Langsung ke konten utama

Kenapa Sih Banyak Orang Mengandalkan Online Travel Agent?

Kamu pernah merasa bingung saat hendak berlibur atau booking hotel dan tiket pesawat, sayangnya budget belum mencukupi? Kalau iya, berarti kamu juga  pernah merasakan hal yang sama seperti saya, bahkan mungkin banyak orang pernah merasakan pengalaman yang sama juga ya.

Nggak semua orang bisa menabung secara rutin setiap bulan, apalagi untuk urusan, mengisi penuh post dana traveling. Tapi gimanapun juga ya, karena trabeling itu sebenarnya cukup perlu juga untuk kesehatan hati, kenapa nggak sih berjuang untuk bisa mewujudkan traveling ke destinasi impian walaupun harus sabar menabung dulu?


Well, memang nggak semua orang berpenghasilan lebih dari cukup. Hal ini seringkali membuat saya, dan bisa jadi juga kamu, pada akhirnya pernah mengalami “no budget untuk keperluan-keperluan mendadak, termasuk ketika harus pergi ke suatu tempat yang mengharuskan kita membeli tiket pesawat bahkan hingga menginap di hotel yang notabene biayanya pun nggak murah. Nah, mungkin, bagi kamu yang khawatir sampai mengalami momen ‘no budget” untuk traveling, bisa mencoba trik berikut ini.

“Andalkan Online Travel Agent (OTA)”
Kamu pernah dengar atau mungkin sudah pernah tahu tentang Online travel Agent? Kalau belum, coba simak baik baik ya.

Sumber : safebee.com

Online Travel Agent atau yang disingkat OTA, merupakan agen yang menyediakan layanan untuk memesan atau booking hotel bahkan tiket pesawat dengan banyak destinasi, sama seperti jika kita melakukan pemesanan kamar hotel di hotel yang bersangkutan atau tiket pesawat di bandara secara langsung. Ada banyak OTA yang terpercaya dan dapat menjadi andalan untuk melancarkan segala urusan travelling. Sebagai contoh, OTA yang sudah ternama dan iklannya bermunculan dimana-mana di antaranya seperti: traveloka.com, tiket.com, pegipegi.com, nusatrip.com, agoda.com, dan lain-lain. Kamu bisa memilih dan menyesuaikan budget yang ada dengan harga serta bentuk promo menarik yang kerap ditawarkan pihak OTA.

Kalau kamu memang beneran nggak ada persiapan dana alias “no budet”, kamu pun tetap dapat melakukan pemesanan hotel ataupun tiket, karena biasanya OTA ini juga menawarkan metode pembayaran dengan sistem cicilan 0% (biasanya bekerja sama dengan bank-bank, cari tahu juga apakah bank kamu bekerja sama dengan salah satu OTA).

Lalu, gimana caranya agar dapat melakukan pemesanan melalui OTA?
Kamu bisa melakukan pemesanan, baik reservasi hotel ataupun membeli tiket pesawat dengan masuk ke website atau bisa juga melalui aplikasi OTA. Jika repot menggunakan laptop, kamu bisa menginstall aplikasinya di ponsel. Selanjutnya, tinggal melakukan pencarian sesuai kebutuhan dan memilih metode pembayaran.

Bagaimana saya tahu OTA tersebut terpercaya?
Nggak perlu khawatir dan pusing memilih OTA. Banyak OTA yang sudah terpercaya dan dijamin aman untuk melakukan pemesanan hingga pembayaran. Para Online Travel Agent juga sering sekali beriklan di TV, bahkan di internet. Silakan browsing atau tanyakan pada teman dan kerabat yang mungkin pernah menggunakan jasa layanan OTA. Bahkan, dengan menggunakan jasa OTA ini, Kamu pun bisa mengetahui review dari konsumen sebelumnya mengenai hotel tujuan Anda. Dengan begitu, Kamu nggak akan merasa kecewa jika hotel yang dipesan ternyata nggak sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulannya adalah ….
Kesimpulannya, benefit yang akan Anda dapat dengan menggunakan jasa OTA untuk melakukan reservasi hotel dan/atau pembelian tiket yaitu:
  • Hemat tenaga
  • Hemat biaya (karena banyak promo menarik yang selalu ditawarkan oleh pihak OTA mana pun)
  • Proses transaksi yang cepat dan aman
  • Nggak perlu khawatir kehabisan kamar atau tiket, karena informasinya up to date dan lengkap.
  • Ada review tamu sebelumnya untuk bahan pertimbanganmu dalam memesan kamar di setiap hotel yang dituju. Dengan begitu, kamu nggak akan menyesal.
  • Tersedia sistem pembayaran dengan cicilan 0%, kamu tinggal cari apakah bank yang kamu gunakan telah bekerjasama dengan OTA terkait.

Kekurangannya?
Hampir nggak ada, kecuali, kamu harus memastikan perangkatmu tersambung ke jaringan internet untuk melakukan pemesanannya.

Tips tambahan
Saya pribadi pada akhirnya lebih sering menggunakan jasa para Online Travel Agent ini untuk memudahkan segala urusan traveling. Terutama, kalau sedang ingin menghemat biaya, sebelum melakukan traveling biasanya saya suka mengecek jejaring sosial OTA terkait hanya untuk mengetahui informasi kalau-kalau ada promo menarik, Oya, kalau mau, bisa juga kamu  susbscribe newsletter mereka supaya info dari mereka bisa langsung masuk ke e-mail kamu. Cuma butuh kerajinan kamu untuk mantengin aja kok.


So, semoga traveling kamu akan menyenangkan dengan trik dari saya ya. Ada rencana traveling kemana nih dalam waktu dekat? 

Komentar

  1. lebih mudah dan praktis ya pake OTA ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba santi. Seringnya sih ngebantu banget.

      Hapus
  2. Bagiku karena praktis saja.
    thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Lebih praktis sih. Udah sepaket gitu mau nyari nyari info bahkan booked untuk traveling.

      Hapus
  3. Memang lebih mudah pake OTA sih. Cuma kadang loadingnya lama ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kadang harus sabarnya sama kecepatan internet itu. Hihihi.

      Hapus
  4. Kayaknya OTA emang udah wajib banget ya buat yang demen travelling atau mau pergi jauh2 gitu. Soalnya emang banyak kemudahan yang bisa didapet, gue waktu kemaleman di kota orang pake traveloka juga akhirnya jadi nemu tempat nginep yang sesuai budget dan praktis banget gak usah browsing2 gaje.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan bang. Untung langsung search via OTA ya pas kepepet gitu.

      Hapus
  5. Aku selalu pake OTA, kecuali beli tiket Prameks. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkwkwk tiket prameks beli on the spot ya mba ayun? Btw aku belum pernah nyobain naik prameks. Pengeeennnnn.

      Hapus
  6. kalau untuk traveling saya lebih ke orang atau agentnya secara langsung, dan kebetulan saya punya rekan berkerja di bagian traveling jadi agak mudah untuk, melakukan transaksi, dan saya juga belom 100% percaya dengan traveling online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang. Kalau punya teman dekat begitu jadi lebih percaya ya. Tapi karena aku ga punya kenalan jadi lebih ke OTA deh. Bismillah aja aman dan baik baik aja selama traveling.

      Hapus
  7. Sampai saat ini aku masih belum pernah sih menggunakan jasa OTA, soalnya kalau bepergian nggak pernah jauh-jauh pake pesawat, apalagi booking hotel hehe.

    Tapi sepertinya memang untuk orang yang hobi travelling, pake jasa OTA bisa lebih memudahkan banget. Pesen tinggal lewat smartphone, semuanya sudah siap. Beres deh nggak perlu kepikiran tiket pesawat sama kamar hotel habis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih. Tapi emang pengalaman tiap orang pasti beda beda soal persiapan traveling nya ya Rey.

      Hapus
  8. ooooooo...ini yang mirip kayak traveloka itu yang kak?, klo saya sih kurang paham sama transaksi online gitu. klo mau berpergian antar provinsi saya didampingi orang tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi kamu kan masih umur umurnya harus sama ortu. Mungkin nanti setelah kamu masuk usia dewasa ada cara lain untuk nyiapin trip mu ya. Hihihi.

      Hapus
  9. OTA ini udah kayak jadi apps wajib para traveler ya buat jalan2. Sekarang apa2 gak ribet, makanya makin banyak juga traveler. Wong pesen tiket pesawat, hotel dan akomodasi lainnya praktis :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget. Sekarang traveler udah menjamur. Alhamdulillah bikin beberapa daerah wisata jadi dikenal lebih banyak orang lagi.

      Hapus
  10. dgn OTA, perjalanan kita jadi lebih mudah dan praktis ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba santi. Tinggal buka apps-nya dan searching yang sesuai kantong deh.

      Hapus
  11. aku belum pernah pake OTA cha, soalnya liburan pun jarang, kalaupun keluar kota, nginep dirumah temen dan naiknya kalau g bis ya kereta api.
    Tapi suatu saat pasti nyobain, tapi nanti kalau gajiannya udah normal dan bisa bikin post buat travelling :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya rabbal alamin. Semoga kamu bisa segera punya post pengeluaran untuk traveling ya.

      Hapus
  12. Jaman digital skrg itu sih yang membuat orang nggak pengen repot..tp emang kudu hati2..banyak juga yang nipu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget mba Dewi. Jadi pandai pandai juga kitanya, memilih OTA yang terpercaya.

      Hapus
  13. Aku belum pernah pake jasa onlive tervel agent, hmm kalo harga yang bisa lebih murah next mungkin aku harus nyoba, makasih btw informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama Asdita. Semoga bermanfaat ya informasinya. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ku.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Golden Time

Malam minggu saya terlalui dengan hati kebat-kebit karena anime series ini. Golden Time kembali menghadirkan imajinasi saya yang rasanya, sudah lama sekali nggak saya munculkan lagi dalam pikiran saya. Terakhir, saya menuangkannya dalam cerpen berjudul The Black Guardian Angel yang menjadi cerpen persembahan dari saya untuk tugas dari para editor di event Just Write 2 yang sudah lama sekali.

Berkah Pohon Enau Dari Tepi Hutan Gunungsari Lombok

Sebuah keping ingatan membawa saya pada suatu malam, sepulangnya saya, dan kedua orangtua saya dari daerah Gondang. Lombok Utara, mengunjungi Kakek Muda – paman dari Mama saya.
Di malam yang mulai beranjak larut, Papa melajukan mobilnya dengan sedikit ngebut melewati kawasan hutan lindung Pusuk, sebuah jalan panjang membelah hutan yang terbentang sepanjang Lombok Barat hingga Lombok Utara. Tujuan kami adalah kembali ke Kota Mataram, pulang. Sementara sepanjang jalan, Mama terus berdoa, khawatir kami salah jalan karena dikerjai oleh hantu blau. Saya? Ouw, jangan ditanya. Karena sering didongengi cerita horor sedari kecil, saya sudah gemetar dan merem sepanjang jalan. Menikmati setiap kali mobil terasa berbelok, lalu ….

Mercusuar Cikoneng dan Titik Nol Kilometer Jalan Raya Daendels

Kamu penasaran nggak sih, bagaimana rupa dari titik nol kilometer pembangunan Jalan Raya Pos atau Jalan Raya Daendels yang membentang sepanjang Anyer – Panarukan? Saya teringat akan seorang teman sekelas saya di SLTP Negeri 2 Mataram – saat kelas kami sedang ada diskusi untuk mata pelajaran Sejarah – dulu sekali, pernah melemparkan pertanyaan yang pada akhirnya baru bisa saya jawab setelah bertahun kemudian, tentang keberadaan titik nol kilometer Jalan Raya Anyer – Panarukan ini. Hey kamu, saya lupa dulu kamu siapa, terima kasih telah bertanya ya. Kini saya mensyukuri betapa hidup membawa saya untuk langsung menghirup aroma angin laut dari tepian pantai, tepat di titik nol kilometer pembangunan Jalan Raya Daendels yang punya satu bab tersendiri di buku pelajaran Sejarah saat sekolah dulu.