Label

Kamis, 17 Maret 2016

Merasa Seperti Nobita di Toys & Comic Fair 2016

Nofeldy Kakao

Mungkin kamu sudah menonton film Stand By Me - Doraemon kemudian dibuat sedikit terharu di bagian menjelang endingnya, di scene saat Nobita harus ditinggalkan oleh Doraemon untuk kembali ke masa depan.  Mungkin kamu juga sudah familiar dengan original soundtrack-nya yang diisi oleh lagu Himawari no Yakusoku – Motohiro Hata. Atau lebih dari itu, kamu sudah familiar dengan karakter Doraemon karya Fujiko F. Fujio ini.


Ya ... saya juga sangat familiar, sebab Doraemon yang sejak kecil mengajak saya berimajinasi, lalu semakin lama, saya tumbuh besar dengan Nobita dan teman-temannya yang bertahun-tahun tetap saja kelas 5 SD, padahal saya sudah sampai lulus kuliah dan bekerja sebagai Copywriter di salah satu perusahaan swasta. Tetapi bagaimana pun, saya nggak serta merta melupakan Doraemon.

Finally We Met ... Gemes sama Hidungnya

Memasuki sebuah aula dan menemukan banyaknya mainan, terutama karakter anime yang sewaktu kecil saya tonton, menyeret saya ke masa lalu. Saya seolah mendapati perasaan Nobita dewasa, bagaimana dia mengenang bermain-main dengan Doraemon dan baling-baling bambu pada suatu malam, terbang dengan piyama. Di sisi lain, saya pun merasa seperti Nobita kecil yang datang mengintip masa depannya, untuk mencari tahu, apakah Nobita dewasa benar-benar menikah dengan Sizuka? Humph .... Perasaan seperti itulah yang mampir ke hati saya saat Nofeldy Kakao – partner saya – mengajak saya tenggelam dalam lautan manusia di The Jakarta 12th Toys & Comic Fair 2016 di Balai Kartini, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Perhatikan Crowd-nya Sodara-Sodara

Saya menemukan banyaknya komunitas pecinta action figure di sana. Wajah-wajah mereka yang mendewasa tetapi tetap punya imajinasi anak-anak yang luas tanpa batas. Kebanyakan malah orang dewasa yang datang ke acara ini lho. Memang sih, ada juga anak-anak yang datang, tapi mereka kan ikut orangtuanya yang sudah lebih lama jatuh cinta pada berbagai mainan karakter fiktif. Semuanya menyemut di setiap sudut aula, melihat-lihat berbagai mainan dengan mata jeli, sembari membanding-bandingkan harga dengan yang biasa mereka beli di toko langganan, sepertinya.

Dragon Ball

Satome Ranma

Tetapi, inilah ajang saya menemukan dunia menyenangkan yang seringnya terabaikan oleh kesibukan menjadi dewasa selama ini. Keramaian dan hingar-bingar suara lagu-lagu Pop Jepang yang diputar sepanjang acara, membuat saya sejujurnya nggak mau pulang. Andaikan boleh, saya ingin duduk diam saja di depan panggung hingga acaranya berakhir.

Himawari no youna massugu na sono yasashisa wo nukumori wo zenbu
Kore kara wa boku mo todokete yukitai
Hontou no shiawase no imi wo mitsuke takara
Translate :
Your kindness and warmth all of them are so honest just like a sunflower
For now on i will send it to you too
Because i’ve found the true meaning of happiness

Sayang sekali, saya dan Nofeldy Kakao hanya bisa mengunjungi event ini di hari Sabtu. Padahal rangkaian acaranya lebih seru lagi di hari minggu, karena dihadiri banyak cosplayer. Tetapi saya sudah cukup senang sebab diberi waktu untuk kembali menikmati hal hal imajinatif yang tumbuh besar bersama saya dulu. Semoga ... di tahun depan, saya bisa datang dan menghabiskan waktu lebih lama ya. Aamiin.

Akankah saya ... dan tentunya juga kamu ... masih bisa bermain-main dengan imajinasi seperti yang sering kita lakukan sewaktu kecil, walaupun usia kita terus bertambah? Akankah karakter anime yang dulu sewaktu kecil sering kita bicarakan, akan tetap bisa kita bicarakan ... entah dengan teman atau malah anak kita semua kelak? Hmm ... karena buat saya, dunia bermain bukan cuma milik anak-anak tapi juga orang dewasa. Lebih baik kita bermain mainan daripada mempermainkan perasaan orang lain, ya kan? Apalagi dengan bermain, secara nggak langsung kita menambah banyak teman baru, memperluas networking, dan bisa jadi membuka banyak pintu rejeki.

Last, thanks so much for Nofeldy Kakao who accompanied me there and made me felt the happiness of my childhood memory. Arigatou nee. 

26 komentar:

  1. Gilaaaaaaaaaaaaa Doraemon yang setiap endingnya tetap berhasil bikin gue mewek keluarin ingus. Salah satu film favorit gue dan kewajiban di hari minggu nonton ini film.

    Memang orang-orang dewasa yang sekarang itu imajinasi masih anak-anak kalau udah ada di toys comic. Beda kalau anak-anak sekarnag, imajinasi mereka udah kaya orang dewasa mikirin pacaran, cinta dan sebagainya. Untungnya masa kecil gue diselamatkan dengan mereka (baca: kartun).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ... bwrarti kita sama. Tosss.

      Hapus
  2. kyyaaa ga ada naruto nya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyaaaa kamu doyan Naruto banget ya Rohma. Sayangnya aku ga ketemu Naruto di sana.

      Hapus
  3. UUUSHHHHHEEEEETTTTT!! *MUNCRAT*
    Pengen ikutan nih, gue anak kartun soalnya. hehe kebalikan zaman, beda sama anak sekarang yang demen sama sinetron :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuaaahhh sama nih. Hayok lah kapan kapan main ke Toys & Comic Fair. Tahun depan mungkin?

      Hapus
  4. Waduh... gak nyangka banget, ternyata ada acara serame dan seseru ini, ya. Tapi, gue gak heran, sih. Kalo di Jakarta banyak pameran kak gini. TEntang kisah Doraemon. Bener juga, ya. Apakah Nobita akan bener-bener menjadi dewasa dan akan menikah dengan Sizuka?

    "Mungkin pertanyaan barusan, bisa ditanyakan dengan penulis cerita ini. Karena, cuman dia yg tau. XD

    Fotonya kurang banyak, nih. Coba difoto semua karakternya, biar gue gak ngiler aja.XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga ya Pangeran Wortel, fotonya kurang banyak. Baiklah, kalo main ke event lagi aku upload foto rada banyak.

      Hapus
  5. Enak ya yang tinggal di Jakarta..
    Secara, banyak banget acara-acara seru kayak The Jakarta 12th Toys & Comic Fair 2016..
    Wuaaa... Jadi mupeng banget ke sana.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini dong Mba Ginty, maim ke Jakarta. Atau kapan kapan aku yang ke Papua, tapi ajakin ke Danau Sentani ya. Hehehe.

      Hapus
  6. Hmm doraemon emang favorit anime sewaktu masa kita kanak-kanak dulu yaa. Dulu, hari Minggu gitu pasti nggak pernah absen buat nonton Doraemon. Meskipun kita sekarang udah tumbuh dewasa pun, doraemon kayaknya bakalan tetap dihati :)

    Asik juga tuh bisa dateng ke acara begitu. Kita bisa flashback dengan menikmati tokoh-tokoh anime di acara tersebut. Oh iya, waktu itu di Surabaya juga ada loh acara Doraemon Expo. Aku sebenernya pengen datang, cuman waktu itu tiketnya mahal banget haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Doraemon Expo di Jakarta juga sempat ada, tapi dana buat beli tiketnya dulu yang kurang.

      Banget tuh, tiap minggu pagi. Aku selalu buru buru mandi biar dibolehin mantengin tivi dari pagi sampe siang.

      Hapus
  7. Kalo gue dari dulu emang suka sama yang namanya anime dan manga. Malah pernah kepikiran cita-cita buat jadi animator atau mangaka, tapi ya gitulah cuman jadi cita-cita. wkkwkw
    Dulu waktu kecil paling nonton anime-anime yang disiarkan di TV, kaya Dragon ball, doraemon, naruto, bleach dll. Tapi kalo sekarang mah bisa puas nonton anime... Karena ternyata masih banyak anime-anime keren yang belum gue tonton...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh keren, pernah kepikiran jadi mangaka. Kenapa ga dilanjutin?

      Btw sama nih. Banyak banget sebenarnya anime yang belum aku tonton. Partner-ku tuh yang biangnya anime banget. Hihihi ....

      Hapus
    2. Anime is another media of Film..
      But With different story and different imagination...hihii
      :p

      Hapus
  8. saya suka kartun, tukang baca komik doraemon dan penonton setia serial tv nya juga hehehe. Belum pernah dateng ke acara yang ginian nih... juga belum pernah foto sama pemeran cosplay... kayaknya seru ya. Di Bandung cukup sering sih diadakan acara cosplay dan yang serupa. Nanti kalo ada waktu nyobain dateng deh.. hehe.
    Trus itu.. liat foto yang ranma satome.. ya Allah itu komik masa lalu banget... dia berubah jadi Panda kan yak. Itu dua orang saling mencintai tapi di komiknya ngegantung gitu.. jadian aja kenapa sih.. heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lho, di Bandung juga banyak event seru begini. Sesekali kamu cobain datang dan nikmatin suasananya yang bikin kita boleh banget cinta anime selamanya. *lebay ya

      Wah, setauku malah, di Satome Ranma, si Panda malah bapaknya Ranma. Wkwkwkkwk.

      Hapus
  9. Suami saya pasti senang banget kalau diajak ke acara itu. Dia suka kartun2 Jepang. Kalau saya sukanya drama Korea. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide keren Mba. Ajak suami sekali-kali ke event begini buat surprise. (y)

      Hapus
  10. saya ketinggalan acara ini utk bawa anak2, tapi gak papa sih takutnya mereka malah kalap gak tahan pegang dan mgkn minta beli.. keren ide acaranya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya juga ya Mba. Tapi pasti seru kalo ajak anak anak.

      Hapus
  11. Wow banget ini acaranya. Mesti bawa Rasi nih kalau ke sana. Pasti seneng dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh. Rasi bakalan seneng diajak ke sini. Apalagi banyak mainan dimana mana.

      Hapus
  12. Mudah2an saja semua anime2 yang ngehits ini tetap bisa kita kenang dan bicarakan kepada anak cucu nanti :)
    Seneng banget bisa ke acara seru gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.

      Iya senengggggg banget. Bersyukur punya partner yang mau nemenin ke acara seru begini.

      Hapus