanan. Enaknya, di Ayomakan! hanya membuka website, jadi gak perlu instal apps. Jadi simpel banget.

    BalasHapus
  20. Sayang banget nggak ketemu mbak, aku pun dateng ke sana hari terakhir. Seru ya walalupun hari terakhir tapi rame, banyak pilihan makanannya juga. Asik banget nyoba jajan di ayomakan.com, ada voucher juga makin mantap hehe

    BalasHapus
  21. Seru ya, Mbak acaranya. Saya juga ke sana pas hari minggu. Bisa main games, nonton live music, termasuk icip-icip makanan enak. Terus sekarang enaknya ga usah install aplikasi. Tinggal meluncur saja ke website ayomakan! lewat browser. Banyak beragam menu di sana.

    BalasHapus
  22. Aku sampai browsing nih website ayomakan. Penasaran...pengan juga ikut merasakan berbagai santapan dan aneka pilihan menu di ayomakan. Sayangnya belum ada di Bandung ya Mbak..

    BalasHapus
  23. Tanpa instal, cukup order lewat website lebih mudah dan ditambah lagi kita bisa reservasi disana. Jadi ga perlu repot cari kontak

    BalasHapus
  24. Kehadiran Ayomakan ini seakan-akan menjadi Google khusus untuk kulineran ya. Jadi lebih gampang dalam mencari warung atau restoran yang diinginkan di sekitar kita. Pastinya nggak bakal bingung lagi tinggal cek doang kan ya.

    BalasHapus
  25. oh jadi enak banget ya ga usah instal juga bisa. tapi ngga tau nih udah bisa di surabaya atau belum ya mba karena belum aku coba.. penasaran sih sebetulnya, nanti bisa kulihat dulu

    BalasHapus
  26. Ayomakan.com ini bisa digukan di seluruh kota yang ada di Indonesia ya kak? Saya sempat bingung saat mencari tempat kuliner di Bogor. Pastinya memanfaatkan aplikasi ini mau kuliner di resto favorit bisa terwujud ya...safu lagi pesan makanan jadi mudah tanpa ribet pakai aplikasi ini. Kereeen...

    BalasHapus
  27. Enak sih ya ngga perlu instal aplikasi yang menuh2in memori. Tapi kita harus bikin akun dulu ya kak? Enak banget sih praktis juga kalau bisa lihat tempat kulineran baru yang hits, bonus ada reviewnya juga. Pengen coba deh.

    BalasHapus
  28. Seru banget ya mbaa ke festival ayo makan...aku juga hadir, anak2 sukaa ikutan lomba2nya...(gusti yeni)

    BalasHapus
  29. Asyik yaa ternyata tidak perlu instal Aplikasi Ayo Makan. Saya lihat interfacenya juga kece badai, navigasinya mudah banget. Jadi pengen coba order lewat Ayo Makan

    BalasHapus
  30. Menarik nih, jadi gak perlu install aplikasi ya langsung berkunjug saja ke situsnya buat pesan makanan dan kelihatan seru juga nih festival Ayo Makan-nya

    BalasHapus
  31. Seru ya.. Kak Acha gak perlu bingung karena di website Ayomakan! semuanya jelas dan nyaman. Kalau mesennya bisa cepet, makanannya pun gak perlu nunggu lama.

    BalasHapus
  32. Wah seru nih
    Ayomakan bikin kita makin mudah mencari makan yang diinginkan ya mbak

    BalasHapus
  33. kayaknya seru banget acaranya. Apalagi pembelian makannya bisa dibeli dari platform ayomakan. Juga pembayaran yang cashless. Apalagi bisa dibuka tanpa harsu download aplikasi

    BalasHapus
  34. Oalah ini tanpa aplikasi ya rupanya. Berarti saya salah tanggap kapan hari soal Ayomakan ini.
    Wah menarik banget karena enggak menuh menuhin hape sama aplikasi...

    BalasHapus
  35. wah lagi booming banget ya ini? banyak yang review. aku jadi penasaran, semoga di serang cepetan ada

    BalasHapus
  36. Ini nih solusi buat cari tempat makan sama temen yang anti drama hahaha. Duh, aku jadi pengen banget kak dateng ke food festivalnya, pasti seru. Makasih Ayomakan, memudahkan keputusan untuk kebahagiaan perut!

    BalasHapus
  37. Di laptop dan di smartphone sudah ada Ayomakan sih aku, karena sebagai penggemar kulineran penting banget platform seperti ayomakan ini yang bisa kasih rekomendasi tempat makan enak dan kekinian

    BalasHapus
  38. Cocok banget buat yang suka kulineran praktis lewat aplikasi, tapi space di smartphonenya nggak muat lagi kalau mau instal aplikasi. Di Ayomakan aja ye kann..

    BalasHapus
  39. waaah asiiik banget acaranya kak, aku yang doyan jajan andai bisa ke sana pasti udah kalap wkwkwkw

    ayomakan ini ternyata website ya?wah, jadi ga berat2in hp deh

    BalasHapus
  40. Wah seru banget yaa mbaa, nyari tempat makan jadi lebih cepet dan praktis ngga takut zonk

    BalasHapus
  41. Waaahhh, keren banget sih ini. Bisa jalan-jalan sekaligus jajan dengan banyak pilihan menu ^^ Plus seru juga, enaknya kuliner didukung dengan fasilitas via web seperti ayomakan ini..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Tanah Cita-Cita (2016) : Melirik Sedikit Kehidupan Masyarakat Mbojo

Pandora Experience : Escape Game Yang Bikin Lupa Kalau Sebenarnya Saya Hanya Sedang Bermain Game