Label

Rabu, 18 Januari 2012

Jaga Payudara-mu, Jaga Berat Badan-mu


Kanker Payudara. Siapa sih yang nggak tahu tentang penyakit yang satu ini? Penyakit yang menyebabkan kematian ini, begitu ditakuti oleh banyak wanita. Tapi, hey gals, jangan salah. Penyakit ini juga bisa menyerang kaum pria lho. Masih ingat dong ya sama artikelku tertanggal 23 Juli 2011 tentang kanker payudara ini?
                

Sekitar tiga hari yang lalu, aku membaca sebuah artikel di situs VOA Indonesia tertanggal 15 Januari 2012, dengan judul ‘Obesitas, Alkohol, dan Sinar-X Picu Risiko Terkena Kanker Payudara’. Kata pertama yang membuatku tertarik adalah ‘Obesitas’. Ow ow ow, bukankah masalah obesitas ini adalah masalah setiap orang? Hmm...sepertinya.
                
Dr. Kathy Helzelsouer, dalam artikel tersebut mengatakan bahwa, berat badan dan obesitas menentukan karena sel-sel lemak memproduksi estrogen, dan hormon itu, memicu pertumbuhan sebagian besar kanker payudara. Artikel lengkapnya dapat dibaca di http://www.voanews.com/indonesian/news/Obesitas-Alkohol-dan-Sinar-X-Picu-Risiko-Terkena-Kanker-Payudara--137374978.html
                
Nah, lalu apa sebenarnya obesitas itu?


themedica.com

             Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Setiap orang memerlukan sejumlah lemak tubuh untuk menyimpan energi, sebagai penyekat panas, penyerap guncangan dan fungsi lainnya. Rata-rata wanita memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan pria. Perbandingan yang normal antara lemak tubuh dengan berat badan adalah sekitar 25-30% pada wanita dan 18-23% pada pria. Wanita dengan lemak tubuh lebih dari 30% dan pria dengan lemak tubuh lebih dari 25% dianggap mengalami obesitas. Secara ilmiah, obesitas terjadi akibat mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang diperlukan oleh tubuh.
                Seperti artikel yang telah aku posting sekitar enam bulan yang lalu mengenai kanker payudara, obesitas merupakan salah satu penyebab timbulnya kanker ini, begitulah sebagian isi materi yang disampaikan pada dialog interaktif yang diadakan oleh RS Karya Bhakti Bogor di Hari Anak Nasional. Materi tersebut dapat dibaca selengkapnya di http://akaruicha.blogspot.com/2011/07/awas-ada-benda-asing-di-payudaramu.html
                Tetapi obesitas yang dapat menimbulkan terjadinya kanker payudara adalah obesitas yang dialami pasca menopouse. Sehingga, bagi wanita pada usia-usia sebelum menopouse sebaiknya menjaga pola makan dan juga berat badannya.
                Bagaimana cara mencegah obesitas?
1.       Minum air putih.
Banyak minum air putih dan kurangi minuman bersoda yang mengandung banyak gula (4 kaleng soda per minggu bisa membuat berat badan naik 0,5 kg). Sementara, air putih membantu melarutkan lemak dalam tubuh.
2.       Makan serat.
Perbanyak serat dari buah dan sayuran yang akan melapisi dinding usus, sehingga kamu akan lebih mudah cepat merasa kenyang.
3.       Hindari camilan.
4.       Olahraga.
5.       Mengunyah makanan dengan sempurna.
6.       Jangan langsung tidur setelah makan.
                Nah, kalian semua sudah tahu kan, apa yang harus kita lakukan untuk menjaga berat badan kita tetap ideal? Semoga dengan menjaga berat badan kita, kita juga akan terhindar dari penyakit kanker payudara.

Salam Hangat
^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar