Label

Kamis, 16 Juni 2016

Magelang : Bukan Cuma Sekedar Borobudur Lho

Sewaktu kecil, saya sudah diboyong keluarga saya untuk mengunjungi salah satu candi yang pernah menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia, Candi Borobudur. Waktu itu, menurut cerita Mama, saya baru saja bisa jalan. Lalu di Borobudur, seorang Acha kecil yang aktif, ngeyel pengen melangkah ke sana ke mari dan minta turun dari gendongan terus menerus. Sehingga sampai kini, setiap kali melihat foto masa kecil saya saat berada di Borobudur dulu, Mama saya pasti tersenyum gemas. Hmm ... kemudian waktu berlalu dan saya pun tumbuh sebesar sekarang, dan tiba-tiba punya semangatnya sendiri untuk jalan ke sana ke mari ... traveling.


Than, belakangan saya sedang tertarik sama air terjun. Hmm ... sudah berapa air terjun yang saya kunjungi ya? Mulai dari Bandung sampai dengan Bogor ... walaupun di perjalanan terakhir saya dengan si partner, ternyata belum kesampaian. Tapi, boleh kan ya, kalau saya sharing tentang air terjun di tanah Borobudur yang ingin saya kunjungi kapan-kapan?

Nah, Magelang, tempat Candi Borobudur berdiri ini, merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini tentunya memiliki daya tarik tersendiri sehingga para wisatawan datang dari berbagai belahan dunia. Lagi-lagi bukan hanya Borobudur, namun  Magelang memiliki beberapa wisata alam yang mengagumkan dengan keindahan yang luar biasa, seperti : Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan kawasan pegunungan lainnya. Karena punya daerah wisata pegunungan, itu artinya Magelang juga punya wisata air terjun. Nggak heran kalau banyak orang yang ingin berkunjung ke Magelang, bukan hanya untuk main ke candi atau mendaki, tapi juga wisata santai ala keluarga di air terjun, sekedar untuk me-refresh pikiran dari penatnya aktivitas rutin, ya ... seperti saya yang punya keinginan untuk ke sana.

Nah, berikut beberapa air terjun yang bisa menjadi resolusimu ... juga proposal traveling yang semoga di-approve sama partner saya untuk traveling kapan-kapan ya.

Curug Silawe
(sumebr : dolanmagelang)

Curug Silawe
Air terjun atau Curug Silawe merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan berada tepat di selatan kaki Gunung Sumbing. Nggak heran kalau masih banyak yang belum mengenal air terjun satu ini karena tempatnya yang cukup tersembunyi dan jauh dari keramaian. Keunikan dari Air Terjun Silawe ialah terdapat dua jenis air curahan dari ar terjunnya yang kecil sementara air curahan lainnya cenderung deras. Asal usul nama curug ini memiliki makna ‘seperti Lawe atau yang artinya sarang laba-laba’. Di bawah curug juga terdapat sebuah kolam yang menampung curahan air dari Silawe ini. Mau ke sana? Yuk kita make a wish dulu!

Curug Si Gong
(sumber : wordpress)

Curug Si Gong
Nggak jauh dari Curug Silawe, terdapat sebuah air terjun lain yang diberi nama Curug Si Gong. Konon katanya air terjun ini dinamakan dengan Si Gong karena seringkali masyarakat sekitar mendengar suara gong yang berasal dari arah air terjun ini. Unik dan sedikit mistis sih ya. Nah, untuk tiket masuk, air terjun ini sama halnya dengan saat masuk ke Air Terjun Silawe yaitu sekitar Rp 2.000 hingga Rp 3.000 per orang. Mau ke sana? Yuk kita make a wish dulu!
 
Air Terjun Grenjengan Kembar
(sumber : jalan2)

Air Terjun Grenjengan Kembar
Nggak hanya Air Terjun Silawe dan Air Terjun Si Gong yang berada di tempat tersembunyi,  tapi ada juga Air Terjun Grenjengan Kembar. Meski tersembunyi, keindahan alamnya sudah menyebar luas, sehingga nggak sedikit wisatawan yang mencari air terjun ini dan menjadikannya sebagai sasaran untuk berpetulang. Lokasi air terjun ini berada di kawasan hutan lindung di kaki Gunung Merbabu. Uniknya, air terjun ini memiliki dua curahan air yang berdampingan dengan jarak antar air terjun sekitar 30 meter. Kabarnya, untuk menuju ke sini, kita dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat saat menuju Desa Muneng Warangan yang nantinya dilanjutkan dengan jalan setapak pada saat tiba di depan pintu utama objek wisata air terjun ini. Mau ke sana? Yuk kita make a wish dulu!

Air Terjun Sekar Langit
(sumber : magelangohmagelang)

Air Terjun Sekar Langit
Nah, kalau Air Terjun Sekar Langit berada di Desa Telogorejo. Konon katanya, air terjun ini merupakan tempat di mana legenda Jaka Tarub mencuri selendang seorang bidadari dari langit yang sedang mandi di air terjun, berasal.  Nggak heran kalau banyak sekali wisatawan lokal yang penasaran dengan air terjun ini. Suasananya yang sejuk dan asri menjadikan tempat ini sangat diminati pengunjung meski akses menuju ke air terjun ini terbilang cukup sulit. Bahkan penduduk sekitar percaya bahwa Air Terjun Sekar Langit cukup berkhasiat untuk kesehatan sehingga banyak pengunjung yang berbondong-bondong datang ke tempat hanya sekedar untuk mencuci muka. Wah, di sini toh adegan dari legenda Jaka tarub dan Bidadari berasal. Hmm ... penasaran saya. Mau ke sana? Yuk kita make a wish dulu!

Air Terjun Kedung Kayang
(sumber : hello-pet)

Grojogan Kedung Kayang
Satu lagi air terjun yang memiliki keindahan dan kecantikan luar biasa yang sering dikenal dengan Grojogan Kedung Kayang. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter ini nggak hanya indah, namun juga airnya yang segar dan suasana yang alami. Jika dilihat secara geografis, air terjun yang satu ini terletak di antara dua gunung yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang mana kedua gunung ini berada di Desa Klakah, Selo, Boyolali. Untuk memasuki kawasan Grojogan Kedung Kayang, kita dikenai tarif sekitar Rp 4.000 saja per orang. Kita juga dapat menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan roda empat karena aksesnya yang cukup mudah. Duh ... jadi makin mau main ke Magelang. Yuk kita make a wish dulu!

Semua air terjun di atas merupakan bagian dari keindahan Magelang yang mana objek wisata tersebut menjadi bagian rekomendasi untuk kamu, juga saya ... menghabiskan waktu liburan. Duh, jadi makin semangat mengajukan proposal traveling ke partner saya nih. Apalagi saya merasa nggak perlu khawatir mencari tempat penginapan karena di area Magelang terdapat beberapa hotel yang cukup nyaman sebagai tempat istirahat yang dapat dipesan disini.

Makanya, yuk kita make a wish dulu! Nah, kalau kamu punya kesempatan untuk mengunjungi Magelang, kamu mau ke mana saja?


22 komentar:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Aku pernah dibawa ke Air terjun sekar langit saat berkunjung ke Magelang, tempatnya nyaman. :)
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kah??? Wah jadi makin pengen ke sana nih.

      Hapus
  2. Tempat wisata yang ada air terjun nya emang paling mantap!

    BalasHapus
  3. wah belum pernah ke air terjun, semogabisa lihat langsung dan rasakan keindahannya ya. suka lihat fotonya bagus2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya rabbal alamin. Didoakan ya Mba. :)

      Hapus
  4. mantap nih. boleh dicoba, apalagi sini hobinya maen. baru tahu juga sih kalo ada tempat beginian.. sekali lagi boleh dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama dong kita hobinya main. Yip, semoga bisa dicoba segera. Aamiin.

      Hapus
  5. wuaaah, kayanya adem banget ya kalau kesana disaat dilanda penat sama segala beban kehidupan (apaan sih dit--"). Masuk lah ke daftar wishlist. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget kan Dit? Yuk masukin ke wishlist.

      Hapus
  6. Gue yang cuma tau wisata di magelang ya borobudur. Gue pernah kesana. *pamer*

    Ternyata ada keindahan yang luar biasa ya, gak menyangka. Bukan cuma satu lagi, tapi ada beberapa. Gue juga salah satu penggemar air terjun loh.

    Entah kenapa klo melihat, menikmati air yang turun saat mandi di bawah guyuran serasa indah banget. Serasa surga level pertama. :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haissshhh wkwwkwk yoi banget Nyol. Emang tuh air yang turun eh jatuh ... trus airnya dingin seger gimana gitu ... huwaaa surga level satu.

      Hahaha sama dong pernah ke Borobudur juga. Tossss.

      Hapus
  7. Eh..eh..kok kayaknya banyak tempat wisata air ya disana....segér banget...

    Tempat tempat kek gitu sring banget yang jarang diketahui...alih alih oleh orabg luar...oorang orang dari daerah situ kadang juga banyak yang belum tahu...pengalaman dari keindahan alam di tuban sih gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget Moti. Kadang kita tuh nggak mau eksplor daerah sendiri kita gitu.

      Hapus
  8. wah, keren banget ya air terjunnya..
    saya seneng banget ngeliat yang terakhir, air terjun kedung kayang.. cantik.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ginty. Bawaannya pengen duduk tenang sambil basahin kaki ya. Atau iseng mainin kamera smartphone.

      Hapus
  9. kerennn air terjunnya...

    BalasHapus
  10. Wahhh air terjunnya banyak. Cantik-cantik, jadi pengen kesana :)

    #blogwalking

    Makasih juga Kak Acha udah berkunjung blogku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama Rez. Makasih juga udah berkunjung balik.

      Btw iya banget. Gimana aku ga pengen ke Magelang coba. Hihihi.

      Hapus
  11. Alhamdulillah udah pernah semua, namun fotonya ke delete all :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuaaaaaaa Eksa kamu keren bangetttttt. Wuaaaa aku juga mauuuu.

      Yah sayang banget fotonya ke delete semua. :(

      Hapus