Label

Jumat, 28 September 2018

New Sabana Rawa Pening : Destinasi Wisata Sabana yang Kemunculannya Langka

touch up image from freepik


Dulu sekali, ketika saya masih bekerja secara in house di salah satu perusahaan swasta, ada lah event yang harus saya bantu handle dan melibatkan sebuah tempat bernama Rawa Pening. Saat membaca tulisan mengenai sebuah pemandangan indah dan dikatakan cukup serupa dengan hamparan sabana luas di wilayah sekitar Danau Rawa Pening ini, saya bertanya-tanya. Ah apa benar ada? Hingga saya menemukan sebuah artikel mengenai keberadaan New Sabana Rawa Pening ini di sini.


Jadi, ceritanya – saya bilang begini karena saya sebenarnya belum pernah ke sana, maka tulisan ini saya buat sebagai influence saja – terjadi fenomena alam di danau Rawa Pening akibat kemarau panjang, sehingga air danau menjadi surut dan memunculkan padang rumput alias sabana. 

New Sabana Rawa Pening ini memang sedang viral, apalagi hamparan padang rumputnya yang lumayan luas. Kalau pandai memotret, pastilah hasilnya bisa cantik, hampir hampir mirip dengan pemandangan padang sabana di Selandia baru ya. Sayangnya, fenomena munculnya sabana ini, hanya akan berlangsung sebentar saja, hingga musim hujan kembali tiba. Dari laman kanal berita yang saya temukan, dikatakan bahwa fenomena ini hanya akan berlangsung selama 12 tahun sekali. Maka sebab inilah, saya akan berbagi sedikit hal yang bisa kamu lakukan untuk  dan ketika berkunjung ke New Sabana Rawa Pening.  Kalau kamu berhasil ke sana dan mengabadikan keberadaanmu di sana, tolong kabari saya dan buat tulisan kalau kamu dapat kabarnya dari blog saya dongggg. Atau kalau kamu yang sedang membaca postingan terbaru saya ini adalah warga sekitaran Semarang yang cukup dekat dengan New Sabana Rawa Pening, tolong kabari saya via Instagram Srories, jika kamu berhasil ke sana,

Memangnya Rawa Pening itu ada dimana sih? Rawa Pening berada di kaki gunung yang keberadaannya cukup dekat dengan Ambarawa. Berada di Dusun Kelurahan , Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Cukup dekat ya dari Kota Semarang, hanya sekitar kurang lebih 41,5 km atau jika dikisarkan dalam satuan waktu, kurang lebih selama satu jam perjalanan saja.

Nah, di New Sabana Rawa Pening ini, ada apa saja sih? Mungkin pada post ini, saya akan menuliskan sedikit poin-poin yang bisa kamu lakukan. Ahh, andaikan dalam waktu dekat saya punya kesempatan untuk berkunjung ke Semarang, mendatangi Rawa Pening, dan mencoba memijakkan kaki di New Sabana Rawa Pening yang kemunculannya langka ini ya.

taken from qupas.id

Hunting Foto
Ih sudah tentu banget ya. Sudah sangat bisa dipastikan, tujuan orang-orang datang ke New Sabana Rawa Pening ini untuk berfoto, difoto, minta difotoin, atau memberi bantuan untuk fotoin. Saya menemukan beberapa foto keren pengunjung yang bela-belain datang ke New Sabana Rawa Pening ini dengan membawa properti berupa tenda, beserta isinya. Niat banget nggak sih?

Foto tiduran di atas hamparan rumput yang luas pun bisa. Karena luasnya sekitar 2.670 hektar, rasanya nggak perlu repot mencari tempat berfoto yang bebas gangguan pengunjung lain ya. Selain menawarkan panorama hamparan sabana yang – lagi-lagi – dikatakan mirip dengan sabana yang ada di Selandia Baru, New Sabana Rawa Pening ini, katanya sih – punya suhu udara yang segar. Aih, kalau pagi pagi ke sana untuk memotret atau dipotret, seru sepertinya. Ada panorama pegunungan juga yang bisa kamu tangkap dengan lensa kameramu, mulai dari Gunung Telomoyo, Merbabu hingga Ungaran akan tersaji di hadapanmu. Nah kan, pokoknya kalau kamu berhasil ke sana, minta tolong banget buat saya di-mention di Insta Srory biar saya bisa ikut merasakan rasanya berkunjung ke New Sabana Rawa Pening ini.

taken from qupas.id

Akses dan Harga Tiket Masuk New Sabana Rawa Pening
Kamu bisa berkunjung ke New Sabana Rawa Pening ini dengan naik motor ataupun mobil. Kurang pahamlah saya kalau kamu bertanya soal, bagaimana cara sampai ke New Sabana Rawa Pening tapi dengan menumpang kendaraan umum. Di sana juga, dari artikel yang saya baca, tersedia lahan parkir yang cukup luas. Tarif parkirnya pun murah, hanya membutuhkan sekitar dua ribu rupiah untuk motor dan lima ribu rupiah saja untuk mobil. Dari parkiran, kamu perlu melewati jalan setapak untuk tiba di New Sabana Rawa Pening ini. Saya baca dari satu artikel yang menyatakan demikian sih, kalau kamu mau memastikan lagi, silakan klik link pada paragraf pertama yang sudah saya selipkan di sana. Kalau masih ingin memastikan lagi, silakan sediakan waktu untuk berkunjung ke New Sabana Rawa Pening ini ya.

Makan Enak di Sekitaran New Sabana Rawa Pening
Rumah Makan Apung Kampoeng Rawa mungkin bisa menjadi salah satu pilihanmu untuk menikmati sensasi rasa kuliner Semarang. Berada di Jl. Sarbini Km 03 Ambarawa, Waduk Rawapening. Dari artikel yang saya baca, hanya yang ditawarkan oleh Rumah Makan Apung Kampoeng Rawa ini cukup hemat di kantor. Mulai dari lima ribu hingga lima puluh ribu rupiah. Itu makanan. Lain lagi dengan minumannya yang – lagi-lagi katanya – dibanderol dengan harga tertinggi senilai dua puluh ribu. Hmm, saya jadi penasaran.

Ada lagi Restoran Eling Bening yang berada di Jl. Sarjono, Bawen. Berada kurang lebih sekitar 4,7 km memang dari New Sabana Rawa Pening. Dekat ya. Jadi nggak perlu bayangkan kalau jarak segitu akan memakan cukup banyak waktu seperti saat kamu menyusuri jalanan di Jakarta Selatan. Hahaha … soalnya kadang saya merasa khatam untuk bersabar menempuh jarak di Jakarta Selatan. Maaf ya, bercanda saja. Usut punya usut, katanya, hidangan di sana cukup menggugah selera. Harga pun bisa dikatakan, cukup terjangkau.

Penginapan Dekat New Sabana Rawa Pening
Kalau kamu memang datang dari luar Kota Semarang, kamu bisa menginap di The Bandungan Hotel. Lah, kenapa saya menyarankan kamu untuk menginap ke sana? Sebenarnya bebas saja, kamu mau memilih penginapan yang mana dan dimana, lalu seperti apa, dan seberapa jarak jauhnya dari New Sabana Rawa Pening. Hanya saja, agar lengkap influence yang saya berikan, mungkin inilah pilihan penginapan yang bisa saya berikan. Lagi lagi, saya menemukan info mengenai penginapan ini dari artikel yang saya baca tadi.

Berada di Jl. Raya Lemah Abang Bandungan km.6, Dusun Duren, Kecamatan Bandungan. Jarak dari objek wisata New Sabana Rawa Pening pun diklaim hanya sekitar 12,5 km. Boleh lah ya, jadi pilihan. Sebab saya senang mengunjungi suatu destinasi wisata, dan menginap di penginapan yang nggak jauh juga. Dikatakan, kamu hanya perlu menghabiskan waktu sekitar hampir setengah jam saja untuk sampai di New Sabana Rawa Pening tadi. Tentunya dengan berkendara. Range harga, berada di bawah 500 ribu, sekitar 292 ribu sampai 325 ribu rupiah. Namun ini hanya harga saat ini. Untuk lebih jelas, kamu bisa cek melalui aplikasi pemesanan hotel online yang biasa kamu pakai.

Ada lagi Hotel Griya Wijaya yang beralamat di Jl. Tentara Pelajar No 90, Ambarawa. Jaraknya pun hanya 4,2 km dari objek wisata New Sabana Rawa Pening tadi. Untuk range harga, penginapan ini bermain pada angka 250 ribu sampai 300 ribuan rupiah. Sementara jarak tempuh untuk sampai ke New Sabana Rawa Pening, sekitar kurang dari 15 menit berkendara.

Demikian informasi yang mungkin bisa saya berikan untuk kamu yang berkeinginan untuk mengunjungi wisata langka nan sempat viral – New Sabana Rawa Pening – ini. Saya menemukan cukup banyak informasi soal traveling lainnya di qupas.id, jika kamu penasaran, bisa langsung berkunjung saja ke kanal web-nya. Semoga informasi yang saya berikan ini sudah cukup membantumu. Sangat terbuka kesempatan bagi kamu untuk berbagi informasi soal destinasi wisata langka ini di kolom komentar post ini.


7 komentar:

  1. eh ada sabana di rawa pening? keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi cuma ada sepanjang kemarau. Tahun depan entah ada lagi apa nggak.

      Hapus
  2. lha, baru tau kalo di sono ada sabana.
    padahal deket dari rumah :(

    BalasHapus
  3. Wah Destinasi wajib kunjung banget kalo lagi ke Semarang nih, apa lagi musim kemarau kaya sekarang, pasti bagus bgt jadinya. Terima kasih infonya ya mbak :)

    BalasHapus
  4. Sayang yah kemunculan sabana ini hanya sebentar. Tapi jadi hal yang dinantikan pastinya, apalagi ada penginapan yang terjangkau

    BalasHapus