Label

Kamis, 20 Oktober 2016

Kenapa Perempuan Suka Belanja?

Apa kamu setuju dengan judul postingan saya di atas? Banyak yang bilang kalau salah satu cara agar perempuan merasa gembira adalah dengan berbelanja. Termasuk, berbelanja sebagai salah satu bagian dari stress healing kaum Hawa. Benarkah hal ini memang terjadi dan telah lama bersemayam dalam diri seorang perempuan?

Pertanyaan ini mungkin sesekali terlintas, bukan hanya di benak kaum pria, bahkan di benak perempuan itu sendiri. Para perempuan bisa jadi bingung dengan hobi belanja yang memang sudah jadi watak bawaan makhluk Tuhan yang satu ini. Blanja seakan jadi pelengkap hidup kaum perempuan, baik itu belanja kebutuhan sehari-hari seperti sembako dan kebutuhan sekolah atau alat tulis kantor, sampai membeli berbagai random stuff yang bahkan setelah dibeli malahan jarang digunakan, alias menumpuk begitu saja.


 
sumber : dolcenowalk.com
Lalu, sebenarnya apa saja sih yang membuat perempuan suka sekali belanja? Rupanya ada alasan khusus yang mereka miliki, dan bahkan perempuan sendiri nggak menyadari hal ini.

  1. Katanya, perempuan cenderung suka berada di tempat ramai. Walaupun ada saja kok perempuan penyendiri yang suka berada di tempat ramai -- dengan kondisi sendirian dan nggak bersosialisasi dengan yang lain – seperti saya yang kadang senang belanja kebutuhan bulanan itu sendirian. Berada di lingkungan dengan adanya orang lain di sekitar membuat perempuan merasa lebih nyaman dan aman. Tempat belanja seperti warung, minimarket dan sampai mall merupakan lokasi yang banyak dikunjungi dan dipadati para perempuan.
  2. Khawatir kekurangan bahan makanan. Duh, ini saya nih, tipe anak kos yang seringnya menyimpan bahan makanan karena takut, kalau kalau saya harus sering lembur di kantor dan nggak sempat belanja. Hal yang sama juga yang dilakukan Mama saya di rumah. Sepertinya karena terbiasa melihat Mama menyimpan banyak bahan makanan di kulkas, saya jadi terbawa-bawa kebiasaan beliau setelah merantau ini.
  3. Menghilangkan stres. Tuh kan, inilah salah satu poin yang sudah saya sebutkan tadi di atas ya, bahwa belanja merupakan bagian dari stress healing tadi. Bisa berjalan-jalan dan melihat macam-macam barang yang dipajang di etalase membuat perempuan seperti saya merasa rileks, apalagi bisa membawa pulang barang-barang lucu yang dilihat sepanjang kegiatan jalan-jalan, lalu pulang ke rumah dengan sekantong belanjaan. Nah, kalau sampai pulang dengan berkantong-kantong belanjaan ini, bersyukurnya bukan saya banget sih, tapi ada beberapa teman saya yang begini lho.
  4. Pamer. Ini memang kurang baik, tapi diakui atau nggak, ada unsur pamer dalam hobi perempuan berbelanja. Bisa dilihat dari postingan di media sosial, saat perempuan berlomba-lomba menunjukkan aktivitas mereka saat berbelanja, apalagi jika belanja di tempat kenamaan. Bahkan punya barang dengan brand tertentu itu seperti … hmm … suatu kebanggaan deh ya.
  5. Suka belanja dengan harga super hemat. Kalau yang ini, biasanya tipe perempuan yang saya jadikan sebagai pamphlet promo dan diskon berjalan. Tau banget, di tempat mana yang sedang ngadain diskon. Biasanya teman-teman yang saya sebut pamphlet promo berjalan ini, termasuk jenis yang ketagihan belanja banget. Apalagi di momen-momen khusus seperti Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional yang biasanya diadakan di akhir tahun. Dimaan berbagai macam produk, tiket dan bahkan voucher game pun akan dibabat habis harganya dengan diskon puluhan persen, sehingga menghemat pengeluaran sampai lebih dari setengahnya. Dari mulai sepatu sampai tas, dari mulai gamis sampai jilbab Zoya pun akan kena diskon habis-habisan. Pada waktu inilah kenikmatan belanja yang sesungguhnya akan dirasakan. Bisa membeli banyak barang tetapi dengan harga yang sangat ekonomis. Kemudian dengan sangat baik hatinya, tipe teman semacam ini akan menularkan info infonya ke teman-temannya yang lain, biar bisa belanja bareng.


Jelas sudah, jika belanja bukan hanya menjadi watak perempuan kebanyakan, melainkan juga jadi kebutuhan batin mereka. Apalagi jika berbelanja di tempat yang tepat, bukan hanya dapat barang idaman, tapi juga harga yang super ekonomis serta garansi pembelian yang memanjakan customer. Nah, kalau saya sih, hmm … cukup setuju kalau perempuan memang makhluk yang senang berbelanja. Kalau kamu, bagaimana menurutmu? 

30 komentar:

  1. Wahahaha ternyata banyak juga ya alasannya :D wwkwk terutama yang itu tuh, yang kalau ada diskonan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi ... diskonan emang menggoda banget sih ya. Tapi kalo udah paham bagaimana cara dapat untung dari diskon, mungkin bisa galau lagi deh, beli apa ga nya. Hihihi ....

      Hapus
  2. Belanja barang lucu,
    Yang penting beli dulu, nantj dicari kegunaannya belakangan. Wkwk

    Btw, ini kunjungan pertamaku, salam kenal.: ))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Lusi salam kenal juga. Terima kasih banyak sudah mampir ke blog ku ini ya.

      Hahaha iya tuh. Beli dulu gunain belakangan.

      Hapus
  3. Beberapakali baca di beberapa penelitian, memang yang paling bener cewek suka belanja karena dapat menghilangkan stress. Nggak tau istilahnya apa. Yang jelas dengan belanja, dibuktikan dalam penelitian, ternyata nilai stress pada cewek dapat menurun dengan luar biasa.

    Jadi, menurut gue sih, wajar aja kalo cewek suka belanja. hehehehe. Tapi, ternyata yg suka belanja itu karena pamer ada juga, ya? Nggak kepikiran ding. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Pange. Kadang kasian sama mereka. Kebutuhan lain belum bisa dipenuhi dengan baik, tapinya belanja mulu demi kelihatan 'punya' di depan orang lain.

      Hapus
  4. overall gue setuju sama semua point diatas sih dan point yang paling sering gue temui cuma no.4 terutama di sosial media macam path hhh buat apa? tapi ya cewek dan cowok diciptakan dengan gaya pikir yang berbeda gue hanya bisa memaklumi sambil mengelus dada istri tetangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lho, kok istri tetangga? Hihihi ...

      Iya sih. Sometimes sudut pandang cewek sama cowok pun beda emang

      Hapus
  5. kata istir gue beli barang karena barangnya lucu, harga diskon dan lain lain, mungkin ini bawaan sang cwe,
    kadang cwe memilih barang bisa lama bgt padahal yang di beli cuma 1 atau 2 barang saja,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm kebanyakan cewek sepertinya gitu ya bang. Aku pun gitu. Bedanya, kalo cowok lama karena bandingin harga, kalo cewek lama karena ngebandingin lucuan yang mana. Hihihi ....

      Hapus
  6. Huft, jadi keinget kalau nemenin ibu atau adikku belanja. Mereka seperti gak pernah lelah buat keliling-keliling. Biasanya kalau cuma aku sama ayah, paling lama setengah jam kami memilih barang, kadang cuma 15 menit malahan. Tapi kalau ibu atau adikku, satu jam pun rasanya terlalu sebentar bagi mereka.

    Tapi, aku sendiri sebenarnya punya tempat belanja yang bikin aku betah berlama-lama, yaitu toko buku. Ya, walaupun aku tidak membeli bukunya, berada di toko buku dan melihat etalase buku entah kenapa jadi penghilang stress bagiku. Cuma toko buku ya, bukan toko yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiii kamu anak toko buku juga ya. Tosss dulu kalo gitu.

      Hmm iya sih. Sometimes aku juga ngerasa ke mall ga sampe sejam buat belanja itu kurang. Seringnya hampir setengah harian dan ga berasa, tau tau udah mau malam aja. Apalagi kalo sama temen temen cewek.

      Hapus
  7. Ada seorang ahli ekonomi dari Tiongkok yg bilang : "Kalo tidak ada perempuan di dunia ini, tidak akan ada perputaran uang" hahaha
    Tapi ya itu, gua liat cewe dan cowo itu gaya belanjanya beda jauh. Kalo cowo, sebelum pergi ke toko, dia udah tau mau beli apa. Mau beli barang A misalnya, ya udah, seudah beli, terus pulang. Sebelum pergi ke toko, si cowo sudah menimang baik-baik keputusannya itu. Kalo cewe, kadang pas datang ke toko, sebenarnya dia sendiri gak tau mau beli barang apa. Setelah liat-liat, window shopping, akhirnya memutuskan untuk beli barang A, B, dan C.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ... the power of girls point of view ya kak.

      Iya. Apalagi kalo beli barang fashion. Lamanya uwooohhh banget. Aku pun gitu.

      Hapus
  8. Haha, sepertinya tidak hanya perempuan saja yang hobi berbelanja, cowok kadang juga kalau lagi mood dan pengen bisa hobi belanja juga.

    Tapi mayoritas hobi beanja emang dimiliki oleh kaum wanita sih. Penghilang stres itu bener banget. Kalau doi ngambek, tingal ajakin belanja aja, beres deh urusan wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalo dibayarin ya. Wkwkwkwk.

      Iya. Ada juga kok cowok yang hobi belanja dan pengetahuan berbelanjanya ngalahin ceweknya.

      Hapus
  9. Memang sudah kodratnya kali ya mbak, wanita hobbynya suka berbelanja. soalnya kebanyakan temen2 cewek gue kalau udah ngumpulnya omongannya shopping mulu. Tapi bukan cewek juga sih yang hobbynya shopping doang, cowok pun demikian jika punya uang yang lebih :D hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku, kalau cowok udah bekerja, jadi suka belanja juga kok. Cuma kalau cewek, ya itu, belanja demi tetap bisa tampil cantik. Hihihi ....

      Hapus
  10. Kayaknya bener yaa perempuan suka beradabdi keramaian. Hahaha.. aku juga.
    Ga betah aja gitu duduk sendiri dikamar..
    Klo teman sekamar lagi pergi.aku psti lgsg keluar jga. Ga betah kesepian . Temani adek dong bg.. #eak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeaaakkkk wkwkwkwkkwk.

      Mungkin karena kamu bingung kalo sendirian mau ngapain ya Ris? Hihihi.

      Hapus
  11. temen gue ada juga sih perempuan yg nggak suka belanja. maksudnya belanjanya ga sesering temen''nya yg lain. hahaha

    tapi, klo perempuan belanja gini sebenernya yg paling kasian pihak cowo yg nganterin ya kan? cape aja gitu, muter''nya bisa lama banget. dan yg poin nmer 3 gue kurang setuju sih. iya, klo ada barang yg diinginkan kemudian bisa dibeli, pasti stressnya berkurang. gimana nasibnya yg pgen suatu barang, tapi budget ga ada, sampai akhir bulan masih kepikiran terus. hahaha
    lucu juga kan klo smpe kayak gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi emang ada juga kok Ji, cewek yang nggak hobi belanja. Tapi biasanya cewek gini dipertemukan sama cowok yang doyan belanja.

      *teori apaan ya ini wkwkwkwk

      Hapus
  12. Setujuuu... soalnya ibuku juga gitu, paling males deh belanja barang keperluan hari raya bareng ibu. soalnya semua toko dimasukin dan barang yang dibeli malah di toko yang pertama kita datengin. keram nih kaki... pengen lepas. :(

    belum lagi sekarang belanja makin mudah dengan toko online, kaki udah gak capek lagi, dompet dan tabungan yang capek. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi seru banget ibumu? Kalau aku,bukan pegel kaki tapi pusing soalnya kalo menjelang hari raya, itu mall penuhnyaaaaaa ampun.

      Hapus
  13. Udah bukan rahasia umum lagio klo cewek emang suka belanja. dan... semakin dibuktikan dengan kamu yang buat tulisan ini sebagai perwakilan dari para ladies. hehe

    Gue gak ngerti yang hilangin stress deh. Hmm... bisa gitru ya kayak gitu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha makasih banyak ya Nyol.

      Yahhh coba ditanyakan sama cewek cewek yang doyan belanja.

      Hapus
  14. tapi katanya, katanya abis belanja suka nyesel, emang bener? nyesel kenapa nya tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kadang pas belanja sama bawa pulangnya senang. Eh pas di-recheck barangnya di rumah, mendadak nyesel karena ga sesuai ekspektasi waktu pertama lihat dan beli.

      Hapus
  15. Ooohhhh... ternyata perempuan begitu yaaa...

    BalasHapus