Label

Jumat, 12 April 2019

Escape Hunt Jakarta : Jadi Detektif untuk Kasus di Ruangan Tertutup


Saya ketinggalan rombongan sebenarnya pagi itu, beruntung masih ada senior saya yang berbaik hati menunggu dan mau membawa saya dengan sepeda motornya menyusuri kawasan Kemang Jakarta Selatan, mencari lokasi Escape Hunt Jakarta yang kami berdua sebenarnya belum tahu, demi ikut dalam keseruan yang sedang diadakan oleh tim HRD kantor kami. Duh kalau saya nggak datang karena terlambat dan merasa malu menunjukkan muka, mana saya tahu kalau bermain jadi detektif profesional ala ala di Escape Hunt Jakarta itu bikin ketagihan.


Escape Hunt Jakarta

Jangan bayangkan kalau kamu akan bermain sendirian dan menjadi satu-satunya orang hebat yang akan memecahkan kasus-kasus yang ditawarkan di Escape Hunt Jakarta ini, karena sangat dibutuhkan kerjasama tim untuk melepaskan diri dan sukses memenangkan permainan yang … sebetulnya selama di dalam rasanya bingung sekali. Mungkin begini kali ya rasanya jadi Detektif. Apa yang diduga bukan menjadi penyebab munculnya suatu kasus, malah itulah dalang di baliknya dan sangat berbahaya. Tapi saya pastikan, jika kamu mengunjungi Escape Hunt Jakarta dan bermain bersama teman yang tepat, permainan akan semakin terasa seru. Butuh teman yang kooperatif dan bukan teman yang akan menyalahkan saat kamu salah menerka. Belum lagi, kamu punya waktu yang sangat terbatas di dalam, sebelum kamu ikut “terbunuh” juga.

Bertempat di kawasan yang sudah banyak dikenal sebagai lahannya bersantai anak anak Jakarta Selatan, kawasan Bangka, Kemang, membuat saya tergoda untuk mengajak adik adik dan partner saya bermain ke sana kapan kapan. Tersedia lima pilihan game yang masing-masing bisa dimainkan dalam waktu kurang dari satu jam, yaitu :

Kidnapping in The Study
Permainan ini akan membawamu pada kasus yang sudah 100 tahun belum terpecahkan, tentang seorang pedagang seni dan sosialita asal Indonesia yang telah diculik di galeri seni miliknya sendiri. Butuh kerjasama tim banget untuk memecahkan kasus di ruang game ini. Jadi, pastikan kamu memilih teman bermain yang tepat.

Murder in The Bedroom
Lagi lagi kasus yang dipecahkan di ruang permainan ini adalah kasus yang belum juga terpecahkan selama 100 tahun. Kasus ini melibatkan seorang pengusaha kaya yang telah dibunuh secara brutal di dalam kamarnya. Kasus yang cukup sulit terselesaikan, kalau menurut teman teman saya yang sudah mencoba permainan ini.

Explosion in The Kitchen
Kamu akan dipaksa secara mau nggak mau untuk memecahkan kasus serangkaian ledakan gas mematikan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Jangan bayangkan kalau kasus ini akan mudah, karena pada akhirnya kamu akan memaksa dirimu sendiri hingga titik terakhir untuk membongkar misteri dan tentunya menyelamatkan diri bersama rekan satu timmu.

Ransom at Borobudur
Kamu akan ditempatkan sebagai detektif yang bertugas memecahkan kasus penculikan, dimana si penculik meminta kamu untuk meletakkan uang tebusannya di dalam kuil. Kamu ditantang untuk menangkap alias menemukan si penculik dan menyelamatkan para korbannya.

The Laboratory
Kamu akan mendapat undangan secara personal untuk mengunjungi laboratorium milik dr. Lindeblom dimana dikisahkan kalau ia bekerja dengan berbagai perlengkapan canggih untuk mata-mata. Tetapi sebagai detektif yang berkunjung ke sana, kamu harus sangat berhati-hati, sebab si empunya laboratorium ini punya kesehatan mental yang nggak stabil. Jangan sampai kamu malah datang untuk menyerahkan nyawamu sebagai kelinci percobaannya di sana.

Serunya, saya kebagian game yang terakhir nih, The Laboratory. Bayangkan saja, di dalam ruangan yang terkunci dari luar, saya beserta tiga orang rekan kerja, dan seorang atasan tim saya di kantor, harus memecahkan kasus keracunan gas di ruangan tersebut, ditambah kami juga yang harus segera menyelamatkan diri agar kami nggak terkunci di dalam sana. Tentunya dengan semburan asap putih tebal ala ala seolah benar-benar kami menjadi korban dari meledaknya laboratorium tempat kami tertahan hampir selama satu jam itu.

Kamu penasaran, bagaimana rasanya ada di dalam sana? Ah ya, kamu akan benar-benar berjuang sebagai tim sepanjang bermain. Nggak boleh tuh ada rasa, “Duh, doi kan atasan / bawahan saya di kantor.” Yailah, kalau mau selamat dan sukses memainkan permainan ini, pada akhirnya lima orang yang ada di dalam, dipaksa oleh waktu dan keadaan untuk menunjukkan kemampuan maksimal, berpikir cepat, pembagian tugas yang berjalan secara natural, juga saling menantang rasa percaya antar anggota tim.  Pas banget deh kalau main ke Escape Hunt Jakarta ini sama rekan kerja, atau saudara juga boleh. Minimal dua orang kok yang masuk ke dalam ruangan, jadi tenang saja kalau kamu datang nggak bisa ramai-ramai ya.

Menurut penuturan beberapa teman saya yang mencoba game lain selain The Laboratory yang saya mainkan, semuanya merasakan keseruan yang sama. Pada akhirnya, luntur lumer deh suasana antara para atasan dan bawahannya, bahkan berjuang sama sama untuk menyelesaikan permainan dengan baik. Malu dong sama tim lain kalau ternyata gagal dan malah terkunci di dalam.

Di Escape Hunt Jakarta ini juga, ada cafĂ© kopi di lantai atasnya. Jadi kalau kamu ambil jadwal bermain di sesi pagi dan ternyata belum sempat sarapan dari rumah, ya … bolehlah dicoba. Sebab permainan di Escape Hunt Jakarta ini bukan hanya menguras tenaga tetapi juga pikiran dan mental, makanya sangat disarankan agar kamu bermain dengan kondisi tubuh yang baik ya.

Sayangnya, kala saya ke sana, untuk shalat dzuhur, belum ada mushola-nya. Jadi saya dan beberapa teman yang harus menjalankan ibadah shalat, terpaksa menyeberang jalan ke gedung seberang demi meminjam fasilitas mushola. Ah ya, untuk kamu yang perempuan, jangan bayangkan kalau mushola-nya akan menyediakan cukup mukena, jadi sangat saya sarankan untuk membawa mukena sendiri ya. Ditambah, lahan parkir di Escape Hunt Jakarta nggak sebegitu luas, jadi kalau main ke sana, pakai ojek online saja biar lebih praktis.

Poin seru lainnya, sehabis bermain, kamu akan diberi sertifikat nih oleh pihak Escape Hunt Jakarta. Belum lagi, ada kostum detektif ala ala dan berbagai aksesoris lainnya yang bisa kamu pakai sebentar untuk berfoto-foto di sana. Ada loker juga untuk kamu menitipkan barang-barang selama bermain di dalam. Sebab, kamu nggak akan diijinkan untuk membawa kamera maupun smartphone kamu. Biar kamu fokus bermain memecahkan kasus lho itu.

Jujur, tim saya waktu itu hampir saja menyerah di dalam ruangan menjelang detik-detik terakhir. Clue bantuan memang ada tapi sepertinya sudah kami pakai semua, jadilah kami menjelang putus asa. Tapi … hhh … malah di waktu yang semakin sempit, mendorong kami untuk membongkar misteri dan keluar dari ruangan yang mengunci kami dengan selamat dan tepat waktu. Senang sekali.

Terima kasih banyak untuk tim HRD di kantor saya yang sudah memberikan kenangan manis hampir dua tahun lalu ini pada saya. Hiburan singkat yang membuat saya dan beberapa rekan kerja semakin dekat dan saling percaya. Bukankah demikian selayaknya “bekerjasama” dalam urusan apapun, bukan hanya pekerjaan kan? Senang sekali pernah menjadi bagian dari tim digital di kantor. Saya sungguh bahagia punya rekan kerja yang sekompak ini.



5 komentar:

  1. Wah...
    Asyik banget ada game kayak gini.
    Aku tuh suka baca / nonton cerita detektif.
    Kayaknya bikin ketagihan nih.
    Penasaran.
    Apalagi kakak cerita hampir menyerah, eh tiba-tiba bisa keluar. Serius. Keren Kak.

    Pengen... Bayarnya berapa Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Payahnya saya lupa nih kemarinan itu bayarnya berapa. Peace.

      Kamu bisa intip harganya langsung di website resminya Escape Hunt Jakarta.

      Hapus
  2. Kayaknya seru mba. Bikin deg-degan juga. Kudu kompak dengan teman ngegame ya.

    BalasHapus
  3. Penasaran deh. Coba kalau disertai foto-foto selama permainan berlangsung, pasti bakal lebih seru bacanya :)

    BalasHapus
  4. Wah kayaknya seru nih dan banyak pilihannya... Sayangnya permainan seperti ini blom ada di daerahku.. Kl gak seru banget yah bisa rame" brg temen seru"an bareng.

    BalasHapus