Label

Kamis, 13 Februari 2020

Kenalan Dengan Oli Motor Terbaik Dari Pertamina


Sebelumnya, karena saya nggak pernah punya kesempatan untuk mencicipi sensasi naik motor sendiri kemana-mana, punya sendiri atas nama saya pun nggak, saya taunya kalau motor cukup diberi bensin saja untuk bisa melaju. Tahu kan, bagaimana ocehan para ibu-ibu atau siapapun yang mau menyuapi anak kecil yang susah makan? “Ayo aaa … isi dulu bensinnya, Nak.”

Dalam pikiran saya pada akhirnya, bensin merupakan materi terpenting dari sebuah kendaraan agar bisa melaju kencang dan tentunya membuat pengendaranya nyaman. Tuh, anak-anak saja saat makan, disamakan dengan isi bensin. Sampai di suatu ketika setelah tinggal bersama partner saya, pertama kalinya kami mengobrol mengenai dunia motor dan apa-apa saja yang dibutuhkan oleh motor agar bisa tetap nyaman dikendarai. Sungguh berfaedah sekali, karena inilah kali pertama, saya benar-benar mempelajari hal yang bagi anak perempuan macam saya, nggak pernah jadi bahan obrolan sama teman-teman sepanjang sekolah dan kuliah dulu.


Enduro Jagoannya Oli

Obrolan kami itu berawal dari noda oli dan tetesannya yang nampak jatuh di lantai, tempat si Kuda Kuro – nama yang saya berikan untuk motor milik partner saya – terparkir. Spontan, saya memanggil partner dan menunjukkan apa yang Kuda Kuro lakukan pada lantai di rumah kami dengan nada sedikit sensi. Lalu, partner mulai memeriksa keadaan si Kuda Kuro dan bilang kalau dia akan membawanya ke bengkel untuk diperiksa. “Oh, Kuda Kuro, kalau olinya sampai merembes dan harus dilarikan ke bengkel, artinya dia sedang sakit”. Saya menyesal sudah sensi pada Kuda Kuro. Begitulah reaksi dari pikiran saya sebagai anak perempuan.

Apa Sih Fungsi Oli Motor Itu?
Oli atau minyak pelumas mesin bermanfaat untuk membuat mesin tetap berjalan mulus dan tentu saja si mesin bisa jadi lebih awet alias panjang usia penggunaannya. Oli juga berfungsi sebagai pendingin dan penyekat pada mesin-mesin yang saat sedang dioperasikan, akan saling bergesekan. Oli mengandung lapisan halus yang bisa membantu mencegah terjadinya benturan antara logam dan logam dari komponen mesin, seminimal mungkin, pun mencegah timbulnya goresan dan terjadinya aus pada mesin.

Kapan Sebaiknya Motor Ganti Oli
Ternyata lho, dengan melihat kondisi oli, kesehatan dari sebuah motor ini bisa diketahui. Malah, periksa kondisi oli sebaiknya dilakukan paling nggak sekitar seminggu atau dua minggu sekali, jika penggunaan motor cukup sering dan jarak tempuhnya pun cukup jauh.

Sebenarnya saya sih penasaran banget bagaimana cara melakukan pemeriksaan terhadap kondisi oli ini. Partner saya nggak mencontohkannya, karena dia lebih terbiasa mengajak Kuda Kuro untuk mengunjungi bengkel dan bertemu dengan ahlinya di sana. Hanya saja, dari artikel yang saya baca, ternyata caranya adalah dengan mencabut tongkat penanda ketinggian oli.

Jika warna oli cenderung bening, seperti warna oli saat diisikan ke dalam mesin motor, artinya si kendaraan masih dalam kondisi prima. Nah, kalau sudah berwarna hitam pekat, sebaiknya si oli tadi lekas diganti dengan yang baru agar kendaraan tetap dalam keadaan baik dan nyaman dipakai untuk berkendara.

Perhatikan pula, bila oli berbau bensin, bisa jadi ada masalah pada komponen mesin. Inilah salah satu alasan dari partner saya, mengapa dia lebih memercayakan kesehatan Kuda Kuro kami pada bengkel langganan dibandingkan dia mengurus dan mengutak-atiknya sendiri.

Oli Apa yang Cocok untuk Motor?
 Hal ini merupakan pilihan yang paling krusial. Salah perawatan seperti memilih oli yang kurang tepat saja, bisa membahayakan kesehatan kendaraan. Malah, saya menemukan beberapa artikel yang membahas mengenai “oli sesat”. Hmm, ada ada saja ya istilahnya.

Oli sesat ini sebenarnya ungkapan dari penggunaan oli yang kurang tepat bagi kendaraan yang dimiliki. Semisal, harusnya motor yang dimiliki diberikan oli motor, eh si pengguna malah memakaikan oli mobil diesel yang katanya membuat mesin kendaraannya jadi lebih halus dan ganas. Duh, apa sih ini, istilah dari banyak tulisan otomotif sering membuat saya jadi mengernyitkan kening. Mungkin begitu juga ya kalau para kaum laki-laki baca tulisan perempuan soal make up beserta ungkapan-ungkapan khas perempuan.

Jadi, motor memerlukan pengaplikasian jenis dan juga merk oli yang tetap dan sesuai. Salah-salah, awalnya memang terasa baik baik saja. Tapi lama kelamaan, kalau ternyata membahayakan mesin kendaraan, bagaimana? Biasalah, penyesalan seringnya datang belakangan, kalau datang duluan kan namanya pendaftaran. Seperti saya yang baru tahu tentang keberadaan dan fungsi oli yang lebih krusial dibandingkan kecukupan bensin dari motor. Sebab mesin yang sehat karena pemakaian oli motor terbaik lagi tepat, membuat motor jadi nyaman dikendarai.
 
Varian dari Oli Enduro
(image by inews.id)
Enduro, Oli Motor Terbaik Persembahan Pertamina Untuk Indonesia
 Sebab keberadaan oli cukup penting bagi kendaraan, seperti yang sudah saya cerotakan sebelumnya, yaitu sebagai pelumas, pendingin, dan juga pembersih mesin, maka pemilihan oli lagi-lagi harus disesuaikan dengan jenis motor yang dimiliki.

Baiknya Pertamina, menghadirkan 6 varian Oli Enduro yang peruntukannya pas untuk jenis motor matik, sport, sampai denga racing. Ke-6 varian tadi, yaitu :
  • Enduro 4T Sport SAE 5W-30
  • Enduro 4T Racing 10W-40
  • Enduro 4T Racing SAE 20W-50
  • Enduro Matic SAE 10W-30
  • Enviro 2T SAE 20
  • Enduro Matic G SAE 20W-40

Nah, kalau Kuda Kuro kami ini merupakan motor bebek, jadi partner memilih Enduro racing karena harganya yang dibanderol sekitar 40 ribuan. Walau murah meriah, tapi memberikan hasil yang nggak murahan sehingga Kuda Kuro tetap sehat dan nyaman dikendarai. Apalagi, Oli Enduro Racing ini menjaga suhu mesin tetap stabil, sehingga performanya selama dikendarai jarak jauh pun saat sedang ngebut alias berakselerasi disertai kecepatan yang juga tinggi, Kuda Kuro bisa terus menunjukkan performa maksimal yang membuat saya yang menumpanginya pun tetap nyaman.

Usut punya usut, Oli Enduro ini bisa dibilang sebagai jagoannya oli karena tingkatan mutunya telah memenuhi standar dunia. Makanya, oli Enduro ini sangat pas jika disandingkan dengan motor 4 tak milik partner saya.

Ternyata, apa yang selama ini saya ketahui tentang motor, masih cetek sekali. Kalau oli si Kuda Kuro nggak merembes dan memantik obrolan saya dan partner tentang dunia motor, mungkin saya akan tetap terpikir kalau kekuatan dari mesin motor itu ya bensin, padahal ternyata, motor sangat butuh oli yang tepat agar bisa nyaman dikendarai kemana-mana.   



6 komentar:

  1. Oli memang penting ya untuk motor, apalagi yang beraktivitas menggunakan motor untuk segala kegiatannya, contohnya traveling nih, jalan-jalan pakai motor jauh lebih murah dan bebas, maka dari itu Oli menjadi bagian penting untuk kendaraan.

    BalasHapus
  2. Oli ini memang salah satu komponen yang penting sih bagi motor, salah satu service rutin yang aku lakuin di motor ya oli. Karena dari oli ini kalau udah bermasalah bisa merembet kemana-mana, kalau Olinya bagus pasti jalan motor pun bisa lancar

    BalasHapus
  3. kalau motor bebek berarti cocoknya enduro racing yang apa nih kak? aku punyanya juga motor bebek dan harus concern nih kalau milih oli biar nggak buta dan selalu terawat :3

    BalasHapus
  4. Oli penting banget ya buat jaga performa motor biar tetap greng, kalau olinya bagus dan terjaga pasti motornya pun nyaman dipakai

    BalasHapus
  5. Penting banget oli motor nih. Soalnya bisa memperpanjang umur kendaraan. Apalagi oli terbaik dari pertamina. Keren euy.

    BalasHapus
  6. Oli ini memang penting banget ya fungsinya buat motor makanya kita harus pintar dan jeli dalam memilih oli untuk motor

    BalasHapus