Label

Kamis, 07 Maret 2019

Material-Material yang Paling Umum Dipakai untuk Pembuatan Meja Kantor


Ada memori tersendiri bagi saya akan “meja kantor” setelah cukup lama memilih bekerja dari rumah, dengan perlengkapan yang masih seadanya dan sebutuhnya saja. Suasana kantor, terutama meja tempat saya biasa menyelesaikan pekerjaanlah yang membuat saya rindu. Saya senang meletakkan boneka, bahkan sebuah toples plastik ukuran sedang yang saya fungsikan sebagai akuarium kecil untuk seekor Ikan Cupang yang saya pelihara. Pun dering telepon yang seringnya ditujukan untuk saya, palinglah saya rindukan.



Nah, kini, walaupun saya sudah memutuskan untuk bekerja secara freelance dari rumah, saya memiliki impian yang sederhana, soal meja kerja. Saya ingin punya ruang kerja khusus, meja kerja khusus, dan suasana ruangan yang mirip dengan ruangan saya saat di kantor dulu. Bukan kubikel yang saya bayangkan, melainkan benar-benar ruang kerja. Untuk itulah, saya membagikan tulisan ini yang semoga bisa memberi manfaat untuk teman-teman yang mampir berkunjung ke blog saya, pun bagi saya kelak, ketika saya mulai lupa, sementara sudah terbuka kesempatan bagi saya untuk membuat sebuah kantor mungil untuk saya bekerja dari rumah.

Meja Kantor
(image via freepik)

Bagaimanapun, kenyamanan dari meja kantor, akan sedikit banyak memberikan pengaruh pada kenyamanan selama bekerja. Itulah mengapa s
etiap perusahaan sudah seharusnya nggak boleh melewatkan meja kantor begitu saja, mengingat fungsinya yang sangat penting, apalagi untuk beberapa bidang pekerjaan yang memerlukannya demi mengoptimalkan pekerjaan para karyawan mereka. Nggak hanya sebatas karyawan juga sih ya, karena siapapun yang bekerja di sana, termasuk owner, pasti membutuhkan lahan kerja yang nyaman. Itulah salah satu dari manfaat memiliki meja kerja yang nyaman.

Saat akan membeli meja kerja, tentu ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti budget dan model meja. Tapi, faktor lain yang nggak sebaiknya kamu lupakan adalah bahan material yang digunakan. Pemilihan material memang harus dipertimbangkan dengan matang, karena bisa mempengaruhi usia pemakaiannya. Ya nggak mungkin kamu berharap dengan material yang murah meriah, lalu bisa dipakai dalam jangka yang sangat panjang demi penghematan. Sebab sudah jadi rahasia umum, kalau ada kualitas, seringnya ada harga. Berikut beberapa bahan yang umumnya dipakai untuk membuat meja kantor.

Logam atau Besi Baja
Usut punya usut, kebanyakan perusahaan senang menggunakan bahan logam atau besi baja sebagai material meja kantornya. Memang bahan ini lebih mudah ditemukan sehingga banyak yang memakainya. Tapi, zaman sudah mulai berubah dan sebagian besar produsen sudah menggantinya dengan material yang lebih modern dan bagus. Dengan pertimbangan, agar si meja kerja akan lebih awet dan masa penggunaannya lebih lama. Dalam artian, biaya depresiasi terhadap meja kerja ini akan semakin kecil.

Sayanya di masa sekarang, penggunaan logam atau besi baja untuk meja kerja semakin menurun,  sebab materialnya yang mudah berkarat, malahan jadi nggak bisa tahan lama. Dalam beberapa tahun pemakaian saja, bahan ini akan mengeropos atau terkikis. Tentu kalau dibiarkan saja bisa membahayakan karyawan yang menggunakannya. Lha kok bisa mengeropos? Diam diam, penggunaan material besi pada ruangan ber-AC atau dengan kelembaban suhu ruangan yang cukup tinggilah yang memici hal ini terjadi. Duh kan ya, mau hemat karena bisa digunakan dalam jangka panjang, malah ujungnya sama saja. Tapi jika memang kamu membutuhkan material meja kerja dengan bahan ini, nggak ada salahnya kok. Selama perawatan yang baik, bisa kamu berikan pada si meja kerja.

Kekurangan lainnya adalah meja yang terbuat dari material logam atau besi baja akan sulit dipindahkan ke mana-mana karena bebannya yang lebih berat. Ini untuk yang senang pindah-pindah posisi kerja di ruangan, cukup merepotkan juga. Harus sudah paten di tempat rasanya.

Kayu Blockteak
Jika kamu berimpian memiliki meja kerja yang terkesan full kayu tapi inginnya memiliki meja yang juga nggak terlalu memakan budget, penggunaan kayu blockteak bisa menjadi pilihan. Meja kerja dengan desain full kayu harganya memang sangat mahal, sehingga perusahaan yang tetap menginginkannya bisa memakai kayu ini agar desainnya terlihat lebih elegan dan modern.

Memangnya kayu blockteak itu apa sih? Kayu blockteak adalah kayu lapis yang berukuran sekitar 4 – 5 cm, dengan tambahan vinir kayu jati. Uniknya, dalam pembuatan furniture dengan bahan teakblock ini, nggak boleh sampai ada goresan dari benda tajam atau tumpul, karena walaupun sudah di-finishing dengan cat warna gelap, akan tetap terlihat. Pun lapisan kayu jati pada bahan kayu blockteak ini tipis, sekitar 0,3 mm, makanya dalam proses pembuatannya sangatlah hati-hati. Inilah yang membuat meja kayu dari bahan blockteak masih terhitung “lumayan” karena hasilnya pun memberi kesan demikian.

Pemilihan bahan blockteak ini, cukup populer beberapa tahun belakangan ini, karena lebih menghemat pengeluaran untuk mendapatkan meja kerja yang berdesain elegan full kayu. Tergoda? Iya, saya tergoda sama jenis meja kerja berbahan kayu Blokteak ini. Biasanya, posisis karyawan yang berada di bagian front line seperti resepsionis yang biasanya menggunakan meja jenis ini, tentu saja agar bagian lobi dari sebuah kantor langsung tampak elegan bagi siapapun yang datang berkunjung. Lalu, meja kerja impian saya harus seperti meja resepsionis? Hahaha … nggak begitu juga kok, hanya bahannya saja yang saya suka, model urusan nanti lah ya.

Laminasi Papan atau MDF
Material yang satu ini sangat mudah ditemukan dan masih banyak perusahaan yang menggunakannya sebagai bahan membuat meja kantor. Untuk kantor-kantor menengah ke bawah, material inilah yang paling sering dipakai, karena harganya yang lebih murah dibandingkan bahan lainnya. Duh, asiknya ya kan?

Papan yang dilaminasi secara khusus membuat meja ini terlihat simple tapi cukup tahan lama. Kalau kamu baru pertama kali membuat perusahaan dan berbudget terbatas, ada baiknya menggunakan material ini untuk meja kerjamu. Nggak ada salahnya memakai bahan ini karena usianya saja cukup tahan lama. Pun bagi saya yang berniat untuk memiliki meja kerja untuk saya sendiri yang pendapatannya masih kembang kempis ini. Hummm, akan turut saya pertimbangkan nanti.

Kayu atau Veneer
Selain Blockteak, ada berbagai jenis kayu veneer yang biasanya menjadi incaran untuk meja kerja di berbagai perusahaan, pun untuk penggunaan perorangan. Tentu saja sebab material ini lebih terjangkau dan cukup tahan lama, sesuai dengan perawatannya. Banyak sudah furniture meja kerja yang berbahan Veneer yang dijual secara umum dan menjadi pilihan kebanyakan orang pula.

Capek ya ngomongin material furniture begini? Eh tapi, semoga hasil pencarian saya ini cukup bermanfaat untuk kamu. Jika sudah terbayang di depan mata keinginan dan kesanggupan untuk membeli meja kerja, silakan coba saja mampir ke Arkadia Furniture melalui situsnya di arkadiafurniture.co.id.

Arkadia Furniture merupakan nama produk dari PT Permata Modulino Furitntraco yang mengkhususkan diri pada penjualan berbagai partisi kantor dan berbagai keperluan akan produk perkantoran. Karena memang mengkhususkan diri untuk meja kantor, maka baiklah jika saya mencoba melirik berbagai model dan harganya di sini ya. Mungkin kalau kamu bekerja di bagian purchasing kantor, saat diminta membeli meja kerja baru, bolehlah dicoba mampir ke situsnya. Harganya cukup kompetitif, dan kualitasnya pun cukup baik dengan berbagai pilihan model yang bermacam-macam. Silakan sesuaikan dengan kebutuhanmu saja.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung, dan semoga tulisan saya kali ini bermanfaat bagi kamu yang juga punya impian memiliki meja kerja sendiri di rumah, pun sedang mencari meja kerja untuk perusahaanmu, maupun perusahaan tempatmu bekerja.


14 komentar:

  1. ini semacam toko ATK, terima kasih infonya

    BalasHapus
  2. Wah infonya berguna banget, sempet sih punya cita-cita punya meja kerja gitu sayang masih ngekos hehe ^^

    BalasHapus
  3. pengen banget deh di rumah nanti saya punya ruang kerja sendiri rasanya lebih bebas mengaturnya sesuai yang diinginkan. bisa bikin pikiran jadi fresh dan mantap.

    ternyata pemilihan meja kerja banyak pilihannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas. Saya pun akhirnya cari tahu karena ingin juga begitu.

      Hapus
  4. Saya pilih veneer karena ketahanannya cukup lama. Jadinya bisa kerja berlama-lama di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ... nggak terlalu mahal dan banyak modelnya juga ya Mas.

      Hapus
  5. nice post. sekalian gambar contoh mejanyalah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maafkan nggak nampilin cont9h gambarnya.

      Hapus
  6. yang paling umum sih pake baja / logam menurut saya mba ...

    BalasHapus
  7. Saya suka meja dari kayu, meski berat tapi lebih kokoh.

    Kalau model sih gak seberapa penting buat saya, asal bahannya bagus, jadi lebih awet.
    Cuman meja jenis kayu gitu mihil2 ya, apalagi kalau modelnya unik, makin deh melambung.

    Jadi pengen intipin situs Arkadia nih saya :D

    BalasHapus
  8. Meja kerja saya perpaduan logam dan kayu. Kaki-kaki serta laci dari logam, sementara atasnya dari kayu. Kalau lagi suntuk, saya iseng memandangi tekstur permukaan kayunya hehe...

    BalasHapus
  9. Kayu blockteak itu semacam dikasih lapisan luar biar keliatan motifnya bagus kaya kayu jati gitu ya mbak?


    Jadi inget pak suami kemarin2 sempet bilang pingin bikin meja kerja. Berhubung kami berdua kerjanya di rumah, jadi sebenernya cukup penting juga meja yang bagus & awet (plus murah hihihi)

    Ijin bookmark ya mbak, ntar biar kutunjukin ke pak suami.. :D

    BalasHapus