Label

Kamis, 19 September 2019

4+ Cara Mengatasi Impetigo Pada Anak


Penyakit impetigo yang menyerang anak harus diatasi dengan segera mungkin. Ini dia cara mengatasi impetigo yang harus dipahami orang tua.


impetigo
via freepik

Tubuh dari anak memang masih sangat rentan terhadap penyakit. Impetigo menjadi salah satu penyakit yang paling sering menyerang pada anak. Penyakit ini disebabkan karena adanya bakteri yang menyerang tubuh. Gejala yang dihasilkan dari adanya virus ini pada tubuh sangatlah berbahaya. Jika tidak ditangani dengan segera maka akan mengganggu kesehatan dari anak.
Jika sudah terkena impetigo, maka harus ditangani dengan segera. Penanganannya sendiri tidak bisa sembarangan. Melainkan, harus menggunakan prosedur yang sudah terbukti hasilnya. Karena, untuk mencegah efek samping yang diberikan saat mengatasi masalah tersebut. Untuk itu, orang tua harus paham bagaimana cara dalam mengatasi impetigo pada anak.
Beberapa Cara Mengatasi Impetigo Pada Anak
Untuk mengatasi masalah penyakit yang satu ini, maka bisa dilakukan menggunakan beberapa cara. Berikut ini cara dalam mengatasinya:
Menggunakan Salep Antibiotik
Penggunaan salep antibiotik bisa digunakan untuk mengatasi adanya infeksi pada kulit. Salah satunya karena masalah berupa impetigo tersebut. Ruam yang terjadi pada kulit memang menyebarkan kulit menjadi terasa gatal. Bahkan, rasa panas yang ada disekitar kulit juga menjadi lebih terasa. Untuk itu, dengan menggunakan salep antibiotik ini cukup membantu.
Hanya saja, untuk penanganan ini diberikan pada saat impetigo belum menyebar dengan begitu banyak. Atau, bisa dimasukan dalam kategori impertigo ringans aja. Jika sudah menyebar, maka akan rumit dalam penanganannya. Untuk kategori ringan ini, anda bisa memberikan salep di area yang terkena ruam tersebut. Sebelum penggunaan salep, alangkah baiknya untuk membersihkan luka menggunakan air hangat agar luka menjadi lunak.
Tablet Antibiotik
Solusi untuk impetigo yang sudah mulai menyebar ke bagian tubuh lainnya maka bisa menggunakan tablet antibiotik. Perbedaan tablet dengan salep tentu sangat terlihat. Jika menggunakan salep maka akan mengatasi melalui organ luar tubuh. Namun, jika menggunakan tablet maka akan mengatasi melalui bagian organ dalam.
Untuk penggunaanya tidak sulit. Anda membutuhkan tablet seperti clindamycin. Kemudian, berikan pada anak sesuai pada prosedurnya. Untuk itu, sangat direkomendasikan agar bisa mengunjungi dokter terlebih dahulu agar mendapatkan resep lengkap dalam penanganan impetigo dengan benar dan tepat.
Menggunakan Bahan Alami
Penggunaan bahan alami untuk penyembuhan penyakit seperti impetigo memang bisa dilakukan. Namun, hanya bahan alami yang memiliki kandungan antimikroba dan antijamur saja yang bisa digunakan. Sebagai contoh seperti bawang putih, jahe dan kunyit yang memiliki kandungan tersebut.
Penggunaanya bisa dilakukan dengan mudah. Yaitu cukup dengan mengaplikasikannya pada bagian yang terkena impetigo. Hanya saja, dilakukan dengan tidak terlalu banyak. Karena, jika terlalu banyak akan berbahaya bahkan bisa membakar kulit anak.
Konsultasikan Ke Dokter
Cara terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan berkonsultasi ke dokter. Karena, dokter akan membantu dalam melakukan analisa penyakit impetigo pada anak anda. Setelah analisa dilakukan, maka dokter bisa memberikan pengarahan dalam melakukan penanganan yang tepat. Bukan sembarangan yang dilakukan.
Langkah ini tentu sangat direkomendasikan. Karena membantu untuk memberikan hasil yang cukup akurat. Jadi, setelah anda melakukan konsultasi ke dokter maka hanya perlu mengikuti saran yang diberikan oleh dokter saja.
Itulah beberapa cara dalam mengatasi impetigo pada anak. Sekarang, anda menjadi lebih paham dalam penanganan penyakit yang satu ini. Alangkah baiknya, untuk bisa melakukan penanganan sesuai pada prosedurnya. Lebih baik lagi, jika anda mengunjungi dokter terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!


1 komentar:

  1. Duh semoga jangan terjadi pada anak-anak ya, semoga anak-anak sehat selalu.
    parno banget ama berbagai penyakit, ga tega juga kalau anak terpapar antibiotik huhuhu

    Memang sebaiknya semua penyakit yang tidak bisa kita tangani, sebaiknya konsultasi ke dokter ya, terlebih buat anak :)

    BalasHapus